Kenali Pola Makan Sehat Agar Hidup Lebih Bahagia

Kenali Pola Makan Sehat Agar Hidup Lebih Bahagia
sumber foto : Brenda Godinez / Unsplash


Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Mengapa? Hal ini karena makanan menjadi salah satu faktor utama dalam kesehatan.

Lalu seperti apakah pola makan yang benar? Apakah harus ribet dan mahal? Tentu saja tidak.
Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memiliki pola makan yang sehat.

1. Usakan untuk selalu sarapan


Sarapan sangat penting bagi tubuh. Terlebih bagi Anda yang memiliki segudang aktivitas padat. Biasakan sarapan sebelum beraktifitas. Jika Anda sering melewatkan sarapan, maka bukan hanya berakibat fatal bagi kesehatan, namun juga tingkat produktifitas Anda.

Dengan sarapan pagi maka asupan gizi bagi tubuh Anda menjadi lebih tercukupi. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan daya fokus dan energi ketika bekerja atau sekolah.

Bahkan hasil penelitian dari Institut Pertanian Bogor, seperti yang diutarakan Dekan Fakultas Ekologi Manusia, Arif Satria, menunjukkan siswa yang terbiasa sarapan pagi memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding yang tidak.

2. Jangan makan dengan porsi berlebihan


Apapun yang berlebihan pastilah tidak baik. Tak terkecuali dengan porsi makanan. Bahkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Mount Sinai School of Medicine, menemukan fakta yang cukup mencenangkan.

Para peneliti di sana menemukan penjelasan tentang hubungan antara makan berlebihan dan beberapa penyakit mengerikan, seperti diabetes.

Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic lebih mengerikan lagi. Makan berlebihan ternyata dapat menyebabkan hilang ingatan, khususnya pada mereka yang sudah lanjut usia.

3. Jangan lupa untuk minum air putih.


Ada hal ‘sepele’ yang sering dilupakan banyak orang, yakni minum air putih yang cukup. Padahal hal ini sangatlah penting.

Riset yang dipaparkan di jurnal kesehatan Frontiers in Human Neuroscience mengatakan bahwa minum air putih secukupnya dapat membuat seseorang menjadi awet muda, kekebalan tubuhnya meningkat, dan daya fokus otak lebih baik.

4. Hindari terlalu banyak kolesterol, gula dan lemak.


Sudah menjadi hal umum bahwasannya makanan dengan kandungan kolesterol, gula dan lemak yang tinggi tidak terlalu baik jika sering dikonsumsi.

Ada banyak penyakit yang mengintai jika makanan-makanan dengan kandungan tersebut dikonsumsi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Penyakit tersebut antara lain ; darah tinggi, diabetes, jantung dan ginjal.

5. Kunyah makanan dengan benar.


Mengunyah makanan dengan benar juga dapat berpengaruh pada kesehatan seseorang . Usahakan untuk mengunyah makanan dengan cukup halus sebelum menelannya. Hal ini berkaitan dengan kinerja organ-organ pencernaan, khususnya usus.

6. Perhatikan kandungan gizi.


Perhatikan kandungan gizi yang ada dalam makanan Anda. Usahakan untuk memiliki menu makan sehat yang seimbang.

Perbanyak menu dari buah-buahan dan sayuran segar. Beberapa jenis makanan laut dan gandum juga memiliki nilai gizi tinggi. 

Hal ini menjadi penting karena tubuh senantiasa memerlukan asupan gizi yang baik. Menambahkan susu, jika tidak alergi, juga adalah ide yang baik.

7. Hindari makanan yang tidak higienis.


Tidak semua jajanan di pinggir jalan tidak sehat, namun membawa bekal dari rumah nampaknya ide yang lebih baik.

Isu makanan higienis memang selalu hangat diperbincangkan. Intinya, makanan tidak higienis adalah ancaman bagi kesehatan.

Hindari makanan yang kotor, basi ataupun terindikasi tidak layak konsumsi. Jangan pertaruhkan kesehatan Anda untuk sekedar memanjakan lidah.

Kesimpulan

Mengenali pola makan yang sehat sangat berpengaruh bagi hidup pada umumnya. Dengan pola makan yang baik tubuh menjadi sehat. Ketika tubuh menjadi sehat, kualitas hidup juga meningkat. Untuk bacaan lebih lanjut, silahkan baca artikel : tips sederhana untuk menjaga kesehatan yang berisi cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan sehari-hari namun memiliki dampak yang besar bagi kesehatan. 

Semoga artikel mengenai pola makan sehat ini bermanfaat bagi Anda. Baca terus banyak artikel bermutu lain di rubrik kesehatan Catatan Adi.

0 Response to "Kenali Pola Makan Sehat Agar Hidup Lebih Bahagia"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel