Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rokurokubi, Hantu Leher Panjang dari Jepang

Teror Mengerikan Si Leher Panjang

Catatan Adi - Rokurokubi adalah salah satu hantu paling menakutkan dari negeri Jepang. Hantu leher panjang ini gemar memakan jiwa manusia. Seperti apa asal muasal dan teror dari salah satu horor paling menyeramkan dari Negeri Miyabi ini?

Dalam edisi Supranatural kali ini, Catatan Adi akan membahas lengkap perihal sejarah dan kisah dari Rokurokubi yang dikatakan gemar memangsa manusia ini. Selamat membaca.
Asal Usul Rokurokubi


Hantu wanita berleher panjang dari Jepang / catatanadi.com
Rokurokubi mengintai mangsa

Kisah mengenai wanita berleher panjang yang menakutkan ini ternyata sudah ada sejak periode Edo (kekaisaran kuno Jepang). Bahkan dalam beberapa literatur kuno seperti Buya Zokuda, Kanden Kohitsu, Yaso Kidan, dll.

Di dalam literatur tersebut dikatakan bahwa banyak kesaksian dari orang-orang yang pernah melihat wanita yang lehernya meregang dan menjadi sangat panjang ketika tidur. Menurut sebuah legenda mengatakan, Rokurokubi ini tali ghaib yang menghubungkan kepala ke batang tubuh.

Ternyata sangat sulit melacak asal usul dari hantu leher panjang Rokurokubi. Ini dikarenakan banyaknya sumber yang berasal dari literasi kuno, desas-desus di masyarakat hingga rumor yang satu dengan lainnya memiliki kisah sangat berbeda.

Fenomena Keluarnya Roh

Salah satu sumber dalam Kasshi Yawa, menyebutkan bahwa sebenarnya Rokurokubi adalah sebuah fenomena keluarnya roh manusia dari tubuhnya.
Proses itu kemudian memungkinkan leher seseorang meregang sangat panjang dibanding ukuran normal.

Dalam literatur itu diceritakan seorang wanita yang bekerja sebagai pelayan di sebuah rumah. Suatu ketika tuannya berniat memeriksa apakah pelayan tersebut sudah tertidur atau belum. Betapa terkejutnya sang tuan ketika mendapati leher wanita itu meregang sangat panjang.

Wanita itu akhirnya dipecat dan kesulitan mendapat pekerjaan. Proses meregangnya leher dikatakan sebagai bagian dari fenomena keluarnya jiwa dari tubuh manusia.

Balas Dendam

Berbeda dengan kisah di atas, dalam sebuah literatur yang dikenal dengan Rekkoku Kaidan Kikigaki Zoshi karya penulis populer Jippensha Ikku pada akhir periode Edo, mengisahkan asal usul Rokurokubi dengan versi yang lebih dramatis dan tragis.

Tersebutlah seorang bhiksu bernama Kaishin yang menjalin cinta terlarang dengan Oyutsu. Keduanya kabur dan kawin lari.

Di tengah perjalanan, mereka menemui banyak rintangan. Oyutsu akhirnya sakit dan menjadi beban bagi Kaishin. Mantan bhiksu itu kemudian membunuh kekasihnya tersebut.

Kisah selanjutnya ia tinggal di penginapan dan jatuh cinta dengan putri pemilik penginapan tersebut. Keduanya lalu menikah. Suatu malam, Kaishin terbangun. Betapa terkejutnya ia melihat leher istrinya meregang sangat panjang dan wajahnya berubah menjadi mirip Oyutsu.

Kaishin kemudian menyesali perbuatannya dan kembali ke jalan Buddha lalu membangun kuburan untuk Oyutsu.

Cacat Fisik

Rokurokubi memang dikenal sebagai salah satu hantu yang datang untuk membunuh orang-orang demi memuaskan dendamnya.

Namun dalam Kanden Kohitsu, penulis Ban Kokei berpendapat bahwa wanita dengan leher panjang merupakan hal yang wajar. Kondisi itu bagi beberapa orang memang dimungkinkan.

Pendapat yang demikian jelas membingungkan. Apakah fenomena Rokurokubi merupakan salah satu bentuk ketidaknormalan fisik (maaf, cacat) yang dialami oleh beberapa wanita di era Jepang kuno?
Siluman

Bukan hanya dalam literatur kuno, fenomena Rokurokubi juga sering muncul dalam cerita rakyat, gosip dan rumor di beberapa tempat di Jepang. Di Prefektur Gifu dikisahkan bahwa ada siluman ular yang memiliki kemampuan untuk berubah wujud menjadi Rokurokubi alias wanita berleher panjang.
Sirkus

Kisah lainnya yang cukup populer adlaah pada tahun 1810 di salah satu tempat, ada sebuah rumah pertunjukkan yang mempertontonkan manusia berleher panjang atau Rokurokubi.

Hal ini memang perlu penelitian lebih lanjut. Namun yang cukup menarik dari beberapa kisah ini adalah adanya suatu pemahaman bahwa mungkin pada suatu masa di Jepang kuno, cukup banyak orang yang mengalami fenomena memanjangnya leher melebihi ukuran yang seharusnya.

Setan Penghisap Jiwa Manusia

Dari semua versi mengenai Rokurokubi, tentu saja yang paling terkenal adalah sebagai setan penghisap jiwa manusia.

Rokurokubi akan menyamar sebagai wanita biasa di siang hari, namun di malam hari ia akan bergentayangan dengan leher panjangnya yang menjuntai siap memburu korbannya.

Lalu dengan wajahnya yang dihiasi senyum menakutkan, hantu ini akan menghisap jiwa sang korban hingga meninggal.

Rokurokubi Dalam Budaya Populer

Hantu Rokurokubi / catatanadi.com
Rokurokubi, wanita berleher panjang

Kepopuleran Rokurokubi pada akhirnya semakin meningkat seiring dengan ekspansi manga, anime dan film misteri asal Jepang yang menginvasi seluruh Asia dan Amerika.

Sudah tak terhitung banyaknya film atau cerita yang mengisahkan tentang hantu berleher panjang menakutkan ini.

Terima kasih sudah membaca. Nantikan terus artikel seram lainnya dari Catatan Adi. Share tulisan ini ke media sosial kalian atau tuliskan pengalaman kalian bersinggungan dengan dunia astral dan fenomena mistis di kolom komentar.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

1 komentar untuk "Rokurokubi, Hantu Leher Panjang dari Jepang"