Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Blog Personal itu Masih Ada

Ketika melihat kultur blog di tanah air dewasa ini, maka fenomena yang marak terjadi adalah munculnya banyak blog berita yang terafiliasi dengan jaringan media ternama.

Ini wajar karena dengan berafiliasi, para blogger ini berpotensi mendapatkan uang atau fee, sesuatu yang memang jamak jadi target ngeblog.

Meski demikian, ternyata blog personal juga masih hidup. Mereka ada, terus bermunculan, meski tidak seramai dulu.

Beberapa hal yang menjadi karakteristik dari blog personal adalah: 

  1. Membahas cerita-cerita pribadi yang unik dan dialami sendiri.
  2. Menggunakan kata ganti orang pertama tunggal, seperti aku atau saya.
  3. Mengulas hobi atau sesuatu yang disukai.

Semakin kesini, blog personal semakin kalah saing. Selain jumlahnya, yang mungkin terus bertambah, tetapi kalah dengan blog yang mirip website atau blog jenis media berita.

beberapa contoh blog personal

Beberapa blog personal yang masih aktif dan sering saya kunjungi antara lain adalah blog milik mbak Gembul Nita dan Mas Ary, selain juga blog review bukunya Pak Budi.

Mbak Gembul alias Mbul adalah seorang gadis cantik jelita yang terus konsisten menulis di blognya, Gembul Kecil Penuh Debu.

Bahasa dan cara tuturnya sangat ringan, mudah dipahami namun tetap menarik. Ia mengulas hal-hal yang unik di blognya, seperti review makanan dan warung lokal atau reportase pribadi tentang jalan-jalan ke tempat-tempat wisata.

Memang tidak heran mbak Nita bisa menulis secara menarik, karena ternyata beliau adalah seorang mantan wartawan.

Salah satu tulisannya yang menjadi favorit saya adalah ketika dia mengulas Ayam Tim Goreng Dewi Sri Bu Better. Maklum, saya sering berkunjung ke Solo tapi kurang mempedulikan spot kulinernya. Nah, tulisan ini membuat saya ngiler dan mulai membuka mata batin untuk lebih peka terhadap tempat makan yang enak.

Kedua, adalah blog baru milik Mas Ary, seorang pemuda yang ketagihan mancing. Insan bloger asal Banyuwangi ini berbagai hal-hal bermanfaat seputar dunia perikanan dan pancing, seperti review kail dan tips-tips bermanfaat lainnya.

Blog mas Ary adalah blog memancing terbaik yang saya temui hingga hari ini. Ditulis dengan bahasa yang enak dan yang penting berasal dari pengalaman pribadinya. Salah satu tulisannya yang cukup apik dan bikin penasaran adalah pengalaman horor ketika memancing di sebuah sungai.

Tulisan itu berkisah mengenai pengalaman mistis saat memancing dari Mas Ary bersama teman-teman klub pancingnya.

Untuk para pecinta Catatan Adi pasti paham, saya juga suka tulisan-tulisan horor dan misteri, seperti riddle, urban legend atau sejenisnya. Bahkan saya pernah bikin cerita pendek misteri berjudul Pasar Malam

Tentu selain dua orang tadi, ada beberapa blogger personal yang sering blognya saya kunjungi, seperti blog milik Pak Budi Lazione, Almarhum Mas Shiq4, hingga tentu saja Mbak Igniel. Saya sendiri mengklasifikasikan blog mbak Igniel sebagai blog personal juga.

Saya tentu berharap bahwa perkembangan kultur blog di Indonesia bisa menjadi semakin kaya dan bervariasi, bukan melulu didominsai blog tutorial dan berita.

Namun di atas semuanya itu, semua jenis blog pada dasarnya baik untuk pembaca setianya. Terlebih untuk penulisnya. Apalagi mereka yang memang sudah jatuh cinta pada dunia blogging. Karena pada dasarnya ngeblog itu adalah aktivitas yang menyenangkan. 

Suka konten tentang blog personal seperti ini? Barangkali Anda juga menyukai tulisan lainnya dari saya tentang target terbaru 1 juta views. Jangan ragu untuk membagikan tulisan ini di media sosial atau menulis pendapat Anda di kolom komentar terkait topik membangun dan membuat blog personal

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

4 komentar untuk "Blog Personal itu Masih Ada"

  1. Masih ada harus ada dan tetap ada, hehe sampai sekarang saya juga masih mengudarakan blog personal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap gan, semangat untuk sama-sama mempertahankan blog personal!

      Hapus