Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan masalah kulit paling mengganggu. Bahkan menurut penelitian, sekitar 460 juta orang baik usia remaja maupun dewasa di Asia menderita jerawat. Hal ini diungkapkan oleh dr Yohanes Widodo Wirohadidjojo, pakar Dermalogi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Yogyakarta.

Ada banyak alternatif untuk mengatasi jerawat. Ada yang memilih tindakan medis, ada pula yang mencoba cara alami. Sebenarnya ada berbagai bahan yang bisa kita manfaatkan untuk pengobatan dan perawatan jerawat, mulai dari, cuka apel, bawang putih, madu, hingga lidah buaya. Selain murah dan alami, berbagai bahan tadi juga mudah didapat.

Mengatasi Jerawat
Mengatasi Jerawat


Dalam kesempatan kali ini, Catatan Adi akan berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami yang dipercaya efektif untuk menjaga kulit selalu sehat dan bebas dari jerawat. Meski begitu, perlu diperhatikann bahwa belum banyak riset mendalam yang bisa mengonfirmasi manfaat bahan-bahan di berikut ini.

Jadi, meski cara ini alami dan tidak melibatkan bahan kimia, Anda tetap perlu berhati-hati dalam menjalankannya. 

1. Madu 

Madu sudah terkenal memiliki khasiat untuk mengurangi masalah jerawat secara alami. Bahan ini mengandung antioksidan yang berguna untuk membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan di pori-pori.

Seperti dilansir dari situs terkemuka Healthline, raw honey sangat baik untuk berbagai jenis kulit, baik kering maupun berminyak. Disamping itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka. Maka tak heran sejak jaman dahulu madu merupakan obat yang cukup populer dipakai.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan madu untuk mengatasi jerawat? Anda cukup mengoleskan madu ke kulit menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

2. Kayu manis 

Bingung karena jerawat meradang? Cobalah memakai kayu manis. Bahan alami tersebut diketahui kaya akan antioksidan dan mengandung bahan antibakteri, dan dapat membantu meredakan jerawat yang meradang.

Lalu bagaimana cara pemanfaatan kayu manis untuk mengatasi jerawat? Sangat mudah. Campurkan saja kayu manis dengan madu, untuk membuat masker yang bisa meredakan jerawat, dengan langkah berikut. Campur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk, dan aduk hingga membentuk konsistensi seperti pasta. Setelah wajah dibersihkan, oleskan pasta tersebut ke kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Terakhir, cuci muka menggunakan air bersih dan keringkan.

3. Bawang putih 

Hal selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya.

Bukan hanya vampir, ternyata bawang putih juga dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Tapi sebaiknya, kamu tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi.

Jerawat juga bisa disebabkan konsumsi lemak dan kolesterol yang tinggi. Untuk itu cobalah mengubah gaya hidup dengan memilih makanan yang seimbang dan bergizi. Apa saja itu? Bagaimana proporsinya? Semuanya ada di panduan berikut ini.

Mengatasi jerawat dengan alami - catatan adi
Menghilangkan jerawat secara alami

4. Lidah buaya

Anda tahu tanaman lidah buaya? Ternyata selain bisa menyuburkan rambut, bahan yang satu ini juga berguna mengatasi jerawat yang membandel.

Kok bisa? Itu karena gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan di kulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur. Dua bahan ini sudah sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit.

Proses pemanfaatannya juga terbilang mudah. Kerok gel lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok Oleskan secara langsung ke wajah sebagai pelembap Ulangi 1-2 kali sehari Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan.

 5. Cuka Apel 

Jerawat memang menyebalkan. Namun jangan khawatir, bahan berikut dipercaya mampu mengatasinya dengan mudah. Ya, cuka apel.

Cuka apel mengandung beberapa jenis asam organik yang dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai pembasmi jerawat, berikut ini langkah-langkahnya : Campur 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air Bersihkan wajah, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke kulit, menggunakan kapas steril. Biarkan selama 5-20 detik. Bilas wajah, lalu keringkan. Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari. Jika kulitmu sensitif, campurkan cuka apel dengan lebih banyak air.

Walau memang sering dikatakan ampuh, namun, bukan berarti Anda bisa sembarang saja menggunakan cuka apel untuk menghilangkan jerawat. Pastikan melakukannya dengan cara yang benar, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Cuka apel bisa sangat mengiritasi kulit bahkan menyebabkan sensasi terbakar. Bahan itu harus benar-benar diencerkan

Sebelum memercikkan cuka apel ke wajah untuk pertama kalinya, pastikan Anda sudah melakukan uji coba untuk mengantisipasi reaksi alergi. Caranya, dengan menepuk-nepukkan cuka apel pada kulit di belakang telinga, dan biarkan selama 15 menit.

Harap diingat juga bahwa efek cuka apel untuk menghilangkan jerawat hanya berguna untuk penggunaan luar. Jadi, meminum cuka apel tidak akan membantu Anda.

6. Es batu

Walau tidak akan menyembuhkan jerawat secara tuntas, es batu dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Tapi menggunakan es batu langsung pada kulit jika kulit tergolong sensitif. Bungkus es dengan kain bersih untuk mengompres jerawat. Jangan pula menggunakan es batu yang kotor, atau dibuat dari air yang kotor, karena bisa menimbulkan jerawat lebih banyak atau ruam pada wajah. Detailnya, untuk mengompres jerawat dengan es batu, ini yang perlu kamu lakukan:


1. Pastikan kulit sudah bersih dan baru dicuci.

2. Bungkus es batu ke dalam kain tipis, hindari menempelkannya langsung pada kulit.

3. Letakkan bungkus es langsung pada jerawat. Gosokkan dengan gerakan memutar pelan untuk mengetatkan pembuluh darah untuk mengurangi peradangan.

4. Tahan selama satu menit, supaya kulit sekitar jerawat tidak terpengaruh.

5. Angkat es batu, tunggu lima menit. Jika diperlukan, kompres lagi selama satu menit.

Kalau mau, kamu juga bisa mencampur minyak esensial ke dalam es. Bekukan lavender, air mawar, tea tree oil, rosemary, peppermint, atau lemon, ke dalam es batu. Minyak esensial tidak hanya menenangkan panca indera, tetapi juga meredakan peradangan.

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah istirahat dengan cukup. Tetapi bagaimana jika Anda seseorang yang mengalami kesulitan tidur? Jangan khawatir. Kami punya solusinya di artikel ini. 

7. Hindari Stres

Menggunakan bahan-bahan topikal, memang efektif untuk menghilangkan jerawat. Namun, perawatan dari dalam diri pun perlu dilakukan.

Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres, dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga memperparah jerawat. Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan luka hingga 40%, dan memperlambat penyembuhan bekas jerawat. Baca juga tips sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. 

8. Rajin Membersihkan Wajah

Jerawat selain karena hormon juga bisa muncul karena kotoran dan debu yang menempel di wajah. Untuk itu, salah satu kita mengatasinya adalah dengan rajin membersihkan wajah. Namun ada hal yang tidak boleh Anda lakukan, seperti terlalu sering membersihkan wajah menggunakan pembersih yang mengandung bahan kimia. Lebih baik bersihkan dengan air bersih lalu seka dengan handuk kering.

9. Olahraga Teratur

Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah. Meningkatnya aliran darah, akan membantu memelihara sel kulit agar tetap sehat, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkannya.

Untuk itu cobalah dengan mulai berolahraga secara teratur. Tidak perlu berat namun rutin. Salah satunya adalah dengan bersepeda. Baca tips bersepeda yang benar agar hasilnya maksimal.

10. Air Perasan Jeruk Lemon

Air jeruk lemon mengandung asam sitrat, yang baik untuk mengatasi jerawat. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan air jeruk lemon, ambil kapas steril, lalu celupkan ke perasan air jeruk lemon. Setelah itu, usapkan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat, dan diamkan semalaman.

Jeruk lemon memiliki nama latin Citrus limon (L.) Osbeck. Buah yang dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Di antara nya adalah mengurangi demam, asam lambung, menyembuhkan sariawan dan masih banyak lagi. Hal tersebut dikarenakan jeruk lemon mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan jeruk nipis, sumber vitamin A, B1, B2, fosfor, kalsium, asam sitrat, dan serat.

Selain itu, beberapa penelitian berhasil membuktikan kandungan flavonoid yang terkandung di jeruk lemon merupakan agen antibakteri. Tidak hanya flavonoid, jeruk lemon juga mengandung zat antibakteri lainnya, yaitu asam sitrat yang merupakan asam organik dan minyak atsiri berupa limonene.

Namun, ingat risiko iritasi. Jika kulit terasa perih setelah dioleskan air perasan jeruk lemon, lebih baik jangan dilanjutkan perawatan ini dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

11. Minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya dapat menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya, memungkinkan minyak menghancurkan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat. Kamu dapat menggunakan virgin coconut oil, untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat.

12. Tea tree oil

Tea tree oil sudah banyak menjadi bahan campuran di produk-produk kecantikan penghilang jerawat. Pasalnya, bahan yang satu ini memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dianggap efektif untuk mengempiskan jerawat. Baca juga: Tea Tree Oil dan Lempung Ghassoul untuk Perawatan Wajah

13. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang dinamakan katekin dalam jumlah banyak. Sehingga, mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Baca juga: Benarkah Teh Hijau Efektif Menghilangkan Jerawat?

14. Putih Telur

Protein dan vitamin yang ada pada putih telur, dapat membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak dari kulit. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat.

Gunakan putih telur untuk membasmi jerawat dengan cara mengoleskannya ke kulit yang berjerawat, dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. Perlu diperhatikan, telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah telur yang bersih dan organik.

15. Kulit jeruk

Selain meredakan jerawat, kulit jeruk ternyata juga dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Kulit jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan, yang baik untuk regenerasi sel kulit. Untuk menggunakannya, parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air, hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

Berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami di atas, perlu dilakukan dengan berhati-hati. Jangan sembarang menggunakan bahan yang akan dioleskan ke kulit. Ada baiknya kamu mengetes terlebih dahulu reaksi alergi, sebelum menggunakan bahan alami.

Cara di atas hanyalah alternatif, selain perawatan dari dokter kulit. Sebaiknya, berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, untuk benar-benar mengetahui kondisi jerawat yang muncul di kulit.

0 Response to "Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Jerawat Secara Alami"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Tulisan Menarik Lainnya

    Artikel Populer

    Mau Kirim Artikel? Atau Tanya-Tanya? Boleh Kok

    Name

    Email *

    Message *

    Artikel Terbaru

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel