Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

13 Jenis Pekerjaan Freelance Terbaik di Tahun Ini

Pekerjaan freelance semakin menjadi populer di tahun ini, terlebih paska pulihnya ekonomi yang sempat dihantam pandemi selama dua tahun sebelumnya.

Banyak orang akhirnya berbondong-bondong mencari informasi mengenai jenis pekerjaan freelance gaji besar yang bisa dilakukan. Semua itu tidak lain karena beberapa hal, yaitu : 

  1. Banyaknya start-up yang muncul 
  2. Transformasi besar-besaran perusahaan konvensional yang mulai melirik ranah digital
  3. Berkembangnya perdagangan berbasis online di marketplace
  4. Meningkatnya pembelajaran berbasis daring, termasuk kursus non-formal.
  5. Semakin terintegrasinya media sosial dengan kehidupan masyarakat

Faktor-faktor di atas pada akhirnya mendorong banyak sekali muncul pekerjaan freelance yang menyediakan jasa-jasa spesifik tertentu.

jenis-jenis usaha freelance yang ada

Macam-macam Bidang Pekerjaan Freelance

Setidaknya ada 13 jenis freelance dengan potensi peminatan terbaik serta paling sering dibutuhkan di tahun ini. Mereka adalah desain grafis, web developer, SEO specialist, social media strategist, content writer, trainer, konsultan, digital marketing, editor, EO/project leader, voice over, fotografer dan influencer. 

Namun dari semua jenis pekerjaan freelance tersebut, manakah yang paling legit dan punya prospek cerah? Berikut adalah daftar lengkapnya. 

Desain Grafis

Tugas utama seorang desain grafis adalah membuat desain visual dengan kombinasi warna, garis, bentuk dan elemen lainnya untuk berbagai tujuan, misalnya komersial. Termasuk juga di dalam bidang ini adalah pekerjaan ilustrator, logo maker, digital art artist.

Klien dari profesi ini adalah: 

  • Korporat, startup, dan organisasi yang membutuhkan branding/re-branding, meningkatkan kualitas tampilan web-logo-kampanye produk, dll
  • Agensi digital marketing yang membutuhkan divisi desain grafis.
  • Institusi yang ingin memperkenalkan produk, layanan atau kampanye dan butuh desain grafis. 
Produk atau karya dari profesi ini adalah:
  • Poster, flyer, pamflet
  • Logo, vektor, templates, elemen, font dan karya visual lainnya. 
  • Layout majalah, buku, tabloid, PPT, dll.
  • Desain produk. 

Web Developer

Tugas utama dari profesi ini adalah membangun, merombak atau memperbaharui sebagian atau keseluruhan dari sebuah web dan bisa juga termasuk mengelola keamanan, sistem kerja dan UI/UX tergantung kompetensi atau kontrak dengan klien.

Klien dari profesi seorang web developer antara lain: 

  • Perusahaan yang ingin membuat atau merombak web mereka.
  • Pemerintah, institusi pendidikan, maupun badan-badan pemerintahan yang belum memiliki web.

SEO specialist

Seorang ahli SEO akan makin dibutuhkan dewasa ini. Hal tersebut tak lain karena makin bergesernya persaingan bisnis ke ranah media digital dan dunia maya.

SEO spesialist akan berfokus mengembangkan pemasaran melalui web dan konten agar mampu mendominasi hasil telusur mesin pencari. 

Social media strategist

Seorang yang ahli dibidang sosial media juga akan makin dicari.Kini semua badan usaha, termasuk juga perorangan makin menyadari pentingnya penggunaan sosial media sebagai sarana marketing, branding dan komunikasi dengan pihak eksternal.

Content writer

Penulis konten adalah orang yang bertugas menciptakan berbagai konten. Tidak hanya di web, penulis konten juga bisa sekaligus mengisi majalah atau media lainnya. Pentingnya penulis konten makin terasa seiring dengan digitalisasi bisnis di berbagai lini.

Trainer

Dampak lain dari pandemi adalah munculnya kesadaran bahwa sekolah bisa dilakukan secara online, tak perlu melulu harus dengan tatap muka.

Lebih dari itu, kini orang lebih mencari lembaga atau platform yang benar-benar bisa memberikan materi yang spesifik.

Di sinilah trainer berperan, yakni menjual jasa pengajaran suatu skill yang mendalam dan spesifik. Sekarang ini menjamur banyak sekali workshop, webinar atau online course dengan ragam cost dan spesifikasi.

Konsultan

Transformasi bisnis dari konvensional menuju Internet of Things tidak bisa dilakukan dengan gegabah.

Mereka yang punya keahlian di bidang ini bisa menjadi konsultan yang tentu saja dengan bayaran tinggi.

Digital marketing

Ujung tombak dari semua bisnis adalah penjualan. Untuk mendongkrak penjualan dibutuhkan tim dan strategi yang tepat.

Penggunaan sarana digital untuk marketing sudah sangat jamak sekarang ini. Di titik inilah, para ahli pemasaran digital berperan.

Editor

Jangan kira bahwa bisnis penerbitan dan media massa saja yang butuh editor. Kini semua instansi sudah melakukan transformasi digital. Artinya mereka butuh seorang editor handal untuk memastikan konten yang diunggah benar-benar tepat dan layak dinikmati masyarakat. 

EO/Project Leader

Ingin mendapatkan peluang pendapatan yang besar? Coba dalami bidang project leader. Bukan hanya untuk pesta namun juga sebagai sarana kampanye komersil perusahaan, seorang EO atau project leader akan sangat dibutuhkan. 

Voice Over

Voice over atau pengisi suara sudah memiliki peran penting sejak dahulu. Namun kini peran mereka akan makin besar.

Berbagai bisnis yang membutuhkan konten suara akan sangat beruntung jika menemukan voice talent yang mumpuni dan kreatif. 

Fotografer 

Desain grafis, web developer dan bahkan content creator butuh sumber bahan visual. Maka fotografer adalah sosok yang tak tergantikan.

Seorang fotografer freelance bisa mendapatkan uang dari penjualan konten di microstock ataupun bekerja untuk projek tertentu.

Influencer

Asal diketahui, influencer juga merupakan sebuah profesi. Bahkan jika serius mendalami bidang ini potensi pemasukannya cukup besar.

Munculnya banyak platform digital seolah-olah membuat profesi ini makin diminati. Sumber pemasukan dari seorang influencer adalah endorse, corporate campaign dan live streaming.


Itulah 13 pekerjaan freelance yang punya potensi bagus di tahun 2022 ini. Manakah yang merupakan passion kamu? Baca juga ya 10 sampingan mahasiswa terbaik yang akan memberikan insight baru tentunya.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "13 Jenis Pekerjaan Freelance Terbaik di Tahun Ini"