Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar

Menjadi pintar tanpa harus belajar, apa mungkin? Bukankah hal itu terdengar sangat aneh? Bagaimana menurut Anda semuanya? 

Tentu saja mungkin! Ada banyak kesalahpahaman di sini. Baik itu tentang arti pintar maupun belajar. Jika belajar adalah suatu kegiatan membaca buku secara serius sambil mengerjakan soal-soal latihan berlembar-lembar, maka ya, Anda bisa menjadi pintar tanpa harus melakukannya.

Lalu bagaimana caranya?

Ikuti 7 cara jadi pintar tanpa belajar berikut ini. Setelah itu rasakan perbedaannya. Jika berjalan dengan baik, maka Anda seharusnya akan jauh lebih pintar.

Fokus untuk Memahami

cara menjadi pintar tanpa belajar
Photo by Milad Fakurian on Unsplash

Ini adalah kunci sekaligus langkah awal dari semua usaha Anda untuk menjadi pintar tanpa belajar berjam-jam. Sepele, namun banyak orang-orang, mungkin teman-teman Anda di kampus atau sekolah, melupakannya. Bukan belajar, melainkan mendengar.

Mendengar, adalah sebuah skill yang jarang dilakukan dengan benar. Padahal efeknya sangat dahsyat. Banyak orang menjadi sukses hanya karena mendengar.

Coba perhatikan psikolog, dokter, pengacara, hingga politikus hebat. Mereka semua adalah orang-orang yang gemar mendengar. Anda bisa menjadi salah satu dari mereka dengan membangun kebiasaan mendengar yang baik.

Sebenarnya ini tidak sesederhana itu. Mendengar yang baik berarti juga memahami. Dan ini membutuhkan setidaknya tiga hal : daya fokus, imajinasi dan ingatan yang kuat. Anda harus melatihnya setiap hari.

Fokuslah pada penjelasan dari guru atau dosen Anda ataupun presentasi teman Anda. Jangan lakukan apapun, bahkan sebenarnya membuat catatan saat ada orang memberi materi tidak direkomendasikan.

Dengarkan dan pahami, bukan hanya dengarkan saja. Kemudian jaga itu semua selama yang kalian bisa di otak.

Jika hanya membaca dan mengulangi tanpa memahami maka itu menghafal. Bukan menghafal, tetapi justru memahami adalah kuncinya. Dan semua itu dimulai dari satu aktifitas sederhana, mendengar. Inilah awal dari sederet cara menjadi pintar secara efektif dan efisien. 

Menulis dan Membuat Catatan Kecil

Anda bisa mulai membuat catatan kecil setelah kelas. Ingat, kecil saja, tidak perlu banyak dan formal Ini karena catatan Anda ditujukan untuk Anda sendiri, bukan tugas portofolio yang harus Anda kumpulkan.

Catatan kecil Anda bisa anda buat di bus kota, ketika Anda senggang menunggu antrian atau ketika di dalam toilet.

Justru saat-saat menganggur seperti itulah, imajinasi berpotensi bisa meledak dengan baik. Catatan kecil ini hanya sebagai sarana untuk menjaga pemahaman Anda atas materi yang sudah Anda dengar.

Di jaman yang canggih seperti sekarang, smartphone juga bisa membantu Anda mengelaborasikan ide ataupun gagasan yang pernah Anda dengar agar Anda semakin efektif dalam mengorganisasikannya. 

Caranya adalah dengan menuliskan kembali apa yang sudah Anda dengar dan pelajari agar ingatan itu bisa semakin kuat di otak Anda. Gunakan beberapa tools yang bisa diunduh gratis di smartphone, seperti misalnya : 

  • Notepad
  • Google Keep
  • Microsoft One Note
  • Slack 

Intinya manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan me-recall kembali ingatan pada hal-hal penting. Kegiatan sederhana ini akan membuat Anda menjadi lebih pintar dari sebelumnya. 

Selain itu, cobalah untuk menulis. Ada beberapa hal yang bisa Anda coba, antara lain dengan menulis di blog atau media sosial, membuat buku harian atau menulis cerita fiksi. 

Dengan membuat blog personal Anda bisa meningkatkan tingkat kecerdasan Anda. Hal ini nanti juga akan membantu Anda karena itulah salah satu cara mudah mendapat pekerjaan.

Bagi semua pengetahuan yang Anda miliki dan biarkan pembaca menikmati karya Anda. Semakin baik blog atau konten yang ada di medos Anda, maka akan semakin bagus nilainya di mata pemberi kerja. Ingat, saingan Anda kelak sangat berat.

Membuat blog juga menandakan Anda adalah orang yang cerdas. Bahkan tanpa harus terlalu fokus belajar, Anda akan lebih mudah mengingat dan memahami apa yang Anda pelajari. Jika ingin mengetahui panduan membuat blog yang benar, silahkan kunjungi artikel berikut ini.

Bermain Drama

Tidak ada cara yang lain menjadi pintar selain dengan berbagi. Anda bisa bermain drama, seoalah-olah Anda adalah guru atau dosen Anda. Lalu ambil bolpen Anda, bayangkan itu spidol dan mulailah seolah-olah Anda mengajar di depan kelas.

Dengan mengajar maka Anda terstimuli untuk menyusun, merangkai dan kemudian menjelaskan apa yang Anda pahami. Kebiasaan ini sangat baik untuk membuat Anda tidak hanya pintar, namun juga cerdas dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Orang yang cerdas adalah yang mampu membuat sesuatu yang kompleks dan rumit menjadi nampak sederhana. Dalam menjelaskan apa yang sudah diketahui, lakukan dengan cara yang paling sederhana sehingga bahkan anak kecil paham apa yang Anda bicarakan. 

Hal ini menjadi indikator bahwa Anda benar-benar memahami suatu konsep, termasuk juga contoh nyata, pengembangan dan bahkan permasalahan di seputar ruang lingkup hal tersebut. 

Kecerdasan seseorang juga terlihat dari bagaimana dia mampu menyajikan hal-hal yang sama sekali baru dengan cara memberi semacam pengandaian dengan sesuatu yang sudah familiar. Kemampuan mempresantasikan tersebut sangat bagus untuk menunjang karir Anda kedepannya sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah

Aplikasikan dengan Dunia Nyata

Anda sedang mempelajari past tense? Maka kenapa tidak membaca buku-buku cerita berbahasa Inggris secara langsung. Atau Anda sedang fokus mempelajari perkembangan manusia purba. National Geographic dan History Channel punya banyak program menarik. Pusing dengan statistik? Buka Quizizz dan ikuti quiz-quiz menarik gratis seputar statistik.

Jangan biarkan pengetahuan terpisah dengan dunia nyata, namun hubungkan keduanya. Bukankah tujuan dari pengetahuan adalah mempermudah pekerjaan Anda kelak?

Jangan hanya mempelajari mesin dari buku, bermain-mainlah dengan sepeda Anda. Komputer Anda juga sarana bagus jika Anda mempelajari desain grafis. Atau pergilah ke ladang paman untuk mendata keanekaragaman hayati di sana.

Berteman dengan Komunitas Positif 

Aktif menjalin relasi dengan orang cerdas lainnya, maka Anda akan tertular menjadi pintar juga. Ingatlah bahwa lingkungan sangat berperan dalam membentu pribadi seseorang.

Pelajari bagaimana mereka berkomunikasi, berpikir, bertindak atau melakukan kebiasaan mereka. Dengan mendekatkan diri pada mereka, maka asupan topik yang Anda terima juga pasti lebih berbobot. Ini akan sangat baik untuk membentuk mental dan cara berpikir Anda. 

Carilah komunitas yang memang positif dan jauhi mereka yang berpotensi membuang waktu dan pikiran Anda dengan hal-hal yang tidak berguna. 

Buat Karya

Buat karya Anda dan bagikan di sosial media. Anda mempelajari tentang elektromagnet? Kenapa tidak membuat model-model pembuatan magnet secara induksi atau elektromagnet lalu merekamnya dan membagikannya di Facebook. Sedang berkutat dengan Bumi Manusia milik Pram? Bagikan aneka quotes menarik di dalamnya ke Twitter.

Dengan Anda membuat karya, sebenarnya Anda lebih dari sekedar belajar. Anda berkarya. Anda berpraktek dengan pengetahuan yang Anda miliki.

Hindari Hal Tidak Berguna

Ada banyak kegiatan yang berguna yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu. Maka hindarilah hal-hal yang tidak berguna, yang justru membuat Anda menjadi bodoh. Kegiatan yang harus Anda hilangi/kurangi antara lain.

  • Bergadang. Anda akan merugikan diri sendiri jika terus menerus bergadang untuk hal yang tidak berguna, misal sekedar ngongkrong dengan teman atau mencari angin. 
  • Bermain game online hingga kecanduan. Adiksi yang diciptakan game online akan membuat Anda menjadi sosok yang pemalas, tidak suka berpikir dan mengganggu aktivitas di dunia nyata.
  • Menumpuk tugas. Katakan tidak pada sistem kebut semalam yang mungkin selama ini Anda lakukan. Ini akan membuat Anda menjadi seorang penghafal dan penyalin, bukan orang cerdas sesungguhnya.

Hindari semua kegiatan yang tidak berguna tersebut. Selain tidak berguna, hal-hal itu justru membuat otak Anda tidak bekerja maksimal dan membuang waktu yang sangat berharga dalam masa hidup Anda.

menjadi cerdas tanpa belajar
Photo by Lucrezia Carnelos on Unsplash

Kesimpulan : Ada banyak hal selain membaca buku berjam-jam, mengerjakan berlembar-lembar soal latihan atau mencatat dengan gaya kaku, untuk bisa menjadi pintar. Intinya adalah niat dan kebiasaan Anda. Semoga artikel 7 cara menjadi pintar tanpa belajar ini bisa bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel-artikel berkualitas lain dari Catatan Adi.

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

26 komentar untuk "7 Cara Menjadi Pintar Tanpa Belajar"

  1. Kalau menurut sya mendengarkan penjelasan yang mengandung ilmu seperti pada poin nomor satu itu bagian dari belajar si mas adi.. Dan namanya belajar memang butuh suatu pemahaman hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan, mendengar sebenarnya salah satu inti dari menyerap ilmu.

      Hapus
  2. Bagus sekali infonya meng inspirasi bisa di coba apalagi kegiatan yang kurang berguna kaya nonton vidio porno dll ...
    Trimakasih infonya ...

    BalasHapus
  3. Wah infonya sangat meng inspirasi apalagi pas bagian menulis saya juga lagi latian nulis .
    Trimakasih infonya gan.

    BalasHapus
  4. Kalau saya pribadi, cara terbaik memahami sesuatu adalah dngam cara otodidak/lamgsung praktek, jadi langsung paham dan tau apa apa saja permasalahan yg mungkin timbul dan cara terbaik mengatasinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju gan, practice makes better.

      Hapus
  5. Bagaimana cara meningkatkan daya fokus, imajinasi dn ingatan yg kuat gan ?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Latihan gan. Biasakan melatih semuanya itu....

      Hapus
  6. Artikel ini sangat bagus, karena setiap poin dijelaskan secara rinci dan sesuai dengan konteks kehidupan nyata. Terima kasih

    BalasHapus
  7. Masturbasi pun termasuk jadu kinerja otak melambat gan? Wah baru tau saya:v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam level tertentu mmg seperti itu gan. Makanya harus dikurangi...

      Hapus
  8. Well, yang terakhir setuju sekali. Kalau sudah baca, alangkah baiknya juga ditulis dijadikan dalam bentuk lain. Sehingga ota kita bisa paham dan ingat, dengan cara yang kita suka. "Ikatlah ilmu dengan pena."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali gan. Bagikan ilmu agar bisa lebih bermanfaat.

      Hapus
  9. Setuju banget sama poin yang ke enam, itu bukan lagi menjadi hal yang tidak berguna namun sangat merugikan

    BalasHapus
  10. Semua poin-poin di atas kan disebutnya juga belajar :3. Gayanya saja yg berbeda. 😆

    BalasHapus
  11. Bener gan hanya bnyk org yg salah paham dgn definisi belajar yg kaku.

    BalasHapus
  12. Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat jangan lupa kunjungi website kami di ppns.ac.id dan azrielhnovaldi.wordpress.com

    BalasHapus
  13. benar gan,saya juga mau berhenti menononton film porno biar belajarnya fokus

    BalasHapus
  14. Mas Andi, rispeck ini tulisan terbaik, suka bangat.

    Poin pertama saya sangat setuju. Saya lakukan dan praktikan dan sudah menjadi budaya saya secara personal.

    Sebagai wali kelas, suami dan seorang bapak, skill yang paling pertama amat layak untuk dimiliki semua orang.

    Kedua soal catatan, saya pun melakukannya, melalui catatan kecil saya bisa menghasilkan artikel untuk blog yang saya kelola. Thanks for sharing mas.. sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan Martin, wah keren ya. Semoga murid-muridnya sukses nih di bawah asuhan agan.

      Hapus