Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Menjadi Penjual yang Baik dan Sukses

Bagaimana cara menjual suatu produk kepada pembeli? Apa saja yang dibutuhkan agar orang mau jadi langganan Anda? Semua itu akan terjawab tuntas di sini. 

Halo pembaca yang budiman, kembali Catatan Adi memberikan serangkaian tips dan tutorial yang bermanfaat. Kali ini aku akan membahas cara menjadi penjual yang sukses dan disukai pelanggan.

Langsung saja, dalam artikel ini kamu akan mendapatkan banyak tips seputar cara berjualan yang baik sekaligus bagaimana meningkatkan keuntungan namun tidak semata dalam hal uang, melainkan juga kredibilitas dan jaringan. Semuanya itu nantinya akan mendukung usahamu untuk menjadi penjual yang baik dalam jangka panjang sehingga kamu tidak akan kesulitan mencari pembeli baru.

15 Tips Untuk Menjual Apapun Serta Mendapatkan Banyak Pembeli

Tips-tips berikut sebagian besar sudah penulis pribadi lakukan dan menghasilkan banyak hal positif. Sisanya adalah tutorial dan nasihat bisnis yang didapatkan dari berbagai kelas marketing, buku tips menjual maupun berbincang-bincang dengan sesama praktisi dari dunia penjualan.

Pastikan Produk Tidak Bermasalah

Ini adalah langkah pertama dan utama dalam mempersiapkan diri terjun ke lapangan. Sebelum bertemu dengan calon pembeli, pastikan bahwa produk yang Anda jual memang tidak bermasalah ataupun melanggar hukum.

Kuasai Sepenuhnya Produk yang Dijual

Jangan sampai ketika kamu sedang menawarkan produk, calon pelanggan yang nyaris membelinya lalu membatalkan niat tersebut karena dirimu gagal menjawab pertanyaan darinya secara meyakinkan. Untuk itu penting sekali menguasai semua hal tentang barang yang akan dijual. 

Beberapa hal yang harus diketahui seorang penjual terkait produknya antara lain : kegunaan, kelemahan, garansi, waktu kadaluarsa, efek samping, servis purna jual, dan layanan lainnya. Termasuk juga potongan harga dan bonus jika memang ada. 

Menjual Kepada Orang yang Tepat

Tentu adalah hal konyol menjual alat-alat hiking kepada mereka yang tidak suka mendaki gunung. Atau menawarkan jersey tim Real Madrid kepada pendukung Barcelona. Sesuatu seperti ini adalah pengetahuan dasar bagi seorang sales namun sering dipinggirkan.

Ingat, jangan buang waktu : tawarkan barang kepada orang yang tepat. Ketahui ceruk atau pangsa pasar Anda. Hal ini akan meningkatkan potensi keberhasilan. 

Tawarkan Pada Saat yang Tepat

Masih terkait poin sebelumnya, seorang penjual juga harus memikirkan kapan menawarkan barang kepada orang yang tepat di saat yang tepat. Istilahnya, harus punya timing yang bagus.

Jangan sampai penawaran diacuhkan karena pelanggan sedang sibuk lalu lupa pada produk Anda. Padahal Anda sudah melakukan riset bahwa ia sangat membutuhkan produk tersebut. Namun karena waktu yang salah, semuanya gagal. 

Uraikan Kelebihan dan Keunggulan Produk

Sudah yakin menguasai segalanya tentang barang jualan Anda? Maka sekarang susunlah argumen dan persuasi yang tepat untuk menawarkannya kepada orang-orang. Tentu saja caranya adalah dengan mengurakan keunggulan produk Anda dibanding produk sejenis dari kompetitor. 

Sampaikan Testimoni

Testimoni adalah hal yang sangat penting dewasa ini. Mengapa? Karena ini menyangkut trust dan rekomendasi. Barang dengan sederetan testimoni positif dari pembeli sebelumnya akan berpotensi menghasilkan transaksi penjualan yang lebih baik.

Sampaikan kepada para calon pembeli, bahwa banyak orang menilai barang ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi hidup mereka. Tentu saja testimoni jujur adalah hal yang mutlak. 

Jangan Menyerah

Ini terkait karakter yang harus Anda bangun. Jangan mudah menyerah. Ditolak itu biasa, terlebih di dunia marketing. Bangkitlah dan pelajari hal-hal baru yang akan membantu Anda untuk sukses. 

Terlihat Meyakinkan

Bagaimana pendapat Anda jika ditawari suatu produk oleh seseorang yang tidak mempedulikan penampilannya, berbicara kasar, serta terlihat sembrono? Tentu Anda akan menolak mereka, bukan? Pahami dengan baik pelajaran berharga ini.

Adalah hal yang lumrah jika seorang penjual menginvestasikan modalnya untuk membuat penampilannya meyakinkan, seperti membeli parfum, pakaian bermerek dan mengikuti kursus public speaking. Semua ini akan sangat membantu Anda nantinya. 

Hargai dan Hormati Calon Konsumen

Jangan pernah meremehkan siapapun. Kita tidak tahu bagaimana sebetulnya pribadi seseorang. Terlebih kita juga tidak tahu, bahwa siapapun bisa jadi perantara rejeki untuk kita.

Hormati semua orang, khususnya calon pembeli Anda. Jangan pernah membentak atau terkesan memaksa. Puji mereka dengan tulus dan tetap hargai apapun keputusan mereka. 

Cara supaya sukses berjualan
Cara Berjualan 


Bertanggung Jawab Kepada Pelanggan Lama

Dapat yang baru, yang lama jangan ditinggal. Ini juga salah satu tips penting dalam dunia marketing. Siapa tahu dari pelanggan lama, Anda bisa mendapatkan rejeki lainnya. 

Kuasai Copywriting dan Manfaatkan Sarana Internet

Mau tidak mau, Anda harus menguasai seni penjualan digital. Manfaatkan ceruk yang ada di media sosial, baik itu Facebook, Twitter maupun LinkedIn. Pahami kebutuhan mereka dan iklankan produk Anda dengan baik. 

Akan sangat membantu jika Anda menguasai copywriting, yakni seni membuat tulisan dan kalimat agar pembaca terpacu untuk membeli suatu produk. 

Pelajari Kompetitor

Dunia bisnis apapun pasti punya kompetitor atau lawan. Alih-alih berkonfrontasi dengan tidak elok, ada baiknya Anda menjadikan mereka sarana pembelajaran dan guru. 

Cari hal-hal yang bisa dicontoh dari apa yang mereka buat. Atau temukan celah dari teknik yang mereka lakukan, kemudian perbaiki dan gunakan itu untuk meningkatkan penjualan Anda.

Berani Berinovasi

Kesuksesan hanya milik para pemberani yang mau belajar. Ingat ada dua kata kuncinya, yaitu pemberani dan belajar. 

Dengan menanamkan keberanian dalam diri Anda, maka kesuksesan sudah semakin dekat. Selain itu jangan ragu untuk terus berinovasi, khususnya di bidang penjualan berbasis internet dan sosial media. 

Membangun Jejaring 

Jika Anda mampu menjual 30 produk dalam waktu sehari, maka jika Anda memiliki tim bisa jadi penjualan itu akan meningkat tajam menjadi 100 atau 200 barang. Meski demikian, bentuk kerjasamanya juga harus Anda pikirkan agar tetap bisa menguntungkan Anda sebagai seorang seller.

Selain itu, membangun networking atau jaringan tidak hanya melulu terkait keuntungan finansial, tetapi juga benefit lainnya. Harus diingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memang suka untuk berinteraksi. Dan bisnis Anda, penjualan, adalah sesuatu yang terkait dengan interaksi antar manusia. 

Menjadi Pribadi yang Baik 

Di atas semuanya itu, maka menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan akan merupakan sebuah karakter yang mendukung apapun yang Anda lakukan. Untuk itu, kembangkanlah jiwa yang terpuji dan rajinlah untuk selalu tulus membantu orang lain. 

Investasikan Keuntungan Anda

Jangan lupa, hindari hidup boros. Jauhi sifat hedonis. Sebaliknya, cobalah untuk mulai berhemat dan berinvestasi. Jika tidak tahu jenis investasi dan masih terlalu takut, cobalah dari modal yang kecil. Ada satu jenis investasi yang hanya butuh modal 100. 000 saja. Silahkan ketahui lebih lanjut di cara investasi modal 100.000 langsung untung 300.000 dan minim resiko. 

Kesimpulan : Jangan Takut Menjual

Menjual sesuatu adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan. Selain berpotensi menghasilkan keuntungan juga akan memberi kesempatan Anda berkenalan dengan banyak orang baru. Nikmati prosesnya dan teruslah berinovasi. Membaca buku dan belajar dari internet adalah sesuatu yang baik untuk dilakukan. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "15 Cara Menjadi Penjual yang Baik dan Sukses"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini