Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Negara Terkecil Di Dunia

Negera-negara terkecil di dunia pada teorinya memiliki masalah serius di bidang ketersediaan sumber daya alam, kependudukan, infrastruktur hingga keamanan. Beberapa melakukan tindakan cerdas, yakni meminta bantuan tetangganya yang lebih besar, sebagian memilih bergabung dengan organisasi multirateral. 

Meski demikian pada faktanya ada banyak negara dengan luas wilayah yang kecil namun mempunyai strandar kesejahteraan yang tinggi, misal Monako, Islandia, Qatar dan Taiwan. Semua itu ternyata tergantung dari pemerintah dan rakyat untuk mau membangun wilayah mereka dengan baik.

daftar lengkap negara terkecil dengan data dan fakta


Justru banyak negara-negara besar yang malah punya masalah genting di bidang kesenjangan sosial, keamanan dalam negeri dan kemiskinan akut. 

Hal unik lainnya, negara-negara kecil tersebut sebagian ternyata punya sejarah panjang dan bahkan punya posisi penting dalam percaturan politik di masa lalu. Sebut saja Vatikan yang merupakan tempat tinggal Sri Paus sekaligus salah satu kota terpenting dalam sejarah agama Katholik. 

Daftar Negara Terkecil Di Dunia

Daftar 10 Negara Terkecil Di Dunia beserta luas wilayahnya
Daftar 10 Negara Terkecil Di Dunia

Bisa kita lihat dari tabel informasi di atas bahwasanya Vatikan merupakan negara terkecil di dunia dengan luas wilayah hanya 1 kilometer persegi. Negeri ini berada di wilayah negara Italia. 

Posisi Vatikan sebagai negara paling kecil disusul oleh Monako yang juga merupakan salah satu negara di kawasan Eropa. Daftar ini juga berisi tiga negara Eropa lain, yakni San Marino, Liechtenstein dan Malta. 

Selain itu ada juga negara-negara Oseania yang masuk daftar negara dengan luas wilayah paling kecil, yakni Nauru, Tuvalu dan Marshall Islands. 

Baca juga daftar negara-negara terbesar di dunia. 

Negara Terkecil di Amerika Utara dan Tengah

Amerika Utara dan Tengah adalah sebuah wilayah yang membentang dari Kanada hingga ke perbatasan Amerika Latin, termasuk kepulauan Karibia. Di sini terdapat banyak sekali negara-negara yang dahulu merupakan jajahan bangsa-bangsa Eropa.

Negara terkecil di Amerika Utara dan Tengah
Negara terkecil di Amerika Utara dan Tengah

Negara terkecil di kawasan ini adalah St Kitts and Nevis yang merupakan mantan jajahan dari Inggris dan Perancis. Negeri ini hanya memiliki luas sebesar 261 kilometer persegi. Di posisi kedua ada Grenada dengan luas 344 kilometer persegi.  

Negara Terkecil di Amerika Selatan

Amerika Latin adalah julukan untuk sebuah kawasan yang berada di selatan Benua Amerika. Disebut demikian karena negara-negara di daerah ini merupakan jajahan dari Spanyol (dan Portugal). Selain Brazil, hampir semua negara di Amerika Latin berbahasa Spanyol. 

Negara terkecil di Amerika Selatan
Negara terkecil di Amerika Selatan

Posisi negara paling kecil di Amerika bagian selatan ditempati oleh Suriname. Negeri ini merupakan bekas koloni Belanda. Di sana terdapat cukup banyak orang Jawa. Komunitas Jawa Suriname bahkan mendirikan partai politik yang cukup disegani, yakni Pertjaja Luhur. 

Negara Terkecil di Asia

Pada jaman kuno, Asia merupakan pusat peradaban penting. Di sini juga terdapat banyak negara-negara besar. Namun ada juga negara yang punya wilayah yang terbilang kecil. 

Daftar Negara Kecil Di Asia
Daftar Negara Kecil Di Asia

Di dalam daftar negara dengan wilayah yang sempit di Asia, negara Maladewa atau Maldives berada di puncak. Wilayah Maladewa hanya 300 kilometer persegi. Negeri ini terletak di Asia Selatan dan punya masalah dengan ancaman tsunami maupun naiknya permukaan laut. 

Mantan propinsi ke-27 Indonesia, Timor Leste juga masuk daftar ini. Wilayah negeri termuda di ASEAN tersebut hanyalah 14.874 kilometer persegi. 

Negara Terkecil di Afrika

Afrika juga terdiri dari negara-negara dengan luas wilayah yang berbeda. Ada yang besar seperti Algeria, ada juga yang mungil seperti Seychelles. 

Negara terkecil di benua Afrika
Negara terkecil di benua Afrika

Untuk diketahui, Seychelles sendiri adalah sebuah negara pulau-kepulauan yang tidak berada di daratan utama Afrika. Walau kecil dan terletak terpisah dari tetangganya, Seychelles memiliki hubungan bilateral yang baik dengan banyak negara lain, termasuk Indonesia. 

Negara Terkecil di Eropa

Sudah ditebak bahwa negeri tersempir di Eropa jatuh kepada Tahta Suci Vatikan. Negeri satu kota tersebut juga merupakan negara terkecil di dunia. 

Meski kecil, mayoritas negeri-negeri mungil di Eropa memiliki standar hidup yang baik. Mereka juga tidak terancam oleh perang dan kemiskinan, kecuali beberapa negara seperti Kosovo dan Montenegro. 


Sudah sejak lama Kosovo dan Montenegro hidup kurang beruntung. Mereka adalah bekas pecahan dari Federasi Sosialis Yugoslavia, negara yang pernah disegani namun sudah bubar. Kosovo bahkan tidak diakui oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. 

******

Itulah nama-nama negara terkecil di dunia dan lima kawasan lainnya. Baca juga artikel menarik seputar teori-teori dan unsur-unsur pembentukan suatu negara.  

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "10 Negara Terkecil Di Dunia "