Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengapa Artikel Tidak Terindeks Google?

Salah satu pertanyaan terbesar di benak para bloger adalah bagaimana agar artikel terindeks Google dengan cepat sehingga berpotensi mendapatkan trafik organik.

Pertanyaan ini terdengar simpel namun jawabannya sangat susah untuk ditemukan. Mengapa demikian? Karena sistem atau cara agar artikel bisa terindeks oleh mesin perayap Google merupakan hal yang misterius.

Meski demikian saya sebagai bloger yang aktif membangun blog sejak 2010 merasa dapat menduga beberapa faktor potensial yang menyebabkan suatu artikel tidak terindeks Google atau minimal butuh waktu lama untuk bisa dirayapi oleh sistem perayapan mesin pencari.

Pentingnya Indeks Artikel oleh Google

kenapa blog lama terindeks Google?
kenapa blog lama terindeks Google?

Sebelum membahas faktor-faktor yang diduga menjadi penyebab suatu artikel lama terindeks, maka mari kita bahas terlebih dahulu pentingnya perayapan konten oleh mesin perayap Google.

Ketika menulis artikel, tentu kita sebagai narablog berharap apa yang ditulis itu bisa dibaca oleh banyak orang. Salah satu caranya adalah dengan meminta Google menampilkannya ke hasil pencarian.

Namun artikel hanya akan tampil di hasil pencarian jika artikel sudah terindeks. Sebaliknya, jika artikel tidak terindeks, maka mustahil orang-orang di dunia maya membaca atau bahkan menemukan artikel tersebut.

Itulah pentingnya crawling atau perayapan dari Google. Nantinya hasil perayapan akan menentukan apakah suatu laman akan diindeks atau tidak. Jika terindeks, maka potensi untuk ditampilkan di hasil pencarian akan sangat besar. 

Blog Masih Baru

tidak terindeks karena blog baru
tidak terindeks karena blog baru

Ini adalah jawaban yang paling mudah. Berapa umur blog Anda? Ingat bahwa ada jutaan blog ataupun website saat ini dengan mungkin total miliaran konten maupun laman. 

Tentu saja Google meski sudah sangat canggih butuh waktu untuk merayapi konten blog Anda yang terbilang baru.

Masalahnya sampai sejauh mana suatu blog dikatakan baru? tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun? Tidak ada jawaban pasti, namun jika mengacu pada Google Adsense yang menyarankan calon publisher mendaftar ketika usia blog berumur enam bulan, maka itulah indikatornya. 

Jadi jika Anda galau dan gundah gulana blog dengan konten 20 artikel tidak terindeks oleh mesin pencari, mungkin karena usia blog Anda baru beberapa hari. Tentu itu wajar. Maka, bersabarlah sambil terus memperkaya kualitas dan artikel yang ada di blog Anda.

Tidak Didaftarkan Ke Google Search Console

Google Search Console untuk indeks artikel
GSC mempercepat indeks artikel

Faktor penyebab artikel tidak terindeks adalah karena blog belum didaftarkan ke Google Search Console. Jika itu penyebabnya, silahkan daftarkan karena caranya sangat mudah.

GSC atau Google Search Console akan membantu mempercepat proses perayapan artikel, laman atau blog secara keseluruhan. 

Selain itu GSC akan memberitahu pemilik blog apakah ada masalah dalam proses crawling, seperti misalnya masalah pengalihan, terblokir oleh robot ataupun kesalahan lainnya seperti breadcrumb dan peletakan kode.

Kualitas Blog Jelek 

artikel tidak diindeks karena blog jelek
kualitas blog jelek

Ini adalah faktor penyebab lainnya kenapa artikel susah terindeks. Bisa jadi kualitas blog secara keseluruhan jelek karena template berantakan, tidak mobile friendly, struktur kurang bagus ataupun secara umum artikel berkualitas rendah. 

Silahkan perhatikan, apakah jumlah artikel dengan kualitas rendah cukup banyak? Bisa jadi sebelumnya bot Google sudah merayapi dan hasilnya blog dinilai buruk karena jeleknya konten yang ada.

Jika itu masalahnya, silahkan perbaiki konten lama. Tambahkan informasi yang lebih mendalam, lengkapi dengan gambar dan usahakan menulis dengan kaidah SEO On Page yang benar. Setelah itu submit kembali url ke GSC.

Terjadi Pelanggaran

Pelanggaran membuat blog tidak terindeks
Pelanggaran membuat blog tidak terindeks

Bisa jadi Anda sebagai blogger sudah melakukan pelanggaran. Beberapa pelanggaran tersebut membuat Google tidak mengindahkan konten blog Anda. Ini yang cukup membahayakan karena belum ada solusinya sampai detik ini, meski di luar sana banyak yang menawarkan jasa deindeks.

Pelanggaran tersebut antara lain : 

  • Artikel copas atau plagiat
  • Artikel mengandung konten yang dilarang Google
  • Terinfeksi virus atau malware berbahaya
  • Melanggar TOS dari Google. 

Untuk itu pastikan benar-benar mamahami panduan Google tentang apa konten yang dilarang serta harus dijauhi. Jangan coba dengan sengaja melanggar aturan meski tergiur keuntungan besar yang ternyata penuh resiko. 

Mitos Mengatasi Artikel Lama Terindeks Google

Berikut ini adalah upaya atau alternatif solusi yang biasa ditawarkan oleh beberapa blogger untuk mengatasi artikel yang lama terindeks oleh Google. 

  • Mendaftar ke Google News
  • Mendaftar ke Google Ads
  • Melakukan Ping dengan Plugin (untuk Wordpress)
  • Melakukan promosi konten ke media sosial

Silahkan resapi dan pertimbangkan sendiri apakah memang solusi di atas benar-benar solutif dan berpengaruh sehingga 'memaksa' Google kemudian merayapi dan mengindeks suatu artikel?


Itulah ulasan tentang alasan artikel lama terindeks Google. Harus ditekankan bisa saja di lapangan semuanya tidak sesuai teori. Seperti misal Anda sudah membuat artikel original dengan kualitas bagus, tetapi tidak terindeks. Lantas bagaimana?

Jawabannya adalah bersabar. Sekali lagi prosedur indeks konten oleh Google benar-benar misterius. Bisa jadi Google sedang melakukan update sistem ataupun meng-upgrade algoritmanya. Tidak ada yang benar-benar tahu.

Sementara menanti indeks dari mesin perayap, silahkan untuk terus menulis konten bermanfaat yang bisa saja meningkatkan kualitas blog sehingga nantinya ketika tampil di hasil penelusuran bisa meningatkan trafik organik dengan baik. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "Mengapa Artikel Tidak Terindeks Google?"

  1. Terimakasih ilmu-ilmu nulis dan blognya. Sangat bermanfaat buat kami para pemula. Setelah membaca catatan adi saya langsung praktek bikin blog sendiri. Dan berhasil. Dan beberapa kesulitan pertanyaan terjawab di catatan adi. Tetaplah menulis, tetaplah menebar manfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir. Saya senang jika tulisan saya bermanfaat.

      Hapus