Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bertekun dan Terus Berjalan - Refleksi #2

Salah satu pepatah Cina yang paling saya sukai adalah tentang konsistensi. Pepatah itu berbunyi demikian, "perjalanan ribuan li dimulai dari satu langkah kecil." Apa yang diajarkan kalimat sederhana itu kelihatan sepele namun sejatinya itulah kunci keberhasilan.

Enam bulan yang lalu berat badan saya mencapai 86kg - 88kg. Tentu ini bukan hal yang mudah untuk bisa menurunkannya. Hal tersulit justru adalah ketika mengambil langkah pertama.

Kini berat badan saya ada di kisaran 75kg - 77kg. Memang bukan hal yang mudah tetapi sesulit apapun perjalanan, ketika sudah berada di garis akhir, semua itu akan menjadi suatu kenangan yang manis, bahkan bisa jadi pembelajaran berharga yang bisa diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Di dalam Alkitab, Tuhan memakai banyak contoh untuk memberikan pelajaran serupa. Umat Tuhan yang dipimpin Musa, harus berjuang sedemikian keras untuk bisa keluar dari Mesir, tanah perbudakan, menuju Kanaan yang merupakan tanah perjanjian antara Tuhan dengan nenek moyang mereka. 

Hal yang sama juga bisa kita baca dari kisah Yakub yang harus bekerja keras pada Laban, namun akhirnya, walau ditipu beberapa kali, ia mampu menjadi sosok yang berhasil.

Saat kita ternyata sudah ada di tengah perjalanan, entah itu perjalanan cinta, karir atau pendidikan, ingatlah bahwa meski ada banyak rintangan, ketika nanti sudah di garis akhir, semua itu akan terasa manis.

Perjuangan untuk mencapai cita-cita membutuhkan ketekunan. Terus berjalan sambil tertatih memang tidak mudah tetapi ketika kita yakin Tuhan menuntun kita, sama seperti Tuhan menuntun umat Musa melalui berbagai penyertaan, maka sejatinya masih ada harapan untuk menyelesaikan perjalanan itu.

Meski berat badan saya sudah turun lumayan, tetapi masih ada banyak hal yang ingin saya lakukan. Pencapaian-pencapaian pribadi yang sangat personal bisa jadi contoh bahwa kita bisa juga mendapatkan pencapaian-pencapaian yang lebih besar lagi. Setidak-tidaknya sekarang, banyak baju-baju lama yang masih bagus yang bisa saya pakai kembali. 

bertekun dan terus berjalan
bertekun dan terus berjalan

Doa Refleksi Hari Ini

Tuhan, bantulah kami untuk terus konsisten dalam melakuan tugas dan tanggung jawab kami, dimanapun Engkau menempatkan kami. Dan ketika kami menemukan halangan, yakinkan bahwa itu adalah sesuatu yang akan kami lalui. Amin. 

Kredit Foto: Matt Duncan on Unsplash

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Bertekun dan Terus Berjalan - Refleksi #2"

  1. betul, secara konsisten walaupun melangkah sedikit , kalo terus akan kelihatan hasilnya, saya sudah mencoba

    BalasHapus