Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Masalah Orphan Page (has no incoming internal links)

Dalam memaksimalkan potensi untuk bisa menembus halaman 1 mesin pencari, khususnya Google, dilakukan berbagai optimasi. Salah satu teknik optimasi tersebut antara lain adalah dengan mengatasi masalah Orphan page (has no incoming internal links)

Sebenarnya isu orphan page has no incoming internal links yang muncul ketika para pemilik web melakukan analisa dan audit web menggunakan alat dari Ahrefs tidak terlalu krusial dan cara mengatasinya juga sangat mudah. 

Pengertian orphan page has no incoming internal links

mengatasi masalah orphan page
mengatasi masalah orphan page

Orphan page adalah halaman atau konten di situs yang tidak memiliki tautan dari artikel lainnya, sehingga ia dianggap orphan atau tidak memiliki orang tua.

Misalkan, ada halaman A. Nah, ternyata dari semua halaman yang ada di situs tersebut, tidak satupun yang memiliki tautan menuju halaman A. Jadi, halaman A disebut orphan page.

Perlu diketahui bahwa dalam suatu situs, keberadaan orphan page sangatlah wajar. Beberapa halaman seperti kebijakan privasi, disclaimer, dan sejenisnya memang biasanya memiliki status orphan page. 

Namun sebaiknya konten lainnya, misal postingan blog saling terkait satu dengan lainnya, sehingga Google akan lebih mudah merayapi, mengindeks lalu merangkingnya.

Cara Mengatasi Masalah Orphan page (has no incoming internal links) dengan Ahrefs

tampilan notifikasi orphan page dari Ahrefs

Dengan bantuan Ahrefs, pemilik blog atau situs bisa mengatasi masalah ini dengan mudah. Inilah langkah-langkahnya: 

  1. Buka Ahrefs.
  2. Audit blog/situs menggunakan Site Audit.
  3. Jika ada masalah orphan page has no internal links, maka akan muncul notifikasi di bagian All Issues.
  4. Klik View Affected URLs untuk mengetahui konten yang berstatus tidak memiliki tautan.
  5. Pertimbangkan apakah memang sewajarnya situs itu tidak memiliki tautan dari laman lain atau harus diperbaiki.
  6. Jika harus diperbaiki, cari postingan lain yang sejenis atau membahas hal yang sama dan buat tautan menuju konten tanpa incoming link tersebut. Jika memang tidak ada postingan yang sama, buatlah postingan baru yang masih terkait lalu sisipkan tautan. 
  7. Jika sudah selesai, biarkan Ahrefs mengaudit situs kembali. 

Bagaimana, mudah bukan? Dalam membangun struktur blog yang baik dengan mengandalkan internal link building, memang sebaiknya isu orphan page has no internal links ini diminimalisir sesegera mungkin. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah Orphan Page (has no incoming internal links)"