Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Merk Mobil Asal Italia

Selain Jerman, mobil asal Italia juga sangat mendominasi dunia industri otomotif. Ini tak lain karena keberhasilan para pabrikan di negeri pizza tersebut dalam mengawinkan kemewahan dan kecanggihan.

Hingga kini ada 8 merk mobil asal Italia yang sangat populer baik di Indonesia maupun dunia. Semuanya punya latar belakang dan keunggulan masing-masing.

Logo Merk Mobil Italia | Catatan Adi
Daftar Mobil Dari Italia


Lantas apa saja merk mobil Italia yang terkenal anggun serta berkelas itu? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda pembaca setia Catatan Adi. 

Abarth 

 Abarth 695 XSR
Abarth 695 XSR

Abarth adalah sebuah perusahaan produsen mobil asal Italia yang berbasis di Turin. Pabrikan otomotif ini didirikan oleh seorang bernama Carlo Abarth pada 15 April 1949.

Kini Abarth merupakan salah satu bagian daripada FIAT Group. Sebagai sebuah pabrikan otomotif, perusahaan dengan logo kalajengking ini sangat sukses membangun bisnis dan basis konsumen fanatik.

Alfa Romeo 

Alfa Romeo 4C Spider Base
Alfa Romeo 4C Spider Base

Alfa Romeo adalah salah satu pabrikan otomotif asal Italia yang didirikan di kota Milan pada tahun 24 Juni 1910. Perusahaan ini memiliki sejarah yang sangat panjang.

Pada awalnya Alfa Romero bernama SAID atau Societa Anonima Italia Durracq. Ia didirikan oleh seorang Perancis bernama Alexander Durracq. 

Durracq lalu menjual parbiknya kepada ALFA atau Anonima Lombarda Fabricca Automobili. Lalu kemudian datanglah seorang visioner bernama Nicola Romeo. Ia kemudian mengubah ALFA untuk mulai memproduksi mesin perang demi kebutuhan militer Italia sejak tahun 1915.

Lalu pada tahun 1920, Anonima Lombarda mengubah namanya menjadi Alfa Romeo. Namun menjelang awal tahun 30an, pabrikan ini terus mengalami kemerosotan ekonomi.

Untuk pemimpin Italia saat itu, Benito Musolini yang juga adalah ketua Partai Fasis datang menyelamatkan Alfa Romeo dari kebangkrutan.

Hingga saat ini Alfa Romeo masih bertahan namun sejak tahun 1986 pabrikan asal Italia Utara ini dijual dan menjadi bagian dari FIAT Group.

Kini Abarth merupakan salah satu bagian daripada FIAT Group. Sebagai sebuah pabrikan otomotif, perusahaan dengan logo kalajengking ini sangat sukses membangun bisnis dan basis konsumen fanatik.

Pagani

  Pagani Huayra
Pagani Huayra

Pagani adalah nama sebuah perusahaan produsen mobil Italia yang bermarkas di kota Modena. Berdiri tahun 1992, Pagani segera mencatatkan namana di jajaran korporat otomotif terkemuka.

Pagani didirikan oleh Horacio Pagani dan sampai saat ini tetap menjadi salah satu primadona bagi para pecinta mobil.

Ferrari

  Ferrari 812
Ferrari 812

Ferrari didirikan pada tahun 1947 oleh Enzo Ferrari. Perusahaan ini bermarkas di kota Maranello, Italia.

Ferrari sukses menguasai pangsa pasar mobil sport dan mewah. Kepiawaiannya menghasilkan produk-produk berkualitas akhirnya membuat perusahaan otomotif berlogo kuda jingkrak ini menjadi salah satu incaran dan idaman semua selebritas maupun orang kaya dari seluruh dunia.

Selain sukses menghasilkan produk-produk yang laris dipasaran, Ferrari juga menunjukkan dominasi kuatnya di berbagai ajang olahraga balap mobil, salah satunya adalah even Formula 1.

FIAT

 Fiat 500
Fiat 500

Salah satu perusahaann otomotif paling sukses dari Italia adalah FIAT. Didirikan di Turin pada tahun 1899, produsen mobil ini sukses menjadi salah satu penguasa industri kendaraan bermotor di dunia.

Walau harganya mahal, namun kualitas mesin, inovasi dan kemewahan merupakan keunggulan dari FIAT.

FIAT Group juga merupakan induk dari beberapa merk mobil terkenal, antara lain Ferrari, Maserati dan Alfa Romeo. Ia merupakan saingan utama dari Volkswagen Group, grup produsen mobil dari Jerman.

Lamborghini 

  Lamborghini Huaracan
Lamborghini Huaracan

Lamborghini didirikan oleh seorang bernama Ferrucio Lamborghini pada sekitar tahun 1963. Walau jauh lebih muda dari kompetitor lainnya, nyatanya perusahaan ini berhasil merengsek naik sejajar dengan para produsen mobil lainnya, seperti Ferrari ataupun FIAT.

Pada tahun 1998, Lamborghini akhirnya masuk ke dalam Volkswagen Group asal Jerman. Meski begitu, sentuhan khas Italia yang elegan tetap terjaga pada setiap produknya.

Lancia

  Lancia Dialogos
Lancia Dialogos

Lancia didirikan di Turin pada tahun 1906 oleh seorang bernama Vincenzo Lancia. Perusahaan ini mampu bertahan dari segala prahara.

Meski namanya tidak setenar Lamborghini atau Maserati, namun Lancia merupakan salah satu pabrikan otomotif Italia yang cukup sering mengeluarkan inovasi, termasuk penggunaan mesin V6 dan gearbox model 5 speed.

Maserati 

  Maserati Levante
Maserati Levante

Perusahaan mobil berlambang trisula merah ini berdiri pada tahun 1914 dan tetap jaya hingga hari ini. Markas besarnya ada di kota Modena, Italia.

Bagi banyak orang, Maserati selalu muncul sebagai mobil dengan daya yang kuat serta tampilan elegan khas Italia klasik.

Kini Maserati tetap berjuang mengamankan tempatnya dalam jajaran pabrikan otomotif terkenal dunia. Produsen merk mobil Italia itu juga makin kuat setelah bergabung dengan FIAT Group.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "8 Merk Mobil Asal Italia"

Berlangganan via Email