Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Kata Kunci Berkualitas dari Pinterest

Salah satu media sosial yang cukup mampu bertahan dan bahkan terus berkembang adalah Pinterest. Walau punya ceruk dan gaya yang nyaris mirip dengan Instagram, yakni sebagai wadah berbagai konten foto maupun video, nyatanya Pinterest terus digemari. Anda juga bisa mencari keywords dari sana. 

Jangan lupakan formula bahwa dalam menulis artikel, Anda sebagai blogger harus mendapatkan kata kunci yang tepat terlebih dahulu. Itu jika Anda ingin artikel yang ditulis bisa menarik banyak trafik organik secara SEO dari mesin pencari.

Menemukan Kata Kunci di Pinterest

mencari kata kunci di Pinterest
mencari kata kunci di Pinterest

Pada dasarnya mencari kata kunci bisa dimana saja, termasuk penjelasan di atas bahwa Anda bisa melakukan riset keywords dari Pinterest.

Kenapa di Pinterest? Karena ada setidaknya 4 alasan utama : 

  • Banyak orang juga mencari sumber informasi dari Pinterest.
  • Pengguna Pinterest cukup banyak.
  • Banyak konten yang ternyata dari Pinterest yang berhasil masuk ke laman pertama Google maupun mesin telusur lainnya.
  • Karena memang sangat memungkinkan untuk melakukan riset kata kunci di sana.

Ingat bahwa yang Anda lakukan adalah riset, bukan hanya pengamatan biasa lalu asal comot kata dan kalimat yang dianggap paling mudah untuk dijadikan pondasi dalam menulis artikel blog. Hal itu hanya akan buang waktu dan mungkin sekali membuat Anda kecewa. Selain bisa jadi keywords yang didapatkan minim volume pencarian, Anda juga harus bersaing dengan para kompetitor besar, termasuk konten aslinya yang berada di Pinterest. 

Jadi bagaimana cara memanfaatkan Pinterest untuk mencari frasa atau kalimat sebagai kata kunci dalam menulis artikel di web Anda? Mudah. Penjelasan berikut ini pasti bisa Anda pahami dan lebih penting dari itu, bisa dipraktikkan tanpa perlu cara yang rumit. 

Karakter Pinterest

Seharusnya ini adalah hal yang perlu Anda pahami. Apa yang orang cari di Pinterest? Banyak hal, yakni seputar : 

  1. Ide
  2. Inforgrafis
  3. Data

Dan semuanya itu terjadi dalam bentuk yang menarik, yakni foto maupun video. Bukan artikel. Meski begitu tetap Anda bisa mendapatkan kata kunci berkualitas dari sana.

Captions

Ini adalah kalimat atau kata-kata yang berada di bawah foto maupun video yang diunggah di Pinterest. Carilah konten yang populer, yakni punya tingkat 

  • likes
  • share
  • komentar

yang cukup banyak. Tiga hal tersebut merupakan indikator popularitas sebuah konten, baik di Pinterest maupun media sosial yang lain. Dari caption juga Anda bisa melakukan riset menemukan kalimat yang tepat sebagai fondasi menulis artikel. 

Memanfaatkan Pinterest Ads

Pinterest juga punya fasilitas untuk membantu para konten kreator sehingga konten yang mereka buat bisa makin berkembang dan menjangkau banyak orang. 

Fitur ini dinamakan Pinterest Ads. Jika memang berminat, silahkan coba. Anda tinggal memasukkan suatu kata kunci di kolom maka Pinterest akan menampilkan opsi lainnya. 

Tags

Selain dua hal di atas, satu lagi yang bisa dijadikan sarana mendapatkan topik menulis adalah dari tags yang ada di konten-konten populer di Pinterest. Tags atau tanda pagar berisi kalimat atau kata yang berfungsi memudahkan pencari dalam mencari konten yang mereka inginkan. 

Tips Mencari Keywords dari Pinterest

Ada baiknya Anda juga melakukan tips berikut ini untuk bisa menemukan kw yang tepat sebelum menyusun sebuah artikel yang powerful. 

  1. Buat akun Pinterest.
  2. Ikuti topik-topik yang menunjang niche blog Anda.
  3. Riset dengan penjelasan di atas. Amati captions dan tags yang ada.
  4. Cobalah berbagai eksperimen dengan mencari rekomendasi kata kunci di kolom pencarian Pinterest.
  5. Analisa kata kunci yang didapatkan apakah memang layak untuk dikembangkan.

Itulah dia cara melakukan riset di Pinterest terkait profesi Anda sebagai blogger yang harus membuat artikel dengan kw yang tepat. Semoga bermanfaat. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Kata Kunci Berkualitas dari Pinterest"