Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Ide Aktivitas di Hari Natal

Natal telah tiba, lalu apa yang bisa dilakukan? Biasanya selain diskon besar-besaran yang menggoda masyarakat untuk berbelanja, orang juga bepergian karena bertepatan dengan libur akhir tahun. 

Nah, buat Anda yang bingung harus melakukan apa, maka ide-ide kegiatan seru di hari Natal berikut layak untuk dicoba.

#1 Ke Gereja

Tentu saja Natal harus ke gereja. Bahkan jikalau sepanjang tahun Anda tidak pernah ke gereja sampai lupa alamat gereja Anda, maka inilah momen yang tepat.

Pada umumnya setiap gereja akan melangsungkan ibadah di pagi atau malam hari. Silahkan pilih yang terbaik untuk Anda. 

Pergi ke gereja di hari Natal akan memberikan pengalaman tersendiri, karena di momen ini gedung gereja akan dipenuhi pernak-pernik indah khas bulan Desember.

Selain itu, khotbah dari Pendeta yang pasti akan memberikan Anda motivasi dan semangat baru untuk merefleksikan apa itu makna Natal yang sebenarnya. 

#2 Menghias Rumah dan Bersiap Menerima Kunjungan

Bukan hal yang aneh jika para tetangga, apapun agama dan keyakinan mereka akan berkunjung ke rumah Anda untuk mengucapkan selamat Natal, meski hal ini dalam beberapa tahun menjadi isu yang hangat. 

Tetapi tetap fokuslah pada hal yang baik. Jika ada yang berkunjung, tentu Anda harus mempersiapkan diri, bukan?

Menambahkan pohon Natal di pojok ruang tamu bisa jadi ide yang bagus untuk membuat suasana makin riang. Punya kue dan makanan untuk dibagi? Sajikan saja di meja. Mengobrol sambil makan kue khas Natal seperti kastengel dan nastar juga adalah ide yang baik.

#3 Menyapa dan Mengucapkan Selamat Natal kepada Teman

Saling mengucapkan Natal juga sangat terbantu dengan hadirnya teknologi. Gunakan fitur broadcast atau siaran di Whatsapp agar pesan yang Anda tulis bisa langsung tersebar kepada semua orang yang ada di daftar kontak ponsel Anda.

#4 Mengunjungi Kerabat

Ini bisa dilakukan sehari sesudah Natal. Anda yang masih libur bisa saling berkunjung ke tempat saudara atau kerabat terdekat. 

Tentu selain merekatkan hubungan persaudaraan, hal ini akan membuat Natal makin berkesan karena diisi dengan berbagi cerita. 

#5 Kegiatan Sosial

Untuk Anda yang berjiwa sosial tinggi, Natal juga adalah saat yang tepat untuk berbagi kebahagiaan. Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi, seperti panti asuhan, panti wreda, atau sekedar berdonasi online kepada organisasi sosial dan relawan. 

#6 Refleksi

Kapan terakhir membaca kitab suci? Sudah lama? Tenang, Anda bisa memulainya di Natal ini. Coba refleksikan apa yang sudah terjadi selama setahun belakangan, termasuk berkat-berkat yang telah diterima.

Refleksi bisa dilakukan secara pribadi ataupun bersama keluarga. Ini adalah ide kegiatan Natal yang mungkin tidak terlalu populer tetapi sebenarnya seru juga untuk dilakukan. Anda bisa kembali memaknai Natal sebagai sarana pembebasan manusia dari dosa dan penderitaan, karena di saat itu Yesus sang Juruselamat telah lahir dan siap memulai misinya.

#7 Pergi ke Makam

Nyekar atau pergi ke makam orang tua, saudara maupun orang terkasih yang sudah terlebih dahulu dipanggil Tuhan juga bisa dilakukan di hari-hari menjelang atau sesudah Natal.

Melalui kegiatan tersebut, Anda akan seperti flashback mengingat hal-hal baik yang sudah almarhum lakukan, termasuk merawat kenangan yang pernah ada selama ini. 

#8 Family Time

Ide Natal berikutnya adalah mengajak keluarga untuk meluangkan waktu lebih, seperti dengan berjalan-jalan di mall atau makan di restoran favorit. 

Tidak suka keluar rumah? Bagaimana dengan menonton film-film khas Natal. Home Alone dan The Pursuit of Happiness akan menjadi pilihan yang bagus. 

ide kegiatan seru di Hari Natal
ide kegiatan seru di Hari Natal

Itu dia delapan ide aktivitas di Hari Natal yang bahagia ini. Tentu masih banyak lagi ide-ide yang bisa Anda eksplorasi agar Natal bisa menjadi semakin berkesan.

Hindarilah untuk tidur sepanjang hari atau memboroskan uang berlebihan. Coba buat Natal kali ini sederhana namun berkesan.

Ada ide lainnya? Silahkan bagikan di kolom komentar. Selamat Natal 2022! Tuhan memberkati Anda sekeluarga.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "8 Ide Aktivitas di Hari Natal"