Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Long Tail Keyword Supaya Konten Bisa di Posisi 1 Google

Anda seorang blogger pemula dan punya jutaan mimpi untuk mengembangkan blog Anda secara gratis tanpa perlu keluar biaya? Satu hal yang harus diingat, walau memang itu memungkinkan, tetapi Anda harus mau kerja keras dan terus belajar banyak hal, termasuk mempelajari Long Tail Keywords.

Long Tail Keywords atau nanti kita singkat saja menjadi LTK adalah sebuah celah yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger cekak modal untuk bisa melakukan optimasi secara On Page SEO dan bertarung dengan situs-situs besar yang mulai mengais recehan dengan cara yang tidak pernah dilakukan 4 atau 5 tahun lalu, bersaing dengan blog kecil.

Anda boleh memaki atau menyindir para situs besar tersebut, tetapi jika hanya itu yang Anda lakukan maka percuma. Blog Anda akan makin tergusur. Bahkan situs besar sekarang sudah mulai mencari penulis berlatar belakang blogger. Tentu mereka mentargetkan banyak visitor dengan cara SEO plus dibantu kapital yang besar sehingga mampu menaikkan SERP konten-konten mereka. Lalu bagaimana dengan Anda sebagai blogger pemula? 

Memang Indonesia punya ratusan juta netizen dan ini adalah berkah tersendiri. Namun jika tidak memiliki strategi pengembangan blog yang jitu, Anda akan gagal dalam menggaet visitor. 

Perlu diingat bahwa untuk promosi konten ada banyak cara yang bisa dipilih : 

  • SEO.
  • Optimasi melalui media sosial.
  • Optimasi melalui cara berbayar.

Nah, Anda seorang blogger pemula dan tentu ingin gratis bukan? Untuk itu di artikel ini kita fokus pada SEO agar Google sendiri yang mempromosikan artikel Anda. Beberapa saat yang lalu kami sudah menulis cara promosi konten via Facebook. Silahkan baca dan pelajari. 

Long Tail Keywords atau nanti kita singkat saja menjadi LTK adalah sebuah celah yang bisa dimanfaatkan oleh para blogger cekak modal untuk bisa melakukan optimasi secara SEO dan bertarung dengan situs-situs besar yang mulai mengais recehan dengan cara yang tidak pernah dilakukan 4 atau 5 tahun lalu, bersaing dengan blog kecil.

Long Tail Keyword

Long Tail Keywords adalah kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih. Memang cukup panjang tetapi terbukti bahwa netizen juga terkadang mengetik apa yang ada dibenak mereka tanpa mempedulikan tata bahasa atau pola kalimat yang benar. Inilah celah yang harus Anda manfaatkan karena LTK memberi peluang besar untuk bisa mendatangkan trafik organik. 

Contoh Long Tail Keyword

Misal Anda ingin mengoptimasi artikel dengan kata kunci belajar saham. Tentu saja Anda akan bertarung dengan sederatan situs yang punya kredibilitas serta fundemantal yang luar biasa. Untuk itu, coba gunakan LTK, yakni misal mencoba bermain di kata kunci berikut : 

  1. Belajar saham untuk mahasiswa
  2. Tutorial belajar saham dari nol
  3. Belajar saham untuk ibu rumah tangga
  4. Cara belajar saham modal 100 ribu perhari

Di atas hanyalah contoh saja. Ada banyak kata kunci utama yang terdiri dari 1 atau 2 kata namun sudah dibidik oleh situs besar. Nah, cobalah untuk mengubahnya menjadi LTK. 

Manfaat LTK

Sekarang kita akan membahas manfaat dari penggunaan LTK. Ternyata ada banyak sekali, antara lain adalah : 

  1. Berpeluang memperoleh banyak trafik organik.
  2. Berpeluang meningkatkat SERP.
  3. Berpeluang berada di posisi awal halaman pencarian.

pengertian long tail keywords
Cara mengoptimasi Long Tail Keywords

Cara Mencari Long Tail Keyword

Lalu bagaimana atau darimana mencari LTK? Sebenarnya dengan kreativitas semua bisa dicapai termasuk untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

  • Opsi atau alternatif pencarian Google.
  • Mesin pencari keywords semacam Google Keyword Planner maupun Ubbersuggest. 
  • Mengamati kompetitor.
  • Mencari dari forum di Kaskus, Quora maupun Facebook Grup.
Sebenarnya Anda bisa mencari LTK sendiri, yakni dengan cara melakukan analisa dan menelaah apa yang kira-kira ditulis oleh orang ketika ingin menanyakan sesuatu di internet. 

Cara Memanfaatkan Long Tail Keyword

Apakah hanya dengan menemukan LTK yang tepat, konten langsung muncul di halaman satu Google? Tentu saja tidak. Inilah yang harus dilakukan : 

  1. Temukan LTK yang tepat, yakni yang punya volume pencarian. Bukan sembarang LTK, tetapi temukan yang memang ada orang di internet yang menggunakan kata kunci itu.
  2. Kuasai materi atau pembahasan terkait LTK tersebut. Jangan hanya mengandalkan teknik ATM atau re-write saja. Lakukan deep research maupun cari aneka referensi dan kemudian simpulkan. 
  3. Untuk melakukan poin kedua di atas, akan membutuhkan waktu. Selain itu, pastikan untuk menulis artikel dengan menarik. Baca panduannya di cara menulis artikel yang menarik
  4. Bukan hanya mengenai cara menulis artikel yang benar dan tepat agar pembaca sudi membaca postingan Anda sampai selesai, Anda juga harus melakukan apa yang dinamakan internal link building strategy. Baca panduannya karena kami sudah menulisnya untuk Anda. 
Setelah artikel selesai, yang perlu Anda lakukan sesudahnya intinya sama saja dengan yang dilakukan setelah menulis postingan pada umumnya, yakni promosi konten. Dimana Anda ingin mempromosikan konten Anda? Facebook? Boleh saja? Atau Twitter? Ini juga terdengar menarik. Jadi sekarang lanjutkan membaca cara promosi konten blog di Twitter

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Mengenal Long Tail Keyword Supaya Konten Bisa di Posisi 1 Google"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label