7 Cara Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat

Hai sahabat, apakah Anda merindukan pekerjaan? Sudah cukup lama menganggur? Jangan khawatir, karena saat ini Catatan Adi akan membahas 7 cara untuk mendapat pekerjaan dengan cepat.

Semua cara ini adalah hasil pengalaman penulis plus pengamatan di dunia nyata. Jadi jika sahabat membaca artikel ini, semoga bisa mengamalkannya dengan baik sehingga bisa dengan cepat mendapat pekerjaan.

7 Cara Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat / Catatan Adi
ilustrasi mencari kerja


Mendapat pekerjaan memang merupakan idaman semua orang. Terlebih jika sudah terlalu lama menganggur. Namun mengapa bagi sebagian orang, sangat sulit untuk mendapat pekerjaan?

Ada kemungkinan, mereka belum menemukan cara yang tepat. Setidaknya ada 7 cara yang harus Anda coba agar bisa mendapat pekerjaan dengan cepat.

1. Mencari info lowongan secara online.


Di zaman yang serba digital ini, banyak info yang bertebaran di dunia maya. Sebelum Anda melakukan langkah pertama ini, harap berhati-hati. Banyak manusia berakal cerdik namun berhati jahat yang tega mencari keuntungan dari para pencari kerja.

Untuk itu, saran saya adalah mencari informasi dari situs-situs yang sudah populer sekaligus tetap waspada agar bisa membedakan tawaran kerja yang baik maupun yang abal-abal. Beberapa situs yang saya sarankan adalah :

a. Jobstreet
b. JobsDB
c. Kerjakarir
d. CareerJet
e. JobPlanet.com
f. Loker.ID
g. urbanhire
h. indeed
i. jobfinder.co.id
j. glints
k. Qerja

Tips : Buatlah akun yang terkoneksi dengan email Anda. Beberapa memang mengijinkan Anda membuat akun dan menyusun semacam portofolio. Dengan membuat akun dan subscribe ke email, Anda akan diberi kabar seputar lowongan terbaru. Jangan ragu untuk mencoba. Saya sudah mengalami sendiri bahwa situs online semacam ini sangat besar manfaatnya. 

2. Maksimalkan personal branding Linkedln.


Tidak ada media sosial yang lebih ampuh dalam menghubungkan pencari kerja dan pencari tenaga kerja selain Linkedln. Sayangnya, untuk versi Indonesia, tidak seramai versi Bahasa Inggrisnya.

Linkdln berbeda dengan facebook atau twitter. Di sini adalah habitat para rekruter, HRD, atau bahkan owner perusahaan besar.

Kalau Anda memang serius mencari kerja, download aplikasinya, buat akun dan aktiflah ber-Linkedln.

Anda bisa mencari di kolom search perihal pekerjaan yang menjadi idaman Anda.

Saya tidak bohong, di Linkedln terbuka peluang sangat besar. Anda harus memanfaatkan. Jika Anda tidak bisa (maaf) menggunakan medsos, mintalah tolong pada anak, saudara atau teman Anda.

Tips : Buatlah profil yang jelas yang menunjukkan setidaknya empat hal : domisili, skill, pengalaman kerja dan pendidikan Anda. Lalu carilah lowongan kerja dengan menggunakan kolom search. Bisa juga meng-upload CV Anda dan memberi tagar yang cocok. Percayalah, ada banyak lowongan kerja tersedia di platform ini. Ini pengalaman pribadi saya. Jika mau lebih terlihat elegan, upload juga artikel-artikel bermutu atau tautan-tautan dari blog-blog bermutu. Trik ini akan membuat Anda terlihat lebih baik di mata para pemberi kerja. Dan jangan terlihat alay. Ini penting. 

3. Menghubungi teman lama.


Saya yakin jumlah teman Anda sangat banyak, bisa ribuan atau puluhan ribu. Minimal ratusan. Manusia memang gemar berteman. Sejak sebelum TK sampai perguruan tinggi, kita selalu mencari teman. Tetapi sering pula kita melupakan mereka.

Ketika Anda nganggur dan pingin cepat dapat kerja, maka ini saatnya Anda menggunakan daftar pertemanan Anda.

Hubungi kembali teman-teman lama dan berbagilah dengan mereka. Banyak pebisnis besar melakukan ini karena pada dasarnya kesempatan justru bisa datang dari teman-teman lawas yang jarang kita ingat lagi.

Tips : Jangan langsung mengemis pekerjaan. Nanti kesannya Anda orang jahat yang hanya muncul ketika perlu. Berbasa-basilah dahulu. Lalu katakan jika Anda butuh pekerjaan. Dua hal yang Anda cari ; lowongan kerja dan info mengenai lowongan itu. Jangan ragu pula untuk bertanya jika teman Anda bisa membantu Anda untuk 'memasukkan' berkas-berkas Anda. Istilahnya 'referensi' dan hal itu sudah umum di dunia kerja.

4. Berjalan-jalan


Berjalan-jalan juga memiliki potensi yang besar untuk membantu Anda mendapat informasi atau lowongan kerja. Ambilah jalur berbeda, kunjungi teman Anda di kota lain. Ngopilah di warkop yang berbeda.

Dengan Anda menambah wawasan Anda juga berpotensi mendapatkan info yang selama ini tidak Anda hiraukan.

Tips : Kunjungilah pusat-pusat perkantoran, pasar, pusat industri dan sebagainya. Jangan malu untuk bertanya jika Anda memang menemukan kantor yang sekiranya menarik perhatian Anda.


5. Mengikuti Job Fair.


Tidak semua job fair layak Anda ikuti. Ada beberapa job fair yang tidak fair sama sekali. Bahkan ada job fair yang asal-asalan dan hanya berfungsi sebagai magnet untuk menyedot uang dari para pencari kerja.

Lalu seperti apa Job Fair yang bagus? Pertama, biasanya diselenggarakan di institusi yang bonafid, seperti kampus, BKK, BLK, Disnaker, dll. Kedua, perusahaan yang ikut job fair memiliki latar belakang yang beragam. Bukan cuma MLM saja.

Tips : Perhatikan dan cek dahulu jika ingin ikut Job Fair. Persiapkan berkas-berkas Anda sebaik mungkin. Selanjutnya, jangan pernah bersedia bergabung dengan perusahaan yang tidak jelas. Anda mencari kerja bukan mencari masalah di kemudian hari, bukan? Banyak job fair yang bonafid dan salah satu tugas Anda adalah menemukannya.

6. Jadilah populer.


Jadilah influencer. Buatlah blog atau bagikan artikel bermutu di media sosial atau Whatssapp grup. Rajinlah mengikuti berbagai kegiatan yang positif. Carilah komunitas yang bermanfaat. Dari sini biasanya muncul banyak kesempatan.

Saya pernah mengalaminya sendiri, menjadi guru les, surveyor atau marketing paruh waktu setelah rajin mengikuti kegiatan-kegiatan sosial dan menambah lingkaran persahabatan. Dan Andapun bisa mencontoh pengalaman saya ini.

Tips : Semakin sering Anda membantu orang, maka suatu saat akan banyak orang yang akan bersedia membantu Anda. Ikutilah berbagai pelatihan gratis, aktif di situs seperti wikipedia, bergabung dengan pemuda gereja atau palang merah, membantu KPPS menyelenggarakan pemilu atau ikut terlibat kegiatan yang diselenggarakan kampung Anda. Pasti ada celah untuk mendapatkan lowongan kerja. 

7. Berwirausaha.


Mungkin takdir Anda adalah menjadi seorang wirausahawan atau pengusaha. Membangun sebuah start up dan kemudian menorehkan tinta emas sebagai insan sukses inspirasi banyak orang. Luar biasa bukan?

Oleh sebab itu jangan menyerah. Selagi mencari kerja, kembangkan potensi Anda. Baca buku-buku inspirastif, blog-blog yang menyajikan artikel berkualitas, atau ikut kursus.

Tips : Sambil terus mencari kerja, kembangkan potensi diri Anda. Saya pernah mengalami sendiri dan kini saya selain bekerja juga memiliki sampingan sendiri. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih ahli. Bukankah menjadi pengusaha juga adalah sebuah pekerjaan?

Demikianlah artikel dari Catatan Adi tentang 7 cara untuk mendapat pekerjaan. Semua cara ini sudah saya praktekkan plus sudah juga dilakukan oleh orang-orang yang saya tahu sendiri telah mendapat pekerjaan. Tentu masih banyak cara lainnya, seperti kata pepatah, 'banyak jalan menuju Zimbabwe'.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan semoga segera mendapat pekerjaan yang Anda idamkan.

8 Responses to "7 Cara Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat"

  1. Skrang udh ada kartu pekerja. Gampang ko.
    Mampir ke blog saya Almustari Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa itu gan kartu pekerja? Baru tahu nih...

      Delete
  2. Intinya punyaa skil aja biar dicari perusahaan2 yaa, thx infoo min

    ReplyDelete
  3. Point ke 7 sejalan sama pemikiranku, aku mulai dari smp dulu selalu menamkan "suatu saa nanti aku harus bisa memperkerjakan orang", sekarang banyak hal yang ingin kulakukan untuk memulainya, sekarang masih fokus ternak lele dan kuliah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luar biasa..... Lele dumbo gan? Saya jg pernah usaha lele sejak SMA. Keren emang agan satu ini.

      Delete
  4. Linkin itu tuh, bermanfaat sekali untuk portfolio, di sociobuzz juga ada daftar portfolio. Dan online job seeker bisa cek di Line Job, ada beberapa web yang aku nggak tahu. Sankyuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main sociobuzz jg, gan? Iya Linkedln itu keren....

      Delete

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel