Seri Ngeblog Personal Ala Catatan Adi : Para Inspirator Catatan Adi

Para Inspirator Catatan Adi


Dalam menulis blog, tentu seorang blogger membutuhkan ide. Lalu darimana datangnya ide? Bisa dari pengalaman yang bersangkutan atau stimulus dari orang lain.

Pun demikian halnya dengan blog personal Catatan Adi. Di blog ini saya tidak hanya menulis mengenai pengalaman saya sehari-hari, melainkan juga opini dan beberapa eksperimen.

Ada banyak pihak yang harus saya sebut sebagai inspirator. Namun nyatanya semua orang, termasuk rekan-rekan blogger di dunia maya maupun teman dan keluarga di dunia nyata, semua adalah inspirator dari blog personal ini.

Meski begitu, saya berpendapat bahwa ada sebagian dari inspirator tersebut yang harus saya sebutkan. Semoga mereka juga bisa menginspirasi Anda semua pembaca Catatan Adi.

Siapa saja para inspirator tersebut? Sebagian dari mereka mungkin sudah sangat familiar bagi Anda sebagai blogger atau netizen. Sedang sebagian lagi nampaknya tidak terlalu terkenal.

Walau begitu mereka semua ada inspirator bagi saya. Bukan hanya tentang menulis artikel, tetapi juga banyak hal lain. Untuk memudahkan, maka saya akan membaginya dalam beberapa kategori berikut :

1. Inspirator dalam menulis artikel yang mengalir dan personal (terkadang emosional).


(Carrolina Ratri, Irvina Lioni, Naning Sudjatmoko, Zat Rahna, Nicholas Cage, Benjamin Hardy)

Mereka adalah para penulis dengan berbagai gaya. Ada yang sedikit humoris seperti Mpok Pina dari Betawi atau Ning Ratri Arek Suroboyo.

Ada yang gaya nulisnya personal banget, sampai-sampai hal remeh ditulis. Hebatnya hasilnya tetap sebagai sebuah karya yang sangat enak dibaca. Catatan Adi harus berterima kasih atas karya-karya Mbak Naning.

Dari luar, Zat Rahna haruslah di sebut. Esai-esainya luar binasa! Mantul mentul-mentul. Gaya menulisnya detail dan yang paling keren adalah wawasanya akan filsafat populer maupun sains cukup bagus.

Benjamin Hardy sangat membantu khususnya dengan sentuhan-sentuhan personal dan aura persuasif yang kental. Tulisannya menyihir sekaligus menarik kita masuk ke dalam pemahamannya. Sungguh sangat beruntung bisa menikmati karya-karyanya.

2. Inspirator dalam mengulas buku dan bermain diksi.


(Lazione Buddy, Eka Kurniawan)

Saya suka buku. Bukan karena saya blogger, tetapi karena saya memang mendapat kenikmatan tersendiri dari membaca. Apakah semua blogger harus kutu buku seperti saya? Tentu tidak perlu.

Ngomong-ngomong soal kutu buku, Lazione Buddy adalah yang pertaa harus disebut. Koleksi bukunya bikin ngiler bin ngeces. Penggemar fanatik Lazio garis keras ini selalu memilikis sesuatu dalam review-reviewnya.

Sedang Eka Kurniawan adalah the third lord of writer, setelah Pram dan Hilman Hariwijaya. Bahkan Eka adalah perasan terbaik dari petualangan khas orang-orang kiri dari Pram dan kisah-kisah seru penuh humor segar namun tetap penuh makna dari Hilman dan seri Lupusnya.

Ternyata selain seorang author, Eka adalah seorang blogger produktif. Mirip Lurah Buddy yang mengepalai grup Bank Buku, Eka fokus pada review buku-buku sastra yang sudah terkenal maupun tidak terlalu dikenal publik negeri +62.

3. Inspirator dalam membangun blog marketing.


(Panduan IM, Aneka Cara Blog)

Siapa tak kenal Panduan IM? Blog milik Mas Darmawan ini memang salah satu sumber bagi para master blog Indonesia. Bahkan Catatan Adi ada juga karena inspirasi beliau.

Sampai detik ini, saya pribadi belum menemukan sebuah blog yang lebih komplit penjelasannya dalam hal blog marketing melebihi Panduan IM. Bahkan saya sampai mengulas blog tersebut dalam tulisan tersendiri.

Sedang Aneka Cara Blog adalah seorang kawan baru yang saya temui ketika berselancar di Fb. Ada ribuan blogger yang menggunakan Fb sebagai sarana promosi blog, namun Aneka Cara punya hal yang berbeda. Ia fokus dalam membentuk suatu komunitas melalui suatu page bernama daftar sahabat. Di sana Aneka Cara menulis blog-blog yang rajin berkunjung. Suatu terobosan yang mungkin bila ditiru belum tentu sesukses Anek Cara Blog.

4. Inspirator bermain koding.


(Igniel, Strukturkode, Tulisan Wortel, Mas Sugeng, WARIM)

Apakah seorang blogger wajib memiliki pengetahuan koding? Apa salahnya? Bagi saya koding itu menarik. Dan mereka-mereka yang saya sebutkan di atas adalah inspirator hebat dalam memahami koding. Mungkin Anda bisa mencoba belajar dari mereka. Kecuali Anda lebih jago, abaikan saja.

Demikianlah artikel ke dua (tiga?) dari seri Ngeblog Personal Ala Catatan Adi. Di artikel selanjutnya Catatan Adi akan bercurhat mengenai langkah-langkah yang mudah dan pasti Anda bisa lakukan dalam membuat blog personal. Maka, silahkan baca artikel



1 Response to "Seri Ngeblog Personal Ala Catatan Adi : Para Inspirator Catatan Adi"

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel