Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konten yang disarankan

Cara Menambah Bagasi untuk Vixion

Cara Menambah Bagasi untuk Vixion. Langsung saja, bagi kalian para pemilik sepeda motor Vixion berbagai versi, tentu merasakan satu hal yang sama, yakni susah membawa banyak barang.

Hal ini wajar mengingat sebagai motorsport, Vixion hanya punya bagasi kecil di bawah jok. Itupun hanya cukup untuk obeng, alat pelepas busi, tang, maupun peralatan berukuran mini lainnya.

Lantas bagaimana jika membawa jas hujan misalkan. Tentu kesulitan, bukan. Benda seperti jas hujan, sepatu apalagi dokumen penting tidak bisa disimpan di balik jok yang ada.

Harus diingat bahwa pemilik motorsport middle cost macam Vixion ataupun Scorpio dan bahkan GL Max - GL Pro biasanya adalah para pekerja.

Sebagai pekerja, tentu mereka memakai motor untuk kebutuhan harian. Alangkah baiknya ada tempat untuk menyimpan barang semisal helm, jaket ataupun dokumen tertentu. Minimal jas hujan dan sandal, jaga-jaga jika cuaca tidak bersahabat. 

Lalu apa solusinya? Tentu ada. Berikut adalah beberapa alternatif tempat menyimpan barang untuk pengendara Yamaha Vixion.

Membawa Ransel atau Tas Punggung

Benar, ini adalah cara paling mudah dan murah. Dengan membawa ransel atau tas punggung, pemilik motor bisa menyimpan jas hujan, sandal, topi, baju, dompet, bahkan laptop sekalipun. 

Selain itu, karena berada di tubuh pengendara, maka benda-benda di dalamnya cenderung lebih aman dari guncangan. 

Banyak benda yang dibawa bisa disesuaikan tergantung dengan masing-masing tas yang dipilih, bisa tas ransel ukuran biasa ataupun yang besar.

Tapi cara seperti ini juga tidak sempurna alias banyak sekali kekurangannya. Apa saja kekurangan membawa tas punggung bagi pengendara Vixion atau motorsport lainnya?

  • Gerak tubuh tidak leluasa.
  • Pengendara merasakan beban di punggung dan bahu, tentu ini tidak nyaman dan kurang baik bagi kesehatan dalam jangka panjang.
  • Banyak benda yang dibawa terbatas.

Tapi jangan kuatir, itu baru satu alternatif. Masih banyak cara yang lain yang bisa dipilih dan dicoba sesuai kebutuhan.

Baca juga: cara mengatasi lampu indikator injeksi Vixion yang menyala.

Membeli Tas Tabung

Ini juga jauh lebih baik. Banyak pemilik motorsport lain seperti Verza, Honda CBR ataupun Yamaha R yang memakai metode ini, yaitu membeli tas tabung.

Harga tas tabung lumayan murah, sekitar Rp 130.000 sampai Rp 250.000, tergantung merk dan kualitas yang dicari. Intinya harga mengikuti bentuk dan fungsi barang.

Tapi apakah itu menjawab pertanyaan para pemilik motor yang ingin membawa banyak barang? Tentu tidak. Paling tas tabung hanya cocok menyimpan jas hujan, jaket, kaos, ataupun benda kecil seperti charger ponsel, earphones dan power bank. 

Memasang Tali Ikat Elastis atau Jaring

Meski ini jamak dilakukan namun sangat berbahaya, terlebih jika membawa barang besar semacam kardus ataupun buku-buku yang ditumpuk.

Mengapa? Karena ini berarti pengendara duduk diapit tangki bensi Vixion dan barang bawaan. Tentu sangat tidak nyaman. 

Selain itu, keberadaan barang yang hanya diikat tali elastis juga riskan jatuh. Ada yang lain? Tentu saja, yakni tidak adanya space untuk membawa pacar atau FWB Anda. Mereka tidak akan bisa membonceng dengan barang bawaan itu ada di sana, bukan?

Memasang Bagasi Tambahan

Ini baru solusi. Apa itu? Tentu saja memasang bagasi tambahan yang berada di belakang jok motor, ataupun di samping kiri dan kanan. 

Tentu posisi terbaik adalah bagian belakang jok. Kenapa? Solusi membawa barang banyak adalah dengan memasang ruang tambahan, namun tidak boleh sembarangan. 

