Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Cara Memulai Toko Online dan Bisnis Berbasis Internet TERBUKTI SUKSES

Kali ini aku akan berbagi pengalaman menjadi pedagang online dan tips berjualan dari internet. Semoga tulisanku kali ini bisa bermanfaat, khususnya untuk kamu yang bingung cara memulai usaha jual beli online. 


Tips membangun toko online untuk pemula
Cara Memulai Bisnis Online

Perlu diingat bahwa perkembangan internet dan dunia usaha sangat pesat, jadi mungkin kondisi dan pengalamanku ini sedikit berbeda dalam hal teknologi, persaingan dan tren produk namun tetap saja garis besarnya sama. Aku akan share mengenai langkah-langkah memulai usaha bisnis online yang mengandalkan internet secara detail, terperinci disertai tips-tips yang applicable.

Secara umum, semua langkahnya bisa dirangkum menjadi 4 bagian, yakni :

1. Menentukan produk.

2. Memilih platform.

3. Menyusun Strategi.

4. Evaluasi Bisnis.

Langsung saja kita bahas satu per satu. Sambil membaca ini, ada baiknya kamu menyiapkan catatan kecil dan es kopi atau camilan biar tidak bosan dan terus fokus mengambil poin-poin pentingnya.

Menentukan Produk

Ini adalah langkah awal yang krusial sebelum seseorang terjun ke dunia bisnis online ataupun jenis bisnis lainnya.

Apapun metode dan platformnya, kamu harus tahu dulu apa produk yang akan kamu jual. Tanpa punya barang dagangan, berarti mustahil kamu bisa buka online store atau toko fisik sekalipun.

Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan dalam menentukan barang yang akan kamu jual nantinya secara daring. Silahkan disimak dan ikuti yang paling kamu rasa cocok :

Cari barang yang memang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Ini bisa saja sembako, pakaian atau susu bayi.

Jual produk yang punya konsumen banyak. Memang biasanya saingan juga banyak tapi ceruk lebih besar sehingga potensi penjualan juga baik.

Coba juga bermain di produk yang rare / langka / unik tetapi punya basis konsumen, contohnya dahulu aku pernah jual action figure(1) dan jersey sebuah klub bola. Peminatnya memang cuma golongan tertentu tetapi saingannya juga tidak terlalu besar.

Pastikan ketersediaan produk. Jika kamu yang membuatnya sendiri, berapa kemampuan produksimu? Apakah bahan baku selalu tersedia? Bagaimana jika ada force major? Jika kamu ternyata memilih jalur dropshipper atau reseller, pastikan apakah kamu distributor utama? Apakah perlu menyimpan beberapa barang dalam quantity tertentu untuk memastikan ketersediaan?

Pastikan produk yang kamu jual tidak akan menimbulkan masalah ke depannya. Ini bukan hanya tentang formalitas, surat-surat, ataupun urusan hukum, melainkan juga originalitas, date of expired, resiko pemakaian, dll.

Sebelum menjualnya, ada baiknya kamu memakai barang itu sendiri terlebih dahulu sehingga benar-benar expert. Ini persoalannya mengapa aku selalu mengawinkan bisnis dengan hobi. Aku menjual buku bekas, mainan, tools komputer, dll karena memang menyukainya.

Sementara itu mengenai langkah pertama sebelum memulai usaha secara daring, yaitu menentukan produk. Selanjutnya inilah langkah kedua.

Memilih Platform

Ingat, ini online store. Kamu tidak perlu susah payah membuat toko, menyewa ruko atau menggaji security. Tetapi tetap ada hal yang penting untuk dipikirkan. Dalam langkah kedua ini, aku mengajak kamu untuk benar-benar bijak menentukan platform apa yang akan dipakai sebagai media penjualan produk dan jasamu di dunia maya.

Secara umum, ada 5 macam platform yang bisa kamu coba :

1. Media Sosial

2. Website / Blog

3. Marketplace

4. Forum

5. Aplikasi

Sebagai pemula, aku sarankan kamu untuk memilih satu saja platform dan fokuslah untuk mempelajari, menyusun strategi, meningkatkan margin serta mengembangkan usaha. Setelah itu boleh untuk mencoba menambah platform yang lain sebagai media marketing.

Harus diingat bahawasanya setiap platform memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing sehingga perlu untuk mempelajari sedetail-detailnya perkara semuanya itu. Jangan malas belajar. Apalagi semakin hari teknologi semakin berkembang.

Jangan lupa juga bahwa semua platform tadi berbasis internet, maka pelajari juga copywriting(2), internet marketing, digital ads, sampai pola penjualan dan kebiasaan dari warganet Indonesia yang merupakan calon customer untuk bisnismu.

Di lain waktu, aku akan share secara lebih detail masing-masing kelebihan dan kekurangan dari 5 platform tadi, so terus ikuti saja tulisan-tulisanku tentang bisnis, produktivitas maupun teknologi.

Menyusun Strategi

Tahukah Anda bahwa bisnis online di Indonesia sedang berkembang dengan pesat bahkan siap memasuki tahun emas(3) yang dinanti-nanti. Maka sebagai pengusaha baru, Anda harus bersiap.

Akhirnya sampailah kita ke tahap ke-3, yakni menyusun strategi bisnis agar bisnis online yang kamu punyai bisa menghasilkan pendapatan sesuai target.

Langkah ketiga ini sangat penting dan ketika mengetik draft, aku sudah membuat penjabaran yang cukup detail berisi pengalaman diriku dan teman-temanku. Bukan hanya langkah bisnis yang sukses namun juga berbagai keputusan dan strategi yang gagal. Ini semua adalah pembelajaran yang baik, yaitu belajar dari kesuksesan dan kegagalan orang lain sehingga diri kita bisa merencanakan lebih baik lagi.

Draft itu ternyata sangat panjang, hingga lebih dari empat ribu kata. Tentu tidak baik untuk para pembaca yang ingin segera take an action. Jadi, aku putuskan untuk meringkas hanya inti dan gambaran umumnya saja, nanti jika ternyata artikel ini menarik banyak orang akan aku update serta tulis kelanjutan dari tahap menyusun strategi untuk membangun bisnis online yang baik.

Jadi apa yang harus dilakukan dalam tahap menyusun strategi ini? Mudah! Coba renungkan pertanyaan berikut : Apa yang membuat orang harus membeli produkmu?

Simpel tapi jawabannya bisa sangat rumit. Ini berkaitan dengan tepat tidaknya suatu rencana bisnis yang disusun, berkaitan dengan jenis produk, kebiasaan pembeli, target customer, perang harga hingga besarnya modal.

Untuk lebih singkat, coba sadari ada berapa penjual sepatu sneaker di Instagram? Ada berapa sales property di facebook atau pedagang makanan ringan di Lazada? Ada banyak bukan dan tidak mungkin semuanya sukses. Ada yang sukses besar ada yang kalah bersaing.

Jika ingin menjadi pedagang online yang sukses, maka lihatlah lapak dan amati cara mereka berjualan. Tiru saja strategi mereka. Jika gagal, ganti dan perbaiki. Itu saja sudah cukup memusingkan namun sangat menjanjikan. Jangan takut pusing, nanti kalau fulus sudah mengalir pasti semua akan terasa indah pada waktunya.

Evaluasi Bisnis

Saat kamu gagal, kamu hanya perlu memulai lagi dengan langkah yang lebih cerdas.
Henry Ford
Setelah kamu menyusun rencana bisnis, maka segeralah eksekusi. Pelajari tips untuk menjadi orang sukses yang mungkin akan membantumu berhasil dalam menjalankan online store yang kamu rintis. Jadilah responsif, rendah hati, jujur dan pekerja keras.

Dalam kurun waktu tertentu, evaluasi kinerjamu. Lihat statistik bisnismu, cari apa yang kurang, ubah strategi dan kembangkan rencanamu. Perbaiki jika ada kesalahan teruskan jika memang sudah melampaui target.

Andai gagal, jangan mudah putus asa. Semua pedagang pasti pernah gagal namun pada akhirnya akan berhasil jua.

Dalam pengalamanku, aku juga pernah bekerja secara freelance   dan kemudian memilih menjadi pekerja kantoran biasa. Namun semuanya sama-sama mulia asal dikerjakan dengan baik, tulus, bermanfaat bagi diri sendiri serta orang lain.

Apa kamu sudah membaca tulisanku sebelumnya yang cukup menarik tentang 10 situs penghasil uang di internet? Jika memang ternyata kamu ingin mencoba haluan baru, bacalah itu dan semoga saja bisa menambah wawasan atau inspirasi bagimu.

Internet dan teknologi sudah membuka jalan bagi banyak orang. Kamu bisa jadi blogger, youtuber, selebgram, atau online seller. Semua berpotensi menghasilkan banyak uang. Silahkan berusaha dan jangan mudah menyerah.

[Kesimpulan]

Dalam memulai bisnis online, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yakni : menentukan produk, memilih platform, menyusun strategi dan evaluasi bisnis.

Untuk bisa sukses dalam menjajal toko daring, maka haruslah pantang menyerah, jujur, cerdas, kreatif dan mau belajar dari berbagai referensi termasuk pengalaman sesama pedagang online.

[Catatan Kaki]

1. Bisnis Action Figure yang Menjanjikan

2. Pengertian Copywriting

3. Perkembangan Bisnis Online di Indonesia pada 2020

[Call to Action]

Sebaik-baiknya insan adalah mereka yang mampu memberi manfaat bagi dirinya dan orang lain. Apakah Anda merasa tulisanku ini berfaedah? Maka silahkan bagikan di media sosial agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Bukankah orang yang suka berbagi akan mendapatkan banyak berkat dan keberuntungan? Silahkan tinggalkan juga komentar jika ingin berbagai mengenai pengalaman Anda.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Cara Memulai Toko Online dan Bisnis Berbasis Internet TERBUKTI SUKSES"

Berlangganan via Email