Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Skill Wajib Milenial

Catatan Adi - Untuk sukses maka seseorang harus rajin meningkatkan kualitas diri, termasuk mengasah skill yang dimiliki. 

Dari sekian banyak skill yang ada, apa saja keterampilan terpenting yang wajib dikuasai oleh milenial? Pertanyaan ini mungkin pernah terlintas di benak sobat milenial semuanya. Apakah sudah menemukan jawabannya? 

10 Skill Milenial
10 Skill Milenial

Pertama dan yang utama, tentu skill inti yang selama ini sobat gunakan dalam bekerja, misalnya : 

  • Skill mengajar jika sobat adalah guru.
  • Skill akutansi jika sobat adalah seorang akuntan.
  • Skill coding dan programming jika sobat adalah seorang programer.
  • Skill memasak jika sobat adalah seorang koki.

Nah, ternyata di samping core skill atau keterampilan inti, sobat milenial juga harus menguasai beberapa skill lain. Skill tersebut akan sangat menunjang karir dan masa depan sobat milenial ke depannya. Apa saja itu?

Fast Learning

Ini adalah keterampilan pertama yang harus dimiliki setiap orang untuk bisa sukses di era dimana semuanya sangat bernafsu untuk bersaing dengan ketat dan keras. Ingat, dunia jaman sekarang berbeda dengan dunia 40 tahun yang lalu. Makin terbukanya pasar bebas, perkembangan teknologi yang pesat dan perubahan penting bisa terjadi dalam hitungan detik, membuat hanya orang-orang tertentu saja yang akan bisa eksis dengan baik. 

Untuk itu, sobat milenial harus bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada, dan lebih dari itu adalah mampu mempelajari segala hal dengan cepat. 

Kemampuan mempelajari segala sesuatu dengan cepat memang tidak mudah. Ini bukan berarti sobat milenial harus benar-benar punya deep understanding terhadap banyak bidang, tetapi setidaknya tahu hal-hal baru yang di luar passion dan bidang sobat milenial semuanya lalu menggunakan pengetahuan itu sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri. 

Misal, seorang milenial yang sadar bahwa di daerahnya belum ada bisnis fast food. Meski ia sama sekali tidak paham mengenai fast food, cara marketingnya dan model manajemennya, ia akhirnya belajar semuanya itu. Kenapa? Karena dia sadar, hanya itu cara untuk bisa sukses. Pada akhirnya jangan heran bila orang-orang seperti ini mampu mengkonversi peluang menjadi keuntungan. 

Marketing, Negotiating and Dealing

Sudah banyak buku-buku self improvement maupun productivity yang membahas tentang skill bernegosiasi dan mendapatkan keputusan bersama. Jika ingin sukses namun merasa belum punya kemampuan mumpuni di bidang ini, maka cobalah untuk memplajarinya. 

Inti dari bisnis adalah menjual, entah itu produk dalam bentuk barang atau jasa. Dan dengan kemampuan bernegosiasi yang baik, sobat bisa meningkatkan angka penjualan dengan biaya yang seminim mungkin. Ingat, banyak produk gagal bersinar karena kegagalan di bidang marketing. 

Skill ini juga memungkinkan sobat untuk mendapatkan win-win solution jika ada dua atau lebih pihak yang bertentangan dengan sobat semuanya. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bukan? Untuk itu, segeralah miliki dan tingkatkan keahlian jenis ini. 

Collaborating and Team-Work

Jika ingin berjalan cepat, maka berjalanlah sendiri, namun jika ingin berjalan jauh, berjalanlah bersama. Kalimat sederhana penuh kebijaksanaan tersebut bisa menggambarkan bagaimana proses menuju kesuksesan akan terasa lebih mudah jika bergerak bersama layaknya tim. 

Namun perlu diingat, manusia pada dasarnya adalah makhluk munafik yang penuh dengan kepentingan dan keegoisan. Untuk itu, bisa jadi dalam sebuah tim, sobat milenial akan menjadi bumper atau alas kaki yang terus menerus diperas, dikorbankan dan dieksploitasi.

Untuk itu, penting bagi sobat milenial semua benar-benar memahami keterampilan berkolaborasi dan bekerja sama dengan tim supaya kepentingan pribadi dan misi-visi sobat tidak terpinggirkan, melainkan tujuan bersama tim adalah kepentingan dan kesuksesan semua anggotanya, termasuk juga kepentingan sobat.

Kolaborasi dan kerja sama tim juga adalah dua buah keterampilan yang akan membantu sobat milenial semuanya dalam mengelola tim yang ada secara efektif dan efisien serta mendapatkan hasil yang maksimal. 

Social Intelligence

Pernahkan sobat milenial berkenalan dengan sosok yang egois, tidak peka, sombong dan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain? Bisa jadi dia adalah sosok yang tidak menguasai skill kecerdasan sosial yang baik. 

Keterampilan sosial adalah bekal bagi siapapun untuk mampu terhindar dari konflik dengan masyarakat atau lingkaran sosial yang ada dengan sobat semuanya. Memiliki social intelligence skill artinya juga memiliki kepekaan tinggi untuk memahami masalah dan pergulatan dari orang lain karena latar belakang setiap orang tentu berbeda. 

Digital Literacy

Sekarang adalah jamannya digital. Dunia sudah sangat berbeda. Saat ini dan seterusnya, media sosial, aplikasi dan internet akan makin berperan dalam kehidupan individu masing-masing. 

Digital literacy juga adalah suatu keterampilan untuk bisa menciptakan filter yang tepat sehingga sobat milenial tidak menjadi budak dari teknologi digital yang memang terlihat indah dan nyaman. Justru sebaliknya, sobat bisa mendayagunakan dunia maya sebagai sarana memajukan bisnis dan meningkatkan kapasitas serta kualitas diri. 

Innovative and Creative 

Elon Musk adalah contoh terbaik dari insan yang penuh kreativitas dan inovasi. Dengan dua hal tersebut, Elon berhasil mencapai puncak kesuksesan. Inilah hal yang perlu sobat milenial contoh, yaitu bagaimana menciptakan terobosan yang unik dan bermanfaat bagi banyak orang sehingga bisa digunakan oleh khalayak. 

Untuk sekilas saja, Elon telah menciptakan : 

  • Tesla, mobil pintar berbasis bahan bakar listrik.
  • Paypal, alat pembayaran virtual.
  • Space-X, perusahaan antariksa.

Sobat harus makin sering mengasah insting yang sobat miliki serta mau untuk bertindak out of the box. Bergeraklah dari zona nyaman dan ciptakan terobosan baru yang bisa dikembangkan seterusnya. 

Personal Branding

Personal branding adalah cara untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum. Memang rasa-rasanya ini mudah padahal pada kenyataannya tidak semudah itu. Ada tips, trik dan bahkan metode-metode yang harus dilakukan.

Nah, jika sobat ingin dikenal oleh orang-orang, baik itu secara pribadi maupun bisnis, maka sobat harus benar-benar memahami pengetahuan tentang hal itu termasuk juga menyusun strategi untuk melakukan branding tersebut. 

Jika sobat milenial merasa perlu untuk meningkatkan skill di bidang personal branding, jangan khawatir karena Catatan Adi sudah membuat artikelnya untuk sobat semua. Silahkan baca panduan melakukan personal branding dengan efektf namun mendapatkan hasil yang maksimal. 

Public Speaking

Tentu saja skill berbicara di depan umum atau public speaking merupakan hal mendasar yang harus sobat kuasai. Dengan skill ini, sobat bisa : 

  • Mempresentasikan rencana bisnis dengan menarik.
  • Menyampaikan visi misi secara efektif.
  • Membuat orang tertarik dan percaya dengan kemampuan sobat milenial semua.

Memang tidak bisa dipungkiri ada orang-orang tertentu yang sangat mudah belajar dan mempraktikkan cara berkomukasi di depan umum dengan baik dan memukau para pendengarnya. Namun ada juga yang harus ikut kursus dan memperdalam ilmu mengenai hal ini dengan aneka buku dan video tutorial. Semua itu tidak masalah. Justru yang menjadi masalah adalah ketika sobat tahu betapa penting skill ini namun tidak mau menguasainya. Hal tersebut niscaya akan sukses membuat sobat jadi insan gagal yang menyedihkan. 

Mentoring and Leadership

Kita semua adalah pemimpin. Bisa jadi kita adalah seorang ketua kelas, kapten tim sepak bola, kepala divisi, manager proyek atau pemilik bisnis. Bahkan sebenarnya setiap orang adalah pemimpin, setidaknya bagi dirinya sendiri.

Skill kepemimpinan penting untuk dikuasai. Ini menyangkut bagaimana menjalankan kewajiban sesuai dengan arahan dan jalur yang ada namun tetap mencari inovasi. Skill kepemimpinan juga adalah kemampuan untuk mengelola manusia yang tentu saja memiliki latar belakang yang berbeda dengan pemikiran yang bisa jadi saling bertentangan. 

Selain menjadi seorang pemimpin, sobat milenial juga harus belajar menjadi seorang mentor. Mentoring atau mentor-ship sangat penting untuk melestarikan nilai-nilai yang telah ada serta sebagai upaya bersama untuk menaklukkan masalah-masalah yang dihadapi oleh anggota tim. Mentoring juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dari tim agar bisa berkembang lebih baik lagi. 

Investing dan Financial Management 

Berinvestasi adalah hal yang sangat mudah dewasa ini. Sobat bisa melakukan investasi di berbagai instrumen, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sekaligus menjaga modal agar tidak tergerus inflasi. Namun kecapakan dalam berinvastasi juga perlu dikembangkan sedemikian rupa agar terhindar dari financial trap.

Financial trap atau jebakan finansial sering menghancurkan anak muda yang sudah pegang uang besar namun lupa untuk mempelajari manajemen keuangan atau cara mengatur finansial dengan bijak. Mereka terjerumus dalam hal-hal yang pada akhirnya berbuah penyesalan yang menyedihkan. 

Investing dan financial management bisa sobat pelajari dari mana saja : buku manajemen keuangan, Youtube, mengikuti kursus berbayar dan lain-lainnya. Sobat juga bisa mendapatkan segala hal terkait hal itu dengan gratis dan cara yang mudah, yaitu membaca semua artikel kami di rubrik Tips Milenial. 

*** 

Itulah pembahasan kali ini mengenai 10 keterampilan yang wajib dikuasai oleh sobat milenial semuanya agar makin sukses di tengah persaingan yang super ketat ini. 

Sobat tertarik dengan dunia asuransi? Baca juga artikel selanjutnya yang akan membantu sobat milenial yang tertarik mendapatkan uang tambahan dengan menjadi agen asuransi yang sukses.

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Skill Wajib Milenial"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label