Solusi Dan Penyebab Iklan Adsense Di Blog Hilang [Update September 2019]

Menghilangnya iklan Google Adsense dari blog yang terjadi baru-baru ini sempat menjadi buah bibir dan perbincangan para blogger tanah air. Mereka yang merasa menjadi korban lalu kemudian bingung dan tak tahu harus melakukan apa untuk bisa menampilkan kembali iklan Adsense di situsnya.

Saya pribadi juga pernah merasakan hal yang sama. Dan bukan hal mengagetkan jika nanti akan mengalaminya lagi, yaitu menghilangnya iklan adsense secara tiba-tiba dari blog. Anehnya, hingga hari ini banyak blogger belum bisa memastikan penyebab lenyapnya iklan-iklan tersebut. 

Benar, saya berani memastikan tidak ada satu bloggerpun yang bisa menjelaskan secara tepat dan pasti apa penyebab dari fenomena itu. Semua penjelasan yang muncul di dunia maya mengenai menghilangnya iklan google adsense tersebut hanyalah sebatas dugaan atau spekulasi.

Tapi justru di sinilah yang seru. Google seakan memberikan kuis tebak-tebak buah durian kepada khalayak blogger sedunia mengenai apa yang harus dilakukan. Nah dalam edisi kali ini, Catatan Adi akan memberikan beberapa spekulasi mengenai penyebab hilangnya iklan Google Adsense dari blog.

Selain itu, dalam artikel kali ini saya akan sedikit berbagai pengalaman maupun penjelasan yang mungkin bisa membantu menjadi solusi agar iklan dari Google Adsense bisa muncul lagi di blog-blog yang Anda kelola sehingga mampu menghasilkan pendapatan lagi.

Sebelum Anda membaca artikel ini lebih lanjut, pastikan bahwa Anda memahami cara untuk bisa diterima menjadi publisher Google Adsense agar blog Anda benar-benar memenuhi syarat. 

Solusi Dan Penyebab Iklan Adsense Di Blog Hilang [Update September 2019]
Iklan Google Adsense Menghilang


Penyebab Iklan Google Adsense Menghilang (2019)


Jika Anda pernah membaca artikel saya sebelumnya mengenai hilangnya iklan Google Adsense paska pemberitahuan Better Ads, maka pasti paham bahwa fenomena itu terjadi secara massif. Artinya banyak blogger yang mengalaminya juga.

Seperti biasa, untuk mencari penyebab dari suatu fenomena tidaklah mudah. Setidaknya harus dicara persamaan sekaligus perbedaan. Apa yang sama-sama terjadi dengan blog yang hilang iklan Adsense-nya. Lalu apa yang berbeda? Dari sana bisa terlihat secara jelas akar permasalahannya.

Lalu dari analisa amatir saya, ada beberapa hal yang menyebabkan menghilangnya iklan di blog-blog para blogger secara massif dalam jangka waktu yang hampir bersamaan. Mungkin Anda setuju dengan paparan yang saya akan ungkap, namun jika berbeda, besar kemungkinan memang ada banyak faktor yang belum saya pertimbangkan.

1. Pelanggaran


Ini adalah penyebab paling banyak yang mungkin tidak disadari oleh para blogger. Sialnya juga, ternyata mereka tidak mendapat notifikasi bila ternyata blog yang dikelola melanggar peraturan yang sudah ditetapkan. Hal ini tidak hanya mengenai Anda dan Google Adsense, namun juga dengan beberapa pihak lain seperti DMCA ataupun penyedia hosting / domain.

Beberapa pelanggaran yang umum dilakukan oleh para blogger, baik sengaja ataupun tidak, bisa berakibat fatal. Hilangnya Google Adsense bukanlah yang terparah. Dalam beberapa kasus bahkan situs dilenyapkan atau dihapus permanen.

Lalu apa saja jenis-jenis pelanggaran yang umum dilakukan?


  • Ditengarai memiliki duplikat konten.
  • Pelanggaran hak cipta.
  • Mengandung beberapa keyword yang tidak diperbolehkan Google.
  • Dianggap blog dummy / spam.
  • Lupa bayar perpanjangan hosting / domain. 
  • Menampilkan iklan dari jaringan yang dilarang. 
  • Menampilkan iklan yang tidak diperbolehkan Google.
  • Artikel / url / blog masuk sandbox Google. 
  • Kecepatan loading lambat.
  • Tidak mobile friendly
  • Posisi dan jenis iklan melanggar aturan yang sudah ditetapkan.
  • Terdapat double click hingga ratusan kali.
  • Terdapat invalid visitor yang disengaja.

Penting bagi semua blogger untuk rajin-rajin mengecek email, beranda Google Adsense maupun Google Webmaster. Jika menemukan hal yang tidak beres, segera lakukan penanganan yang tepat dan jangan pernah menunda.

2. Perubahan Algoritma


Ini juga adalah sesuatu yang penting dan harus dimengerti oleh semua blogger. Peristiwa menghilangnya iklan Google Adsense yang dialami ribuan blogger dari dalam maupun luar negeri sepanjang Maret hingga pertengahan Agustus lalu adalah dampak dari update algoritma Google. Kalau lagi beruntung ya cuma beberapa minggu. Tapi jika apes bisa berbulan-bulan.

Apa tandanya blog Anda sedang apes karena dampat algoritma Google yang berubah? Tidak ada pelanggaran, notifikasi maupun serangan invalid visitor, namun iklan kosong. Hal ini memang menyebalkan namun mau bagaimana lagi.

Menurut saya pribadi, apa yang sedang dialami oleh banyak blogger sekarang ini, juga merupakan dampak dari perubahan algoritma Google, khususnya setelah muncul notifikasi perubahan kebijakan adsense yang baru. Pasti semua dapat kan di email? Silahkan pelajari sendiri.

Semua solusi yang saya tulis di atas terbukti membantu saya dan beberapa teman blogger. Semoga juga bisa menolong agan-agan dari kegalauan akibat hilangnya iklan-iklan dari Google Adsense di blog dan situs ente semua.

3. Sebab Khusus Lainnya 


Ada beberapa sebab khusus lain mengapa iklan Google Adsense menghilang dari blog. Saya klasifikasikan tersendiri karena ini memang spesial dan nampaknya tidak ada urusan dengan algoritma Google maupun pelanggaran. Jadi apa itu?

  • Kode adsense terhapus dari blog.
  • Sudah waktunya verify identitas.
  • Blog berubah domain / alamat url-nya.
  • Tema atau template Anda buriq alias jelek. 
  • Baru aja ganti template.
  • Domain Anda bermasalah karena dulu beli di tempat tidak semestinya. Pom bensin misalnya. 
  • Emang lagi apes. 

Solusi Mengembalikan Iklan Adsense Yang Hilang DiBlog


Lalu bagaimana solusinya? Sekali lagi Anda harus mengetahui dulu akar permasalahan dari menghilangnya iklan-iklan di blog Anda. Tanpa itu rasanya mustahil untuk memperbaiki, salah-salah malah pengobatan yang dilakukan tidak mengenai sasaran.

Ini adalah beberapa solusi yang kami tawarkan dan sebagian works di Catatan Adi atau blog-blog temen-temen saya. Bisa Anda semua coba juga namun pastikan dahulu apa yang menimpa blog ente semua sudah terdiagnosis dengan baik.

1. Hapus cache di semua komputer / laptop / I-phone / I-Pad / I-Mac / PC / Hape

2. Jangan sering-sering buka blog sendiri, apalagi yang visitornya masih kecil, yakni kurang dari 10 ribu perhari. Ini beneran, tidak bercanda. Ciyus.

3. Jangan sering-sering liat Google Adsense. Kalo ngecek gapapa. 

4. Hapus semua artikel yang berbau hal-hal yang tidak disukai simbah gyugel. 

5. Pastikan template Anda support HTML5 dan mobile friendly. Kalo ga, ganti aja. Pakai punya Igniel yang textrim juga bagus. Gratisan tapi mantul. Ini contohnya. 

6. Pastikan tidak ada pelanggaran apapun. 

7. Cek copyscape ataupun sand boks

8. Jangan sering-sering minta BW dari kelompok orang yang sama terus-menerus. 

9. Coba cek kesehatan blog. 

10. Tunda dulu update artikel atau jangka waktunya direnggangin jadi seminggu sekali. 

11. Rajin-rajin upload sitemap ke Google Search Console.

12. Coba juga webmaster dari search engine lainnya. 

13. Cek broken links.

14. Hapus komentar spam. 

Semua solusi yang saya tulis di atas terbukti membantu saya dan beberapa teman blogger. Semoga juga bisa menolong agan-agan dari kegalauan akibat hilangnya iklan-iklan dari Google Adsense di blog dan situs ente semua.

Jika Anda sebagai blogger ternyata menemukan cara tersendiri untuk mengatasi hilangnya iklan Google Adsense yang terjadi hingga bulan September ini, silahkan bagikan di komentar. Tentu itu akan sangat membantu teman-teman narablog lainnya.

0 Response to "Solusi Dan Penyebab Iklan Adsense Di Blog Hilang [Update September 2019]"

Post a Comment

Komentar Anda akan muncul setelah kami review.

Baca Juga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel