Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Langkah Menulis Artikel Blog Yang Baik

Langkah menulis artikel blog yang baik. Setiap hal di dunia ini butuh proses, termasuk menulis postingan untuk blog.Bagaimana cara untuk membuat artikel blog yang benar dan menarik? Anda akan mendapatkannya dengan ringkas dan jelas di sini.

Dalam artikel singkat ini akan dipaparkan 5 tahapan yang dibutuhkan untuk menulis sebuah artikel blog yang baik dan menarik untuk pembaca.

Semua caranya sangat mudah dan bisa langsung dipraktekkan. Namun hasil yang dicapai bisa berbeda-beda, tergantung banyak hal. Artinya artikel yang dibuat belum tentu bisa langsung masuk halaman satu Google. Ada banyak faktor mengenai hal itu, misalkan SEO, kualitas blog itu sendiri di mata mesin pencari, persaingan pada topik yang dibahas dan masih banyak lagi. 

Meski demikian, tujuan utama dari artikel ini adalah memberikan gambaran bagaimana membuat tulisan yang benar dan bisa dinikmati pembaca. Untuk itu, silahkan baca dan lakukan semua langkahnya. 

Langkah Menulis Artikel Blog
Langkah Menulis Artikel Blog 

1. Tentukan Topik Bahasan

Cara premis atau topik yang ingin Anda ulas. Tanpa mengetahui apa yang harus ditulis, maka mustahil menghasilkan artikel yang baik. 

Ada banyak topik untuk dituangkan menjadi tulisan. Namun Anda sebagai blogger tentu paham mana topik yang bisa mendatangkan banyak pembaca, khususnya jika berbicara mengenai SEO. 

2. Buat Draft

Jangan buru-buru langsung membuat tulisan. Susunlah draft atau rancangan tulisan. Ini sangat tergantung dengan jenis artikel yang ingin dibuat. Apakah artikel berbentuk tutorial, listicle, informatif, cerita fiksi, ulasan produk atau lainnya.

Dalam draft ini nanti berisi poin-poin penting yang akan dikembangkan menjadi sebuah artikel seutuhnya. 

3. Mulai Menulis

Sekarang langkah ketiga, yakni mulai menulis. Dari draft atau rancangan tulisan yang sudah ada, silahkan kembangkan menjadi suatu artikel utuh. Tidak perlu terburu-buru. Kembangkan dengan baik namun tetap padat dan berisi. 

4. Lengkapi dengan Informasi Penunjang 

Apakah artikel tersebut butuh bahan penunjang agar pesan yang ingin disampaikan bisa secara efektif diterima pembaca? Jika ya, maka lengkapi dengan gambar, tabel, video atau lainnya. 

5. Edit dan Terbitkan

Jangan terburu-buru untuk publish artikel yang sudah ditulis. Coba edit kembali dan baca ulang. Beberapa hal yang perlu dievaluasi adalah: 

  • tatababasa
  • ejaan
  • struktur paragraf
  • penambahan atau pengurangan kalimat jika dirasa perlu
  • tanda baca
  • diksi atau pemilihan kata


Itulah 5 tahap dalam menulis artikel yang benar. Ikuti semua langkah di atas dan niscaya akan membantu Anda untuk mencapai tujuan yang diidamkan, yakni menghasilkan postingan yang menarik.

Untuk selanjutnya baca juga artikel seputar tips menulis blog lainnya, seperti cara mencari topik untuk menulis artikel sehingga ide dan inspirasi akan selalu hadir tanpa henti.

Atau ketahui juga cara mempercantik dan menulis artikel agar menarik bagi pembaca blog Anda. Hal ini sangat penting, khususnya sebagai sarana meningkatkan kredebilitas Anda sebagai seorang blogger.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

3 komentar untuk "5 Langkah Menulis Artikel Blog Yang Baik"

  1. Kalo ane malah random aja mas, sesuai mood dan tergantung bahasan juga sih, karena kalo lagi nggak mood ya ngapain juga nulis, wkwkwk

    Nice post, semangats!!
    ;)

    BalasHapus
  2. kalo saya sih konsisten seminggu 1-2 artikel.

    itu kalo laptopnya ada. kalo gak ada yah gak wkwkw

    BalasHapus
  3. Beberapa saya pake cara sendiri sih.

    BalasHapus