Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Hari Besar Agama Buddha

Hari besar agama Buddha adalah Waisak. Dalam bahasa Inggris Waisak disebut sebagai Vesak Day. Meski demikian, sebenarnya ada beberapa perayaan lain di samping Waisak yang cukup populer di kalangan umat Buddha.

Di Indonesia sendiri, umat Buddha merupakan penganut agama minoritas. Hal ini sedikit banyak membuat perayaan-perayaan terkait agama Buddha menjadi kurang populer di tengah-tengah masyarakat.

Waisak

Hari Raya Waisak
Hari Raya Waisak

Apa itu Waisak? Ini adalah salah satu perayaan keagaaman Buddhis terpenting. Pada saat Vesak atau Waisak, umat memperingati tiga peristiwa penting, yakni : 

  1. Hari lahir Sidarta Gautama, sang pendiri dan tokoh utama ajaran Buddha.
  2. Pencerahan yang dialami oleh Sidarta Gautama.
  3. Wafatnya Sidarta Gautama.

Perlu diketahui di negara lain, hari tersebut juga punya istilah lain, misalkan di India disebut Buddha Purnima, di Tiber disebut Saga Dawa sedangkan di Thailan disebut Visakha Bucha.

Sedangkan Waisak sendiri berasal dari bahasa Pali Waisakha atau dikenal juga dengan nama Hari Buddha. 

Selain itu masih ada hari Raya Umat Buddha Lainnya Di beberapa negara mayoritas Buddha juga mengenal beberapa hari besar lainnya yang juga dirayakan dengan meriah. Hari besar umat Buddha selain Waisak adalah : Magha Puja, Asadha, dan masih banyak lagi.

Magha Puja 

Hari Magha Puja
Magha Puja

Magha Puja atau Māgha Pūjā merupakan salah satu hari raya terpenting bagi para penganut agama Buddha. Hari raya ini dirayakan pada saat bulan purnama di tiap bulan ketiga kalender Buddha.

Hari raya ini dirayakan untuk mengenang suatu peristiwa ketika sang Buddha bertemu dengan 1250 murid pertamanya dan karena untuk mengenang peristiwa tersebut hari raya ini juga disebut sebagai hari raya Sangha

Pada hari ini, umat Buddha biasanya pergi ke vihara untuk berbuat kebajikan seperti berderma, bermeditasi, dan mendengarkan dhamma.

Parinirvana

Perayaan Parinirvana
Perayaan Parinirvana

Hari ini merupakan hari raya agama Buddha aliran Mahayana yang cukup populer di negara-negara Asia, seperti Cina, Vietnam dan Filipina. Biasanya jatuh pada bulan Februari. 

Buddha Jayanti 

Hari raya Buddha Jayanti
Hari raya Buddha Jayanti

Ini adalah hari peringatan kelahiran Buddha Gautama. Di beberapa negara dan wilayah, kelahiran Buddha dirayakan bersamaan dengan Waisak, tetapi di tempat lainnya, seperti Jepang, Taiwan dan Cina, mereka punya hari khusus untuk merayakan lahirnya Pangeran Siddharta. 

Di Taiwan, Makau, Hongkong dan Korea Selatan, Buddha Day atau Buddha Jayanti dirayakan sekitar bulan April dan merupakan hari libur nasional. 

Asalha atau Asadha

Hari raya agama Buddha Asadha
Hari raya agama Buddha Asadha

Hari Asadha memperingati tiga hal penting, yakni saat Buddha melakukan pengajaran pertama kalinya kepada lima orang pertapa di sebuah tempat yang bernama Taman Rusa.

Kedua, Asadha juga memperingati terbentuknya Triratna yang terdiri dari Buddha, Dhamma dan Sangha. Terakhir, ini adalah hari untuk memperingati terbentuknya Sangha Bhikku yang pertama. 

Kathina

Hari Suci Kathina
Hari Suci Kathina

Kathina atau Hari Suci Kathina adalah hari untuk berbakti kepada Sangha. Arti Sangha sendiri adalah persaudaraan dari biksu-biksu yang mengabdi untuk menjalankan ajaran Sang Buddha. 

Selain hari-hari di atas, juga ada banyak lagi hari penting agama Buddha, termasuk festival-festival keagamaan, baik yang berbasis Theravada, Mahayana maupun lainnya. 

Beberapa diantaranya dirayakan secara regional atau lebih dari satu negara, namun ada juga yang hanya dirayakan di satu tempat saja karena sudah menjadi tradisi setempat. 

Festival dan Tradisi Bernuansa Buddhis 

festival Buddhis
festival Buddhis

Nama-nama hari perayaan agama Buddha lainnya antara lain : 

  • Hari Kelahiran Avalokiteswara dirayakan di Tibet, Cina dan Filipina 
  • Hari Bodhi / Bodhi Day.
  • Festival Gajah.
  • Festival Gigi di Srilanka.
  • Loy Krathong dirayakan di Thailand.
  • Madhu Purnima
  • Ulambana
  • Uposotha. 

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "Daftar Hari Besar Agama Buddha "