Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Membangun Internal Link

Bagi para narablog yang mendalami ilmu tentang blogging, membangun internal link bukanlah hal yang baru. Bahkan bisa dikatakan ini merupakan bagian dari SEO On Page atau strategi optimasi mesin pencari.

Internal link adalah daftar link atau tautan yang mengarah ke artikel lain dalam satu blog yang sama. Meski terdengar mudah namun sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun internal link. 

Beberapa hal yang wajib diperhatikan antara lain adalah posisi link, kalimat yang akan disematkan tautan, kesesuaian artikel yang dituju dengan artikel sumber link serta harus memastikan bahwa tautan tersebut bukanlah broken link. 

cara membangun internal link yang baik
internal link

Para blogger dari berbagai kalangan memang menyarankan penggunaan internal link yang tepat. Hal ini karena adanya banyak keuntungan internal link bagi struktur maupun daya saing blog tersebut terhadap kompetitor. Inilah keuntungan dari strategi internal link yang tepat : 

  1. Membuat strukur blog menjadi lebih padat dan kaya. 
  2. Membuat artikel satu dengan yang lain saling terhubung.
  3. Meningkatkan kualitas artikel karena memiliki referensi meskipun itu dari sumber yang masih satu blog.
  4. Berpotensi membuat visitor mengunjungi artikel lainnya dan menurunkan bounce rate.
  5. Mempromosikan artikel lain yang mungkin kurang mendapat nilai bagus di SERP.

Dengan adanya berbagai keuntungan tersebut, maka wajar bila seorang blogger harus mulai membangun strategi internal link untuk websitenya. 

Lantas seperti apa strategi untuk membangun struktur blog yang rapi melalui tautan internal? Beberapa hal berikut bisa dilakukan : 

  • Membuat tautan di dalam postingan melalui kata, frasa, atau kalimat tertentu yang masih ada korelasi dengan artikel yang dituju. 
  • Memanfaatkan fitur related post, baik di tengah artikel maupun di bawah artikel.
  • Memanfaatkan widget tertentu yang bisa menampilkan daftar artikel lainnya, baik itu berdasarkan kategori, recent post, tingkat popularitas ataupun artikel terpilih yang sengaja dipromosikan di landing page. 

Untuk bisa mendukung upaya membangun internal link yang baik, salah satu yang bisa dilakukan adalah memilih template blog yang tepat.

Blog Catatan Adi sendiri sudah melakukan semua langkah di atas dengan memanfaatkan fitur yang ada di template yang dipakai yang bernama Linkmagz. Jika Anda tertarik silahkan download atau lihat demonya template terbaru dari Mas Sugeng, yakni Linkmagz

Adi
Adi Saya adalah seorang penulis dan blogger yang sudah mendalami dunia blog sejak 2010. Saya menulis tentang banyak hal, seperti games, teknologi, filsafat, pendidikan, politik, fashion, olahraga, buku, kuliner, dll. Pernah mengikuti berbagai pelatihan dan kursus dari NGO maupun pemerintah.

2 komentar untuk "Strategi Membangun Internal Link"

  1. Ada batasan tidak jumlah link yang ditaruh dalam satu postingan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan atau panduan yang pasti. Kebanyakan memilih hanya memasangkan 4-5 internal link sekaligus dan maksimal 2 eksternal link, namun pada dasarnya asal masih terkait pokok bahasan dalam artikel, memberi internal link dengan jumlah lebih dari itu tidak masalah.

      Hapus

Berita Artis

Recent Posts Label

Otomotif

Recent Posts Label

Olahraga

Recent Posts Label

Pendidikan

Recent Posts Label