Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Teknik Melakukan Blogwalking

Sebelum era media sosial seperti Facebook atau Twitter, pilihan orang-orang untuk menjalin persahabatan di dunia maya cukup terbatas. Selain melalui mailing list dan forum, para pengguna internet biasanya melakukan blogwalking.

Blogwalking adalah kegiatan berkunjung ke blog miliki orang lain lalu meninggalkan komentar. Sebenarnya ada banyak orang yang berkunjung ke suatu blog namun enggan berkomentar. Hal ini terjadi karena mereka tidak selalu sepakat dengan konten yang dibaca atau merasa blog yang dikunjungi memiliki kualitas rendah. 

Jika Anda adalah seorang blogger yang ingin membangun blog, termasuk dari sisi SEO, silahkan lakukan blogwalking. Namun ingat, ada resiko besar blog Anda tetap stagnan walau sudah melakukan blogwalking. Hal ini karena memang ada tips tertentu yang belum Anda optimalkan.

langkah melakukan blogwalking
langkah melakukan blogwalking


Pilih Blog yang Aktif

Ini memang hal yang sangat krusial. Banyak blogger yang akhirnya meninggalkan dunia blogging. Alhasil komentar Anda bisa-bisa tidak dibaca oleh yang bersangkutan. Meski demikian, jika memang ada banyak blogger yang membaca postingan tersebut, dan komentar Anda muncul tanpa moderasi, maka ada kemungkinan besar orang-orang juga mengenal Anda melalui hal tersebut. 

Berkomentar dengan Baik

Berkomentarlah dengan baik, jangan spam. Jangan juga meninggalkan link aktif. Jangan menuliskan kata yang menyinggung. Pastikan bahwa komentar Anda ada hubungannya dengan isi dari postingan. Jika tidak bisa berkomentar dengan baik, mungkin lebih baik Anda berlatih terlebih dahulu.

Berkomentar dengan Konsisten

Coba untuk menjadwalkan waktu blogwalking, misal di hari Minggu. Setelah itu cobalah untuk mengomentari blog yang sudah pernah Anda kunjungi. Hal ini akan memberikan kesan positif bahwa Anda juga mendukung blogger tersebut berkembang. 

Membangun Jaringan Via Email atau Medsos

Jadi bukan hanya di blog, cobalah untuk membangun hubungan pertemanan yang positif dan dilandasi rasa saling menghormati di twitter, instagram ataupun facebook. Di sana, Anda bisa saling bertukar konten dan mengabarkan bahwa blog Anda sudah update konten baru dan siap untuk dikunjungi. 

Pemberitahuan dengan cara seperti di atas jauh lebih efektif daripada hanya mengandalkan feedburner lewat email ataupun follow blog. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

1 komentar untuk "4 Teknik Melakukan Blogwalking"

  1. setuju banget sama tipsnyaa..
    kalo keempat tips itu diterapkan, selain menambah jalinan pertemanan juga dapat meningkatkan performa blog, seru ya? meski untuk konsisten itu agak sulit. hehe

    BalasHapus

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini