Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bisnis Kekinian yang Jadi Trend Dalam Empat Tahun Ini

Catatan Adi - Apa sahabat juga mengikuti perkembangan bisnis dalam empat tahun belakangan ini? Ada beberapa tren yang cukup unik dimana 5 bisnis ini seakan sangat booming.

Trend Bisnis 2016 - 2020
Trend Bisnis 2016 - 2020

Sangat penting bagi seorang pebisnis atau calon businessman untuk mengetahui apa saja trend terkini. Jika Anda sedang mencarinya, Anda berada di tempat yang tepat. Karena saat ini kami akan beberkan daftar trend bisnis Indonesia 2016-2020.


Apa saja itu? Berikut Catatan Adi akan membaginya untuk Anda.

Ayam Geprek

Bisnis Ayam Geprek
Bisnis Ayam Geprek

Rasa-rasanya tidak ada satupun kota atau bahkan daerah yang tidak ada warung ayam geprek. Panganan berbahan utama ayam goreng yang digeprek di atas cobek penuh sambal ini menjadi trend yang cukup banyak diikuti para pebisnis.

Bahkan banyak warung makan yang tadinya tidak menjual ayam geprek mulai beralih dan menjadikan menu yang satu ini jadi andalan.

Untuk membedakan dengan para pesaing, biasanya pebisnis kuliner ayam geprek memberikan beberapa variasi yang sebenarnya juga itu-itu saja, seperti : memberikan takaran pedas dengan aneka level, menggunakan varian ayam kampung/negeri, hingga toping keju mozarela.

Cuci Sepatu

 Bisnis Laundry Sepatu
Bisnis Laundry Sepatu

Di pertengahan 2016, bisnis ini sudah mulai dirintis di beberapa kota besar. Dari sana bisnis ini kemudian banyak ditiru.

Usaha cuci sepatu akhirnya benar-benar booming pada tahun 2019. Bahkan gaungnya sudah melebihi bisnis jual beli sepatu itu sendiri.

Hampir setiap sudut kota-kota di Indonesia terdapat usaha cuci sepatu. Ini menandakan masyarakat sudah mulai peduli pada kebersihan dan fungsi sepatu sebagai gaya hidup, alih-alih hanya alas kaki.

Jika Anda ingin mencoba bisnis ini, cobalah membuar rencana terlebih dahulu. Pastikan pangsa pasar yang Anda target memang cukup besar secara kuantitas.

Barbershop 

 Bisnis Barbershop
Bisnis Barbershop

Perkembangan usaha barbershop di Indonesia memang cukup menarik untuk diikuti. Ada banyak hal yang bisa menjadi faktor mengapa bisnis ini bisa berkembang begitu pesat.

Pertama tentu saja semakin banyaknya anak muda yang ingin mencoba berbagai gaya rambut untuk mereka. Kedua, karena ternyata banyak barbershop memberikan layanan lebih baik dari para pencukur rambut konvensional namun dengan harga yang tidak terlampau mahal.

Selain itu semakin banyaknya kelas menengah dan kaum milenial di negeri ini juga turut andil bagi tumbuhnya bisnis barbershop.

Crowdfunding 

Bisnis Crowdfunding
Bisnis Crowdfunding

Crowdfunding adalah sebuah usaha saling menanamkan modal melalui sebuah lembaga perantara. Uniknya, walau terbilang baru, bisnis crowdfunding cukup banyak dinikmati.

Ada dua jenis variasi usaha dalam crowdfunding, yaitu Anda sebagai peminjam dana atau pemberi pinjaman. Dari sinilah lahir istilah pinjol atau pinjaman online yang kemudian menjadi ladang usaha hanya butuh modal handphone saja untuk meminjam..

Dengan semakin canggihnya teknologi ditambah makin banyaknya masyarakat yang menggunakan smartphone membuat bisnis crowdfunding makin dilirik.

Walau begitu ternyata tidak semua lembaga P2P atau crowdfunding terdaftar secara resmi dan diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Sebelum terjun ke investasi jenis ini, pastikan dengan serius keabsahan dari perusahaan crowdfunding di OJK.

Kopi Kekinian

 Bisnis Kedai Kopi
 Bisnis Kedai Kopi

Ini mungkin yang menjadi bisnis paling fenomenal dalam empat tahun terakhir, bahkan dalam satu dasawarsa belakangan ini, yakni kopi kekinian.

Dimulai dengan menjamurnya kedai kopi waralaba seperti Sturbucks dan Coffee Toffee, kini makin banyak kedai sejenis yang menawarkan berbagai inovasi dan varian kopi. Sebut saja Kopi Kenangan, Kopi Lain Hati, Kopi Soe, Kopi Janji Jiwa, dst.

Tentu walau sangat menjanjikan, namun persaingan di lini ini sangat ketat. Pastikan Anda benar-benar memperhitungkan segalanya sebelum terjun ke bisnis ini.

Itulah 5 jenis usaha yang sangat booming dalam empat tahun belakangan ini. Apakah Anda tertarik untuk turut mencoba? Semoga beruntung.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

2 komentar untuk "5 Bisnis Kekinian yang Jadi Trend Dalam Empat Tahun Ini"

  1. terimakasih untuk infonya sangat bermanfaat
    https://bit.ly/3lqAxik

    BalasHapus
  2. Wuah bisnis apa paling tepat saat ini, ya .., terlebih ekonomi sedang lesu karena epidemi.
    Tapi sepertinya bisnis kedai kopi yang tetap banyak dicari konsumen karena terbukti di kotaku kedai-kedai kopi tak pernah sepi pembeli.

    BalasHapus

Selebritas

Recent Posts Label

Artikel Bisnis

Recent Posts Label

Artikel Kesehatan

Recent Posts Label

Artikel Misteri

Recent Posts Label

Artikel Sejarah

Recent Posts Label

Seputar Pendidikan

Berlangganan via Email