Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Berpenduduk Katolik Terbesar di Dunia

Katolik adalah salah satu bagian dari Kekristenan yang terbesar. Sebagai sebuah agama yang sudah bertahan setidaknya selama 2 milenium, Katolik berkembang dengan pesat dan bahkan sudah berhasil mengakar kuat di banyak negara di berbagai belahan dunia. 

Berbeda dengan Muslim yang memiliki basis di Timur Tengah, Asia Tenggara dan sebagian Afrika sekaligus Eropa, Katolik di kelima benua di dunia bisa ditemukan negara dengan populasi Katolik terbesar. 

Negara Katolik Terbesar Di Dunia [TERBARU]

Negara Katolik terbesar Di Dunia
Negara Katolik Di Dunia


Republik Demokratik Kongo (28.700.000)

RD Kongo adalah sebuah negara di Afrika yang memiliki jumlah penduduk beragama katolik terbesar di benua tersebut. RD Kongo sendiri sempat dijajah oleh bangsa Eropa, khususnya Belgia. 

Jumlah penduduk beragama Katolik di Kongo mencapai lebih dari 28 juta orang. Gereja Katolik juga merupakan unsur penting di tengah-tengah kehidupan masyarakat R.D Kongo. 

Spanyol (32.364.000)

Sudah sejak lama Spanyol dikenal sebagai basis agama Katolik sejak lama. Bahkan di awal jaman kolonialisme, Spanyol telah menyebarkan agama Katolik Roma, khususnya di wilayah Amerika Selatan dan Filipina. 

Meski kini banyak orang yang menganut ateisme di Spanyol, namun negeri matador tersebut masih menjadi salah satu negara katolik yang cukup penting. Jumlah penduduk Spanyol penganut Katolik Roma adalah lebih dari 32 juta orang.

Polandia (33.017.000)

Polandia pernah menjadi bagian dari Blok Timur yang merupakan kelompok negara-negara komunis pimpinan Uni Soviet. Meski demikian, pemerintahan komunis gagal untuk menghambat Katolik dari jantung hati rakyat Polandia. 

Berbeda dengan negara-negara Eropa Timur lainnya yang pada umumnya menjadi basis Ortodoks, Polandia adalah pusat Katolik. Bahkan salah satu Paus, yakni Paus Yohanes Paulus II berasal dari Polandia. 

Kolombia (36.000.000)

Sama seperti negara di Amerika Latin, Kolombia juga merupakan negara dengan masyarakat yang mayoritas menganut Katolik, meski kini Kristen Protestan juga mengalami kemajuan yang pesat. 

Prancis (44.000.000)

Harus diakui walau Perancis masih merupakan salah satu negara dengan akar Katolik yang kuat, namun negeri ini terkenal dengan kebijakannya yang sangat sekuler. Penduduk Katolik di Prancis berjumlah sekitar 44 juta orang. 

Italia (50.474.000)

Sejak awal 'kelahiran' agama Kristen, Italia memiliki posisi yang sangat penting. Di negeri inilah, kekristenan, khususnya Katolik Roma mengakar dengan kuat. Orang Italia juga terkenal memiliki penghormatan yang cukup tinggi terhadap Gereja Katolik. 

Amerika Serikat (71.000.000)

Meski sekulerisme berkembang sangat pesat di Amerika Serikat, tetapi kekristenan tetap dipegang oleh mayoritas masyarakat di negeri Donald Trump tersebut. Ada sekitar 71 juta orang penganut Katolik, belum terhitung yang tergabung dengan gereja-gereja denominasi Kristen lainnya. 

Filipina (85.470.000)

Filipina adalah negara yang terletak di Asia Tenggara yang cukup lama menjadi jajahan Spanyol. Selain itu Filipina juga mendapat pengaruh dari Amerika Serikat dan Inggris. 

Hal yang unik lainnya, Filipina juga merupakan negara dengan pusat agama Katolik terbesar di Asia. Ada lebih dari 85 juta penduduk yang menganut agama tersebut. 

Meksiko (98.820.000)

Meksiko mendapat pengaruh Spanyol cukup lama. Selain faktor bahasa, makanan, dan budaya, Meksiko juga mengadopsi Katolik sebagai agama utama di negeri sombrero itu. 

Jumlah penduduk Katolik di Meksiko nyaris mencapai 100 juta orang. Selain itu banyak juga orang Meksiko yang hijrah ke Amerika Serikat dan menjadi warga negara di sana. Meski demikian, mereka tetap menganut Katolik Roma. 

Brazil (126.880.000)

Brazil adalah negara Katolik terbesar di dunia. Jumlah warga Brazil yang menganut Katolik Roma mencapai nyaris 130 juta orang. Negeri itu sendiri merupakan mantan jajahan Portugal yang juga adalah negara berbasis Katolik Roma. 

Negara dengan Persentase Katolik Terbesar

Selain mengenai jumlah penduduk yang beragama Katolik, ada juga negara-negara yang walau total penduduknya sedikit namun punya persentase penganut Katolik yang besar. 

Seperti yang sudah diduga, Tahta Suci Vatikan yang merupakan negara terkecil di dunia, juga adalah negara dengan persentase Katolik terbesar, yakni 100%. 

Negara 100% Katolik
Negara 100% Katolik

  1. Vatikan (100%)
  2. Timor Leste (96.6%)
  3. San Marino (90.5%)
  4. Paraguay (89%)
  5. Malta (88.7%)
  6. Andora (88.2%)
  7. Kroasia (86.3%)
  8. Polandia (85.8%)
  9. Portugal (84.5%)
  10. Italia (83%)

Selain itu, Katolik juga tersebar luas di Amerika Utara dan Karibia, Pasifik Selatan dan tentu saja Eropa Selatan. Baca juga artikel lainnya mengenai daftar negara-negara Muslim terbesar di dunia, dimana ternyata Islam mengalami kenaikan cukup signifikan secara jumlah di dunia barat. 

Sumber : 

  • World Atlas
  • BBC
  • Pew Forum Research 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Negara Berpenduduk Katolik Terbesar di Dunia"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label