Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Jumlah Follower Facebook

Apapun tujuan Anda bermain Facebook, entah itu untuk berjualan ataupun personal branding, jumlah follower dan teman adalah indikator yang paling mudah untuk melihat sejauh mana efektivitas strategi yang dipakai. 

Dalam artikel kali ini, kami akan berbagi cara menaikkan jumlah teman dan pengikut di Facebook melalui langkah-langkah optimasi Fb yang tepat, terukur dan efektif. 

Perlu diketahui bahwa algoritma Facebook sangat unik, yakni mendukung tersebarnya konten khususnya kepada orang-orang yang saling terhubung. Jadi, jika ingin konten Anda dilihat lebih banyak orang, maka perbanyaklah jumlah follower. 

Nantinya, follower dan teman yang terkait dengan akun Anda bisa dikonversi menjadi calon konsumen maupun orang-orang yang akan membagikan konten Anda sehingga postingan makin viral. 

Algoritma Facebook

Cara optimasi Facebook
Cara optimasi Facebook

Mari sedikit mengulas tentang algoritma Facebook. Sebagai sebuah media sosial, ada dua hal yang menjadi tulang punggung bagi Fb, yakni jumlah pengguna dan konten. 

Facebook melalui algoritmanya akan saling mempromosikan konten di kalangan orang-orang yang saling terhubung. Jadi konten Anda, baik itu postingan berbentuk teks, video atau gambar akan masuk ke beranda teman-teman Anda, termasuk juga teman dari teman Anda.

Untuk Anda seorang kreator konten, blogger maupun praktisi internet marketing, hal ini harus dioptimalkan. 

Meski begitu, pengguna Facebook juga bisa mensenyapkan notifikasi postingan dari orang-orang tertentu, termasuk Anda. Jadi konten Anda tidak akan masuk ke beranda orang tersebut. Sebaliknya, Anda juga bisa mengatur agar suatu konten hanya bisa dibaca oleh orang tertentu atau tidak dibaca oleh orang tertentu. Semoga tidak pusing memahaminya. 

Selain itu, suatu postingan yang punya likes dan komen yang banyak cenderung akan muncul di timeline. Hal ini akan membuat suatu konten terus menjadi populer untuk waktu yang cukup lama. 

Facebook juga akan merekomendasikan akun yang memiliki keterkaitan dengan Anda untuk kemudian diundang menjadi teman. Misalkan suatu akun direkomendasikan karena ternyata ada hubungan tertentu, seperti berada di grup yang sama, punya latar belakang pendidikan yang sama atau merupakan teman dari teman Anda. 

Langkah Optimasi Facebook

Strategi Optimasi Facebook
Strategi Optimasi Facebook

Sekarang kita sampai pada tahap praktis, yakni cara untuk melakukan optimasi agar akun Facebook kita punya banyak teman dan follower sehingga konten yang kita buat bisa menjadi lebih viral dan menjangkau lebih banyak orang. 

Lengkapi Profil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan setelah mendaftarkan diri di Facebook adalah melengkapi profil. Makin lengkap profil akan makin memudahkan langkah optimasi. Meski begitu ada beberapa hal yang sensitif yang sebaiknya tidak Anda bagikan, seperti alamat rumah, nomor handphone maupun tempat data diri lainnya. 

Justru beberapa hal berikut harus Anda lengkapi dengan baik, yakni : 

  • Nama asli.
  • Nama alias / nama populer.
  • Foto profil yang menarik.
  • Banner ataupun foto background yang menarik. 
  • Almamater kuliah dan SMA.
  • Kota asal dan kota sekarang. 
  • Jenis pekerjaan.
  • Alamat website jika ada.
  • Bio singkat yang menarik. 
  • Sosial media lain, misalkan LinkedIn dan Instagram.

Itulah hal-hal fundamental yang harus Anda lengkapi dengan baik karena nantinya akan terkait langsung dengan algoritma Facebook. 

Carilah teman yang memang Anda kenal di dunia nyata. Termasuk juga teman-teman lama yang sudah lama tidak Anda ketahui kabarnya. Facebook memang dibuat untuk hal itu. 

Bergabung dan Aktif di Group

Layanan komunitas atau grup memang salah satu andalan dari Facebook. Fitur ini juga yang membuat Facebook masih terus diminati, yakni menghubungkan orang-orang dengan kesamaan minat, latar belakang, pekerjaan maupun visi ke dalam satu wadah meski hanya di dunia maya. 

Ada banyak grup Facebook yang bahkan berkembang dengan cukup besar, misalkan Ayo Bikin Sendiri, Info Cegatan Jogja ataupun Blogger Indonesia

Aktiflah di grup. Cobalah membuat postingan atau menjawab permasalahan dari sesama anggota yang Anda tahu jawabannya. Hal-hal itu akan membuat orang nantinya tidak ragu menjalin hubungan dengan Anda. Terlebih akun Anda memang asli atau kredibel. 

Rutin Membuat Konten

Untuk meningkatkan engangement, maka rutinlah melakukan posting konten, bisa artikel ataupun gambar atau video. Setidaknya sekali dalam sehari. Anda tak perlu menjawab semua komentar jika memang tidak punya waktu, tetapi dengan rutin membuat postingan, akun Facebook Anda akan makin populer. 

Ada baiknya Anda membuat postingan yang menjadi jawaban dari permasalahan orang lain. Ini adalah awal, bisa jadi orang-orang akan membagikan postingan tersebut. Misalkan, Anda paham caranya copywriting. Buatlah konten seputar hal tersebut. 

Ketahui bahwa orang suka main media sosial karena juga butuh hiburan. Jadi buatlah juga konten yang menghibur. Atau bagikan video lucu yang Anda punyai. 

Ramah 

Keramahan adalah kunci utama untuk mendapatkan teman dan pengikut. Ramahlah pada semua orang, baik yang sudah terhubung maupun belum. Hindari berbincang mengenai topik-topik yang memunculkan perdebatan. 

Selektif

Ada kalanya kita bertemu dengan akun-akun yang suka menyebarkan konten yang mengganggu, toksik serta tidak kita sukai. Senyapkan. Jika memang diperlukan, maka lakukan langkah terakhir, yakni blokir. Jangan biarkan beranda Anda dikotori hal-hal semacam itu. Beri ruang lebih untuk hal positif. 

Berteman dengan Akun Populer

Ini bukan hal yang tabu atau mustahil. Anda kenal seorang filsuf, akademisi, selebgram ataupun pejabat di dunia maya. Cobalah mengajukan undangan pertemanan. Bisa jadi konten Anda akan makin viral karena hal tersebut. Namun tetap utamakan keramahan dan sopan santun, jangan langsung melakukannya dengan banal.

Orang-orang yang bisa jadi sarana memviralkan konten Anda juga adalah orang-orang yang biasanya punya lingkaran sosial yang luas, misal dosen Anda, seorang tokoh di desa ataupun artis lokal. Mereka biasanya lebih mudah untuk dijadikan teman. 

Itulah langkah optimasi Facebook agar makin populer. Sekarang silahkan baca artikel selanjutnya, yakni strategi berjualan online di Facebook berdasarkan pengalaman nyata. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Jumlah Follower Facebook"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label