11 Tank Terkuat Paling Mematikan Di Dunia

Apakah tank terkuat di dunia dan berasal dari negara mana? Apa pula keunggulannya? Simak ulasannya berikut.

Hai sobat Catatan Adi yang lucu, cakep dan cinta damai. Kali ini kami akan menampilkan artikel tentang 11 jenis tank terkuat dan paling mematikan. Posting ini juga adalah sebuah respon dari request sahabat Catatan Adi beberapa waktu lalu.

Dalam sejarah, manusia nampaknya tidak pernah terlepas dari yang namanya perang. Ada perang antar negara, antar kerajaan hingga perang saudara. Untuk menghancurkan musuhnya, pihak yang berperang selalu ingin memiliki senjata yang canggih dan efisien. Salah satunya tank.

Tank disebut juga sebagai MTB atau Main Battle Tank (MBT). Ini adalah salah satu alat tempur paling mematikan dalam sejarah. Catatan Adi mencatat ada 15 jenis tank terkuat yang pernah diciptakan. Apa saja itu?

1. Tipe 90, Tank Andalan Pasukan Beladiri Jepang


Saat ini Jepang memang dikenal tidak memiliki angkatan perang yang progresif. Sejak kalah dari sekutu, militer Jepang memang dilucuti dan tidak diperkenankan membangun kekuatan perang. Walau begitu Jepang pernah menjadi salah satu negara terkuat di Asia. Bahkan dunia. Hal itu selain karena memiliki pasukan berani mati yang terkenal militan juga alat tempur yang tangguh.

Saat inipun Jepang masih memiliki senjata tempur yang cukup mematikan. Salah satunya MTB tipe 90. Tank ini merupakan salah satu andalan pasukan bela diri Jepang dan mulai digunakan sejak tahun 1992. Untuk dapat berjaan dengan maksimal, tank Tipe 90 Jepang ini dioperasikan 3 awak.

Tank Tipe 90 Jepang


Tanpa awak, tank Tipe 90 Jepang ini mempunyanyi berat 50,2 ton. Monster darat ini dipersenjatai meriam kaliber 120 mm dengan kapasitas 40 peluru serta senapan mesin kaliber 12,7 mm, atau 7,62-mm. Sedang untuk daya jelajahnya adalah 400 km dengan kecepatan maksimum 70 km/jam. Untuk urusan mesin, ia menggunakan Mitsubishi 10ZG Disel yang mampu menghasilkan 1.500 tenaga kuda. Rencananya, secara perlahan Jepang akan mengganti Tipe 90 ini dengan tank TK-X yang lebih ringan namun memiliki sejumlah keunggulan manuver dan proteksi.

Tank Tipe Jepang 90 dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries bekerja sama dengan produsen tank Jerman Krauss-Maffei dan MaK. Tipe ini memiliki sejumlah kesamaan eksternal dengan Leopard Jerman 2. MBT ini dipersenjatai Jerman Rheinmetall 120 mm smoothbore gun, yang diproduksi di Jepang dengan lisensi.

2. Si Gesit Tangguh Leclerc Dari Perancis


Tank Leclerc digunakan selama banyak operasi pemeliharaan perdamaian dan militer. Tank Prancis ini memiliki armor komposit canggih dengan armor modular add-on. Tingkat perlindungan bisa disesuaikan dengan ancaman. Atap menara dan atap hull dirancang untuk menahan amunisi top-attack. Namun dalam hal perlindungan Leclerc tidak bisa menandingi tank seperti AS M1A2 Abrams atau British Challenger 2. Untuk lebih jelasnya berikut urainnya :

Leclerc diproduksi oleh Giat Industries (sekarang Nexter System), dioperasikan oleh Angkatan Darat Perancis dan Angkatan Bersenjata Abu Dhabi dari Uni Emirat Arab. Tank Leclerc beroperasi pertama kali bersama Angkatan Darat Perancis pada tahun 1992 dan dengan UEA pada tahun 1995. Pada tahun 1998, Leclerc mengalami peningkatan dalam hal sistem kontrol.

Tank Leclerc dioperasikan oleh Angkatan Darat Perancis dan Angkatan Bersenjata UEA
Perintah pemesanan 390 tank Leclerc dan 46 kendaraan lapis baja recovery telah dikeluarkan oleh UEA. Pengiriman tank telah selesai pada Mei 2004 dan pengiriman dari kendaraan lapis baja recovery (AVR) selesai pada tahun 2008. Secara keseluruhan sekarang Perancis memiliki 406 unit tank Leclerc plus 20 kendaraan lapis baja recovery (pengiriman selesai pada Oktober 2007).

Tank Leclerc ini terbilang canggih karena sudah dilengkapi dengan sistem manajemen pertempuran FINDERS (fast information, navigation, decision and reporting system), yang dikembangkan oleh Nexter System. Sistem FINDERS ini mampu menampilkan peta berwarna yang menunjukkan posisi tank, sekutu, target, kekuatan musuh dan juga dapat digunakan untuk perencanaan rute dan misi.

Untuk persenjataan, Tank Leclerc dilengkapi dengan meriam kaliber 52-120mm smoothbore dengan selongsong termal dan sistem referensi muzzle (moncong). Tingkat firing rate meriam ini adalah 12 putaran dalam 1 menit.

Leclerc juga dilengkapi dengan sistem loading canggih, yang memungkinkan tetap menembak dalam keadaan bergerak dan untuk target yang bergerak pula. Tank ini juga dilengkapi dengan senapan mesin 12,7mm koaksial bersama dengan meriam utama dan senjata anti pesawat 7,62mm. Meriam utama Leclerc berkapasitas 12 putaran tembak dalam 1 menit

Sistem pengendali tembak digital pada tank ini memungkinkan penembak atau komandan untuk memilih enam target berbeda untuk dilumpuhkan hanya dalam waktu 30 detik. Komputer sistem digitalnya memungkinkan transfer data yang realtime dari sensor tank dan pemandangan. Sedangkan untuk komandan tank dilengkapi dengan delapan periskop dan HL-70 stabilised panoramic sight dari SAFRAN (sebelumnya adalah SAGEM).

HL-70 meliputi laser rangefinder, day channel dan generasi kedua intensifier gambar.

Recognition range-nya berjarak 4km dan rentang ientifikasi 2,5km. Komandan juga memiliki layar yang menampilkan pemandangan termal penembak. Kompartemen penembak dilengkapi dengan gunner's main sight, tiga periskop dan unit tampilan visual. Stabilised sight penembak adalah Savan dari SAFRAN, yang terdiri dari tiga bidang pemandangan gambar termal.

Kompartemen pengemudi juga dilengkapi dengan tiga periskop, dimana periskop utama penglihatan pengemudi adalah OB-60 yang dikembangkan oleh Thales Optronique (dulu Thomson-CSF), yang memilki modus siang dan malam.

Tank ini juga memiliki Sistem Perlindungan Galix. Tank Leclerc dilengkapi dengan sistem perlindungan kendaraan tempur Galix, yang juga dikembangkan oleh Nexter bersama dengan Lacroix Tous Artifices. Sembilan tabung peluncur untuk granat 80mm dipasang di kedua sisi atap turret. Sistem Galix bisa meluncurkan asap granat anti personil dan umpan inframerah.

Tank Leclerc Perancis


Hebatnya, Leclerc mampu menembak target bergerak dan dalam keadaan bergerak

Untuk urusan mesin, Tank Leclerc dilengkapi dengan mesin diesel SACM V8X-1500 Hyperbar yang mampu menghasilkan 1500 hp (tenaga kuda) pada 2.500 rpm. Sistem manajemen elektroniknya disediakan oleh SAFRAN. Transmisi otomatis SESM ESM 500 meliputi unit transmisi hidrostatik, lima gigi maju dan dua gigi mundur. Mesin Leclerc ini dilengkapi dengan turbin gas tekanan tinggi Suralmo-Hyperbar. Dengan mesin ini, Leclerc mampu mencapai kecepatan hingga 70km/jam.

Tank ini juga dilengkapi dengan satuan daya tambahan Turbomeca TM-307B gas turbine. Sistem suspensinya hydropneumatic disediakan oleh Societe d'Applications des Machines Motrices (SAMM).

3. Oplot-M Penerus Kebesaran Soviet dari Ukraina


Dalam dunia militer dan persenjataan, nama Ukraina juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih negara ini adalah salah satu pewaris Uni Soviet. Salah satu andalan militer Ukraina adalah MTB Oplot-M.

MBT Oplot-M sebenanya bukan tank yang benar-benar baru. Tank ini adalah pengembangan lebih lanjut dari takn Oplot. Sementara Oplot didasarkan pada T-84.

MBT Oplot-M dilengkapi dengan Explosive Reactive Armor (ERA) Duplet (Nozh-2) generasi baru, yang melindungi dari hulu ledak tandem. Teknologi ini diklaim lebih unggul dari ERA Kontral 5 Rusia. Perlindungan sisi lambung juga meningkat.

tank oplot Ukraina


Tank  dilengkapi dengan sistem penanggulangan Shtora, yang mengurangi kemungkinan terkena ATGW dengan panduan semi otomatis. Telah dilaporkan bahwa MBT ini juga bisa dilengkapi dengan sistem proteksi aktif Zaslon.

Tank tempur utama Oplot-M dipersenjatai dengan meriam smoothbore  125 mm dengan autoloader tipe carousel. Kendaraan yang mampu menembakan  rudal anti-tank 9K119M Reflex. Rudal ini diluncurkan dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Kisaran maksimum tembakan adalah 5.000 m. Sebanyak 40 amunisi bisa disimpan di dalam tubuh tank.

Tank Ukraina ini memiliki kemampuan memburu dan membunuh. Komandan menggunakan sebuah panoramic sight dengan visi termal untuk mencari target. Setelah target dipilih, meriam bergerak kea rah  sasaran secara otomatis dan penembak menyelesaikan proses penembakan. Selama waktu itu komandan mencari target berikutnya.  Metode keterlibatan seperti ini ada pada semua tank tempur modern utama.

Persenjataan sekunder terdiri dari senapan mesin koaksial 7,62 mm dan senapan mesin 12,7 mm yang dikendalikan dari jarak jauh, dipasang di atas atap.  Oplot-M telah memperbaiki teknologi sights, aiming dan observation systems.

Tank dioperasikan oleh awak 3, termasuk komandan, penembak dan pengemudi. Tidak ada kebutuhan untuk loader, karena tank memiliki sistem pemuatan amunisi otomatis. Awak yang lebih kecil memungkinkan untuk mengurangi keseluruhan dimensi kendaraan, membuatnya menjadi  lebih kecil di medan perang hingga lebih sulit ditembak lawan.

Kendaraan ini didukung oleh mesin diesel turbocharged 6TD-2E Ukraina, yang menghasilkan 1.200 tanaga kuda. Versi ini diperbaiki dan lebih ramah lingkungan dari mesin diesel sebelumnya 6TD-2, yang digunakan pada T-84 MBT.

Mesin lain, 6TD-3 saat ini dalam pengembangan da  akan memiliki output daya 1.500 hp. Tank ini ini juga dilengkapi dengan unit daya tambahan, yang memberi kekuatan pada semua sistem, saat mesin utama dimatikan. Oplot-M  bisa mengatasi hambatan air hingga kedalaman 5 m.

Oplot-M dilengkapi dengan armor reaktif eksplosif generasi baru. MBT ini diwarisi dari sistem pemuatan amunisi otomatis pendahulunya. Amunisi disimpan di kompartemen utama, bukan kompartemen terpisah dengan panel blow-out.

Tank ini dapat meluncurkan rudal peluncur anti-tank dengan cara yang sama seperti amunisi biasa dengan jangkauan maksimal 5 km.

4. Fleksibel Namun Mematikan, Tipe 90 Rusia


Rusia adalah pusatnya tank. Negeri ini terkenal memiliki banyak tank hebat. Salah satu diantaranya adala MTB Tipe 90 Rusia. Meski tidak secanggih pesaingnya di Barat, T-90 menggunakan teknologi yang telah terbukti dan hemat biaya. Saat ini adalah tank tempur utama yang paling sukses secara komersil di pasar global, karena menjadi salah satu yang termurah di antara MBT modern.

T-90 bisa meluncurkan rudal peluncur anti-tank dengan cara yang sama seperti amunisi biasa. Sistem kontrol kebakaran T-90 cukup memadai di tahun 1990an, saat tank ini diperkenalkan.

Tank Tipe 90 Rusia


Tank T-90 yang masuk ke dalam angkatan perang Rusia pada tahun 1992 dinamai Vladimir untuk menghormati penciptanya, yaitu Vladimir Ivanovich Potkin. Perancang terkenal itu meninggal pada tanggal 13 Mei 1999. Setelah itu, Pemerintah Rusia memutuskan untuk menamai tank T-90 dengan nama “Vladimir”.

Tank ini laris manis dipesan belasan negara. Selentingan terbaru mengatakan, generasi baru Tipe 90 yakni 90MS bahkan bisa menembak tanpa harus menyalakan mesin. Sangat mengerikan.

5. Tersohor Karena Ketangguhannya, Leopard 2A7 Jerman 


Jika sahabat ingin tahu salah satu senjata andalan Jerman, maka lihatlah tank Leopard. Tank ini sangat tangguh di segala medan, khususnya ketika berlaga di perang dalam kota. Sebagai generasi kedua desain tank Leopard 2, Leopard 2A7 merupakan versi terbaru ini memiliki armor tambahan dan elektronik yang diperbarui. Leopard 2A7 mampu menghadapi ancaman perang konvensional dan perkotaan, seperti serangan RPG dan IED.

Tank Leopard Jerman


Tank ini memiliki akurasi yang lebih baik dan rentang tembak yang lebih panjang dengan tank lain, karena senapannya yang kuat dan sistem kontrol api yang canggih. Militer Jerman berencana untuk meng-upgrade 50 menjadi 150 tank ke standar 2A7. Secara umum Leopard 2 ditakuti lantaran kemampuan manuvernya yang tinggi. Kendati cuma mampu melesat dengan kecepatan maksimal 70 kilometer/jam, Leopard 2 mencatat konsumsi bahan bakar separuh dari yang dibutuhkan tank utama militer Amerika Serikat, M1 Abrams. Namun berbeda dengan M1 Abrams, Merkava (Israel) atau Challengger 2 (Inggris), tank milik Jerman ini masih miskin pengalaman bertempur. Tercatat Leopard 2 cuma pernah dua kali diterjunkan ke medan perang, yakni di Kosovo tahun 1999 dan Afghanistan pada 2007.

Indonesia sendiri sudah memiliki tank ini dari Jerman. Semoga bisa bermanfaat untuk menambah daya tempur pasukan TNI AD kita.

6. Pelindung Korea Selatan, K2 Black Panther


Memiliki masalah dengan Kim Jong Un, memaksa Korea Selatan untuk melengkapi diri dengan persenjataan yang kuat. Salah satunya dengan memproduksi K2 Blank Panther, tank terkuat di dunia versi beberapa ahli militer.

Tank K1A1 adalah generasi ketiga dari tank upgrade K1, yang juga dikenal sebagai “tank 88”. Dibuat oleh Hyundai Rotem dan disebarkan pada tahun 2001, tank dirancang untuk melawan tank T-72 Korea Utara. K1A1 menggunakan meriam smoothbore 120 mm, memiliki jangkauan tembak hingga tiga km. Hampir 500 tank K1A1 saat ini sudah memperkuat Korea Selatan.

Tank generasi 3.5, yakni tank K2, yang juga dikenal sebagai Black Panther, menggunakan meriam smoothbore 120 mm kaliber 55. Black Panther menggunakan sistem kendali otomatis C4I (Comando, Control, Computer dan intelligence). Tank juga memiliki mekanisme pertahanan yang lebih unggul daripada tank K1A1 standar. Tentara Korea Selatan saat ini memiliki 100 tank K2 dan memesan 100 tank tambahan lagi.(KoreaTimes)

Termasuk deretan tank terbaik didunia, Blak Panther juga termasuk dalam catatan sebagai tank termahal didunia dengan harga US$ 8.5 juta per unit. Black Panther pernah mengalami masalah pada sistem transmisi dan mesin utamanya.

Dioperasikan oleh tiga kru tank, Black Panther mengunakan sistem lapisan pelindung aktif dan pasif tercanggih didunia. Mirip dengan lapisan baja tank M1A2 Abrams Amerika, walau lebih ringan, lapisan aktif Black Panther mampu menahan tembakan amunisi meriam berbentuk bulat yang ditembakkan dari jarak dekat. Bahkan, dilaporkan Black Panther mampu menahan tembakan frontal dari meriam 120 mm yang menggunakan amunisi L 55 Smortbore, amunisi yang sama yang dimiliki Black Panther.

Tank Black Panther Korea Selatan


Dilengkapi meriam L55 dengan 16 amunisi dalam magasin auto loading siap tembak, Black Panther mampu memuntahkan 15 amunisi dalam semenit. Dengan cadangan amunisi sebanyak 40 proyektil, Black Panther mampu menghujani posisi musuh dalam tiga menit tanpa isi ulang.

Dilengkapi beragam sensor penargetan elektro-optik, Infra merah, sensor gelombang millimeter, dan tambahan sistem penargetan Lock-on mode yang memungkinkannya tidak hanya menghajar target darat, Black Panther juga mampu menghancurkan sasaran terbang rendah seperti helikopter.

Saat ini Black Panther adalah salah satu tank tempur utama paling maju di dunia, melebihi apa pun yang dimiliki Korea Utara atau China. Tak hanya itu, tank tempur ini dikenal paling mahal sampai saat ini. Tank ini menggunakan armor komposit dari jenis armor reaktif dan bahan peledak reaktif. Black Panther juga dilengkapi dengan sistem proteksi dan penanggulangan aktif.

7. M1A2 SEP, Mesin Perang Amerika Serikat


Jika Korea Selatan memiliki Black Panthe, maka AS memiliki M1A2 SEP, yang merupakan penerus M1A2 Abrams.

Tank canggih dan menakutkan ini memiliki teknologi dan baju besi yang luar biasa dan menjadi salah satu MBT yang paling ditakuti. M1A2 SEP menawarkan perlindungan yang signifikan terhadap semua senjata anti-tank yang terkenal. Tank tempur utama ini juga diperkuat dengan lapisan uranium yang habis.

Namun daya tembak dan akurasinya sedikit lebih rendah dari pada Leopard 2A7 atau K9 Black Panther Korsel karena pistol smoothbore 120 mm / L44 yang lebih pendek. Dengan dilengkapi dengan Tank Urban Survival Kit (TUSK), tank ini mampu meningkatkan survivabilitas di lingkungan perkotaan.

Abrams M1A2 laris manis di pasaran. Data terbaru, General Dynamic membangun 77 tank M1A2 untuk angkatan darat Amerika Serikat, 315 tank untuk Saudi Arabia, dan 218 untuk Kuwait. Amerika Serikat memodernisasi 600 tank M1 menjadi M1A2 antara 1996 dan 2001. pengimiman tank M1A2 mulai 1998. Modernisasi yang terlihat secara fisik dari luar adalah desain ulang Commander's Weapon Station (CWS) dan Commander's Independent Thermal Viewer (CITV) di sisi kiri turet. military.com

Tank Abrams dilindungi dengan baja komposit Chobham. Proteksi ini kemudian dikembangkan pada tank M1A2, yaitu menggunakan lapisan uranium pada bdan dan turet. Lapisan uranium mampu melindingi tank dari serangan rudal anti tank. Sistem perlindungan Tank M1A2 Abram diyakini merupakan yang terbaik di dunia. Interior dilapisi dengan Kevlar, untuk melindungi dari pecahan senjata anti tank. military-today.com

Tank Abrams M1A2


Meriam utama tank M1A2 Abrams adalah 120 mm L/44 M256A1 smoothbore (42 putaran). M1A2 juga dilengkapi dengan senapan mesin berat Browning M2 kaliber 12,7 mm dan senapan mesin M240 kaliber 7,62 mm. The commander's station is equipped with six periscopes, providing a 360° view. Commander's Independent Thermal Viewer (CVIT) buatan Raytheon, Jerman, membuat komandan dan melihat luat secara stabil, siang dan malam dengan sudut 360 derajat. CVIT juga memindai secara otomatis, memberikan isyarat letak target kepada penembak, kontrol penembakan. Chung Sung-Jun/Getty Images

Tank M1A2 kemudian dimodernisasi menjadi M1A2 SEP (System Enhancement Package, pada 2001. Modernisasi tank M1A2 SEP meliputi peningkatan deteksi target, sistem perlindungan, pengaturan suhu sehingga awak tank tidak kepanasan, peta display berwarna dengan peningkatan memori dan kecepatan prosesor, dan kemampuan penginderaan malam. Chung Sung-Jun/Getty Images

Di lapangan, Amerika Serikat terus meningkatkan kemampuan tempur dan sistem perlindungan MBT M1A2 Abrams. Proyek untuk memodernisasi tahap dua dilakukan, melahirkan tank M1A2 SEPv2, pada sistem operasi, peningkatan baja pda bagian depan dan samping dengan ERA (TSUK-kit), upgrade transmisi agar lebih memiliki daya tahan. Saat ini program Tank Abrams M1A2 SEPv3 terus dilakukan dan diperkirakan selesai, pada 2017. Modernisasi meliputi perangkat dan sistem elektronik, software, data-link, baja pelindung, dan teknologi tempur lain.

8. Jangan Main-Main, Inggris Punya Challenger 2


Jika Anda pemerhati dunia militer, pasti tidak asing dengan tank yang satu ini. Challenger 2 adalah tank yang sangat mumpuni. Challenger 2 memiliki armor Chobham terbaru dan merupakan salah satu MBT terlindungi di dunia saat ini. Dengan dipersenjatai senjata senapan 120 mm, tank ini terkenal akurasinya dengan jangkauan maksimumnya adalah lebih dari 5 km.

Pada bulan Juli 2004, Departemen Pertahanan Inggris mengumumkan rencana untuk mengurangi tujuh skuadron Challenger 2 (sekitar 100 tank), tuntas pada Maret 2007 dan perubahan peran dari satu resimen Challenger 2 menjadi resimen pengintaian.

Tank Challenger 2


Challenger 2 dilengkapi dengan L30, meriam 120mm dari BAE Systems Land Systems. Pada Januari 2004, Land Systems diberikan kontrak untuk mengembangkan meriam smoothbore 120mm baru untuk tank Challenger Angkatan Darat Iggris. Sesuai dengan kontrak, masing-masing Challenger 2 telah dipasangi dengan meriam L55 Rheinmetall smoothbore, seperti yang dipasang pada tank Leopard 2A6, dan mulai uji tembak pada Januari 2006. Meriam L30 terbuat dari baja halus elektro-slag (ESR) dan terisolasi dengan selongsong termal. Juga dilengkapi dengan sistem referensi moncong (muzzle) dan fume extraction. Menara ini mampu berotasi 360° dan kisaran elevasi senjata dari -10° hingga +20°

Kontrol meriam diaplikasikan dari sistem stabilisasi dan kontrol listrik dari BAE Systems. Tank Chalenger 2 juga dilengkapi dengan senapan Boeing 7,62mm, yang terletak disebelah kiri senjata utama.

Menara (turret) Challenger 2 dilindungi dengan baju besi generasi kedua Chobham. Pada setiap sisi menara terdapat 5 L8 (pembuang granat), sistem ini disediakan oleh Thales AFV Systems Ltd.

Komputer kontrol tembak digital Challenger 2 diproduksi oleh Computing Devices Company (sekarang General Dynamics - Kanada). General Dynamics Inggris menyediakan paltform aplikasi sistem informasi pertempuran (PBISA) untuk tank Challenger 2 Angkatan Darat Inggris. PBISA mengintegrasikan layar komandan, sistem navigasi, sistem integrasi dan beberapa perangkat lunak. PBISA mulai digunakan pada Desember 2005.

Tank Challenger Angkatan Darat Inggris juga dilengkapi dengan Bowan TActical, sistem komunikasi digital. Kontraktor utama untuk Bowman adalah General Dynamics Inggris. Bowman menjadikan komunikasi suara dan data menjadi aman. Tank Challenger yang dikerahkan ke Irak pada 2006 telah dilengkapi dengan sistem ini.

Juga dilengkapi dengan laser rangefinder. Kisaran elevasi adalah +35° hingga -35°. Kompartemen komandan dilengkapi dengan delapan periskop yang memberikan visi penglihatan 360°. Pengamatan termal dan gunnery sight (TOGS II), dari Thales menyediakan modus malam. Sensor ini didasarkan pada modul TICM umum Inggris. Gambar termal dengan perbesaran xx4 dan 11,5 ditampilkan pada layar penembak dan komandan. Laser rangefinder nya memiliki rentang 200m hingga 10km.

Pengemudi tank Challenger 2 dilengkapi dengan periskop PP dari Thales Optronics, untuk mengemudi di malam hari.

Untuk urusan mesin, Tank Challenger memiliki 12 silinder, mesin diesel Perkins Caterpillar CV12 1.200hp Sn geRBOX dAVID bROWN tn54, dengan enam gigi maju dan dua gigi mundur. Generasi kedua suspensi dan tensioner trek hidrolik juga dipasang. Kecepatan maksimumnya adalah 59km/jam (rata) dan 40km/jam (tidak rata). Jarak tempuhnya 450km (rata) dan 250 km (tidak rata).

Tank Challenger 2E memliki kontrol senjata baru yang terintegrasi dengan sistem manajemen pertempuran, yang mencakup gyrostabilised panoramic SAGEM MVS 580 day/thermal sight untuk komandan dan SAGEM SAVAN 15 gyrostabilised day/thermal sight untuk penembak.

Mesin telah diganti dengan Europack 1.500hp dengan transimisi otomatis Renk 295TM HSWL. Mesin lebih kecil namun lebih kuat dan memungkinkan lebih banyak ruang untuk menyimpan bahan bakar, akhirnya meningkatkan jarak tempuh tank ini menjadi 550km. Saat ini Challenger adalah tank yang paling banyak menghancurkan sesama tank. Maka jangan heran sebagian pengamat perang menempatkannya sebagai tank terbaik di dunia.

9 Armata, Kebanggaan Rakyat Rusia.


Armata adalah tank tempur utama baru dari generasi baru. Terbuat dari bahan baja, keramik dan komposit, Armata juga memiliki armor reaktif peledak reaktif baru. Tank ini dioperasikan oleh awak 3 orang. Semua awak kapal duduk berdampingan di ruang lapis baja yang terlindungi dengan baik, terletak di bagian depan lambung tank.

Armata dipersenjatai dengan pistol smoothbore 125 mm baru yang lebih akurat daripada senapan tank Rusia sebelumnya. Tank ini bisa meluncurkan peluru kendali anti-tank dengan cara yang sama seperti proyektil biasa.

Ketika pecah Perang Dunia II membakar Eropa, pasukan Rusia yang terdesak dengan pasukan Nazi Jerman diserbu menggunakan tank-tank Tiger dalam operasi Barbarossa.

Namun pasukan Rusia berhasil melancarkan serangan balik setelah mengerahkan tank-tank T-34. Tank T-34 yang dipersenjatai meriam kaliber 76 mm ternyata bisa melumpuhkan tank-tank Tiger Nazi yang memiliki lapisan baja tebal dan merupakan tank yang paling ditakuti oleh pasukan Sekutu saat itu.

tank armata Rusia


Mungkin Anda pernah mengetahui adegan tersebut dalam film. Namun Armata Rusia memang adalah tank terkuat yang pernah ada. Jerman Nazi menjadi saksinya.

Armada tank T-34 bahkan bisa dikatakan merupakan kunci utama Uni Soviet (Rusia) untuk mengalahkan Nazi Jerman.

Berkat tank-tank T-34 pasukan Nazi akhirnya malah bisa dipukul mundur hingga ke daratan Jerman.

Setelah clash 2 usai, Rusia menjadi makin terkenal berkat tank-tank produksinya dan banyak di antara tank itu dibeli juga oleh Indonesia.

Tank-tank Rusia yang dibeli Indonesia untuk mendukung berbagai operasi militer antara lain tank BTR-50 dan tank BMP-3E yang telah dioperasikan oleh Korps Marinir TNI AL.

Berdasar pengalaman perang melawan Nazi bahwa tank merupakan kekuatan pasukan daratnya, Rusia pun terus memproduksi tank-tank canggih, salah satunya adanya tank T-14 Armata.


Bahkan banyak ahli menganggap, sebagai tank generasi paling terbaru, T-14 Armata oleh Rusia diklaim bisa mengalahkan tank terbaru produksi AS, M-1 Abrams.

10. Merkava Mk.4, Tank Yahudi Yang Kenyang Perang.  


Pernah menang setelah dikeroyok negara-negara Arab, nama Israel melambung tinggi. Negeri ini memang bukan hanya penonton saja dalam perlombaan mesin perang. Salah satu hasil karya negara Ibrani itu adalah Merkava, tank yang sangat ditakuti oleh negara-negara lain.

Seri Merkava Mk.4 adalah tank tempur utama Israel yang terbaru. Kendaraan tempur ini dilengkapi dengan sistem proteksi aktif Trophy yang mampu menghancurkan rudal dan roket anti-tank yang masuk. Tank ini juga terlindungi dari peluru kendali peluncur udara dan senjata anti-tank top attack.
Dengan dipersenjatai dengan pistol smoothbore murni 120 mm, Merkava Mk.4 juga dilengkapi dengan sistem pengendalian kebakaran baru, yang mencakup beberapa fitur yang sangat canggih.

Merkava ditobatkan sebagai salah satu tank mematikan di dunia  oleh majalah Amerika Serikat, The National Interest. Dilansir dari Jerusalem Post, Merkava merupakan tank pertama buatan karya putera-puteri Israel yang menjadi kendaraan tempur utama Angkatan Bersenjata Israel(IDF).

Tank Merkava Israel


Tank yang dibuat pada tahun 1978 itu dirancang oleh Mayor Jenderal Israel Tal, usai pecahnya Perang Besar Yom Kippur antara Israel melawan gabungan pasukan Arab di tahun 1973.

Monster darat tersebut pertama kali diturunkan dalam peperangan saat Perang Lebanon I pada 1982. Tank Merkava juga menjadi salah satu kendaraan lapis baja pertama yang dilengkapi dengan sistem pertahanan aktif (APS) Trophy, yang telah terbukti berfungsi dalam perang melawan misil kendali anti-tank. Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: David Ben Gurion, Pendiri Negara Israel "Dengan jumlah populasi umum yang kecil, di mana kerugian kecil akan dirasakan seluruh negeri, militer Israel membayangkan tank yang mempriotitaskan kemampuan pertahanan dan persenjataan," tulis laporan The National Interest. "Pembangunan tank tempur baru oleh Israel, sebuah negara kecil, tentu merupakan pencapaian besar," tambah laporan tersebut.

Tank Merkava dilengkapi pelindung baja modular hibrida, yang disebut dapat memberi perlindungan sempurna pada bagian kubah dan lambung depannya. Sistem Trophy yang dikembangkan Sistem Pertahanan Terdepan Israel, Rafael, bersama dengan Industri Pesawat Israel, Elta Group, disebutkan dalam laporan itu sebagai salah satu aspek terpenting dari Merkava. Sistem tersebut dirancang untuk dapat mendeteksi dan menetralisir rudal yang datang. Menggunakan empat antena radar dan pengendali tembakan untuk melacak ancaman yang datang, seperti rudal kendali anti-tank (ATGM) maupun granat berpeluncur roket (RPG).

Setelah mendeteksi adanya rudal atau peluru yang masuk, sistem tersebut akan melepaskan proyektil untuk menetralkan serangan. Sistem itu pertama dipasang dalam tank Merkava sejak 2009 dan pertama kali berfungsi dalam konflik dengan Palestina pada Maret 2011. Sistem itu terbukti mampu menetralkan serangan roket-roket anti-tank yang ditembakkan dari jarak dekat. Keberhasilan sistem pertahanan itu membuatnya dilirik oleh militer negara lain. Salah satu peminatnya adalah AS.

Dengan Merkava, hegemoni Israel di Timur Tengah tidak terbantahkan. Walau sudah lama tidak berperang dengan para tetangganya lagi, Merkava tetap sangat dibutuhkan Israel menghadapi berbagai ancaman.

11. QN-506, Mesin Perang Masa Depan Dari Cina


Cina diyakini tidak tinggal diam. Banyak orang memperingatkan dunia, bahwa negeri komunis itu memiliki banyak senjata rahasia. Salah satu yang mulai terkuat adalah tank QN-506.

Tank QN-506 dari Cina


Mesin pembunuh ini dibuat dari sasis Tank tempur utama (NBT) Type 59 adalah T-54A buatan Uni Soviet.

Kendaraan tempur menakutkan ini menggunakan senjata modern yang dipasang pada chassis beroda rantai yang menawarkan mobilitas dan daya gempur.

Turret asli dari MBT Type 59 telah dibuang lantas digantikan oleh menara modern baru yang dipersenjatai dengan senjata yang berbeda termasuk satu meriam otomatis 30 mm, satu senapan mesin koaksial 7.62 mm, empat peluncur rudal anti-tank, 20 peluncur untuk rudal multi-peran dan empat tabung peluncur untuk amunisi loitering. Meriam 30 mm di pasang pada bagian depan turret sementara peluncur rudal anti-tank beserta rudal multi-peran dipasang di setiap sisi turret.

Menurut berbagai sumber, QN-506 mampu mencegat target darat dan udara menggunakan meriam 30 mm dengan jarak tembak efektif sejauh 2.000 m atau rudal dengan jarak tembak maksimum 4.000 m. Turret memiliki putaran 360° dan sudut elevasi maksimum 53°.

QN-506 juga dilengkapi turret yang dioperasikan dari jarak jauh yang juga dilengkapi dengan teknologi terbaru dari kendali tembak terkomputerisasi, laser penentu jangkauan, kamera siang/malam, pencitra termal dan pemandangan panorama. Sungguh mengerikan.

Tank ini memiliki dua awak yang terletak di bagian depan lambung. Ada dua jendela anti peluru berukuran kecil yang bisa ditutup oleh pelat lapis baja dalam kondisi pertempuran. QN-506 bahkan dilengkapi dengan sebuah drone yang dapat melakukan misi observasi pada jarak maksimum hingga 10 km.

Kemuncuklan tank QN-506 ini adalah bukti serius Cina sudah bersiap menyongsong perang dengan peralatan supercanggih dan menakutkan.

Demikianlah artikel tentang 11 tank paling terkuat mematikan di dunia. Ikuti terus Catatan Adi dan dapatkan berbagai artikel menarik lainnya langsung dikirim ke email Anda dengan cara subscribe ke blog kami.

1 Response to "11 Tank Terkuat Paling Mematikan Di Dunia"

  1. wah wah keren banget ya....kalau dari indonesia tak kalah keren nya juga kan gan?

    salam Mediaweb4u

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel