Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Peluang Usaha Terbaik Milenial

Catatan Adi - Artikel kali ini sangat cocok untuk sobat milenial semua yang ingin mencari tambahan pendapatan di luar pekerjaan utama atau yang sedang mencari inspirasi usaha. Kenapa? Karena di sini, kita bersama akan membahas 12 peluang usaha terbaik saat ini untuk sobat milenial semuanya.

Peluang usaha yang akan dibeberkan ini setidak-tidaknya telah mencakup beberapa indikator-indikator berikut ini : 

  • Berpotensi menghasilkan keuntungan tinggi.
  • Cocok untuk kaum milenial yang melek IT.
  • Bisa dilakukan di luar pekerjaan utama.
  • Memiliki pangsa pasar luas.

Apa saja bisnis dan peluang usaha tersebut? Tanpa berpanjang kata lagi, mari kita kuliti satu persatu untuk sobat milenial pecinta blog Catatan Adi. 

PELUANG USAHA DAN BISNIS UNTUK KAUM MILENIAL
PELUANG USAHA MILENIAL


Broker Properti

Kita mulai dari yang pertama, yaitu menjadi agen jual beli properti. Bisa itu dalam bentuk tanah, gudang, pabrik, kos-kosan, rumah ataupun apartemen. Kenapa bisnis atau peluang usaha menjadi agen properti masuk dalam daftar peluang usaha terbaik untuk milenial? 

  • Pangsa pasar besar. Semua orang butuh hunian. Bisnis ini tidak akan pernah mati. 
  • Modal minim. Anda tak perlu menyiapkan modal untuk membangun properti, namun sobat milenial berperan sebagai perantara yang menjadi jembatan antara pemilik properti dengan calon pembeli.
  • Fleksibel. Apakah sobat milenial adalah pekerja kantoran atau profesional muda yang sibuk? Jangan khawatir, karena agen properti tidak akan menyita waktu yang dialokasikan untuk pekerjaan utama. 
  • Resiko rendah. Bisa dikatakan ini adalah peluang usaha resiko rendah. Memang tidak 100 persen bebas resiko. 
  • Profit tinggi. Ini yang menjadi magnet utama mengapa banyak kalangan, mulai dari PNS, pedagang, ibu-ibu bahkan mahasiswa turun di bisnis ini. Jawabannya tidak lain karena potensi profit yang tinggi. Pada umumnya fee untuk seorang agen properti di kisaran 2% hingga 3.5%. Bayangkan saja sobat bisa menjual sebuah rumah senilai 4 milyar, maka akan mendapat komisi sebesar 80 juta rupiah. 
Apakah sobat milenial tertarik untuk terjun di bisnis ini? Pelajari semuanya di postingan selanjutnya yang membahas tuntas tips menjadi agen properti handal. 

Agen Asuransi

Agen asuransi juga adalah jenis usaha yang bisa dikerjakan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Seperti diketahui, banyak kaum milenial mulai tertarik untuk berasuransi. Sobat bisa berperan sebagai pihak yang mengedukasi mengapa perlu asuransi sekaligus menawarkan produk. 

Sama seperti agen properti, jika tertarik sobat milenenial semua bisa membaca tips menjadi agen asuransi handal yang akan membuka peluang mendapatkan berbagai keuntungan finansial dan tunjangan serta bonus yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, misal jalan-jalan ke luar negeri hingga mobil mewah. 

Influencer Media Sosial

Jangan salah, jika memang sobat milenial tertarik di dunia media sosial, kembangkan hal itu secara positif. Cari celah dan buka peluang usaha baru, misalnya dengan menjadi influencer media sosial. 

Ada beberapa orang yang serius menggarap bidang ini kemudian menikmati keuntungan yang besar secara materi sekaligus menjadi terkenal, sebut saja Nex Carlos, Ria Ricis, Atta Halilintar, Angga Adinanta, Felicia Tjiasaka, dan masih banyak lagi.

Kuncinya adalah : 

  • Pandai mencari peluang.
  • Menemukan karakteristik yang unik.
  • Mempelajari personal branding.
  • Menciptakan konten menarik dan bermanfaat.

Meski persaingan di bidang ini cukup keras, namun itu bukan alasan bagi sobat milenial semua untuk tidak mencobanya. Ingat, kesuksesan hanyalah untuk mereka yang berani bergerak dan mencoba. 

Fotografer

Tertarik di bidang fotografi. Hal inipun juga bisa dikonversi menjadi bisnis. Ada beberapa peluang usaha bagi sobat milenial yang suka fotografi, misalnya : 

  • Membuka jasa fotografi. Jika memang memungkinkan, cobalah untuk membuka studio foto dan bekerja setelah pulang dari kantor. 
  • Menjadi fotografer digital. Jaman sekarang jamannya konten. Salah satu konten yang dicari adalah foto. Cari dan ciptakan karya bagus lalu jual ke marketplace. 
  • Menjadi fotografer freelance. Kenapa tidak mencoba yang satu ini? Sobat bisa menjadi fotografer panggilan dan bekerja di akhir pekan atau ketika selesai dari kantor. 

Motivator

Semua orang sukses butuh motivator, mentor, ataupun coach. Anda tertarik di bidang ini. Jangan pendam saja. Kembangkan kemampuan sobat dan biarkan orang-orang mendaftarkan diri untuk menjadi klien. 

Online Shop

Memang sudah jutaan orang terjun di bisnis ini. Kenapa? Karena potensinya besar. Meski demikian harus diakui bisnis jual beli online juga mengandung resiko. Namun itu wajar. 

Walaupun begitu, jika sobat milenial semua selalu belajar dari kesalahan dan terus mencoba, maka hasil yang manis pasti didapatkan. 

Desain Grafis

Apakah sobat milenial juga bekerja di bidang desain grafis? Atau sebenarnya sobat punya passion dan skill dalam mengedit gambar, video, maupun konten? Kenapa tidak membuka usaha sampingan di bidang ini juga? 

Asal diketahui, jaman sekarang sobat bisa menghasilkan jutaan dollar maupun rupiah dari jasa seperti k nini. Mencari klien tidak sesulit dulu karena sudah ada banyak platform yang menjembatani pekerja desain dengan pengguna jasa. 

Voice Over Talent

Masih belum familiar dengan yang satu ini. Wajar, karena memang tidak semua bisa punya keterampilan voice over. Meski begitu, jika memang sobat memiliki skill dan passion, cobalah bertarung di bidang ini. Peluangnya masih cukup besar jika networking sobat mendukung. 

Konsultan

Pusing cari tambahan pekerjaan? Apa bidang sobat? Dalami itu dan jadilah konsultan. Apapun keahlian sobat semua, asalkan benar-benar memahami, menguasai dan mampu menerapkannya dengan baik, sobat bisa mencoba menjadi konsultan. 

Seorang konsultan dibayar dengan biaya tertentu menurut lamanya konsultasi dan topik yang sedang dikonsultasikan. Menarik bukan? 

Penulis 

Jangan terpaku pada pandangan penulis hanyalah novelis. Salah besar. Robert Kiyosaki ataupun Stephen Covey justru dikenal ketika menghasilkan maha karya mereka, yakni Rich Dad, Poor Dad dan The 7 Habits of Highly Effective People. 

Jangan juga terpaku bahwa sobat harus menulis buku fisik. Jaman sekarang, sobat juga bisa berkarya lewat blog, platform menulis eksklusif hingga e-book dan audio-book. Sobat juga bisa menulis untuk media jika memang tulisan sobat berkualitas. 

Investor

Last but not least, sobat milenial jaman sekarang juga harus mencoba jadi investor. Tidak perlu menjual rumah untuk cari modal karena sekarang hanya dengan 100 ribu rupiah sobat sudah bisa menanamkan modal di usaha orang lain alias jadi investor. Coba saja ketahui caranya di panduan lengkap jadi investor P2P Lending

Selain itu sobat juga bisa berinvestasi di berbagai instrumen. Ada 6 instrumen investasi ala milenial yang bisa sobat semua coba. Pahami dengan baik cara mainnya dan jika memang cocok, jangan tunda lagi. Kesuksesan tidak akan sudi menunggu mereka yang suka menunda. 

*****

Itulah 12 peluang usaha dan bisnis yang bisa sobat semua pilih. Ingat, pastikan semuanya cocok dengan kondisi dan situasi sobat semua karena setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda. Selain melebarkan sayap usaha, jangan lupa untuk menabung. Jika tidak rutin menyimpan uang, keuntungan sobat terancam akan lenyap sia-sia. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat milenial semuanya dimanapun berada. Baca juga aneka artikel menarik di rubrik Tips Milenial, seperti 5 ancaman yang membuat kaum milenial berpenghasilan bagus bisa jatuh miskin. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "12 Peluang Usaha Terbaik Milenial"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label