Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Pemasaran Lewat Video

Jika Anda mencari pendekatan baru untuk terlibat dengan pelanggan Anda, cobalah pemasaran video. 

Saat ini, pemasaran video menguasai semua strategi pemasaran lainnya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan terhubung dengan calon pelanggan. Tujuannya adalah untuk membuat video berdasarkan preferensi pemirsa untuk menarik lalu lintas untuk meningkatkan konversi. Strategi pemasaran video yang brilian membantu menciptakan kekuatan merek, meningkatkan penjualan, dan membangun hubungan yang langgeng dengan para pelanggan setia.

Jika Anda mencari cara unik untuk terhubung dan terlibat dengan audiens Anda untuk mempromosikan bisnis Anda, ini adalah artikel yang harus Anda baca.

9 Cara Unik Bisnis Dapat Menggunakan Video Untuk Melibatkan Audiensnya
video marketing

Buat Video Studi Kasus untuk Membuat Testimonial Menarik

Video studi kasus sangat persuasif.

Kepuasan dan kepuasan pelanggan menunjukkan nilai sebuah merek. Anda dapat berbicara seratus kata untuk mempromosikan bisnis Anda, tetapi tidak ada jaminan bahwa audiens akan memperhatikan. Jika pelanggan Anda berbicara tentang keunggulan merek Anda, lebih banyak orang akan mempercayainya.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat membuat video studi kasus yang sukses:

  • Pamerkan wawancara pelanggan di depan kamera
  • Buat demo yang menggambarkan solusi untuk masalah pelanggan
  • Otentikasi testimonial dari pelanggan dengan fakta dan statistik
  • Tekankan keunggulan produk

Mengedukasi Pelanggan Tentang Merek Anda

Strategi pemasaran terbaru tidak lagi hanya tentang merek Anda—ini tentang apa yang dapat dipelajari audiens dari Anda . Ada banyak hal rutin yang kita lakukan setiap hari. 

Tetapi jika seseorang dapat menunjukkan kepada kita cara yang lebih baik, lebih cerdas, atau lebih cepat dalam melakukan hal-hal ini, itu akan lebih menarik bagi kita. Dapatkan wawasan dari pelanggan untuk membuat video online dengan mempertimbangkan kebutuhan mereka. Anda dapat membuat video edukasi, promosi, inspirasi, informatif, dan menakjubkan untuk menarik pelanggan Anda dan terlibat dengan mereka. 

Entitas bisnis dapat memanfaatkan wawasan ini untuk membuat video pendidikan yang menunjukkan kepada pelanggan cara membuat hidup mereka mudah dan mendapatkan prospek untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Strategi sukses untuk memasarkan dengan video pendidikan adalah menemukan ceruk untuk memberikan nilai akhir kepada pemirsa. Berikut adalah bagaimana Anda dapat mendekati beragam ceruk.

Bisnis ke Pelanggan (B2C)

Pelanggan sering mencari cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu dalam hidup. Video DIY atau video petunjuk dapat membantu menargetkan dan terlibat dengan mereka. Teliti demografi pelanggan Anda dan buat video pendidikan termasuk informasi yang mereka inginkan.

Bisnis ke Bisnis (B2B)

Entitas bisnis terus mencari ide-ide baru. Mereka memantau strategi pemasaran pesaing untuk melakukan hal yang sama. Jika Anda dapat memanfaatkan minat mereka dan menyediakan video pendidikan yang akan membantu mereka mempromosikan bisnis mereka, mereka pasti akan terlibat dengan Anda.

Ceritakan Kisah dengan Visual yang Mendukung

Tahukah Anda mengapa pemasar menghabiskan lebih banyak uang untuk menceritakan kisah menarik melalui video? Karena orang lebih menyukai, memahami, dan mempertahankan visual lebih baik daripada teks. Bagaimana Anda bisa membuat video Anda menonjol di tengah lautan video yang tersedia di media sosial? Jawabannya identik. Kuasai teknik video storytelling untuk menarik perhatian. Berikut adalah teknik mendongeng yang dapat membantu Anda:

Buat alur naratif yang menarik—mulai cerita dengan tenang untuk mengambil momentum saat berlanjut ke tengah video, secara bertahap membangun ketegangan, dan akhiri dengan resolusi.

Atasi masalah pelanggan dan tawarkan solusi kepada mereka—Anda hanya dapat melakukannya dengan membangun cerita yang berkaitan dengan demografi pelanggan Anda. Orang-orang yang memiliki masalah serupa akan terlibat dengan Anda dengan harapan menemukan solusi.

Gunakan Cerita Merek untuk Mencerminkan Kepribadian Merek

Mulai video ini dengan tantangan. Menggunakan tantangan pelanggan Anda dapat menghasilkan keterlibatan yang lebih baik. Bereksperimenlah dengan soundtrack saat Anda menceritakan kisah merek Anda. Tarik perhatian dengan meningkatkan volume atau menggunakan audio untuk membantu pelanggan terhubung dengan video. Bagikan video secara online untuk mendapatkan tanggapan terbaik dan paling positif dari pemirsa Anda. Tambahkan sesuatu yang unik ke kisah merek Anda saat Anda mengakhiri video.

Biarkan Pelanggan Mendukung Merek Anda

Biarkan Pelanggan Mendukung Merek Anda
Buat pelanggan mendukung anda

Meskipun video testimonial sangat kuat dan membantu audiens Anda terlibat lebih baik, itu tidak mudah dibuat. Pertama, gunakan kamera presisi tinggi untuk merekam video berkualitas. Video harus terlihat alami. Pelanggan harus berbicara tentang pengalaman mereka terlibat dengan merek Anda. Demi spontanitas, biarkan pelanggan berbicara dengan bebas. Jangan membuat naskah untuk mereka baca. Jika Anda melakukannya, pemirsa mungkin merasa tertipu dan menjauh dari merek Anda. Kesaksian harus menyatakan poin rasa sakit pelanggan dan solusi merek Anda.

Biarkan Pelanggan Menghasilkan Konten Video untuk Anda

Anda dapat meminta pelanggan Anda untuk merekam video unboxing produk merek Anda dan mengirimkan klipnya kepada Anda. Satu-satunya investasi di sini untuk Anda adalah memastikan bahwa kemasannya indah, tetapi secara keseluruhan ini dapat menghasilkan ROI yang cukup besar. 

Video Email

Mendapatkan tanggapan ke email Anda mungkin sulit karena orang jarang membukanya. Jika Anda melampirkan video ke email Anda dan kemudian mengirimkannya ke pelanggan Anda, ada kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka akan membukanya dan memulai percakapan dengan Anda.

Tambahkan gambar mini yang menarik dan tombol putar yang sulit ditolak untuk meningkatkan peluang keterlibatan. Jarang bagi pelanggan untuk mendukung pemutaran video sebenarnya dalam email. Itu sebabnya Anda perlu mendorong mereka untuk mengkliknya untuk menonton visual yang menakjubkan.

Video Langsung

Tren saat ini di komunitas menonton video adalah menonton acara langsung. Keterlibatan juga tinggi pada umpan langsung. Pemasar menginvestasikan banyak uang untuk menyelenggarakan pertunjukan langsung yang mengedukasi untuk mempromosikan merek mereka. Mereka menampilkan suara merek mereka sementara klien mendapatkan kesempatan untuk terlibat dengan Anda secara real-time. Tawarkan mereka mengintip di balik layar untuk keterlibatan yang lebih baik dan untuk membangun audiens.

Video Produk

Ini adalah video penjelasan yang menampilkan manfaat suatu produk secara efektif dengan mendemonstrasikan cara menggunakannya. Buat kesan abadi pada pelanggan dengan menggunakan kreativitas Anda untuk menyusun narasi yang menarik dengan video berkualitas. Jangan mengungkapkan fitur produk, karena fitur tersebut paling baik dinikmati dengan pengalaman.

Kesimpulan

video marketing sangat penting
video marketing sangat penting

Konten berkualitas tinggi, menarik, musik yang mempesona, dan tulisan yang brilian tidak cukup untuk mendorong keterlibatan video terbaik. Orang-orang hanya akan terlibat dengan video yang mendidik dan menghibur mereka. Pikirkan tentang hal-hal yang Anda suka tonton dan buat video juga. Pastikan untuk mengikuti tips dalam artikel untuk menilai keterlibatan.

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

2 komentar untuk "9 Cara Pemasaran Lewat Video"

  1. Aku termasuk yg awam bgt soal video, paling ga bisa bikin video apalagi editnya, payah banget emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sih kak. Tetapi sekarang banyak lo aplikasi atau jasa editing / creating video yang bagus. Contohnya Invideo.

      Hapus