10 Pasukan Terkuat Dalam Sejarah

[10 Pasukan terkuat dalam sejarah yang perlu Anda ketahui | Pasukan terkuat di dunia | Daftar pasukan terhebat | Tentara paling menakutkan]

Perang nampaknya merupakan bagian tak terpisahkan dari peradaban manusia. Sejak dahulu hingga sekarang, kita dan nenek moyang kita gemar berperang. Dari semua peperangan itu, muncullah beberapa pasukan yang dianggap terkuat.

Perlu ditegaskan disini bahwa pasukan di dunia kuno sangat berbeda dengan pasukan modern masa kini. Mereka tidak menggunakan tank, pesawat tempur atau rudal, namun pedang tombak dan sebangsanya. Praktis keahlian bertempur dan kekuatan fisik menjadi andalan para pasukan terkuat ini.

Untuk membuat list 10 pasukan terkuat di dunia pada masa kuno ini, ada beberapa indikator yang dilakukan oleh Catatan Adi. Beberapa diantaranya ;

1. Intensitas peperangan.

2. Intensitas kemenangan.

3. Cakupan wilayah kekuasaan.

4. Rentang waktu eksistensi.

5. Referensi yang mendukung.

6. Faktor lainnya.

Lalu siapa saja tentara terkuat sepanjang masa? Catatan Adi akan mengulasnya untuk Anda.

#10 Pasukan Samurai Jepang


Jangan pernah main-main sama pasukan yang satu ini. Para Samurai Jepang adalah kelompok kesatria yang memiliki daya tempur menakutkan. Skill membunuh mereka mematikan serta memiliki loyalitas dan harga diri yang sangat tinggi.

Maka tak heran Samurai adalah pasukan terkuat di dunia no 10. Tidak ada yang menyangsikan hal tersebut.

Awalnya para Samurai ini adalah kelas petarung yang memiliki kedudukan yang istimewa. Mereka mengabdi pada satu tuan dan bersumpah akan melindunginya sampai mati.

Samurai memiliki senjata khas berupa beberapa jenis katana, pisau kecil, dan kadang juga tombak maupun panah.

Para Samurai tidak hanya pandai bertarung satu lawan satu namun juga sering terlibat dalam pertempuran besar antar klan maupun wilayah.

Banyak yang menganggap keberadaan Samurai ini juga yang akhirnya secara tak langsung mempersatukan suku dan wilayah / desa-desa di Jepang menjadi satu kesatuan politik.

Pasukan terkuat di dunia / Samurai / Catatan Adi
Pasukan Samurai Jepang


Ketika seorang Samurai beraksi, maka yang dipikirkan hanyalah kemenangan. Tentu ini merupakan sesuatu yang sangat mengerikan bagi mereka yang secara tidak beruntung menjadi musuhnya.

Pada abad ke 17-18, para Samurai Jepang sering digunakan oleh kaum imperialis Eropa untuk membunuh para pemberontak di negeri-negeri jajahan mereka.

Seperti Belanda yang menggunakan para Samurai untuk membantai orang-orang di Nusantara.

Ketika pasukan Mongol yang perkasa di bantu oleh para budak Korea berniat menginvasi Jepang, mereka sudah ditunggu para Samurai yang gagah berani. Perang besar khususnya di pantai-pantai Jepangpun tak terelakkan. Para pasukan penyerang hancur lebur.

Akhirnya setelah melalui beberapa kali percobaan invasi yang gagal, sebagian besar karena kondisi alam dan ganasnya laut, pasukan Mongol berhenti mencoba menjajah Jepang.

#9 Pasukan Templar Eropa 


Mereka bukan pasukan biasa, namun para pejuang pilihan. Iman dan kepercayaan mereka membuat mereka rela meninggalkan negeri-negeri asal untuk berperang di Tanah Perjanjian. Mereka adalah Pasukan Templar Eropa.

Pasukan Templar Eropa atau yang biasa disubut Knights (Knights of Kenisah?), terdiri dari pasukan terpilih dari berbagai negeri di Eropa. Mereka menempuh perjalanan panjang nan melelahkan sebelum akhirnya bertempur di Israel.

Kehebatan dan kedahsyatan para prajurit Templar membuat musuhnya porak poranda. Berbagai kemenangan penting berhasil mereka raih.

Knights of Templar sebenarnya tidak muncul begitu saja. Kelompok ini diprakarsai oleh seorang bangsawan bernama Hugues de Payens bersama ke-8 temannya pada tahun 1118.

Tujuan Payens membentuk Knights adalah untuk melindungi harta dan nyawa para peziarah Kristen yang datang dari berbagai sudut Eropa. Pada awal pembentukannya, Knights of Templar sangat kekurangan. Para anggotanya pun berpakaian compang camping dan memiliki senjata apa adanya.

Templar memang mewajibkan para anggotanya untuk memegang satu prinsip yakni bersedia hidup sangat sederhana. Namun, lambat laun, para ksatria Templar mulai memiliki banyak dukungan finansial termasuk juga memperoleh bayaran. Alhasil, para pasukan ini malah berkecukupan. Bahkan diketahui kalau Templar memberikan semacam bantuan kredit. Gara-gara itu pula mereka disebut sebagai penggerak sistem perkreditan pertama di dunia. Luar biasa, bukan?

Perang Salib melawan Arab dan Turki menjadi ajang pembuktian kedahsyatan para Prajurit Kenisah. Perang Salib yang terjadi dalam kurun waktu yang lama ini terbagi menjadi beberapa bagian. Salah satu yang paling fenomenal adalah Perang Hattin. Di perang ini, komandan Knights of Templar, Reynald de Chatillon mempimpin penyerangan massal pada Shalahuddin Al Ayubbi. Peperangan tersebut melibatkan sebanyak 20 ribu pasukan Templar.

Pasukan terkuat di dunia / Templar / Catatan Adi
Pasukan Salib / Templar


Walau faktanya Templar akhirnya mengalami beberapa kekalahan (karena berbagai faktor), mereka tetap ditakuri. Namun melihat kengerian yang diakibatkan pasukan Templar ini, maka pantaslah jika Catatan Adi menahbiskan mereka sebagai pasukan terkuat di dunia nomor 9.

Sampai akhirnya semua hal ini berbalik hanya lantaran egoisme seorang raja. Menurut catatan sejarah, hal ini diawali dari  Filipus IV, Raja Perancis, yang meminta bantuan keuangan kepada Pasukan Templar. Sayangnya, pasukan suci ogah membantu sang raja dengan alasan-alasan khusus. Tujuan Filipus meminjam dana adalah untuk menyokong biaya peperangannya.

Diperkirakan karena sakit hati  tak dibantu para Templar, kemudian Filipus merencanakan skenario untuk menjatuhkan pasukan ini. Awalnya agak susah menjalankan ini, pasalnya, Paus dan raja-raja Eropa masih kuat dukungannya kepada pasukan Templar. Namun, pada akhirnya skenario ini berhasil dan jadi awal kejatuhan sang pasukan terhebat di masanya ini.

Skenario yang dibuat oleh raja Filipus adalah memfitnah para Templar. Mereka dituduh melakoni ajaran sesat. Hal ini  menjadi jalan pembuka bagi kematian bagi para ksatria suci.

Banyak para Templar yang dihukum mati, termasuk sang panglima tertinggnya yang bernama Jacques de Molay. Caranya sendiri cukup sadis yakni dengan dibakar hidup-hidup. Raja Filipus tentu senang melihat ini. Selain berhasil mematikan para Templar ia juga disebut menikmati harta-harta pasukan ini yang tertinggal di Perancis.

#8 Pasukan Abadi Persia 


Oleh Herodotus mereka disebut pasukan abadi, namun nama aslinya dalam bahas Persia adalah Anusiya. Jumlah mereka tetap, yakni 10.000 orang. Jika ada yang mati, maka segera ditunjuk penggantinya.

Pasukan ini sangat mengerikan. Sepak terjangnya membuat Persia (kini Iran) menjadi salah satu penguasa terkuat di dunia kuno. Bahkan mereka mampu menghancurkan Babel dan merebut semua jajahannya.

Pasukan Anusiya ini hanya terdiri dari orang Persia, Media dan Elam. Mereka dibentuk langsung oleh raja Koresh. Inilah raja yang disebut dalam Taurat Yahudi maupun Injil Kristen sebagai penguasa Persia dan Media.

Pasukan terkuat di dunia / Persia / Catatan Adi
Pasukan Abadi Persia


Pasukan Persia dan Media ini memiliki ciri khas , yakni :

Selalu berjumlah 10.000.

Menggunakan aneka senjata mematikan.

Di masa damai berperan sebagai pelindung Raja Persia .

Hanya terdiri dari orang Persia, Media dan Elam.

Anggota pasukannya direkrut sejak usia kanak-kanak.

Melewati menu latihan yang sangat berat dan panjang.

Dalam perang Thermopylae, Immortals Force atau Pasukan Abadi Persia juga mengambil peranan penting.

Dalam pertempuran legendaris tersebut,  Leonidas Sang Raja Sparta mempertahankan mati-matian celah Thermoplyae dari Persia yang jumlahlah tidak terhitung.

Akhirnya setelah berjuang mati-matian, Persia dan Pasukan Abadinya berhasil menjebol pertahanan 300 prajurit Sparta tersebut.

Maka tak salah jika akhirnya Pasukan Abadi dari Persia ini menjadi prajurit terkuat di dunia no 6.

#7 Pasukan Garda Imperial Napoleon


Di Perancis juga ada resimen tentara yang disebut Tentara Abadi. Dalam sejarah mereka bernama Garda Imperial.

Garda Imperial adalah pasukan andalan Kaisar Napoleon ketika menggilas Eropa. Raja Perancis paling terkenal dan hebat itu memang hobi mengacak-acak sesama negeri benua biru lainnya. Tak heran jika kemudian mereka disebut sebagai pasukan terkuat no 7 di dunia.

Napoleon dengan kekuatan militernya mampu memberi pengaruh yang besar terhadap persoalan-persoalan Eropa selama lebih dari satu dasawarsa ketika memimpin Prancis melawan koalisi dalam Perang-Perang Napoleonis.

Ia memenangkan perang pertempurannya. Dengan cepat Napoleon dan Garda Imperial berhasil memperoleh kendali Eropa sebelum kekalahan terakhirnya pada tahun 1815.

Pada pertempuran di Waterloo, Belgia, Garda Imperial menunjukkan kesetiannya. Mereka berhadapan dengan Inggris dan sekutu-sekutunya. Walau akhirnya kalah, namun pasukan loyalis Napoleon ini tetaplah dikenang.

Pasukan terkuat di dunia / Perancis / Catatan Adi
Garda Imperial Perancis


Dalam persoalan-persoalan sipil, Napoleon mempunyai sebuah pengaruh yang besar dan lama dengan membawa pembaruan liberal ke negara-negara yang ia taklukkan, terutama ke Negara-Negara Rendah, Swiss, Italia, dan sebagian besar Jerman. Ia melaksanakan kebijakan-kebijakan liberal pokok di Prancis dan di seluruh Eropa Barat. Prestasi hukumnya yang kekal adalah Kitab Undang-undang Napoleon, yang telah digunakan dalam berbagai bentuk oleh seperempat sistem hukum dunia, dari Jepang sampai Quebec.

#6 Pasukan Romawi 


Inilah pasukan terkuat no 6 di dunia. Pasukan Romawi adalah kengerian bagi negeri-negeri di Eropa, Asia dan Afrika. Ketangguhan dan kecerdikan mereka telah membuat pasukan ini berjaya di semua wilayah yang mereka incar.

Pada masa kejayaannya, Romawi nyaris menguasai seluruh daratan Eropa dan bahkan juga Kepuluan Inggris. Negeri ini juga melebarkan sayap ke Timur Tengah, menguasai sebagian Afrika Utara dan sedikit Afrika Dalam.

Pasukan terkuat di dunia / Romawi / Catatan Adi
Pasukan Romawi


Semua itu tak lain berkat kekuatan dan kedahsyatan Roman Legion. Para prajurit Romawi tidak hanya kuat secara fisik namun juga cerdas dan penuh strategi.

Prajurit Romawi biasa menggunakan kostum yang khas. Mereka juga memiliki banyak formasi khusus yang unik namun efektif.

Prajurit Romawi bisa dikatakan sangat modern di jamannya. Mereka mengenal sistem hierarki struktural yang rumit, strategi perang yang unik serta menggunakan berbagai senjata yang mewah dan mahal namun tentu saja mematikan.

Mereka bisa bertarung di padang terbuka, melakukan pertempuran laut atau perang dalam kota. Prajurit Romawi juga tak segan untuk menghancurkan suatu kota sampai puing terakhir jika memang itu diperlukan.

#5 Pasukan Goth 


Bangsa Goth terpecah menjadi dua cabang, yakni Visigoth dan Ostrogoth. Kedua bangsa tersebut nampaknya adalah bangsa nomaden yang kuat dan keras. Mereka bermukim di sekitar Spanyol, Perancis, Porugal, Tepi Laut Hitam, Pegunungan Rumania dan Danau Dniepr.

Bangsa yang menjadi salah satu faktor kehancuran Romawi adalah Visigoth. Di bawah komando Alaric I, pada tahun 410 mereka berhasil mengalahkan Pasukan Romawi dan merebut Roma.

Pertarungan dua pasukan terbaik dunia ini sangatlah seru. Roman Legion di satu sisi tidak sekuat dulu. Intrik politik dan kurangnya suplai membuat mereka lemah. Di sisi yang lain, Visigoth sedang jaya-jayanya.

Akhirnya pada pertempuran terakhir dengan Kaisar Theodosius, Roma hancur lebur. Kekaisaran itu bahkan memindahkan ibukotanya ke Ravenna.

Pasukan terkuat di dunia / Goth / Catatan Adi
Pasukan Goth


Goth ini mirip dengan Mongol. Mereka menyerang dengan trengginas. Memanfaatkan kekuatan fisik serta kolektivitas, mereka mampu menghancurkan musuh dengan mudah.

Goth akhirnya memperoleh posisi di Eropa. Setelah berabad-abad menyembah Dewa Mars, bangsa ini kemudian masuk Kristen dan sebagian bahkan menjadi penyokong utama Kekristenan di Eropa.

Kekristenan Goth unik karena mereka cenderung mengikuti mazhab Arianisme, yakni Kekristenan yang menolak Trinitas Maha Suci.

Dari bangsa Goth inilah muncul kata Gothik (Gotik). Pasukan Goth juga yang kemudian mampir di list Catatan Adi sebagai pasukan terkuat di dunia no 5.

#4 Pasukan Hun 


Bangsa Hun penuh dengan misteri. Tidak pernah muncul dalam kancah politik Eropa, orang-orang ini tiba-tiba saja muncul.

Pada perjalanannya, mereka mampu mengalahkan orang Visigoth, Romawi dan bahkan nyaris seluruh Eropa dan sebagian Asia Utara.

Jika merujuk pada nenek moyang, Hun kemungkinan besar adalah suatu bangsa keturunan Turki kuno, Mongol, Kaukasus (Rusia), Scythia (Rusia kuno), Indo-Iranian dan suku-suku kuno di Asia Tengah. Kini Hun dianggap sebagai nenek moyang orang Bulgar, Romanian, Moldova, Kaukasus, dll.

Pasukan terkuat di dunia / Hun / Catatan Adi
Pasukan Hun

Hun sebagai bangsa pengembara sudah menunjukkan tajinya ketika mereka menyerang dan membuat takut bangsa Visigoth. Namun puncak kejayaan orang nomadik ini tentu saja ketika Attila berkuasa.

Bangsa Hun, khususnya di bawah Attila adalah mimpi buruk Eropa. Kaisar haus darah ini nyaris menghapus kekristenan dan membawa Eropa kembali ke era pagan.

Ketika betempur, pasukan Hun mengenakan baju perang khusus yang disebut mail dan lamellar armour. Mereka juga diperlengkapi dengan busur, tombak dan pedang. Bangsa Hun ahli berperang di tempat terbuka namun juga tidak bisa diremehkan ketika bertempur di dalam kota atau hutan belantara.

Dengan semua itu, menjadi pasukan terkuat no 4 bukanlah hal yang mengerankan bagi Goth.

Karena kekejaman, kekuasaan dan kengerian yang muncul dari Hun, banyak legenda, mitos, fabel dan cerita rakyat yang berkembang menyoroti bangsa imigran satu ini.

Di Jerman, cerita rakyat tentang Hun dan Attila tidak pernah menyenangkan. Orang-orang ini dianggap suka membunuh dan memperkosa wanita-wanita Eropa.

Di Islandia, litearur Inggris kuno, serta dalam fabel-fabel kuno Nordik, pertempuran antara Hun dan Goth diceritakan dengan penuh kengerian. Perang dua bangsa itu memang sejatinya pernah dan nyata terjadi.

#3 Sparta Yunani


Pasukan Sparta atau Hoplites adalah tentara terkuat dan paling efisien yang pernah ada di Yunani. Prajurit spartanian ini memang kuat secara fisik, cerdik secara taktik dan efisien dalam bertempur.

Pasukan Sparta adalah pasukan militer di negara kota Sparta, yang merupakan salah satu negara kota terkuat di Yunani kuno. Pasukan ini merupakan salah satu inti peradaban negara Sparta, yang tujuan utama dari tiap penduduknya adalah menjadi prajurit yang kuat.

Melaksanakan latihan militer bagi warganya sejak mereka masih kanak-kanak adalah salah satu program utama dari Sparta. Pantas saja pasukan Sparta menjadi salah satu pasukan tempur yang paling ditakuti dalam sejarah dunia.

Pada masa kejayaannya pada abad ke-6 dan ke-4 SM, sudah secara umum dianggap bahwa "satu prajurit Sparta sama berharganya dengan beberapa prajurit dari negara lain."

Maka tak heran bila Catatan Adi memasukkan prajurit Sparta sebagai pasukan terkuat di dunia no 3.

Catatan tertua mengenai keterlibatan Sparta dalam perang adalah dalam Iliad, sebuah karya sastra gubahan Homer.  Dalam cerita itu, Homer mengisahkan ketika Sparta bertempur bersama kontingen Yunani lainnya.

Seperti pasukan Mykenai lainnya, pasukan Sparta sebagian besarnya merupakan infantri, dilengkapi dengan pedang pendek, tombak,dan satu perisai perunggu kecil.

Pasukan terkuat di dunia / Sparta / Catatan Adi
Pasukan Sparta

Ini adalah masa peperangan heroik yang penuh dengan siasat yang sederhana, seringkali tidak lebih lebih dari sekadar serangan langsung dan pembunuhan banyak  musuh — tidak aneh jika keseluruhan pasukan musuh dikejar dan dibantai setelah sebelumnya dipukul mundur. Kekuatan fisik benar-benar diandalkan.

Kereta perang kadang kala dilibatkan namun hanya digunakan orang-orang elit, tidak seperti di Timur Tengah, kereta perang Yunani tampaknya hanya digunakan untuk transoprtasi dan sebagai kendaaran angkut dalam perang, dengan para prajuritnya turun dari kereta perang untuk bertempur dengan berjalan kaki dan kemudian naik lagi ke kereta perang untuk pergi dari medan pertempuran.

Heroisme dan pemujaan pada kekuataan fisik membuat setiap anak laki-laki di Sparta rindu menjadi prajurit. Dalam persaingannya dengan Polis Athena, Polis Sparta mampu mengimbangi dan terkadang memenangkan sejumlah pertempuran.

#2 Pasukan Viking


Viking adalah suku bangsa yang dikenal sangat kejam dan kuat. Mereka diperkirakan berasal dari Skandinavia. Awalnya mayoritas orang Viking  berprofesi sebagai pedagang, peladang. Namun kemudian seiring dengan berjalannya waktu, mereka justru dikenal sebagai perompak (seringkali terjadi setelah mereka gagal berniaga).

Mereka menjarah, menduduki dan berdagang sepanjang pesisir, sungai dan pulau di Eropa dan pesisir timur laut Amerika Utara, serta bagian timur Eropa sampai ke Rusia dan Konstantinopel.

Mereka memanggil diri mereka sebagai Norsemen atau Orang Utara.  Sedangkan sumber-sumber utama Russia dan Bizantium menyebut mereka dengan nama Varangian. Sampai sekarang orang Swedia, Norwegia, Denmark, sebagian Finlandia dan Islandia modern masih merujuk kepada diri mereka sebagai Nordbor (penduduk utara).

Dalam suatu masa di Eropa, muncul periode yang dinamakan abad Viking. Istilah Abad Viking ini dipakai untuk menyebut periode sejarah bangsa-bangsa Skandinavia dari tahun 800 sampai 1066, yaitu sampai pada kematian dari Harald III Sigurdsson.

Sebutan Viking secara luas dapat pula digunakan untuk menyebut seluruh populasi Skandinavia pada Abad Viking beserta perkampungan-perkampungan sebarannya. Sebagai contoh, para pedagang dan perompak pada masa tersebut yang berasal dari pantai timur Laut Baltik dalam saga Islandia mula-mula disebut sebagai Vikinger fra Estland, atau dalam bahasa Norwegia ialah Viking Estonia.

Lambat laut, penjelajahan Viking semakin berkurang dan akhirnya berhenti. Banyak wilayah jajahan Viking kemudian 'merdeka'. Orang Vikingpun akhirnya berhenti mengayunkan pedang dan menjadi 'lebih cinta damai' setelah mereka mengenal agama Kristen.


Pasukan terkuat di dunia / Viking / Catatan Adi
Pasukan Viking


Senjata pasukan Viking sebenarnya biasa saja. Kapak, pedang besar, tombak, palu gada, panah, serta aneka pisau menjadi senjata yang biasa mereka gunakan dalam perang.

Kehebatan pasukan Viking ini dan pengaruhnya yang luar biasa membuat Catatan Adi akhirnya menjadikan nenek moyang orang Skandinavia ini menjadi pasukan terkuat di dunia no 2, hanya kalah dari pasukan Mongol.

#1 Pasukan Mongol 

Jika Viking begitu perkasa di belahan bumi utara, maka di kaukasus, Cina Utara, Asia Tengah, Timur Dekat hingga Asia Tenggara dan Semanjung Korea, ada bangsa Mongolia. Pasukan Mongol yang kejam, keji, barbarik, tak kenal ampun, sadis serta biadab ini menduduki peringkat pertama sebagai pasukan terkuat di dunia.

Prajurit Mongol mengandalkan unit tempur berkudanya yang hebat. Mereka muncul dari Asia dan terkenal karena kekejaman mereka. Mereka berhasil menaklukkan wilayah yang sangat luas pada abad ke-13 dan mendirikan Kekaisaran Mongolia, yang merupakan kekaisaran terbesar pada masa itu sekaligus salah satu negara terluas dalam sejarah, disamping Romawi, Macedonia dan Inggris.

Pasukan Mongol memang sangat ahli dalam berkuda dan memanah. Berkat dua keahlian tersebut membuat mereka sangat cocok untuk pertempuran di daerah stepa.

Mongolia sendiri terdiri dari ratusan hingga ribuan kelompok / sub-suku. Beragam suku Mongol bersatu di bawah Jenghis Khan pada tahun 1206 M. Di bawah kepemimpinannya, pasukan Mongol menaklukan sebagian besar Tiongkok utara, sebagian besar Kazakhstan modern, dan sebagian Rusia serta Timur Tengah.

Setelah kematian Sang Maharaja tersebut, pasukan Mongol terus memperluas daerah taklukan mereka, hingga mereka berhasil mendirikan kekaisaran yang sangat luas.

Sebelum masa tersebut, tidak pernah ada negara yang memiliki wilayah seluas kekaisaran Mongol, dan setelah masa tersebut, hanya ada satu kekaisaran yang lebih luas daripada Kekaisaran Mongol, yaitu Kekaisaran Britania.

Dengan kata lain, Mongol Empire adalah kekaisaran terbesar kedua yang pernah ada yang wilayahnya meliputi seluruh Tiongkok, Korea, sebagian besar Timur Tengah, dan Eropa Timur.

Kekejaman Mongol juga sebanding dengan nama besar mereka. Di Tiongkok diperkirakan bahwa separuh penduduknya dibantai oleh pasukan Mongol sedangkan di Rusia diperkirakan sedikitnya 500.00 orang tewas selama invasi Mongol.

Pasukan terkuat di dunia / Mongol / Catatan Adi
Pasukan Mongol


Pasukan Mongol terkenal biadab, tetapi bukankah semua penjajah sepeti itu?

Mereka tidak ragu membantai musuh mereka atau mempekerjakan musuh sebagai budak hingga mati. Bangsa Mongol juga diduga ikut menyebarkan wabah penyakit pes, yang disebut juga Kematian Hitam, ke penjuru Asia dan Eropa.

Ciri khas pasukan Mongol antara lain :

  • Pandai berkuda.
  • Memiliki fisik yang kuat.
  • Mampu menjelajah medan yang sangat jauh dan luas.
  • Tahan dengan berbagai cuaca ekstrim.
  • Memperlengkapi kuda dengan baju zirah khusus.
  • Menggunakan sutera sebagai pelapis baju zirah.
  • Sering menggunakan taktik bumi hangus sampai hancur.
  • Kadang menggunakan boneka agar membuat musuh mengira jumlah mereka besar.
  • Mampu memanah dengan tepat pada saat menunggang kuda. Sebuah skill yang mantul.
  • Loyal pada komandan dan pimpinan mereka.
  • Hampir semua rakyat Mongol adalah tentara atau sekuat tentara.

Melihat jumlah negara yang dihancurkan serta ribuan kota yang diluluhlantahkan, aneh jika kemudian fakta menegaskan Mongolia modern tak lebih dari negara miskin rakyatnya seakan hidup di dalam alam keterbelakangan.

Demikian artikel dari Catatan Adi mengenai 10 pasukan terkuat di dunia. Baca terus artikel menarik lainnya.

0 Response to "10 Pasukan Terkuat Dalam Sejarah"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel