Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Cara Mendapatkan Trafik Dari Facebook Untuk Blog

Ada banyak alasan kenapa harus mengetahui cara mendapatkan trafik blog dari Facebook dengan tepat. Pertama tentu saja karena potensi yang ada sangat besar. Media sosial Fb masih menjadi favorit, khususnya untuk netizen Indonesia. Kedua, meski begitu hal ini juga mengandung resiko yang cukup besar. 

Jadi untuk melakukan strategi promosi konten, baik untuk seorang blogger maupun internet marketing, haruslah memahami panduan mencari trafik dari Facebook dengan benar. 

Facebook sendiri sudah berkembang sangat pesat dengan fitur, layanan dan agoritma yang kompleks dibanding dengan kemunculan awalnya di tahun 2005 lalu. 

Kenapa Harus Facebook 

mendapatkan trafik dari facebook
mendapatkan trafik dari facebook

Mari kita bahas kekuatan Facebook sebagai sebuah media sosial. Walau sekarang banyak sekali bermunculan media sosial baru seperti Instagram, Pinterest, Quora, Twitter, Twitch hingga Tiktok, namun Fb tetap bisa dikatakan berada di papan atas sebagai sosmed populer. 

Jumlah Pengguna 

Berdasarkan data yang dilansir dari Katadata, jumlah pengguna Fb aktif bulanan di seluruh dunia mencapai 2.7 milyar manusia. Jelas ini jumlah yang sangat besar, bahkan masih berada di atas Youtube maupun Twitter. 

Sedang di Indonesia, jumlah pengguna Facebook adalah sekitar 140 juta orang dan tersebar dalam 9.5 juta group. Apa artinya? Dalam dunia internet marketing, ini adalah peluang untuk mendapatkan trafik. 

Sebagai seorang blogger, hal ini juga tidak boleh disia-siakan. Inilah salah satu peluang besar untuk bisa meningkatkan lalu lintas kunjungan website dari para Facebooker. 

Fitur Pendukung 

Selain jumlah pengguna yang besar dan beragam, Facebook sebagai sebuah media sosial juga punya banyak layanan ataupun fitur yang bisa sangat mendukung aktivitas para web master, content creator ataupun pemilik blog. 

Dalam bagian selanjutnya kita akan bahas lebih lanjut mengenai hal ini, namun untuk gambaran saja Facebook punya beberapa hal yang sangat cocok untuk para pengembang situs, antara lain : 

  1. Mengijinkan para penggunanya untuk berbagi tautan di kolom komentar maupun ketika update status. 
  2. Bukan hanya dalam bentuk tautan, nantinya akan muncul snipsheet berupa thumbnail dan terkadang bahkan meta deskripsi dari sebuah artikel. Tentu ini merupakan hal yang bagus untuk menarik trafik dari orang-orang yang membaca status ataupun komentar Anda. 
  3. Facebook memiliki Facebook Group, sebuah platform berbentuk komunitas untuk bisa saling berbagai dengan pengaturan yang cukup lengkap. Ini biasanya adalah salah satu favorit dari para internet marketing. Ada banyak group Facebook yang punya anggota hingga ratusan ribu dengan tingkat keaktivan yang cukup tinggi. 
  4. Selain group, facebook juga punya platform Fanspage. Ini bukan hanya sebuah akun biasa, tetapi lebih dari itu, dengan Fanspage, seseorang bisa memantau sejauh mana kampanye produk yang ia jalankan, termasuk tingkat jangkauan dan popularitas konten yang ia bagikan. 
  5. Layanan FB Ads. Terakhir, Facebook juga punya layanan FB Ads. Dengan ini, maka konten atau produk yang Anda miliki bisa tersebar luas dan dilihat oleh para pengguna Facebook lainnya. Pengaturannya juga cukup lengkap. Anda bisa mengatur budget untuk kemudian mempertimbangkan target pasar yang Anda inginkan. Bukan hanya itu, FB Ads juga berpotensi sebagai branding Anda di mata netizen. 
Sedang di Indonesia, jumlah pengguna Facebook adalah sekitar 140 juta orang dan tersebar dalam 9.5 juta group. Apa artinya? Dalam dunia internet marketing, ini adalah peluang untuk mendapatkan trafik. 

Cara Mendapatkan Trafik dari Facebook 

Sekarang kita akan fokus membahas cara memaksimalkan media sosial Fb untuk bisa mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya, alias memancing para pengguna Facebook agar berkunjung ke blog ataupun konten Anda. Ingat bahwa :

  • Ada banyak sekali cara promosi konten ataupun link building menggunakan facebook.
  • Meski demikian, setiap cara atau strategi mengandung resikonya masing-masing.
  • Strategi promosi konten lewat Facebook harus disesuaikan dengan jenis konten, bentuk postingan ataupun niche blog. (Untuk mengetahui lebih lanjut soal ini, silahkan baca arti dan jenis niche blog). 
  • Dengan kreativitas, ketekunan dan juga sedikit keberuntungan, maka strategi membangun audience dan menarik trafik gratisan juga bisa memberikan hasil yang mengagumkan. 

Itulah beberapa hal yang harus mendapat perhatian, khususnya untuk Anda yang memang baru sama sekali dalam melakukan promosi konten maupun artikel ke Facebook. 

Dalam bagian selanjutnya, kita akan membas jenis-jenis promosi konten beserta dengan langkah-langkah praktis dan juga resiko yang terkandung di dalamnya. 

Cara dapat trafik Facebook
Cara dapat trafik Facebook


Update Status

Ini tidak semudah dan segampang yang kedengarannya. Jadi bukan cuma menulis satu dua kalimat di status lalu menempelkan url link konten blog Anda dan berharap akan ada jutaan orang membacanya lalu kemudian mengklik dan berkunjung ke blog Anda.

Tidak, bukan seperti itu. Ini jauh lebih rumit.

Bahkan dalam dunia internet marketing, hal-hal seperti kapan waktu yang tepat untuk membuat postingan blog atau berapa jumlah kata yang baik sangat dipelajari dengan detail. Semuanya dianalisa demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Apakah Anda sebagai blogger memerlukan itu semuanya? Tentu saja tidak. Ingat tujuan awalnya adalah membuat orang-orang di Facebook berkunjung ke blog Anda.

Lantas apa yang perlu dilakukan? Cukup sulit namun masih bisa dicoba. Walau begitu, ingatlah bahwa postingan Anda di Facebook hanya akan ditampilkan khususnya untuk orang-orang yang berinteraksi dengan Anda, baik sebagai teman atau follower. 

Jadi, bagaimana kekuatan atau popularitas akun Facebook Anda? Agar langkah optimasi pertama ini berhasil, ada baiknya Anda sudah membaca cara meningkatkan jumlah teman atau follower Facebook. Jika belum, maka silahkan membacanya setelah ini.

Untuk optimasi melalui status FB, hal-hal yang perlu dilakukan adalah : 

  1. Tulis lead-ini atau kalimat pembuka yang tepat. Jangan langsung mem-paste url saja. Buatlah semacam pembuka yang membuat teman-teman di beranda Anda kemudian tertarik untuk mengklik-nya.
  2. Pilih artikel yang punya gambar dan judul yang memang menjual. Di internet, ada bagian yang dinamakan copywriting, yakni proses menyusun kalimat agar bisa membuat orang melakukan sesuatu, khususnya membeli produk. Cobalah menulis judul artikel dan deskripsi yang memang menarik. 
  3. Pastikan memang ada diantara teman-teman Anda yang tertarik dengan topik yang dibahas di artikel. Untuk itu ketahui jenis-jenis artikel yang disukai orang Indonesia agar hal ini bisa efektif. Atau jika ingin lebih baik lagi, perbanyak teman Anda dari berbagai latar belakang. 

Memberi Komentar

Tidak hanya melulu membuat status di beranda sendiri untuk dibaca orang lain, cobalah untuk melakukan promosi konten di kolom komentar. Caranya sangat mudah : 

  1. Cari suatu postingan yang populer, misalnya punya banyak feed back berupa likes dan komentar.
  2. Balaslah postingan itu di kolom komentar dengan menyertakan artikel yang relevan.
  3. Jangan lupa tag orang-orang tertentu di kolom komentar yang komentarnya masih punya relevansi dengan balasan Anda.

Ada kebiasaan unik dari orang di internet pada umumnya, yakni melihat komentar-komentar yang ada. Karena memang di kolom komentar ada banyak ditemui kalimat yang lucu, inspiratif maupun solutif. Manfaatkan hal tersebut. 

Memancing Diskusi 

Hal ini juga merupakan cara promosi konten yang elegan namun harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terkesan Anda cari trafik saja. 

  1. Buat sebuah postingan yang cukup panjang. Pendek juga bisa sebenarnya asal menggunakan kalimat yang efektif. 
  2. Beri judul yang 'memancing perdebatan atau diskusi' dari orang-orang di beranda Anda. 
  3. Tulis argumen Anda. 
  4. Perkuat argumen dengan artikel yang Anda sisipkan di kolom postingan. 
  5. Tag atau colek orang-orang yang punya banyak follower atau teman sehingga mereka terpancing untuk menanggapi. 

Berbagi Artikel di Group

Group Facebook masih merupakan sarana untuk berbagi informasi yang baik, termasuk dalam bentuk postingan blog.

Carilah group yang sesuai dengan niche atau topik bahasan dari artikel Anda. Kemudian baca aturan yang ada, misal jenis artikel apa yang bisa dibagikan dan kapan membagikannya. Ada baiknya untuk menghubungi admin yang ada untuk menanyakan hal ini dengan lebih jelas. 

Setelah semua sudah Anda pahami, cobalah untuk berbagi di grup. Seperti panduan sebelumnya, tulis artikel dan lengkapi dengan gambar yang menarik. Jangan cuma paste tautan saja, tapi juga tulis kalimat penyertanya. 

Jikalau Anda tidak melakukan hal ini dengan benar, ada beberapa resiko yang akan dialami : 

  • Anda akan di-banned. 
  • Postingan atau tautan Anda akan ditandai dan dilaporkan sebagai spam. Ini bisa jadi akan membuat Anda tidak bisa menyebarkan link dari blog Anda selamanya. 
  • Anda akan mendapatkan citra buruk dari admin dan anggota lainnya. 

Memberi Solusi Atas Permasalahan 

Ini mirip dengan langkah optimasi di kolom komentar orang lain. Namun lakukan ini digrup. Pada dasarnya orang mengikuti grup karena adanya kesamaan hobi, pemikiran, atau ingin berbagai. Sering sekali ditemui orang bertanya banyak hal di grup. Jika Anda punya jawabannya, jawablah dengan menyertakan postingan blog. 

Melengkapi dengan Hastag

Tagar atau hashtag adalah sesuatu yang sangat penting di Instagram, Twitter dan Tiktok. Apakah di Facebook penggunaannya juga krusial? Belum ada yang bisa memastikan namun tidak ada salahnya Anda coba. 

Menyematkan Url di Group

Selain bergabung dengan group orang lain, Anda juga bisa memutuskan untuk membuat grup sendiri. Meski demikian, dibutuhkan energi dan waktu yang tidak sedikit dalam membangun grup dari nol. 

Walau begitu, tentu hal ini akan mendatangkan banyak keuntungan, salah satunya Anda bisa leluasa menampilkan tautan konten di grup milik Anda sendiri. 

Menyematkan Url di Profil

Jika panduan di atas adalah bentuk dari promosi konten, maka sekarang adalah promosi blog. Sematkan nama dan alamat blog di kolom profil, khususnya di bagian website Anda. 

Melengkapi Profil dengan Nama Situs

Selain itu, di bagian profil singkat, tulis jati diri Anda dengan menampilkan nama blog. Misal : penulis di Catatan Adi. Ini akan membuat orang di beranda tahu bahwa Anda punya blog. 

Menyematkan Url di Fanspage

Selain membuat akun personal, di FB Anda juga bisa membuat FP atau fanspage. Ini akan membuat blog Anda menjadi terlihat lebih elegan dan kredibel setelah orang-orang tahu bahwa Anda juga punya FP khusus untuk situs Anda. 

Fanspage juga sangat baik untuk Anda yang berkecimpung di dunia pemasaran digital karena konten yang dibuta bisa dianalisa dengan metrik yang cukup lengkap dari Facebook. 

Untuk optimasi dan promosi blog, sematkan nama serta alamat situs Anda di fanspage agar orang-orang tahu dan kemudian mengunjunginya. 

Update Status di Fanspage Manual

Apakah Anda pikir setelah membuat Fanspage maka akan segera mendapat trafik berlipat? Tentu saja tidak. Anda harus mengoptimasinya dan membangunnya. Selain itu, Anda harus membuat konten yang mempromosikan konten Anda di sana dengan rutin. 

Kelebihan Fanspage adalah konten atau blog Anda tidak akan dianggap spam dan dibanned, terlebih jika Anda melakukannya dengan benar. 

Update Status di Fanspage Otomatis

Update status secara manual memang baik, namun jika postingan Anda cukup banyak dan rutin mem-publish artikel, maka pertimbangkan untuk melakukan update status secara otomatis menggunakan Deliver It, sebuah tools yang bisa menghubungkan Fanspage dan blog.

Ini berlaku jika Anda memang rutin publish postingan blog. Cobalah membuat target awal, misal menulis 200 artikel dalam setahun. Kami sudah pernah melampauinya dan sekarang menuju 500 artikel. 

Memasang Share Button ke Facebook

Pada dasarnya, template terbaru jaman sekarang selalu menyedian tombol share ke media sosial, termasuk Facebook. Jika tidak ada, maka cobalah untuk membuatnya. Ini akan sangat bagus untuk meningkatkan daya viral dari artikel Anda dan memudahkan orang-orang yang ingin membagikan postingan blog ke beranda Facebook mereka.

Membuat Artikel Viral yang Insidentil

Dalam langkah ini, Anda tidak hanya membuat status pendek, tetapi langsung menulis artikel di kolom postingan FB.

Apakah ini efektif? Tergantun dari karakter atau tipikal teman-teman akun Anda. Jika mereka suka membagi-bagian apa yang dianggap menarik, maka tentu saja ini efektif. Pada dasarnya hal yang paling sering dibagikan adalah artikel, bukan status sederhana yang pendek. 

Nah, di bagian akhir atau tengah artikel, sisipkan link yang bisa memperkuat argumen atau setidaknya berhubungan dengan apa yang sedang dibahas. 

Pada dasarnya untuk membuat artikel jenis ini tidak sulit. Satu hal yang penting adalah jangan ketinggalan isu. Tulislah sesuatu yang sedang hype atau ngetrend di kalangan masyarakat. 

Membuat Konten CTA

Membuat CTA atau Call To Action memang tidak mudah. Anda harus mempelajarinya dengan banyak membaca. Namun dengan CTA yang efektif, orang akan sukarela membagikan artikel Anda. 

Mendaftar di Instant Article

Instan Articel adalah layanan dari Facebook yang akan baik sekali untuk mempromosikan artikel blog Anda. Selain itu Anda juga berpeluang mendapatkan banyak pemasukan seperti layaknya Google AdSense. 

Ketahui lebih lanjut tentang cara mendaftar Instant Article Facebook agar langkah yang Anda tempuh nanti bisa berhasil. Selain itu, pastikan Anda sudah punya Fanspage. 

Membuat Konten Video Pendek 

Tidak hanya artikel atau tulisan, Anda juga bisa membagikan video di Facebook dengan durasi pendek maupun panjang. Agar efektif, pendeks aja tidak masalah.

Lengkapi video itu dengan caption yang menarik. Jangan lupa tulis juga nama ataupun alamat blog Anda di sana agar orang-orang bisa mengunjunginya. 

Buat Konten Gambar - Tutorial

Apa salah satu jenis konten Facebook yang mudah viral dan mendapat banyak likes serta dibagikan ke orang-orang? Resep masakan.

Banyak sekali resep masakan yang berseliweran di Facebook dan jadi viral. Perhatikan bahwa konten ini mengandalkan gambar atau tutorial berupa gambar. Cobalah melakukan hal yang sama untuk web Anda. 

Buat Konten Gaming

Sangat cocok untuk Anda yang berjiwa gamers karena Facebook sekarang juga membantu para online gamers menunjukkan kebolehannya bermain video game. 

Anda bisa mencoba mempromosikan blog maupun konten Anda sembari membuat konten video gaming, baik live maupun tidak. 

Gunakan FB Ads

Di kalangan blogger ada istialah Fb Ads to AdSense, yakni menggunakan Facebook Ads untuk meningkatkan trafik sehingga diharapkan bisa mendapatkan pemasukan AdSense yang besar. Apakah ini berhasil? Bisa saja tetapi resikonya juga besar karena jika tidak bijak maka akan bangkrut. 

Pastikan Anda mengetahui alur dan anggaran yang tepat untuk mempromosikan situs maupun konten Anda. Jangan tergiur tutorial yang tidak masuk akal. Anda harus mencoba sendiri agar mengetahuinya, namun cobalah dengan budget yang kecil terlebih dahulu. 

Minta Rekomendasi Konten

Tentu bukan konten sembarangan, melainkan konten berkualitas yang bisa berpotensi viral. Jika belum tahu cara menulisnya, baca panduan menulis konten viral yang akan membantu Anda mencapai tujuan awal, memilikit trafik blog besar. 

Inilah langkah optimasi jenis ini : 

  1. Memilih atau membuat konten yang berpotensi viral di blog. 
  2. Mengunggahnya ke Facebook. 
  3. Minta teman-teman Anda untuk membantu share

Jika konten Anda tidak maksimal atau jelek, orang tidak akan sudi membagikannya. Untuk itu pilihlah benar-benar konten yang baik dan informatif. 

Mendapatkan visitor blog dari Facebook
Mendapatkan visitor blog dari Facebook

Itulah 21 cara untuk meningkatkan trafik dari Facebook. Semuanya bisa Anda pilih dan pertimbangkan mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan. 

Sebenarnya ada satu rahasia lagi, yakni bahwa strategi di atas nyaris tidak berguna jika konten yang Anda buat tidak bagus. Untuk itu setelah membaca panduan ini, silahkan lanjutkan baca tutorial terlengkap Belajar On Page SEO

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

2 komentar untuk "21 Cara Mendapatkan Trafik Dari Facebook Untuk Blog"

  1. ternyata amat sangat njlimet ya optimasi pembaca facebook agar dapat menjangkau suatu web...tapi ini bermanfaat sih untuk mereka yang ingin menjangkau pembaca webnya lebih luas lagi. Termasuk sering update status dengan menyisipkan link yang mengarah ke artikel. Kalau aku pribadi karena bukan tujuan untuk mass reader...maka aku masih malu sih update fb...bahkan sejak 2019 aku udah off ga mainan fb lagi...vuma buat sekedar punya. tapi ga takpake buat promo blog hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini cuma sedikit berbagi dari pengalaman serta ilmu gratisan yang aku dapetin sih mbak. Kalo mbak Gita, ga usah optimasi FB sudah banyak nich trafiknya hehehehhe

      Hapus

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label