Jika dipasang di sisi kiri dan kanan, itu akan memberikan beban tambahan bagi pengendara, terlebih apabila berat tidak seimbang antara kedua sisi. 

Belum lagi jika medan yang ditempuh sering macet. Jangan sampai bikin mobil orang lecet karena memaksa meliuk-liuk di tengah barisan mobil yang berderet. Bisa panjang urusan.

Lalu apa merk bagasi tambahan Vixion yang bagus. Pengalaman pribadi penulis, ada dua merk yang bisa dipilih, yakni SHAD dan Givi.

Box motor merk Shad memiliki desain yang elegan. Bahkan ada asesoris berupa kaca yang mirip lampu, tetapi tentu saja fungsinya bukan lampu.

Selain itu box motor Shad ini bukan kaleng-kaleng karena merupakan produk dari pabrikan Eropa, khususnya Spanyol. 

Benar, Anda tidak salah baca. Bagasi motor berbentuk box tambahan merk Shad merupakan produk buatan Spanyol, Eropa.

Silahkan dilihat bentuk dan pemasangan dari bagasi SHAD di sepeda motor sport, termasuk juga bisa diaplikasikan di Vixion tentunya.

box motor Vixion merk SHAD

Keren bukan. Emang produk Eropa ga ada yang kaleng-kaleng. Mulai dari mobil Jerman, Vespa Italia, hingga box motor Spanyol.

Berapa kisaran harga SHAD? Tergantung produk yang dipilih. Saran sih, mending pilih produk yang benar-benar sesuai kebutuhan. Tidak perlu membeli produk untuk gaya-gayaan. Ingat, Anda bukan keponakan Bill Gates.

Harga untuk bagasi motorsport merk SHAD adalah antara 550.00 ribu sampai 3 jutaan. Sekali lagi, tergantung produk. 

Untuk yang belum tahu, selain box motor, SHAD juga menjual sidebag motor yang classy, duffle bag yang kece, dan tentu saja bracket seat alias penyangga. Ohya, jadi penyangga alias bracket untuk box dijual terpisah. Bisa beli merk yang lebih murah atau cari aja yang bekas tapi masih bagus di pasar loak. 

Tips yang harus diperhatikan adalah, jangan suruh sembarang tukang untuk pasang. Pasang sendiri agar lebih yakin. Percuma bracket atau box bagus tapi cara pasang salah. Perhatikan juga mur dan baut yang akan digunakan, pastikan benar-benar kualitas bagus. Lebih baik pasang sendiri daripada dipasangin tukang bengkel abal-abal yang tidak peduli pada keselamatan Anda, tetapi hanya mengejar uang. 

Selain SHAD, ada satu lagi merk box motor handal yang sudah dipercaya jutaan rider di seluruh dunia. Sama-sama dari Eropa tapi ini dari Italia. Ya, merk itu adalah Givi.

box motor Vixion merk GiVi

Lihat aja katalognya, keren, khan. Selain mobil Italia, produk lain dari negara itu juga pastinya berkualitas tinggi. Termasuk harganya, juga tinggi.

Secara umum, Givi jauh lebih mahal daripada SHAD. Mungkin karena memang punya utilitas dan desain yang lebih. Bisa jadi!

Harganya mulai dari 650 ribu rupiah hingga jutaan. Rumusnya tetap sama, makin besar, makin bagus pasti makin mahal. 

Givi juga memproduksi helm dan aneka asesoris lainnya. Tapi yang paling terkenal tentu saja bagasi motor merk Givi. 

Berikut adalah katalog resmi dari perusahaan Givi di Italia. Silahkan dilihat jika memang ingin mencari produknya.

Keren, khan. Ada ratusan produk. Tentu tidak perlu mengimpor langsung, sudah banyak toko asesoris motor yang menjualnya di Indonesia. 


Jadi jika ingin menambah bagasi untuk Vixion adalah dengan membeli box tambahan, baik itu yang dipasang di belakang jok, maupun samping. 

Anda ingin membeli sepeda motor bekas? Maka jangan gegabah. Jangan sampai salah langkah atau berakibat fatal. Baca tutorial membeli sepeda motor bekas
Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Bagasi untuk Vixion"