Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengelola Label, Kategori dan Tags di Blogger

Mengelola label di platfom Blogspot memang gampang-gampang susah. Awalnya saya cukup kesulitan, mengingat pengaturannya jauh berbeda dengan di Wordpress, tetapi kemudian akhirnya menyadari justru mungkin inilah kelebihan Blogger.

Sebelum nanti membahas mengenai cara mengelola label di blogspot agar struktur blog menjadi lebih teratur, tertata dan terstuktur, ada baiknya kita mengulas terlebih dahulu fungsi dan kegunannya.

mengelola label dan kategori di blogspot
mengelola label dan kategori di blogspot
Daftar Isi:

Apa itu Label di Blog?

Label adalah pengelompokkan artikel dalam blog sesuai dengan kriteria tertentu, misalkan topik bahasan ataupun kata kunci yang ada dalam postingan. 

Apa fungsi label dalam blog? Jadi seperti namanya, label berfungsi untuk melabeli atau mengkategorikan tulisan atau postingan dalam blog. Dengan kata lain label berfungsi untuk mengkategorikan tulisan-tulisan tertentu ke dalam suatu klasifikasi

Misalkan: 

Ada enam artikel yang sama-sama membahas tentang cara membangun dan mengelola blog. Maka bisa diberikan label tutorial blogging pada setiap artikel. Maka setelah diberi label (tutorial blogging), keenam artikel tersebut berada pada kelompok yang sama.

Pengelompokan artikel menjadi label-label tertentu bisa didasarkan pada berbagai pertimbangan, misalkan: 

  • Premis yang dibahas. Misalkan pengelolaan kategori menjadi kue basah, Korea Selatan, wisata di Eropa, dll.
  • Kesamaan topik. Misalkan pengelolaan kategori konten menjadi wisata, otomotif, tutorial, teknologi, dll. 
  • Mengandung katakunci (keywords) yang sama. Misalkan pelabelan kategori karena mengandung pembahasan tentang nama artis tertentu atau fenomena tertentu. 

Tentu masing-masing pemilik blog berhak memiliki pertimbangan subyektif tersendiri. Meski demikian ada baiknya untuk mencermati secara bijak metode pengelompokkan postingan atau labelling ini agar blog tetap memiliki struktur yang baik.

Lalu apa fungsi dari label atau pengelompokkan artikel tersebut? Ternyata banyak sekali kegunaan mengkategorikan postingan blog ke dalam label yang sama. Manfaatnya yaitu:

  • Membuat konten yang ada di blog menjadi lebih teratur dan tertata karena terkelompok ke dalam bagian-bagian tertentu.
  • Membuat struktur blog menjadi lebih rapi.
  • Mempermudah membangun internal link building.
  • Dengan metode yang tepat, penggunaan label akan membuat mesin pencari lebih mudah untuk merayapi konten yang ada dalam blog.
  • Mempermudah pembaca untuk mencari tulisan yang serupa dan membahas topik yang sama sehingga mampu menurunkan tingkat pantulan atau bounce rate yang tinggi.
  • Terhindar dari masalah breadcrumb. Jika tidak ada label pada postingan, biasanya Google Search Console akan memunculkan notifikasi berupa masalah terkait dengan breadcrumb. 
  • Pada umumnya beberapa widget seperti related posts, baik yang ada di tengah postingan maupun di akhir postingan dibuat berdasarkan kesamaan label. Penggunaan label yang tepat akan membantu memunculkan artikel terkait yang tepat pula. 

Cara Mengelola Label di Blogspot

Pengelolaan label yang tepat di blog akan sangat bermanfaat, baik untuk pemilik blog, pembaca, maupun mesin pencari. Bukan hanya blog menjadi lebih terstruktur, tetapi konten juga memiliki potensi besar untuk bersaing di SERP

Adi, penulis catatanadi.com

Sekarang kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya, yaitu mengelola label di blogspot atau blogger. Perlu diketahui bahwa ada perbedaan antara pengelolaan label di Blogspot dan Wordpress.

Pertama, ketahui lebih dahulu beberapa hal penting terkait label, antara lain: 

  1. Hindari membuat terlalu banyak label. 
  2. Usahakan dalam setiap satu label terdapat beberapa artikel, bukan satu label untuk satu artikel.
  3. Tidak usah membuat label berdasarkan bulan atau tanggal, karena sudah ada fitur widget arsip tulisan yang melakukannya.
  4. Lakukan penulisan label secara konsisten. Penggunaan huruf kapital sangat berpengaruh.
  5. Usakan nama label pendek saja. Makin pendek makin baik. 

Selanjutnya tentang cara mengisi label. Berada dimanakah pengaturan label? Saat Anda menggunakan platform Blogger ketika mengetik artikel maka lihatlah di bilah sebelah kanan dari lembar kerja. Label ada di urutan teratas. Lihat gambar berikut ini. 

tempat mengedit label atau kategori di blogspot
tempat mengedit label atau kategori di blogspot

Anda bisa menentukan label sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan juga bahwa, Anda bisa menulis lebih dari satu label. 

Perhatikan pula bahwa label-label ini masing-masing bersifat independen atau berdiri sendiri. Artinya Anda tidak bisa membuat hirarki. 

Misalkan: 

Anda ingin membuat label blogging, dimana di dalamnya (atau di bawahnya) ada sub-label tutorial SEO, riset keywords artikel, AdSense, dll. Lihat infografis di bawah ini. 

contoh hirarki dan pengelolaan kategori postingan di blog
contoh hirarki dan pengelolaan kategori postingan di blog

Semua hal di atas tidak bisa dilakukan di Blogspot tetapi bisa dilakukan di Wordpress. Kenapa? Karena Wordpress memiliki fitur tags dan kategori.

  • Tags: Fitur ini mirip dengan fitur label di blogspot. Sifatnya berdiri sendiri dan opsional, artinya tidak wajib ada. Tanpa menulis label atau tags, konten akan tetap muncul.
  • Kategori / Categories: Fitur yang ada di Wordpress, yang bersifat hierarki, artinya bisa dikelola secara hierarkis. Bersifat wajib karena tanpanya, postingan akan dimasukkan ke dalam uncategorized

Lantas bagaimana jika ingin membuat pengaturan konten seperti di atas namun menggunakan platform blogspot. Jawabannya sederhana: tidak bisa

Namun Anda bisa mengakalinya dengan membuat menu di bagian header atau sidebar menggunakan sistem hierarki memanfaatkan label yang ada. Namun perlu diingat bahwa ini akan sangat terkait dengan template atau tema blog yang digunakan. 

Secara umum, untuk mengelompokkan tulisan berdasarkan label di Menu, bisa dilakukan dengan cara seperti ini: 

1. Masuk ke Dashboard Blogspot.

2. Lihat bilah kiri.

3. Masuk ke bagian Tata Letak. Lihat gambar untuk lebih jelas.

mengatur menu di blog, masuk tata letak
tata letak di dashboar blogspot

4. Perlu diketahui di sini saya menggunakan template dari Mas Sugeng, yaitu Linkmagz.

5. Lihat bagian Kode Menu Navigasi. 

masuk menu navigasi di blogspot
masuk menu navigasi di blogspot

6. Setelah itu ada kolom HTML. Masukkan kode yang dibutuhkan. (lihat gambar)

memasukkan kode HTML mengatur menu navigasi
memasukkan kode HTML mengatur menu navigasi

Bagaimana kode HTML untuk cara membuat Menu Navigasi? Pada umumnya kodenya akan seperti di bawah ini. 

<li><a href="URL Label">Nama Label</a></li>

Coba sesuaikan dengan nama label dan URL Label yang Anda miliki. Bagaimana cara untuk mengetahui URL Label yang dimiliki? Mudah sekali.

  1. Buka postingan Anda. 
  2. Jika ada topik atau label di bagian atas, silahkan klik. 
  3. Lihat URL yang ada di kolom alamat url mesin pencari. Lihat gambar jika ingin lebih jelas.
posisi label dalam artikel

Selanjutnya di kolom URL. Di sana akan tertera URL untuk label Anda. Silahkan salin URL tersebut. Pada umumnya URL tersebut akan memiliki format sebagai berikut (ingat huruf kapital sangat berpengaruh):

https://URL Blog Anda/search/label/Nama Label

Selanjutnya masukkan kode tersebut ke menu navigasi untuk membuat menu postingan blog. Anda juga bisa membuat drop-down Menu atau sub-menu pada setiap menu. Gunakan kode HTML ini: 

            <li>

              <a href="URL atau tulis saja #">Nama Menu</a>

              <ul>

                <li><a href="URL">Nama Sub-Menu1</a></li>

                <li><a href="URL">Nama Sub-Menu2</a></li>

                <li><a href="URL">Nama Sub-Menu3</a></li>

              </ul>

            </li>

Meski terlihat ribet tetapi sebenarnya sangat mudah dan bisa jadi Anda akan ketagihan untuk mengutak-atik blog Anda, khususnya bagian Menu.

Selain itu Anda juga bisa menampilkan label-label yang ada di blog Anda dengan menggunakan fitur widget yang dimiliki oleh Blogspot.

Cara Menampilkan Widget Label:

  1. Masuk ke Dashboard Blogspot.
  2. Masuk ke Tata Letak.
  3. Lihat ke Sidebar.
  4. Masuk ke Tambahkan Gadget.
  5. Pilih Label.
  6. Lakukan pengaturan sesuai yang dibutuhkan. (Lihat gambar)
cara membuat widget label di sidebar
cara membuat widget label di sidebar

Mudah bukan? Coba atur sesuai selera atau kebutuhan agar blog Anda makin terstruktur, rapi serta memudahkan pembaca untuk mengeksplorasi lebih banyak postingan lainnya. 

Itulah artikel dan panduan mengelola label di Blogspot atau blogger, semoga bisa membantu Anda dalam pengelolaan web yang Anda miliki.

Suka konten seperti ini? Silahkan bagikan ke media sosial. Tulis juga komentar dan pengalaman Anda dalam mengelola blog. Baca juga panduan lainnya, misal cara menulis artikel listicle untuk blog. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "Cara Mengelola Label, Kategori dan Tags di Blogger"

  1. label di blog memudahkan pembaca mencari kategori bacaan yang mereka suka. Terima kasih ilmunya, mas Adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbak. Senang bisa membantu.

      Hapus