Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Optimasi Blog dengan Media Sosial

Blog ternyata bisa dioptimasi menggunakan media sosial. Kedua media tersebut bisa saling berkolaborasi agar mampu mendatangkan trafik maupun memperkenalkan konten kepada para pembaca secara lebih masif.

Pada dasarnya optimasi blog melalui media sosial sudah lama dikenal dan termasuk bagian dari SEO Off Page. Namun banyak blogger yang belum memaksimalkan langkah ini.

Lantas seperti apa cara untuk melakukan optimasi blog melalui media sosial tersebut? Apa saja yang benefit yang bisa didapatkan.

optimasi blog melalui medsos
optimasi blog melalui medsos

Mencari Keywords dari Media Sosial

Ada dua hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan blog melalui medsos ini. Pertama adalah untuk riset keywords

Bagaimana cara riset keywords melalui medsos ini? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan: 

  1. Melalui hashatag. Silahkan manfaatkan fitur hashtag yang biasa digunakan di Instagram, X dan Youtube. Risetlah topik dan kata kunci yang sedang populer untuk kemudian menulis konten. 
  2. Masuk ke forum Facebook. Sampai saat ini FB, khususnya dengan fitur group, masih cukup bermanfaat untuk dimanfaatkan oleh para blogger untuk mencari topik yang sedang populer. 
  3. Manfaatkan medsos seperti Quora ataupun bisa juga X untuk mencari pertanyaan-pertanyaan yang sedang populer dan buatlah konten yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. 

Cukup menarik bukan. Silahkan coba untuk mampu mendapatkan topik ataupun keywords populer dan menulis konten yang berkualitas. 

Mendapatkan Trafik

Ini sudah cukup lama digunakan, yaitu memanfaatkan medsos untuk bisa mendapatkan trafik pembaca. Namun hal ini harus secara bijak digunakan, karena Google agak tidak ramah terhadap trafik dari medsos. Google lebih suka trafik organik. Untuk lebih aman, ketahui jenis-jenis trafik blog yang ada. 

Cara yang umum dilakukan adalah dengan membuat postingan yang mengandung link hidup. Cara ini bukan satu-satunya. Cobalah buat postingan yang berisi konten menarik dan tulislah kalimat bernada CTA untuk bisa membuat pembaca mencari konten blog Anda menggunakan browser mereka sendiri. Di sini keterampilan merangkai kata sangat penting dikuasai.

Cara lainnya adalah dengan membuat grup, fanspage atau komunitas di Medsos, misal di Line, Facebook ataupun Youtube dan jadikan itu 'kolam' Anda untuk bisa mendapatkan calon pembaca ke blog. 

Cara yang lebih profesional namun cukup menguras waktu dan pikiran adalah dengan membangun personal branding, misal di LinkedIn. Di bagin bio, cantumkan link ke website Anda. Lalu buatlah konten secara rutin kepada pembaca yang berkualitas dan satu niche dengan web atau blog Anda. 

Itulah cara untuk melakukan optimasi blog atau web dengan memanfaatkan media sosial. Cukup menarik bukan? Ada cara lainnya? Silahkan tulis di kolom komentar. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Tips Optimasi Blog dengan Media Sosial"