Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Berdasarkan Pengalaman Nyata 2012 - 2021)

Halo sahabat yang baik, pernahkah sahabat berpikir untuk mendapatkan uang dari internet? Jika sahabat belum mengetahuinya, maka Catatan Adi akan menjelaskan dengan terperinci cara mendapatkan uang dari internet. Dunia maya, khususnya blog sebenarnya bisa menjadi sarana untuk memperoleh pendapatan. Yup, kuncinya adalah menulis dan dibayar atau dalam bahasa lain adalah mendapatkan uang dengan cara membuat artikel.


Cara menghasilkan uang dari blog (catatan Adi)
Menghasilkan uang dari blog

Bagaimana, apakah Anda merasa tertarik dengan aktifitas blogging meski tidak tahu banyak tentang apa yang harus dilakukan? Anda tidak ada pengalaman serta minim kemampuan teknis? Atau Anda belum berhasil menghasilkan uang sejak blog post pertama? 

Di artikel kali ini Sahabat akan belajar cara menghasilkan uang dari blogging. Catatan Adi yakin, perlahan tapi pasti, penghasilan akan Anda peroleh . 

Apa yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan uang dari blog? Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering muncul di benar calon blogger. “Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog?” 

Berikut beberapa langkah dasar yang ditempuh dari kebanyakan blogger yang mengandalkan blog sebagai mata pencaharian. 

  1. Membuat blog 
  2. Menulis konten yang bermanfaat
  3. Mendatangkan trafik atau pembaca 
  4. Membangun sebuah ikatan dengan pembaca yang datang ke blog Anda 
  5. Mendapatkan uang. 

Terdengar mudah bukan? Karena memang pada dasarnya tidak sulit. Anda pasti bisa. Jangan dengarkan mereka yang mengatakan bahwa mendapat uang dari blog adalah mitos. Sudah banyak orang yang melakukannya dan Anda juga pasti bisa. 

Pada beberapa level, prosesnya cukup sederhana tapi Anda akan ketahui lebih banyak setelah Anda jalani. Yuk kita mulai membahas dari awal cara mendapatkan uang dari blog. 

Memulai Sebuah Blog 

Untuk mendapatkan uang dari blog tentu Anda perlu memiliki sebuah blog. Meski cukup jelas, langkah ini juga yang jadi batu penghalang bagi kebanyakan blogger pemula yang memiliki sedikit atau tanpa latar belakang blogging. Tapi jangan khawatir, ini tidak sesulit yang Anda kira. Ada beberapa langkah sederhana yang Anda perlukan untuk memulai sebuah blog: 

1. Memilih Platform 

Pilih platform blog Anda. Untuk memulai sebuah blog Anda perlu memilih platform blog atau alat yang akan membantu Anda agar konten berada di website. Ada banyak pilihan platform blog yang tersedia, salah-satunya di blogspot yang menjadi platform paling populer dan banyak dipilih karena beberapa alasan berikut: 

  • Penggunaannya gratis 
  • Mudah digunakan 
  • Merupakan anggota keluarga besar Google 

2. Menentukan Nama 

Menentukan nama domain dan hosting (atau pake saja yang gratis). Langkah selanjutya untuk memulai sebuah blog adalah menentukan nama domain (alamat blog Anda) agar blog Anda memiliki alamat rumah secara online. Tiap blog memiliki domain sendiri-sendiri, jadi Anda harus kreatif untuk menemukan nama domain yang belum digunakan orang lain, namun sesuai konten blog yang Anda rencanakan. 

3. Mendesain Blog 

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah design blog. Kesan pertama sangat penting jadi Anda harus memilih design yang bisa membuat blog Anda menonjol di antara blog-blog lain. 

Meski ada banyak pilihan tema yang gratis, Anda bisa gunakan tema premium sebagai dasar design blog Anda. Kendati sifatnya berbayar, pilihan premium berefek positif pada optimasi mesin pencarian, dirancang untuk mobile maupun desktop, serta mudah diinstal dan disesuaikan. Untuk lebih jelas, silahkan baca beberapa artikel tentang pengalaman saya membuat blog Catatan Adi

Membuat Konten Bermanfaat 

Konten adalah raja. Content is a king. Bahkan inti dari blog adalah konten. Blog harus memiliki konten. Bukan blog jika tanpa konten. Anda perlu bekerja keras untuk menciptakan konten yang bermanfaat. 

Pilihan Anda akan bergantung pada topik yang Anda pilih untuk ditulis. Kunci keberhasilan adalah menciptakan konten yang baik. Seperti apa konten yang baik itu? Konten yang baik adalah konten yang bisa menginspirasi, menghibur, menyelesaikan masalah dan membantu kehidupan orang lain. Baca juga artikel tentang cara kebiasaan membaca para netizen supaya konten Anda maksimal. 

Menemukan Pembaca 

Membuat konten memang bagus. Tetapi Anda harus membuat orang-orang membaca tulisan Anda. Ketika Anda menciptakan konten bermanfaat, kadang Anda hanya fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk membangun blog. Ini adalah salah satu kesalahan para pemula. 

Bila Anda ingin menghasilkan uang dari blog, Anda tidak hanya perlu fokus pada membangun blog yang baik, tapi juga mulai mempromosikannya. Dengan kata lain menarik pembaca datang ke blog Anda. 

Mulailah dengan memikirkan tentang jenis pembaca yang Anda inginkan pada blog Anda. Setelah tahu siapa yang membaca blog Anda, tanyakan dimana kelompok orang ini berkumpul secara online. Buat daftar tentang dimana mereka kemungkinan berkumpul: 

  • Apakah mereka membaca blog tertentu? 
  • Apakah mereka berpartisipasi di forum tertentu? 
  • Apakah mereka mendengarkan podcast? 
  • Apakah mereka berkumpul di jaringan sosial tertentu?
  • Akun mana yang mereka ikuti dari jaringan sosial tersebut? 

Tiap tempat yang dikunjungi target pembaca blog Anda, luangkanlah waktu Anda untuk terlibat disana yaitu dengan meninggalkan komentar, menawarkan guess post, atau cukup hanya dengan menjawab pertanyaan pembaca. 

Mempertahankan Visitor Loyal 

Ketika Anda fokus menciptakan konten dan menemukan pembaca untuk blog, Anda mulai melihat pengunjung datang ke blog Anda dan menikmati konten yang Anda buat. Di titik ini Anda perlu mengubah fokus menjadi mendekati pembaca tersebut dan membangun komunitas. 

Respon komentar yang mereka tulis, dekati pembaca secara personal, dan lakukan apapun yang Anda bisa untuk membuat mereka terus datang kembali ke blog Anda lagi dan lagi. 

Pertahankan pembaca yang sudah Anda peroleh bahkan solusikan dengan baik sehingga mereka akan menyebarkan berita tentang blog Anda, turut serta membangun blog Anda, sehingga lebih banyak diketahui orang. 

Menghasilkan Uang 

Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang Anda milki melalui variasi saluran pendapatan Empat langkah pertama, yakni memulai sebuah blog, menulis konten, menemukan pembaca, dan membangun kedekatan dengan pembaca, jadi dasar penting yang sangat Anda butuhkan sebelum Anda bisa membangun pendapatan jangka panjang di blog Anda. 

Memang dibutuhkan kerja keras tapi bila Anda melakukannya dengan baik, berarti Anda memiliki kesempatan untuk bisa menghasilkan uang dari blog. 

Dengan dasar yang tepat Anda kini siap untuk mulai memperoleh uang dari blog. Tapi satu hal yang perlu Anda ingat, setelah membuat blog, memiliki konten, dan mendekati pembaca, bukan berarti uang akan mengalir secara otomatis. Karena diperlukan kerja terus-menerus dan eksperimen untuk menghasilkan uang dari blog Anda. 

10 Sumber Pendapatan Yang Harus Anda Coba 

1. Iklan. 

Anda bisa memonetisasi blog Anda. Ini mungkin umum dilakukan para blogger. Dan tidak sedikit juga blogger Indonesia yang sudah mendapat jutaan rupiah per bulannya. Program iklan yang paling banyak dipakai seperti Google Adsense, MGID, WidgetBucks, dan Text Link Ads. 

2. Affiliate Program. 

Banyak sekali affiliate program yang bisa anda ikuti. Misalnya Clickbank, Linkshare, Commission Junction, dan Amazon. 

3. Iklan langsung. 

Anda pun punya kesempatan mendapat uang lewat iklan secara langsung. Maksudnya, perusahaan atau lembaga yang tertarik berpromosi lewat blog anda, bisa langsung memasang iklan tanpa perantara. Anda pun bisa jemput bola dengan membuat proposal dan menawarkannya kepada mereka. 

4. Blog network. 

Bergabung dengan blog network bisa menambah pemasukan anda. Biasanya blog network yang anda ikuti juga akan membagikan penghasilan dari iklan yang diperoleh. 

5. Menjual Blog. 

Anda bisa buat blog dengan tujuan untuk dijual kembali. Jika blog anda trafficnya tinggi, biasanya banyak yang tertarik membeli. Di luar negeri, hal ini sudah biasa terjadi. Jadi anda tinggal buat blog, kemudian menjualnya dengan harga tinggi. Lalu anda tinggal buat blog baru untuk dikembangkan lagi dan dijual lagi. 

6. Jual merchandise. 

Jika blog anda sudah memiliki banyak penggemar, anda bisa meraup lebih banyak uang dengan menjual merchandise bertuliskan blog anda. Misal bentuknya berupa kaos, mug, atau kalender. Intinya semua produk bisa dijual di blog. Hanya satu hal yang perlu dilakukan, yakni memilih template blog yang tepat. 

Salah satu template blog jual produk terbaik adalah Vio Toko milik Mas Sugeng. Selain murah, performanya juga adalah yang paling menakjubkan hingga saat ini.

Penasaran? Ingin segera lihat seperti apa template Vio Toko dan lalu membuat blog? Silahkan lihat demo template Vio Toko dari Mas Sugeng

7. Konsultan. 

Anda bisa menjadi konsultan bagi orang-orang yang berniat membuat blog. Anda bisa pasang tarif untuk setiap konsultasi. Di luar negeri, profesi konsultan blog ini sudah berkembang pesat. Atau Anda bisa mencoba peruntungan dengan menjadi konsultan IT dan Internet Marketing yang sedang booming. Kini hampir semua perusahaan mengincar pemasaran melalui internet. 

8. Seminar. 

Jika pengalaman Anda sudah banyak, Anda bisa buat seminar tentang dunia blog. Atau temanya spesifik seperti blog yang anda punya. Ini salah satu cara untuk meraup lebih banyak lagi uang masuk ke kantong anda. 

9. Menjadi Copywriter untuk Blog. 

Karena isi blog terutama tulisan, ini juga bisa anda jadikan peluang sumber penghasilan. Anda bisa tawarkan diri untuk mengisi blog-blog orang lain. 

10. Menulis di portal berita. 

Bukan hanya menulis di blog sendiri atau blog orang lain, anda pun bisa menulis di media konvensional seperti koran atau majalah. Anda bisa cantumkan profesi sebagai blogger. Selain makin banyak uang yang bisa Anda dapatkan Ada banyak tempat yang membuka lowongan penulis, seperti hipwee, UC Browser, Babe, dll. 

Pelajari Algoritma 

Algoritma mesin pencari memiliki formula tersendiri untuk menentukan konten atau postingan yang akan ditampilkan di hasil pencarian. Anda harus benar-benar mempelajari hal ini agar konten Anda mendapatkan banyak trafik. 

Pengalaman Nyata Dapat Uang dari Blog 2021

Bagian ini harus Anda baca. Setelah tiga tahun saya menulis artikel ini, telah terjadi perubahan besar dalam dunia maya, baik itu algoritma mesin pencari, trend artikel hingga kebiasaan masyarakat dalam mengkonsumsi berita di internet.

Harus diakui menghasilkan uang dari blog, saat ini, semakin tidak mudah. Namun tetap bisa dilakukan. Buktinya Catatan Adi masih bisa menghasilkan pemasukan rutin tiap bulannya. Tentu ini berarti dua hal : 

  1. Blog tetap merupakan potensi bisnis yang menjanjikan bagi mereka yang tidak kenal lelah untuk belajar.
  2. Tips di atas masih relevan untuk dilakukan.

Jangan hanya mengandalkan AdSense. Carilah peluang yang lain sebagai alternatif. Anda bisa menjual jasa sebagai mentor, menjual blog atau menayangkan konten dengan tarif tertentu. Silahkan berdiskusi dengan kami di kolom komentar, kami akan membalas dan menjawab pertanyaan Anda semampu kami, khususnya tentang blog for money. 

Demikianlah artikel dari Catatan Adi tentang cara menghasilkan uang dari blog. Semoga bermanfaat untuk Anda. Baca juga artikel tutorial mendapatkan uang dari blog yang harus Anda tahu.

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

2 komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang Dari Blog (Berdasarkan Pengalaman Nyata 2012 - 2021)"

  1. Untuk sekarang baru jadi publisher adsense, opsi yg lain masih belum berpikir untuk mencoba soalnya blog masih kecil, skill minim, relasi sedikit

    BalasHapus
  2. Bagaimana ya sebuah blog bisa menghasilkan dari contect placement apakah dengan cara membuka slotnya atau datang sendiri?

    BalasHapus

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label