Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alur Film The Vanished 2018, tentang Mayat Istri yang Menghilang

Review dan alur film The Vanished. Banyak orang jatuh cinta dengan Korea, khususnya filmnya. Ini tidak mengherankan karena tontonan dari negeri ginseng itu memang memukau.

Salah satu genre yang hingga kini masih dikuasai film-film Korea adalah thriller serta kriminal. Nampaknya para penulis cerita dan produser di sana benar-benar serius menggarap niche ini.

Film misteri dan kriminal Korea berjudul The Vanished adalah salah satu dari sekian tontonan yang penuh dengan drama, teka-teki serta tentu saja plot twist. 

Ending yang tidak biasa membuat penonton ketagihan untuk menikmati film-film kriminal dari Korea, selain tentu saja para aktor yang memukau.

Jalan Cerita Film The Vanished (2018)

film kriminal Korea The Vanished
film kriminal Korea The Vanished

Perlu diketahui bahwa selain The Vanished, banyak film kriminal dan psikopat Korea yang menyuguhkan alur cerita memukau dengan twist yang tidak diduga. Sebelumnya sudah ada The Culprit yang punya konsep super mengejutkan seperti ini. 

Inti dari cerita ini adalah seorang pria yang membunuh istrinya sendiri demi bisa terbebas dari belenggu penindasan. Ya, meski merupakan pasangannya, tetapi si pria tidak suka menjalin hubungan dengan istrinya sendiri karena terus diintimidasi.

Cerita tidak berhenti sampai di situ. Ternyata mayat istrinya menghilang. Kisah kemudian berlanjut dengan si pria yang merasa diteror oleh istrinya.

Sebelum lanjut, saya perlu menegaskan bahwa tulisan setelah ini mengandung spoiler. Silahkan diteruskan jika memang sudah mengerti.

Cerita dimulai dengan menghilangnya jasad seorang wanita bernama Seol Hee. Sang penjaga ruangan mayat juga pingsan setelah seseorang memukul kepalanya.

Kisah kemudian berlanjut dengan Jin-Han, suami dari mendiang Seol Hee yang ditangkap polisi. Detektik Jung Sik.

Jung Sik seperti benar-benar tidak ingin melepaskan Jin Han. Meski Han memang benar pembunuh istrinya tetapi sampai saat itu tidak ada barang bukti. Hanya dirinya dan selingkuhannya, yakni Hye Jin yang tahu perihal tersebut.

Masalahnya kemudian Jin Han merasa Seol Hee masih hidup dan menerornya. Di kantor polisi, ia melihat bayangan orang misterius. Ia juga diteror pesan dari ponsel istrinya. Selain itu beberapa barang, termasuk botol racun yang ia gunakan untuk meracuni istrinya tiba-tiba ada di tempat itu.

Jin Han memang pintar. Ia meracuni istrinya dengan obat yang ia ciptakan sendiri, yang membuat Seol Hee mati seolah-olah karena penyakit yang dideritanya.

Jin Han terus diteror. Hal yang fatal kemudian adalah ketika Hye Jin menghilang dari apartemen tempatnya tinggal.

Hye Jin sendiri adalah mantan mahasiswa Jin Han. Mereka sudah menjalin hubungan dan bahkan Hye Jin berkata dirinya hamil.

Hanya Hye Jin yang mengetahui bahwa Jin Han yang membunuh istrinya menggunakan racun. Namun sekarang dirinya tahu bahwa ada orang lain yang juga tahu.

Sampai akhirnya pesan di ponsel istrinya meminta Jin Han untuk bertemu di suatu tempat. Detektif Jing Suk yang terus mengintimidasi Jin Han juga mengikuti dirinya.

Akhirnya semua plot terungkap di detik-detik akhir. Ternyata dalang semua ini adalah Detektif Jing Suk. Ia yang mengambil mayat Seol Hee lalu meneror Jin Han.

Selain itu, terungkap fakta bahwa Hye Jin adalah anak dari Jing Suk. Kenapa sang detektif mau melakukan ini?

Usut punya usut, dulu Jing Suk punya seorang istri. Sang istri dan anaknya ditabrak lari seseorang. Anaknya selamat. Namun istrinya meninggal dan dikubur di suatu tempat yang tidak diketahui.

Pelaku adalah Jin Han dan Seol Hee. Jing Suk melakukan penyelidikan berbekal informasi yang masih diingat Hye Jin tentang pelaku.

Akhirnya mereka berdua menjebak Jin Han untuk membunuh istrinya sendiri. Setelah semua selesai, Jin Han ditangkap karena kejahatannya. Sementara Hye Jin dan Jing Suk berhasil menemukan kembali mayat ibu dan istrinya. 

Baca juga film psikopat Korea The Chase

Pesan Moral Film The Vanished

Film psikologi dan kriminal The Vanished asal Korea Selatan mengandung banyak pesan moral yang bisa dipelajari:

  1. Kejahatan hanya akan melahirkan balas dendam dan kesengsaraan.
  2. Kebohongan demi kebohongan hanya akan melahirkan rasa malu karena pasti terungkap.
  3. Mengakui kejahatan yang dilakukan jauh lebih baik daripada nantinya mendapatkan celaka.

Itulah alur film The Vanished. Baca juga review film Korea lainnya, seperti film psikopat Korea berjudul Door Lock (2018) yang seru dan menegangnkan.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

2 komentar untuk "Alur Film The Vanished 2018, tentang Mayat Istri yang Menghilang"

  1. yang ini aku juga dah nonton dan kubuat sedikit ringkasan sinopsisnya di blog aku mas tapi takcampur ma thriller korea yang lain...maklum aku sering bikin sinopsis thriller korea mas jadi sebgian besar kalau genre thriller korea dah taktonton

    pelakunya adalah jeng jeng jeng si istri yang pura pura meninggal padahal dah ditaruh peti laaaan...doi tiba tiba ngilang dan bikin so dosen ini ketakutan setengah mati...ntar akhirnya si dosen dan pacarnya dibunuh itu pas malam malam gitu deh...dikubur gitu di halaman rumah kalau ga salah inget..aku nontone dah sui banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Nita, wah hobi kita sama, peresensi dan penikmat film Korea. Tapi kayaknya yang ini bukan istrinya pelakunya, Mbak. Hehehe, tapi ini memang jebakan sih supaya suaminya bingung.

      Hapus