Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencari Keywords Dari Situs Populer

Sebenarnya tidak masalah mencari keyword dari situs-situs besar dan populer karena bisa jadi mereka juga melakukan itu kepada para blogger yang artikelnya nangkring di laman pertama hasil pencarian Google. 

Meski begitu patut diketahui bahwa ada banyak kelebihan dan kekurangan jika Anda sebagai blogger mencari keywords yang sudah digunakan oleh situs-situs besar tersebut. 

Kelebihan 

Volume Pencarian Tinggi. Kenapa demikian? Karena sangat mungkin sekali para penulis di situs tersebut juga melakukan riset keywords yang mendalam untuk memilih mana saja kata kunci yang punya volume pencarian tinggi menggunakan tools canggih premium. 

Populer. Bisa jadi kata kunci itu justru menjadi populer karena ditayangkan sebagai artikel di situs besar. Inilah kekuatan dari media besar, yakni menciptakan trend baru atau memunculkan topik baru.

Kekurangan

Persaingan ketat. Jika membidik keywords yang sama dengan yang ditulis oleh situs besar tersebut, Anda harus berjuang keras agar artikel blog Anda bisa bersaing dengan baik dengan apa yang dimiliki situs besar tadi. Tentu ini bukan hal yang mudah. Namun jika mempelejari On Page SEO dengan tepat, mengkombinasikan dengan Long Tail Keywords dan optimasi social media yang tepat, hal tersebut bisa dilakukan. 

Kehilangan momentum. Ini yang paling sering terjadi. Bisa saja pada akhirnya artikel Anda masuk keywords namun volume pencarian keywords tersebut juga menurun karena momentumnya sudah lewat. 

Langkah Melakukan Riset Keywords di Media Populer



Carilah media populer yang memang artikelnya sering masuk ke laman  pertama Google. Bagus lagi yang punya artikel dengan niche yang sama dengan Anda. Beberapa media berikut mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

  • Kumparan
  • Kincir
  • Tirto
  • Detik
  • Kompas
  • Pikiran Rakyat
  • IDN

Beberapa media tadi selain mengandalkan penulis tetap juga ternyata mengandalkan masukan artikel yang ditulis oleh para penulis freelance dan netizen. Hal itu sangat memungkinkan mengingat mereka juga punya modal finansial yang besar. 

Lantas bagaimana langkah untuk mencari kata kunci yang tepat tersebut?

Artikel Trending

UI dan UX dari situs media tersebut pada dasarnya nyaris sama. Carilah bagian yang menampilkan daftar artikel populer atau artikel trending. Carilah yang menurut Anda paling cocok untuk kemudian dieksplorasi lebih lanjut. 

Setelah Anda berhasil memilih artikelnya, coba analisa : 

  1. Kata yang paling sering muncul.
  2. Kata atau frasa kunci dari pokok bahasan.
  3. Persebaran kata kunci tersebut.

Ketiga hal di atas harus dilakukan namun memang tidak mudah dipraktikkan. Anda harus sering berlatih karena itulah modal dari seorang blogger. 

Artikel Evergreen

Artikel evergreen sebenarnya cenderung lebih mudah digeser, asalkan Anda tahu cara menulis artikel yang tepat dan powerfull. Namun di bagian ini kita akan khusus membicarakan bagaimana menemukan artikel jenis ini.

Tulis kata kunci yang Anda bidik di laman Google. Cari artikel yang ternyata di produksi situs besar tadi. Lalu lakukan analisa mendalam untuk mendapatkan keywords yang tepat. Gunakan tools untuk mempermudah cara ini meskipun hal tersebut juga tidak langsung otomatis membuat artikel Anda berada di urutan pertama mesin pencari. 

Artikel Populer di Medsos

Media besar pada dasarnya punya banyak cara untuk mempopulerkan artikelnya. Salah satunya dengan membuat akun medsos, baik itu di Facebook, Instagram maupun Twitter. Carilah artikel yang tingkat engagement-nya cukup tinggi di medsos dan amati kata kunci apa yang mereka gunakan. 

RISET KEYWORD DARI INTERNET
RISET KEYWORD DARI INTERNET

Itulah langkah praktis mencari keywords yang bisa Anda praktikan. Baca juga cara lainnya yang sudah kami posting di blog ini. Semoga sukses. 

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

Posting Komentar untuk "Mencari Keywords Dari Situs Populer"