Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Jitu Supaya Blog Diterima Jadi Publisher Google Adsense

Apakah Anda sudah lelah mencari informasi dan artikel di internet tentang cara supaya bisa diterima Google AdSense? Anda ingin menjadi publisher atau penayang iklan AdSense tetapi tidak kunjung diterima? Jangan khawatir karena sekarang Anda berada di tempat yang tepat. 

Pada artikel kali ini, Catatan Adi akan membeberkan rahasia dan tips jitu supaya cepat diterima menjadi penayang iklan AdSense. 

Semua tips di sini sudah teruji dan bukan abal-abal. Saya sendiri yang sudah melakukannya dan berhasil 100%. 

6 tips agar diterima Google AdSense

Meski demikian saya tak mau menggaransi Anda akan berhasil karena saya tidak benar-benar tahu kondisi blog yang Anda miliki, khususnya kualitas artikel, struktur template dan metrik lainnya. Meski demikian mengingat saya sudah berhasil 100% hingga bisa menjadi partner AdSense untuk sekian blog, maka tutorial ini bolehlah untuk dijadikan patokan utama. Tanpa berpanjang kata, mari kita langsung mulai. 

1. Domain 

Harus diakui banyak panduan bohong tentang jenis domain yang diterima oleh Google untuk bisa menayangkan AdSense. Saya sendiri sedih mengetahui itu semua. 

Berhentilah membuat konten tentang blog yang Anda sendiri tidak terlalu paham blogging, apalagi baru membuat weblog dalam waktu singkat. 

Akan ada banyak panduan yang mewajibkan Anda untuk membeli domain. Apa itu benar? Tidak benar. Untuk Anda yang memakai platform blogspot atau blogger, Anda tidak perlu membeli domain berbayar. 

Belilah domain jika memang membutuhkan, semisal untuk bermain blog lebih serius. Namun jika ingin menjadi penayang iklan, hal itu tidak perlu. Berikut adalah ringkasan mengenai domain, termasuk tips untuk bisa diterima. 

  • Jangan beli domain bekas. 
  • Pastikan domain yang Anda beli, jika memang harus melakukannya, bebas dari pelanggaran serius. Lebih baik ciptakan domain sendiri. 
  • Domain gratis di blogspot tetap bisa menjadi penayang AdSense. Saya sudah membuktikannya. 
  • Ciptakan domain yang baik, dalam arti tidak mempersulit diri Anda sendiri. Itulah hal pertama yang wajib Anda perhatikan seputar domain. Silahkan teruskan ke bagian kedua. 

2. Umur Domain 

Blog Anda haruslah memiliki cukup umur sebelum Google mempercayai Anda menjadi salah satu penayang untuk produk-produk iklan mereka. 

Di forum Facebook dan lainnya, banyak orang mengaku bahwa mereka berhasil diterima padahal umur blog mereka baru, dalam arti sangat pendek. 

Bahkan ada yang mengaku blog mereka baru sekitar 1 bulanan. Jangan percaya. Saya pribadi tidak mempercayainya. Mungkin mereka benar, tetapi saya sulit mempercayainya. Rekor terbaik saya adalah diterima AdSense ketika umur blog mencapai hampir 3 bulan. 

Peraturan dan panduan dari Google juga menulis hal yang sama, yakni sekitar 3 bulan. 3. Jumlah Artikel Ini sedikit sulit. Mau percaya atau tidak, ada blog saya yang umurnya baru punya 11 artikel dan diterima menjadi publisher. 

Jadi untuk yang ini, Anda harus bijak. Setidaknya blog sudah memiliki artikel. Berapa jumlahnya? Saya sarankan di atas 15 buah. 

Jangan coba untuk mengirim blog yang baru berisi 3 atau 4 biji artikel. Apa yang mau Anda tawarkan? Mungkin bisa diterima jika artikel tadi bisa menghasilkan trafik besar. Ini juga masih dalam tahapan mungkin. 

4. Struktur dan Template 

Ini poin yang sangat penting dan saya ingin Anda benar-benar fokus pada hal ini. Perhatikan beberapa hal berikut : 

  • Gunakan template yang benar. Tidak perlu yang premium, yang gratis juga boleh asal struktur HTML dan CSS nya benar. 
  • Perhatikan semua tautan eksternal. Pastikan tidak ada yang terhubung pada situs yang jelek. 
  • Buat halaman About Us, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap dan Contact Us. 
  • Cek kembali struktur blog Anda, dan pastikan tidak ada halaman 404 atau label yang berisi artikel kosong. 

Demikian untuk bagian mengenai struktur dan template. Selanjutnya kita ke bagian lainnya yang juga tak kalah penting. 

5. Tidak Terkait Pelanggaran 

Jangan daftar dengan sistem membeli akun AdSense. Percayalah, resikonya terlampau besar. Mendaftarkan diri ke Google AdSense dan mendapatkan akunnya tidak sesulit itu. Tips lainnya, jangan membuat artikel yang tidak disukai Google. 

Pelajari aturan dan saran yang sudah dibuat Google. Jangan melakukan copas konten atau mencuri tulisan orang lain. Ini akan membawa masalah untuk Anda dikemudian hari. 

6. Cara Mendaftar 

Pastikan Anda tahu cara mendaftar yang benar. Ada perbedaan antara Anda yang mendaftar dari jalur domain berbayar dan domain gratis ataupun melalui Youtube dan Admob. Pelajari langkah-langkahnya dengan detail. 

Apakah hanya enam poin di atas? Ya, dan tentu saja, keberuntungan. Ada banyak orang yang menyarankan banyak hal seperti harus sudah punya sitelink dari Google, memiliki ekstensi domain berbayar atau berisi konten dengan niche tertentu. Tetapi saya pribadi sudah membuktikan enam tips jitu di atas dan blog-blog saya sudah diterima Google AdSense dengan baik. 

Sekarang, semua terserah Anda. Mau cari panduan lain, silahkan. Semoga hari Anda bahagia dan terima kasih sudah membaca.

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "6 Tips Jitu Supaya Blog Diterima Jadi Publisher Google Adsense"

Berlangganan via Email