5 Langkah Menulis Artikel Blog Yang Baik Mantul!


Berikut adalah cara menulis artikel dalam lima langkah yang akan membuat blog Anda meroket serta mendatangkan trafik tinggi. Ikuti panduan untuk membuat konten hebat dan menarik berikut.  
Hampir semua artikel hebat punya pola yang sama. Temukan, pelajari dan tiru pola tersebut. 

(Evander Lazy Mole)

5 Tahapan Nulis Artikel Blog Yang Mantul! Catatan Adi catatanadiwriter.blogspot.com
Sumber foto : Getty Images

Halo manusia, jumpa lagi di blog saya yang tidak terkenal-terkenal juga, Catatan Adi.

Anda pasti blogger khan? Atau setidaknya calon blogger? Dan pingin nulis artikel yang kece nan keren? Maka Anda tidak salah tempat. Kali ini Catatan Adi akan berbagi tips gimana caranya nulis artikel blog biar mantul mentul-mentul hanya dalam 5 langkah aja.

Disclaimer ya, langkah ini sudah saya lakukan bertahun-tahun dan menurut saya pribadi sih bener-bener ngebantu banget. Kalau menurut Anda kurang, silahkan ditambahi.

Intinya adalah : PRACTICE alias praktik!

Percuma baca jutaan artikel tentang ngeblog dan bikin artikel tapi kalo kaga pernah praktek, ya ga bisa. Dengan praktek maka ketrampilan menulis akan terus terasah.

Oke, tanpa berpanjang lebar lagi, ini dia 5 Tahapan Nulis Artikel Blog Yang Mantul!

1. Meditasi.
2. Bikin kerangka.
3. TETE alias Tulis - Edit – Tulis - Edit
4. Bikin HIT alias headline yang nendang!
5. Cek lagi

Nah itu diatas adalah langkah-langkahnya. Untuk penjelasannya ada di bawah sini. Bacanya pelan-pelan aja, jangan scanning mulu, biar bisa paham. Oke, lurd!

1. Meditasi

Ini adalah langkah paling awal yang kudu Anda lakuin buat nulis artikel yang keren, kece, bagus, menawan dan menarik. Apa itu meditasi? Haruskah pergi ke gua-gua sambil bawa tiker? Kaga usah, bro! Bukan ntuh maksudnye....

Jadi di tahap ini, Anda harus merenung dengan serius, tapi boleh kok sambil makan bakwan, tentang artikel yang bakal Anda tulis.

Beberapa pertanyaan berikut bakal ngebantu Anda dalam tahap ini sebelum nulis artikel :

• Topik apa yang ingin Anda tulis?
• Apakah topik itu menarik? Kenapa?
• Siapa kira-kira yang bakalan baca artikel tentang topik itu?
• Apakah Anda mengusai semua materi pendukung buat nulis topik itu
• Bagaimana nanti Anda menulisnya, dalam bentuk listicle, narasi, deskripsi, atau infografis?
• Dll.

Tahap ini penting banget karena di tahap ini calon artikel yang akan Anda tulis. Kaya bikin anak gitu, nanti dinamai siapa, disekolahin dimana, diikutin les gitar atau renang, dll. Tapi namanya rencana bisa kok berubah, asal Anda sudah punya pegangannya alias planningnya.

Juga jangan kelamaan berhenti di sini, ntar malah ga nulis-nulis. Ingat, PRACTICE! Itu yang penting.

2. Bikin kerangka

Ini juga ga kalah penting. Dengan adanya kerangka, maka Anda akan semakin mudah dalam menulis artikelnya. Mirip-mirip pelajaran bahasa Indonesia gitu deh.

Trus gimana bikin kerangka yang bagus. Catatan Adi akan kasih salah satu contoh kerangka yang cukup membantu saya selama ini :

Contoh kerangka ;

Topik : menulis artikel
Judul : 5 Tahapan Nulis Artikel Blog Yang Mantul!
Ide pokok 1 : Pembukaan
Ide pokok 2 : Lead-in dalam bentuk daftar singkat tentang 5 Tahapan Nulis Artikel Blog Yang Mantul!
Ide pokok 3 : Ngejelasin tahap 1, Meditasi
Ide pokok 4 : Ngejelasin tahap 2, Bikin Kerangkan
Dll........

Gampang khan? Ayo buat!

3. TETE

Ini tahap paling ditunggu, yaitu TETE. T : tulis E : edit
Jadi, tahap ini adalah lanjutan dari tahap sebelumnya. Kembangin aja kerangka yang udah di buat. Bis itu edit lagi. Dapat ide segar? Tulis lagi. Trus edit lagi. Gitu terus.

Tapi waktu ngedit, usahakan pikiran fresh ya. Supaya ga terluput tuh hal-hal kaya typo, salah gramatika, dll. Jadi kasih jeda antara tulis dan edit.

4. Bikin HIT aliasn PUNCH alias HOOK!

Apaan sich? Intinya bikin pembukaan yang keren! Dimana? Di lima elemen ini : Judul, Kalimat pertama, Deskripsi Artikel, Subheadlines, dan Gambar.

Judul : ada yang pake jurus clickbait, dan percayalah jurus ini masih ampuh walau berpotensi bikin personal branding Anda sebagai blogger ancur. Intinya pake judul yang menohok! Bisa singkat, bisa agak panjang tapi jangan lebih dari 9 kata ya! Nasihat ini saya dapat dari blog-blog luar sih.

Kalimat pertama : Ini juga penting, bahkan pentingya bukan maen. Mulai dari Darmawan Panduan IM sampai EvanderLazyMole semua bilang kalo calon pembaca artikel Anda sangat dipengaruhi seberapa menarik kalimat awal di artikel Anda.

Deskripsi artikel : Ini juga penting karena ketika scrolling di google/yahoo/bing, selain lihat judul juga lihat deskripsi artikel gitu. Soalnya judul kan banyak yang sama, jadi deskripsi artikel juga penting dan pintu masuk buat ndatengin traffic.

Subheadlines : Alias subjudul. Dalam menulis artikel usahakan ada subjudul. Nah kalo ini sih agak gimana gitu. Soalnya kalo 3 elemen tadi dah bagus, biasanya ga terlalu penting. Tapi sangat penting kalo calon pembaca Anda adalah manusia tipe scanning readers. Jadi subjudul harus jelas dan menarik. Tulis tebel dan kalo perlu kasih bullets atawa numbering.

Gambar : reader jaman now suka yang aneh-aneh. Ga Cuma artikel yang keren, mereka kudu dipancing pake gambar yang bagus. Nah itu yang bisa Anda lakukan. Lengkapi artikel dengan gambar pendukung. jangan cuma nulis artikel dan hanya fokus pada kata-kata.

5. Cek lagi

Kalau perlu bisa minta tolong temen sesama blogger. Minta mereka kasih pendapat. Trus kalo Anda ahli SEO, bisa tu di cek, keywordnya dah merata belum, labelling kira-kira apa aja, perlu kasih backlink pendukung kaga, dll. Saya sih lebih suka fokus ke konten, bukan SEO.

Itulah 5 langkah mudah nulis artikel blog yang mantul! Ada baiknya Anda juga baca artikel tentang mengapa blog Anda sepi pengunjung? Semoga bisa membantu Anda semua. Jangan lupa kata kuncinya, PRACTICE!
Udah...udah....


3 Responses to "5 Langkah Menulis Artikel Blog Yang Baik Mantul!"

  1. Kalo ane malah random aja mas, sesuai mood dan tergantung bahasan juga sih, karena kalo lagi nggak mood ya ngapain juga nulis, wkwkwk

    Nice post, semangats!!
    ;)

    ReplyDelete
  2. kalo saya sih konsisten seminggu 1-2 artikel.

    itu kalo laptopnya ada. kalo gak ada yah gak wkwkw

    ReplyDelete
  3. Beberapa saya pake cara sendiri sih.

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel