Menulis Tiap Hari? Hajar Bos!

Dalam artikel kali ini, Catatan Adi akan berbagi tentang rahasia untuk bisa menulis tiap hari di blog? Apa saja manfaat dan tantangannya?



manfaat menulis tiap hari di blog
Ilustrasi menulis, sumber : unsplash

Halo manusia....

Selamat datang di blog personal saya.... Catatan Adi.

Sebelumnya biar saya tebak, jika Anda sampai di postingan ini, kemungkinan besar Anda adalah seorang writer. Atau lebih tepatnya seorang blogger? Benar khan? Jika salah pun tak apa, intinya selamat datang di blog saya.... Semoga bermanfaat bagi Anda dan bisa jadi pengunjung setia di sini... (cling!)

Kali ini saya akan membahas mengenai manfaat dari menulis tiap hari. Mungkin terdengar berlebihan bagi Anda, tetapi percayalah, saya sudah 4 tahun melakukan ini. Dan semua tulisan ini bisa saya pertanggungjawabkeun. Selain itu saya juga akan berbagai cara-cara agar Anda bisa terus menulis tiap hari. Keren khan? Engga juga!

Keren itu setelah membaca artikel ini, Anda bisa melakukannya. Oke mari kita bahas bersama

Menulis Tiap Hari? Hajar Bos!

Mengapa? Tak ada alasannya! Karena menulis adalah sebuah panggilan dan kewajiban, sama seperti buang air besar ataupun minum air. Tanpanya rasanya kehidupan saya tidak akan baik-baik saja.

Menulis konon adalah sebuah anugerah terbesar bagi umat manusia. Berbeda dengan mencari makan atau bahkan membuat rumah, menulis hanya bisa dilakukan oleh manusia. Hewan sekuat harimau atau secerdas burung-burung tak ada yang mampu menulis. 

Lalu apa guna menulis? Banyak sekali. Setidaknya yang utama, menulis adalah sarana untuk mengekspresikan ide. Dari upaya mengekspresikan ide ini nanti muncul yang namanya komunikasi. Dan komunikasi lewat tulisan adalah pengembangan lebih lanjut dari komunikasi verbal biasa. 

Sebagai seorang blogger, tentu saja saya menulis. Namun saya tidak melulu menulis di patform blog. Terkadang saya menulis di buku (pake puplen), media sosial, ataupun forum. Jika Anda tidak bisa hidup tanpa menulis, maka tanpa perlu ragu lagi, Anda adalah seorang penulis!
Lalu kapan saya menulis? Setiap hari!

Mengapa? Tak ada alasannya! Karena menulis adalah sebuah panggilan dan kewajiban, sama seperti buang air besar ataupun minum air. Tanpanya rasanya kehidupan saya tidak akan baik-baik saja.

Tentu saya bukan blogger full-timer. Saya juga bekerja 8 jam sehari plus kegiatan lainnya. Tetapi sebisa mungkin saya tidak akan melewati satu haripun tanpa menulis. Tidak akan.

Manfaat Menulis Tiap Hari

Ada sedikit alasan untuk Anda menulis tiap hari. Tapi ada jutaan alasan untuk anda tidak melakukannya

Lalu apa manfaat yang saya dapat dari aktivitas menulis tiap hari ini? Banyak sekali.

Pertama, ide akan selalu muncul. Memang seharusnya muncul ide dulu baru menulis. Tetapi seiring berjalannya huruf yang saya ketik di layar komputer, maka semakin banyak pula ide baru muncul. Dan ini mau tidak mau akan membuat saya tidak pernah kering dalam menulis. Singkat kata, dengan menulis tiap hari Anda akan semakin tahu bahwa ada banyak hal yang harus di tulis. 

Kedua, memperkuat insting Anda. Percayalah, semakin sering Anda menulis, khususnya ketika Anda mampu menulis tiap hari, maka pendengaran, pengelihatan dan perasaan Anda tidak akan pernah sama seperti sebelumnya. Anda akan selalu menganalisa tiap hal; berita televisi, postingan di facebook, caption instagram, hingga tawaran lowongan kerja. Ini yang dinamakan insting penulis. Dan jika ada yang tidak beres, Anda jugalah yang paling awal mengetahuinya. Mengapa? Karena Anda familiar dengan arus informasinya. Anda juga adalah seorang kreator. 

Ketiga, meningkatkan kualitas tulisan Anda. Semakin sering pisau diasah dan digunakan pastilah semakin tajam. Begitupula dengan kemampuan menulis. Pastilah kemampuan menulis Anda akan jauh berkembang dari sebelumnya. Karena seperti pisau, kemampuan menulis Anda akan semakin tajam. 

Keempat, selalu update. Khususnya bagi anda content writer, copy writer, journalist, blogger, dan social marketer. Walau hari libur, Anda wajib hukumnya untuk menulis. Menulis tiap hari. Kenapa? Karena selalu ada yang baru tiap harinya? Dan orang yang sukses adalah mereka yang tahu lebih awal. Bukan begitu?

Kelima, membangun disiplin diri. Ada sedikit alasan untuk Anda menulis tiap hari. Tapi ada jutaan alasan untuk anda tidak melakukannya. Jadi pilih yang mana? Jujur saya membangun kebiasaan ini bukan satu dua bulan.Mungkin sekitar 3 tahun baru saya bisa menulis tiap hari. Ini memang hal yang tidak mudah tapi patut dicoba. 

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Tahu : 

Menulis tidak hanya melalui blog.

Khususnya bagi Anda sesama blogger, ini penting. Baca ini ya.... Menulis tidak melulu di blog. Anda juga bisa menulis di sosial media, WA, Line, bahkan sampul belakang buku kesukaan Anda. Justru dengan berbagai macam media menulis, Anda akan mengembangkan berbagai variasi dalam menulis. Dan ini manfaatnya besar sekali.

Menulis tidak mesti panjang.

Jika memang sedang lelah, cukup satu atau dua paragraf. Intinya jangan pernah terputus dari kebiasaan yang baik ini. Dan pastikan Anda punya waktu yang teratur untuk menulis. Bisa pagi hari sesaat setelah bangun tidur atau sore hari setelah mandi. Biar seger.

Dan biasakan untuk tidak terlalu sering membalas dengan kata-kata pendek. Apalagi cuma satu huruf. Percayalah, kebiasaan ini akan membantu Anda untuk membangun karakter seorang penulis.


Menulis tidak harus serius.

Karena hidup tidak seserius itu. Jadi kenapa harus menulis hal-hal yang serius. Bahkan genre humor sekarang ini nampak memiliki banyak peminat, lho!

Beberapa Tips Yang Perlu Anda Tahu : 

Optimalkan sosial media

Gunakan facebook Anda juga untuk menulis. Bahkan menulis di facebook bisa membuat Anda terkenal, jauh lebih efektif dari blog. Kenapa? Karena facebooker jauh lebih banyak dari blogger. Optimalkan facebook, twitter, Linkedln atau Instagram Anda.

Rajinlah berbalas pesan

Dan biasakan untuk tidak terlalu sering membalas dengan kata-kata pendek. Apalagi cuma satu huruf. Percayalah, kebiasaan ini akan membantu Anda untuk membangun karakter seorang penulis.

Kembali ke masa buku diari. 

Saya sudah membuktikannya. Menulis di atas kertas menggunakan pulpen, membantu saya membangun kebiasaan menulis. Setidaknya ada variasi. Tidak melulu menatap layar yang penuh radiasi ini. 

Ayo Mulai

Mulai sekarang juga. Sejuta tips menulis tidak ada gunanya jika tidak Anda lakukan. 

Jika Anda membutuhkan tips lainnya, silahkan eksplorasi sepuas-puasnya blog ini. 

Atau subscribe via email untuk dapatkan postingan terbaru Catatan Adi GRATIS! 

Semoga artikel tentang cara untuk bisa menulis tiap hari di blog ini bisa bermanfaat. 

8 Responses to "Menulis Tiap Hari? Hajar Bos!"

  1. Seperti yg manfaat poin 1. Seiring berjalannya huruf akan ada ide yg muncul... Pernah alami, ada banyak ide yg muncul sehingga menambah jadwal menulis lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti pisau, makin diasah makin tajam. Mungkin dengan blogwalking rutin, ide akan makin mengalir. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  2. setiap selesai posting saya di blog, selalu muncul ide menulis...
    Membaca artikel ini membangkitkan semangat menulis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satu tugas kami sebagai sahabat.... Terima kasih, terus menulis. Blog anima banyak tapi blog Anda unik dan tampilannya ceria.

      Delete
  3. Aku mengambil berita dan menulis ulang supaya tidak copy pase butuh waktu berjam2 melakukannya ,jika itu murni dari otak 100% butuh 1 hari utk 1artikel padahal view organik susa , tpi tetap semangat boss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu memang salah satu cara buat bikin konten. Apakah pake cara ATM (amati, tiru, modifikasi)? Bt thanks ya mbak sudah mampir. Saya tadi jalan2 di blog mbak, keren kok. Nyorotin berita viral dan teknologi khan? Bagus bgt, apalagi yg tentang Audrey. Tetap semangat!

      Delete
  4. Saya posting setiap seminggu sekali gan. Kesibukan didunia nyata salah satu penyebabnya

    ReplyDelete
  5. Gapapa gan, yang penting terus menulis dan menghasilkan karya yang berkualitas. Selain di blog, kita bisa nulis di tempat lain kok. Kaya nulis di tembok toilet umum, misal. Ups, just kidding :)

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel