Langsung saja, pada kali ini aku akan membagikan 11 cara mendapatkan uang dengan hanya bermodalkan hp saja. Dan semua cara di sini sudah terbukti membantu banyak orang mendapatkan penghasilan. Jadi bukan kaleng-kaleng namun merupakan kumpulan tutorial dan informasi yang layak Anda baca serta praktikkan dengan segera.

Jadi kalau kamu penasaran bagaimana memaksimalkan smartphone untuk memperoleh penghasilan, maka bacalah artikel ini baik-baik.

Kita semua tahu kondisi sedang tidak baik untuk itulah aku berharap dengan menulis sedikit panduan mendapatkan uang dari hp yang bisa dilakukan siapa saja ini setidaknya bisa memberikan inspirasi dan semangat untuk terus berkarya.

Cara  Memanfaatkan hp untuk menghasilkan uang
Memanfaatkan hp untuk menghasilkan uang

Tenang, aku tidak akan klikbait dan semua cara ini benar-benar bisa membantumu mendapatkan uang cuma pake handphone dan internet. Tidak ada mlm, asuransi atau bitcoin. Semua itu hanya akan memberikan mimpi semu tetapi sulit untuk diraih. Sebaliknya aku akan bagikan yang nyata saja.

Berapa uang yang bisa didapatkan dari aktivitas menggunakan ponsel ini? Tergantung. Ada yang sangat receh namun banyak yang bisa bikin kamu kaya.

Jika sebelumnya aku sudah berbagi tentang situs yang bisa menghasilkan uang, maka kini aku akan fokus pada pekerjaan yang bisa dilakukan dengan modal HP dan menguntungkan untuk siapa saja.

Ingat, dimanapun kerja itu tidak mudah. Baik offline apalagi online. Itu semua cuma perspektif dan mindset. Apapun platformya, kamu harus kerja keras. Aku akan bagi situs dan aplikasi penghasil uang  tetapi kamu sendiri yang harus berusaha. Perkara nanti hanya dapat sedikit, ya ganti saja. Walau begitu tetap syukuri.

Akupun menulis artikel ini juga dengan perjuangan. Bukan ada keinginan apa-apa selain berbagi karena hanya orang yang bermanfaat bagi sesamanya yang disebut orang yang berguna. Nanti kamu bisa coba mana yang terbaik.

Perhatikan bahwa panjang artikel ini adalah sektiar 2900 kata dengan kepadatan informasi yang cukup tinggi. Untuk itu dipersilahkan membaca sambil makan camilan agar tidak bosan.

1. Unggah Foto Dapet Uang

Menjual foto di Internet
Menjual foto di Internet
Apakah Anda pernah mencari sebuah foto atau gambar untuk kelengkapan tugas kuliah atau pekerjaan? Lalu Anda menemukannya di internet namun diberi watermark? Dari mana itu semua? Kebanyakan adalah dari sesama warga net yang mengunggahnya. Dan tujuannya adalah uang.

Para pemilik foto tersebut mengunggah gambar-gambar di internet untuk kemudian dijual. Seperti kasus di atas, jika Anda ingin file gambar yang tanpa watermark, Anda harus mengeluarkan uang. Inilah bisnis yang aku bicarakan, yaitu menjual foto.

Foto jenis apa? Apapun asal kualitasnya bagus dan tentu saja semua hak ciptanya punya Anda. Pasti ketika dalam perjalanan, berlibur, melakukan aktivitas, atau iseng, anda menemukan banyak obyek yang menarik. Nah, jepret saja menggunakan kamera handphone lalu kirim.

Ada beberapa situs yang siap membayar untuk foto-fotomu. Beberapa diantaranya adalah :
  • Pixabay
  • Dreamstime
  • iStockphoto
  • Fotolia
  • Shutterstock
  • Bigstockphoto
  • Redbubble
  • Demandmedia
  • Foap
  • Agora
  • Pixels
  • AdobeStock
  • Alamy 
  • Fotomoto
  • Etsy
  • Snapped4u
  • Tourphotos
  • 500px
Tentu ini tidak mudah. Nantinya fotomu akan dikurasi untuk ditentukan oleh tim internal, apakah layak dijual atau tidak. Jika belum layak, unggah foto dengan kualitas yang lebih bagus. Semua mungkin asal mau berusaha.

Kebanyakan pembayaran setelah melampaui limit tertentu (misal 10 dolar) dan ditransfer menggunakan akun Paypal (1).

Walau awalnya sangat receh (di bawah satu dolar per item mungkin), tetapi jika itu adalah skill andalanmu dan kamu yakin bisa sukses, maka informasi ini layak kamu eksekusi dengan tindakan.

2. Jadi Terkenal dan Kaya berkat Instagram

Cara mendapatkan uang dari instagram
Memanfaatkan Instagram 
Jaman sekarang, media sosial adalah segalanya. Dan salah satu sosmed paling berpengaruh saat ini adalah Instagram. Jika kamu serius dan mau bekerja sedikit lebih keras, maka Instagram bisa menjadi ladang uang, walau hanya cuma modal hp.

Bagaimana caranya? Mudah, asal kamu punya visi. Postinglah hal-hal yang menarik di Instagram secara konstan dan teratur. Makin banyak makin sering makin bagus. Intinya kualitas dan kuantitas. Lalu cobalah untuk mendapatkan banyak follower, yakni orang-orang yang mau mengikutimu.

Camkan ini : apa yang membuat orang-orang harus mengikuti akun instagrammu? Tentu saja karena kontenmu membuat orang penasaran. Nah, kalau sudah banyak maka kamu bisa pasang jasa endorsement dengan cost yang kamu tentukan sendiri.

Lalu, bagaimana gambaran untuk menghasilkan uang melalui Instagram?


Endorsement Produk

Jadi, ketika followers-mu sudah banyak, silahkan pasang jasa endorsement, yakni nanti pemilik produk akan mengirim produknya untuk kamu pakai atau review. Mereka tentu saja akan memberikan reward untuk hasil kerjamu.

Posting Placement

Lebih mudah lagi, beberapa perusahaan yang membutuhkan media agar lebih dikenal masyarakat akan membuat konten dalam bentuk foto maupun video. Nantinya tugasmu hanya mengunggah konten tersebut ke laman Instagram milikmu.

Tentu masih banyak lagi caranya, namun di kesempatan ini aku membatasi cara mempertebal dompetmu dengan modal smartphone saja. Dua hal di atas bisa kamu lakukan tanpa laptop, hanya ponsel, internet dan kreativitas tinggi.

Seru kan? Jadi terkenal plus dapat duit. Inilah saatnya bukan lagi cari sensasi tetapi mengubah daya tarikmu menjadi keuntungan yang nyata.

3. Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

Memang pada dasarnya Youtuber butuh banyak hal. Mulai dari kamera, komputer, hingga tim yang solid. Semua itu akan semakin mempercepat dirimu mendapatkan banyak subscriber.

Tetapi jika Anda jeli mencari peluang dan fokus pada apa yang bisa dilakukan, maka keterbatasan bukanlah alasan. Sekarang ada satu jenis video yang sedang trend, yakni vlog(2).

Vlog atau video blog merupakan sebuah konten audovisual yang mempertontokan keseharian sang vlogger. Tebak, apa yang Anda butuhkan? Handphone dan koneksi internet.

Sekali lagi, fokuslah pada apa yang Anda punya, bukan sebaliknya. Gunakan dan maksimalkan smartphone Anda lalu mulailah membuat konsep dan video kemudian unggah ke youtube. Pelajari berbagai strategi jitu agar segera dapat banyak subscriber. Jika sudah, maka nanti kamu berkesempatan untuk memonetisasi akun Youtube menjadi sumber pendapatan melalui Google Adsense.

Intinya adalah kerja keras dan kemampuan berkarya. Beberapa jenis konten yang bisa kamu pilih untuk diunggah ke Youtube hanya dengan syarat punya hape doang, antara lain :

Daily Vlog

Bukan cuma artis kok, kamu juga bisa. Intinya keunikan. Apa sih yang bikin orang harus betah membuang waktu dalam hidup mereka menonton daily vlog kamu?

Hargai semua orang termasuk penonton dan subscriberYoutube-mu. Buatlah konten dari hati.

Syukur-syukur sih jika kamu punya latar belakang yang unik, sehingga orang-orang akan selalu rindu vlog dari channelmu. Bisa karena
  • Kuliah di luar negeri, Irak atau Suriah mungkin.
  • Dekat sama orang terkenal, Kim Jong Un atau Donald Trump
  • Punya rutinitas seru seperti mandiin kuda nil atau main petak umpet sama beruang kutub.
  • Pekerjaanmu unik, seperti konselor hantu gentayangan.
  • Hobimu unik, kayak masak sosis tanpa api, mengkoleksi kaus kaki bekas, dll.
Itu sekedar ide sih. Coba kamu elaborasi dan eksplorasi lebih jauh lagi. Jangan terburu-buru memonetisasi ya.

Memainkan Lagu

Kalau cover lagu akan susah mendapatkan adsense, walau bukannya tidak mungkin ya. Tetapi nanti pasti jauh lebih ribet.

Nah khusus buat kamu yang bisa ciptain lagu atau nyanyi lagu-lagu tradisional / non copyright, silahkan coba berkarya dan unggah ke Youtube untuk bisa dimonetisasi.

Review Produk 

Ini adalah genre yang harusnya dicoba karena masa depan kamu sungguh cerah bila berhasil fokus di yang satu ini.

Review produk adalah mengulas sesuatu. Memang sih awalnya gratisan dan rasa-rasanya kamu memberi keuntungan pada pihak lain. Tetapi bukankah itu cara awal semesta bekerja? Siapa yang perkara dalam hal kecil kepadanya akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar. Dan biasanya makin besar tanggung jawab makin gede juga fulusnya.

Apa saja yang bisa direview?
  • Makanan
  • Film
  • Acara TV
  • Mobil
  • Komputer
  • Game
  • Lainnya
See, banyak banget khan? Now, It's your turn. Pilih satu atau beberapa dan buat ulasan yang baik. Nanti di kesempatan lain Catatan Adi akan berbagi tips mengenai hal ini.

Monolog

Apa ini monolog? Iya, kamu ngomong sendiri. Simpel, khan? Ga butuh apapun selain handphone dan internet doang. Nah, monolog ini terbagi dalam beberapa jenis lagi.
  • Puisi
  • Opini
  • Reaction
  • Podcast
  • Motivasi
  • Storytelling 
Dan lain-lain. Sebenarnya ini yang paling gampang. Kamu ga usah mikir edit, fokuskan kekuatanmu pada skrip dan kata-kata.

Karena ini konteksnya adalah menggunakan media yang terbatas, yaitu hape, untuk berbagai topik lain seputar Youtube akan aku bahas di artikel lain. Untuk itu silahkan dukung Catatan Adi termasuk dengan membagikan postingan ini ke media sosial kalian agar makin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.


4. Baca Berita dapat Duit

Kamu tidak percaya cara ini? Percayalah karena aku yang awalnya juga tidak percaya akhirnya mengakuinya. Ini bukan bohongan atau hoaks saja tetapi memang ada aplikasi yang membayar pengguna hanya dengan membaca berita.

Apakah kamu baru tahu? Atau sudah pernah mencoba? Jika memang hal ini baru untukmu, aku akan membeberkan caranya sedikit beserta gambarannya namun pastikan bahwa kerja apapun tetap butuh usaha. Tidak ada makan siang gratis. Kecuali memang beruntung.

Oke inilah beberapa aplikasi yang siap membayar kamu padahal cuma membaca konten tulisan yang mereka sediakan :

  • Baca Plus
  • Newscat
  • Cashzine
  • Buzzbreak
  • Berita Saku
  • NOOK
  • Kubik News
Sebetulnya masih banyak lagi. Silahkan ketik kata kunci cara mendapat uang dengan membaca berita nanti akan ada banyak aplikasi dan situs yang muncul.

Ini yang harus kamu ingat. Mereka akan membayar namun mungkin ukurannya tidak besar. Jadi anggap saja ini sebagai sarana menambah uang tambahan. Jangan coba-coba cara aneh-aneh walau bagi sebagian orang yang sangat ahli pemrograman hal ini bisa menjadikan sumber pendapatan belasan juta.

Sekali lagi diingat bahwa baca berita dapat uang memang terdengar mudah namun pada kenyataannya selain nominalnya kecil kadang aktivitasmu juga tidak dihitung jika tidak memenuhi semua syarat dan kondisi yang ditentukan.

Mungkin diartikel milik blogger atau situs lain kamu tidak dipaparkan fakta ini : nominal kecil. Walau begitu silahkan coba hitung-hitung nambah uang jajan.

Kalau memang ingin mencoba cara lain, masih banyak. Lihat beberapa penjabaranku berikutnya.

5. Cuma Isi Survey Terus Dibayar

Mungin sudah banyak yang tahu kalau ada banyak sekali situs dan aplikasi online yang siap membayarmu asal dengan cara sangat mudah, yakni mengisi survey.

Mudah dan terdengar seru, bukan? Menulis survey lalu dibayar merupakan cara mendapatkan uang paling mudah yang pernah ada di internet. Namun tetap saja kamu butuh ketekunan karena sainganmu banyak. Selain itu untuk awal gajiannya sangat kecil.

Jika kamu pingin mencoba cara ini, berikut ada beberapa aplikasi dan situs yang bisa kamu coba yaitu :

  • Mobrog
  • Opinion World
  • Survey On
  • Panel Place
  • Toluna
  • Clixsense
  • Viewfruit
  • YouGov Indonesia
  • Global Test Market
  • iPanel
  • Swagbucks

6. Unduh Aplikasi dan Gajian

Mungkin ini juga terdengar absurd bagi Anda tetapi percayalah internet memang menawarkan kesempatan tak terbatas bagi siapa saja untuk mendapatkan penghasilan, bahkan bagi mereka yang cuma punya ponsel saja.

Jadi tak ada alasan sebenarnya untuk terpuruk dan meratapi nasib. Memang keadaan sedang sulit, daku pun mengalaminya. Tetapi mengutuki kemalangan tidak akan menghasilkan apapun. Aku akan berbagi sebanyak yang aku bisa dan semuanya murni untuk membantu. Tidak ada teknik ataupun tutorial yang ngawur. Memang ada yang hasilnya sedikit dan receh, seperti mengunduh aplikasi ini.

Lalu apa saja situs yang akan membayarmu hanya karena mengunduh aplikasi? Ternyata cukup banyak, silahkan dicermati :
  • Cash For Apps
  • WHAFF Rewards
  • App Karma Rewards
Silahkan dicoba. Mungkin ada banyak situs baru yang akan membayar kamu setiap mengunduh aplikasi. Jika kamu mengetahuinya silahkan berbagi di kolom komentar.

7. Jadi Pedagang Online

cara sukses jadi pedagang online modal hp
Yakinlah bisa sukses

Hah, mana mungkin jadi pedagang cuma modal hp. Bisa, ayo ubah mindsetmu! Aku tidak berbohong, akan kubagikan sedikit pengalamanku maupun teman-temanku yang bisa menginspirasimu sebagai pembaca setia Catatan Adi.

Ada beberapa hal yang bisa kamu maksimalkan untuk bisa mendapatkan uang. Pendapatannya juga bervariasi, mulai dari belasan ribu hingga ratusan juta. Aku tidak bohong.

Bukankah pada beberapa waktu lalu aku sudah menulis cara memulai toko online berdasarkan pengalaman dan studi kasus pribadi? Kamu bisa baca lagi artikel itu dan perkaya dengan wawasan baru dari postingan ini.

Tetapi sebelum kamu bersemangat, bukannya ingin mematikan gairahmu, aku akan kasih satu hukum penting : Usaha sejalan dengan hasil. Kesulitan sejalan dengan hasil. Jadi kalau ingin hasil besar, ya harus berusaha dengan keras karena kesulitan dan tantangannya juga makin besar.

Aku hanya memberi jalan, kamu silahkan maksimalkan sendiri. Jangan ragu jangan malu demi masa depan dan keluargamu, apalagi di saat kondisi super menyesakkan dan banyak orang terjerumus dalam kejahatan, kamu harus tetap berusaha di jalan yang halal.

Jual Beli Tanah dan Rumah

Ini sungguhan. Aku pernah walaupun clossing dan deal cuma sedikit. Namun sekali transaksi berhasil, maka kamu bisa dapat keuntungan ratusan juta.

Rata-rata broker rumah dapat keuntungan 2 hingga 4 persen per harga jual. Bayangkan kamu bisa jual sebuah rumah dengan harga 3 Milyar misal, maka sudah dapat 60 juta Rupiah.

Bahkan kalau pake jalur independen dan tradisional, bisa dapat persentase keuntungan yang lebih besar.

Garis besarnya sebenarnya mudah. Cari rumah yang akan dijual. Hubungi penjual dan minta ijin untuk bantu menjualkan. Lalu hubungi semua orang yang kamu kenal di kontak hp kamu. Bisa juga beriklan di medsos atau grup WA. Tidak perlu malu, ini pekerjaan potensial.

Jual Beli Kendaraan Second Hand

Ini banyak yang sudah tahu. Andapun pasti sepakat bahwa bisnis jual beli motor bekas adalah salah satu potensi untuk mendatangkan untung besar.

Cari mereka yang menjual kendaraan bekas lalu hubungkan dengan para pembeli. Anda bisa dapat keuntungan dari transaksi itu.

Jual Barang Trending

Apa yang sedang trending? Silahkan ikut serta meramaikan. Misalnya masker, cobalah jadi pedagang online. Cari produsennya lalu ecer. Beberapa masker seperti dari Lux.Masker membuka kesempatan kepada siapapun untuk jadi dropshipper atau reseller. Selain  dapat diskon juga pasti untung karena masker adalah kebutuhan wajib saat ini. Bisnis masker (3) memang sangat menguntungkan andai kamu siap kerja keras.

Selain itu coba juga beberapa barang trending macam sepatu sneakers, jaket, baju korea, ataupun mainan. Tidak perlu menyetok barang, cukup jadi reseller atau dropshipper.

Jual Sembako

Siapa yang tidak butuh beras, gula, garam, minyak goreng atau telur. Semua orang butuh dan membutuhkannya setiap hari. Itulah mengapa penting sekali memastikan ketersediaan sembako.

Anda bisa memanfaatkan ini untuk jadi pedagang sembako. Caranya mudah, cari sembako di pusat perbelanjaan dan ecer saja. Bisa mulai dari beberapa karton minyak atau beberapa karung beras. Seberapapun margin keuntungannya harusnya rutin.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu tekuni. Kalau memang ingin jadi pedagang online maka harus membuka toko online(4) untuk kedepannya. Tentu ada banyak lagi nanti aku bagi lebih detail di kesempatan yang lain.

Jangan ragu juga berbagi ide di kolom komentar, siapa tahu tulisanmu juga bisa membantu orang yang sedang patah arang, semangat luntur, pikiran ciut dan nyali hilang. Mari saling memberi inspirasi, melalui Catatan Adi.

8. Online Course

Fokuslah pada satu atau beberapa skill dan carilah cara mengubah itu menjadi keuntungan.
Catatan Adi

Ini memang agak susah karena level kesulitannya tinggi. Tetapi berbeda dengan survey online maupun unduh aplikasi, jumlah rupiah yang bisa Anda dapatkan sangat besar.

Jadi kamu bisa memanfaatkan smartphone yang kamu miliki untuk menjadi seorang guru, tentor, atau coach. Jual skill yang kamu miliki.

Beberapa skill dan jasa yang sering dijumpai adalah :
  • Kelas SEO
  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Perancis
  • Memasak
  • Kebugaran
  • Les Fisika
  • Les Kimia
  • Kursus Menjahit
Semua bisa dilakukan dengan hanya modal smartphone saja. Internet akan menghubungkan kalian dengan para klien. Memang nampaknya lebih susah dari beberapa cara sebelumnya, namun hasilnya bisa lebih besar, pasti dan rutin.

Aku sendiri pernah memberikan kursus Bahasa Inggris, Matematika, dan lainnya. Tidak perlu mendaftar sebagai tentor di Ruang Guru, karena jika kamu langsung berhubungan dengan klien, pendapatanmu tidak akan terpotong.

9. Cuma Nulis Resep dapat Uang

Dahulu ada beberapa majalah dan situs memasak yang menerima berbagai kiriman resep dari para pembaca. Namun nampaknya saat ini hal yang demikian semakin sulit ditemukan.

Ada satu situs yang masih mencoba melakukan hal ini, yaitu Yummy Id(5). Situs masak-memasak keren itu berawal dari Instagram dan nampaknya kini menjadi semakin besar.

Cookpad juga bisa dijadikan aplikasi menambah uang melalui hobi masakmu, tetapi kamu harus sedia tempatnya. Ini karena sistemnya adalah mengajarkan resep melalui praktik, jadi semcam course.

10. Jadi Kontributor dan Biarkan Uang Mengalir

Ada banyak sekali situs berita di Indonesia dan masing-masing benar-benar terlibat dalam persaingan sengit. Nah, ini bisa kamu manfaatkan.

Dengan bermodalkan Handphone, cobalah untuk merekam atau membuat video pendek lalu kirimkan ke kantor berita. Nanti kamu akan direkrut menjadi kontributor.

Sayang sekali nampaknya hari-hari ini kontributor adalah pekerja bebas alias freelance. Jadi jumlah pendapatanmu sangat tergantung dengan seberapa banyak kontribusi yang kamu berikan.

Tetapi bagusnya kamu bisa menjadi kontributor untuk lebih dari satu kantor berita. Silahkan buat berita yang bagus. Bahkan dengan smartphone juga bisa asal telaten.

11. Ikut Kampanye Korporat Rekening Membengkak

Seperti apa alternatif dapat duit dari hape yang satu ini? Ikut kampanye? Apakah ada hubungannya dengan politik?

Tentu saja tidak, walau kebanyakan buzzer juga sering akhirnya main di ranah politik praktis. Nah, itu semua pilihan pribadi masing-masing. Kalau saranku, kamu fokus cara dapat penghasilan melalui handphone saja. Dah itu saja.

Di sini, kamu harus cari para perusahaan yang siap bikin konten dan butuh influencer atau buzzer. Nah, tugasmu hanya menempelkan konten itu ke facebook, twiiter atau blog. Mudah banget khan? Kalau yang seperti ini, pakai smartphone juga jalan.

Memang sih justru yang susah itu adalah memelihara medsos kamu agar bersih dan punya banyak circle atau teman aktif. Di sini dapat kamu sadari jika teman adalah aset yang sangat berharga. Jangan disia-siakan.

Untuk yang ini, kamu bisa lihat peluangnya di :
  • Upwork
  • Freelance.Id
  • Sribulancer
  • Sosiago
  • Forum Blogger
  • Dan lainnya.
Silahkan coba satu persatu. Lumayan penghasilannya cukup besar jika ternyata akun medsosmu terpilih.

[KESIMPULAN : SEGERALAH BERAKSI]

Lihatkan, ada sebelas potensi menghasilkan fulus dengan modal yang kamu pasti punya, handphone. Namun apakah kamu juga punya kreativitas, kerja keras dan konsistensi? Jika tidak, potensi dan peluang sebaik apapun pasti sirna. Sia-sia.

Untuk itu, segeralah beraksi. Jangan tunggu apapun lagi. Pilih yang paling bisa dikerjakan. Ini yang terpenting : jangan tergiur dengan artikel yang penuh imajinasi, membuat seolah-olah ada pekerjaan yang tidak butuh kerja keras. Kalau ada, pasti ratusan juta orang memilih hal itu.

Tidak ada pekerjaan yang mudah. Jangan tertipu dengan iming-iming kaya tanpa bekerja keras. Semua pekerjaan butuh strategi, kreativitas, ketekunan dan keyakinan.
Catatan Adi

[CATATAN KAKI]

(1) Bertransaksi dengan Akun Paypal

(2) Apa itu Vlog?

(3) Jadi Dropshipper dan Reseller Lux.Masker pasti Untung Besar

(4) Tips Membuka Toko Online

(5) Menulis Resep di Yummy ID

[CALL TO ACTION]


Apakah artikel dari Catatan Adi kali ini bermanfaat menurut Anda dan menjawab pertanyaan seputar bagaimana cara mencari uang lewat handphone? Jika iya, maka silahkan untuk membagikan konten ini agar makin banyak orang yang terinspirasi. Ini termasuk wujud kepedulian Anda kepada orang yang mungkin benar-benar membutuhkan inspirasi dan motivasi. Semoga kebaikan senantiasa bersama Anda.