Anda Blogger? Jangan Korbankan 4 Hal ini!


Blogging- Banyak blogger yang terlalu fokus ngeblog hingga mengorbankan banyak hal. Akhirnya mereka menerima konsukuensi yang tidak menyenangkan. Ada 4 hal yang harus Anda ketahui sebagai seorang blogger. 

Anda Blogger? Jangan Korbankan 4 Hal ini!
sumber : pexels

Anda Blogger?


Hai manusia berwujud blogger. Bagaimana blog Anda? Rame seperti pasar Tanah Abang? Atau sepi macam kuburan cina?

Kali ini saya ingin berbagai mengenai 4 hal yang wajib Anda hindari, entah Anda seorang blogger sukses atau yang baru mulai ngeblog tadi pagi.

Semua hal ini berdasarkan kisah nyata, entah diri saya sendiri atau teman-teman blogger dari berbagai komunitas, latar belakang, dan tempat.

Sebagai seorang bloggger, membuat konten merupakan hal yang wajib. Tanpa konten lebih baik pensiun saja. Bahkan blog download juga butuh konten, setidakya snip words untuk menjelaskan hal yang akan diunduh.

Tetapi sayangnya, ada banyak hal yang dilupakan oleh banyak blogger dalam menjalani kehidupan blogging mereka. Bahkan bisa dikatakan ada beberapa hal penting yang mereka korbankan.

Ini adalah hal yang serius mengingat semua lini kehidupan sebaiknya seimbang. Lalu apa saja hal-hal yang sering dikorbankan oleh para blogger dalam memenuhi target ngeblog mereka?

1. Jangan Korbankan Kesehatan Anda


1. Terlalu banyak merokok.

Memang adalah fakta bahwa banyak orang justru produktif, kreatif dan energik begitu mereka bekerja sambil merokok. Untuk itu saya tidak akan melarang Anda semua berhenti merokok, karena saya tidak mau bertanggung jawab jika ternyata pekerjaan Anda semua kacau.

Biarlah orang lain melarang Anda merokok, namun saya ogah. Silahkan Anda terus menghisap sigaret jika itu terbukti membuat Anda baik dan rejeki lancar untuk diri sendiri serta anak-istri-suami.

Namun begitu, ijinkan saya berbagi satu hal : Saya blogger, saya berhenti merokok dan saya tetap bisa menulis. Saya tetap bisa ngeblog dan saya merasa makin segar, bugar serta bersemangat. Itu saya. Anda mau meniru saya? Silahkan.

Sebagai sesama orang dewasa, saya tahu Anda sudah cukup umur untuk mengambil keputusan. Tetapi jika ingin mengikuti jejak saya berhenti merokok namun tetap bisa ngeblog, ijinkan Catatan Adi memberi saran : Berhentilah sekarang juga.

Anda tidak bisa berhenti merokok karena Anda tidak tahu caranya. Baca artikel Satu-satunya Cara Membuat Anda Berhenti Merokok ini dan saya harap Anda bisa mengambil keputusan baru. 

2. Terlalu banyak minum kopi / anggur / teh / vodka / soda / bir.

Kopi, teh, soda, bir, jamu, jeruk hangat, atau apapun itu memang nikmat. Semua bisa menjadi sarana untuk kita terus ngeblog maksimal. Tetapi apakah harus tergantung pada itu semua?

Tentu saja tidak. Terlalu sering ngopi atau ngebir pasti akan menimbukan efek bagi kesehatan Anda. Jika tidak sekarang, maka Anda akan merasakannya nanti.

Pingin berhenti ngopi bergelas-gelas dalam sehari tapi takut inspirasi hilang? Nonsense. Baca panduan Cara Menulis Setiap Hari ini dan pahami bahwa tidak ada ketergantungan yang membuat Anda sukses ngeblog. Ngopilah sewajarnya, nikmati soda tanpa berlebihan. Semua demi kesehatanmu, Ferguso.

3. Sering telat makan.

Ini juga bahaya. Karena kecanduan nulis akhirnya sering telat makan. Alhasil saluran pencernaan Anda menjadi korbannya.

Jadilah blogger yang cerdas. Bahkan para pesohor dunia maya juga banyak menjadi korbannya. Hal ini memang sepele namun berdampak besar.

Ayo, saudaraku sesama blogger. Jangan telat makan ya. Kasihan tubuhmu kelak. Makan itu nikmat, bahkan bisa menghasilkan duit juga. Baca contoh Mereka Yang Sukses Karena Hal Sepele : Makan.

4. Jarang berolahraga.

Olahraga itu wajib. Seperti ngeblog. Nulis dan bikin konten boleh, namun tubuh juga harus bergerak.

Demi masa depan Anda, mulailah berolah raga, ringan tidak apa-apa. Bahkan banyak jenis olahraga yang asyik, contohnya bersepeda. Asal tahu dasarnya, bersepeda bisa mengasyikkan sekaligus menyehatkan. Jika tidak percaya, silahkan baca cara bersepeda yang baik agartubuh sehat maksimal.

5. Terlalu sering duduk.

Ini juga adalah problem pekerja jaman now, termasuk blogger. Jangan sering-sering duduk. Sesekali gerakkan tubuh Anda. Banyak penyakit mengintai Anda. Mulai dari obesitas hingga kelainan sendi.

6. Terlalu sering menghadap laptop / komputer.

Laptop dan komputer adalah senjata utama para blogger. Ngeblog makin asyik jika komputer bisa berjalan sempurna.

Baca artikel tentang cara merawat komputer / laptop Anda dan cobalah untuk mengurangi waktu terlalu sering menghadap layar. Radiasi layar laptop tidak baik untuk mata.

7. Terlalu sering bergadang.

Dalam artikel kesehatan dan gaya hidup, bergadang adalah salah satu faktor terbesar dalam mendatangkan aneka penyakit. Memang kadang ngeblog butuh bergadang. Namun sebagai orang dewasa saya yakin Anda semua bisa berpikir jernih untuk masa depan Anda.

9. Makan sembarangan.

Junk food, makanan yang terlalu pedas atau mengandung banyak gula bisa menimbulkan efek buruk. Makanlah makanan yang sehat. Tubuh yang sehat pasti akan menunjang karir Anda sebagai seorang blogger.

Dalam artikel hubungan antara makanan sehat dan kebahagiaan hidup, makan sembarangan adalah hal yang paling tidak dianjurkan.


10. Sering lupa minum air putih.

Penelitian menunjukkan kurangnya minum air putih dapat membuat tubuh terganggu. Seperti yang ada di artikel mengenai Jangan Sampai Lupa Minum Air Putih ini, jelas sekali bahwa kebiasaan buruk tersebut harus dihindari.

2. Jangan Korbankan Kehidupan Sosial Demi Konten


Tidak ada waktu untuk hangout dengan teman.

Selain masalah kesehatan, hubungan sosial Anda juga harus diperhatikan. Jangan sampai karena terlalu fokus ngeblog, Anda mulai menjauh dari teman-teman Anda. Setidaknya sapalah mereka di WA Grup atau agendakan hangout rutin sekali sebulan. Blogger yang baik juga adalah mereka yang menjaga hubungan sosialnya dengan teman-teman di dunia maya maupun nyata.

Jarang bersosialisasi dengan tetangga.

Memang ada tetangga yang baik ada pula yang menyebalkan dan kampungan. Contohnya dalam artikel berjudul : Pengalaman Punya Tetangga Menyebalkan. Walau begitu sebagai makhluk sosial, penting bagi kita untuk terus menjaga hubungan dengan tetangga.

Mulai malas bergaul dengan komunitas.

Komunitas sosial sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia modern, entah itu karir atau yang lain. Untuk itu jangan lupakan komunitas Anda. Entah komunitas gereja, alumni pondok pesantren, teman satu vihara, pecinta anjing, penggemar mobil mewah ataupun pemburu pakaian KW. Hehehehe....

Jangan karena blogging berlebihan jadi melupakan mereka. Harus terus keep in touch ya.

3. Jangan Pernah Korbankan Karir Di Dunia Nyata


Pekerjaan utama terganggu.

Kecuali memang pendapatan dari blog berkali-lipat dari pekerjaan nyata utama, Anda boleh fokus total di aktifitas ngeblog. Namun jika uang dari blog belum terlalu besar, fokuslah pada pekerjaan utama Anda.

Jangan sampai blogging justru membuat Anda kesulitan mencapai target di tempat kerja Anda. Ingat, jangan sampai salah langkah dan terlalu gegabah. Memang jika kita lihat, Mas Timon contohnya, bisa dapat puluhan juta dari blog.

Iya itu benar. Terlebih jika Anda membaca artikel : Cara Yang Benar Menghasilkan Uang Dari Blog, maka akan terbuka cakrawala baru bahwa blogger juga bisa sukses. 


Intinya, jangan lepas pekerjaan utama Anda. Justru jika Anda belum punya kerjaan di dunia nyata, baca panduan mendapat pekerjaan dengan cepat. 

Intinya, mari berpikirlah bijak dan logis.

Mulai malas mengembangkan diri.

Mengembangkan diri itu penting. Perbanyak skill dan kreatifitas. Jana mudah berpuas diri. Terlebih jangan malas mengembangkan skill dan keterampilan karena Anda terlalu fokus ngeblog sampai lupa waktu.

Blogger yang keren itu justru yang tak pernah berhenti berkembang. Untuk menambah inspirasi, silahkan baca Cara Mudah Meningkatkan Kreatifitas Anda.

4. Keluarga Yang Utama, Bukan Konten


Jaga Keharmonisan dengan keluarga.

Keharmonisan keluarga di atas segalanya. Maka harus senantiasa Anda ingat dan jaga. Terlebih dalam aktifitas Anda yang superpadat sebagai seorang blogger.

Jadilah blogger yang juga cinta keluarga. Terlebih, untuk menjaga keharmonisan keluarga, penting memperhatikan hubungan dengan pasangan.

Bisakah kita sebagai kreator blog namun tetap bercinta rutin dengan istri, suami atau pasangan? Tentu saja bisa. Ini kuncinya : ngeblog dan tetap bercinta rutin dengan pasangan, rasakan manfaatnya.

Mulai hilangnya me time dengan keluarga.

Jangan sampai juga ngeblog membuat Anda melupakan me time dengan keluarga. Bukankah keluarga di atas segalanya? Bukankah Anda mencari rejeki juga untuk keluarga?

Demikianlah artikel tentang hal-hal yang perlu dihindari dalam ngeblog. Jangan mengorbankan hal-hal penting yang sudah Anda bangun. Semua yang berlebihan itu tidak baik, termasuk blogging.

Jika ingin tahu bagaimana cara saya membangun Catatan Adi, silahkan kunjungi Seri Artikel Ngeblog Personal Ala Catatan Adi. Kunjungi juga artikel bermutu dan menarik lainnya di Catatan Adi yang selalu di hati. Cieee.....

Call For Action! 

Catatan Adi selalu berusaha memberikan artikel bermutu dan berkualitas bagi Anda secara gratis. Dukung terus blog kecil ini dengan cara share artikel kami ke media sosial atau whatssapp Anda agar makin banyak orang yang mengenal dan mendapat manfaat dari Catatan Adi. 



Setiap hari kami usahakan untuk selalu update 1 artikel. Daftarkan email Anda agar bisa berlangganan artikel dari kami langsung ke alamat email Anda. 

6 Responses to "Anda Blogger? Jangan Korbankan 4 Hal ini!"

  1. Beneran mantap jiwa ni tips nya....
    Alhamdulillah ane kgk ngerokok tapi kadang ngopi wkwk.

    Sukses terus bang

    ReplyDelete
  2. Hmmm ada betulnya juga sh gan, tpi kyknya semua hal itu gak berlaku buat ane :v walaupun ane blogger ane juga gak merokok walaupun teman ane semua ngerokok, terus tiap hari voli walaupun bolos jam pelajaran, terus ane juga sangat aktif di banyak organisasi 😅 btw keren sh gan artikelnya mengingatkan kita semua bahwa walaupun jadi blogger yang notabene waktunya terbuang banyak untuk blog tetapi juga tidak boleh melupakan hal yang penting seperti yang agan bahas

    ReplyDelete
  3. Kalo ane sih paling enak buat konten sambil ngopi n rokok, kalo yg lain mah alhamdulillah enggak bang
    Salam blogger

    ReplyDelete
  4. Benar banget gan, sebaiknya jadikan nge blog sebagai hobi saja. Dengan begitu seharusnya ngeblog akan terasa lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  5. Keknya permasalahan yang paling saya alami itu selalu bergadang dan jarang banget olahraga nih

    ReplyDelete
  6. Iya benar sekali bang. Ini memang hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger karena hal ini memang cukup fatal jika tidak dijaga dengan baik. Terutama kesehatan. Terimakasih ilmunya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel