Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Terbaru Android ini Ternyata Mencontek dari IOS

Harusnya di tahun 2020 ini, Google dan Android akan merilis produk operation system (OS) terbaru untuk semua smartphone berbasis Android terbaru mereka yang sudah dinanti-nanti oleh publik sejak lama. Apa itu? Tentu saja tidak lain dan tidak bukan adalah OS bernama Android 11.

fitur android 11 mirip ios
Android 11

Namun sayang beribu sayang karena ternyata rilis ini masih harus ditunda mengingat adanya kerusuhan di berbagai kota di negeri Paman Sam.

Seperti diberitakan secara luas, Amerika Serikat sedang mengalami permasalahan serius akibat pemogokan, demonstrasi dan penjarahan massa terhadap pusat bisnis. Semua ini dipicu solidaritas atas kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam yang terbunuh ketika sedang diamankan polisi.

Meski begitu, sudah ada bocoran di sana sini seputar seperti apa kelebihan dan fitur yang akan diunggulkan di seri 11 itu.

Uniknya, Android 11 akan punya beberapa fitur baru yang sebelumnya sudah dimiliki oleh Apple melalui IOS.

Apa saja fitur terbaru Android 11 yang dikabarkan mirip dengan IOS? Berikut ulasannya untuk Anda semua pembaca Catatan Adi.

Drop Down

Perubahan lain yang ada pada bilah notifikasi adalah integrasi kontrol musik ke dalam menu pintas pada bagian atas. Pada tampilan drop down menu disandingkan berdampingan dengan menu pintas yang diperluas. Fitur ini dikatakan mirip dengan apa yang dihadirkan pada iPhone.

Terlihat dari fitur notifikasi baru ini, Google nampaknya bekerja keras untuk mengahdirkan menu drop-down yang lebih teratur dari sebelumnya dan menghilangkan kesan berantakan.

Screen Recorder

Google mungkin sudah menyadari pentingnya fitur ini. Apa itu? Tentu saja screen recorder alias perekam layar. Ini sangat dinanti-nantikan, khususnya oleh para youtuber gaming.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk merekam kegiatan bermain game lalu menyimpannya dalam bentuk video. Selama ini pengguna smartphone berbasis Android selalu menggunakan aplikasi ketiga karena Android tidak memiliki fitur ini.

Dengan adanya screen recorder bawaan Android, maka mereka tak perlu mengunduh aplikasi lainnya untuk mendapatkan layanan sejenis.

Screenshot Interface

Tidak adanya fitur ini cukup mengherankan di seri-seri Android sebelumnya mengingat begitu pentingnya layanan yang satu ini. Untuk kemudian para petinggi Google menyadarinya. Jadi nanti Android 11 akan memiliki layanan screenshot interface yang memang sudah ditunggu-tunggu ini. 

Lagi lagi, ada banyak potensi publik merasa Android mencontek IOS. Namun nampaknya ini lebih dari keteledoran Android tidak memikirkan adanya screenshot interface sebelumnya.

One-Time Permission

Apakah sebagai seorang pengguna Android Anda juga merasa jengah dengan permintaan izin / permission dari aplikasi yang ingin di unduh? Jika iya, maka tak perlu khawatir. Kabarnya Android 11 akan menghaidrkan fitur yang cukup ringkas, yakni perizinan satu kali alias one time permission.

Ini merupakan opsi untuk menyetujui izin sementara pada layanan aplikasi untuk melakukan akses ke aplikasi, software atau layanan tertentu. Misalnya, membaca kontak, menggunakan lokasi atau kamera.

Kehadiran fitur-fitur tersebut tentu membuat Android 11 makin siap menghadapi produk-produk keluaran Apple. Sekarang pertanyaannya, apakah IOS hanya akan berdiam diri saja? Atau jangan-jangan mereka juga sedang menyiapkan inovasi lainnya yang jauh lebih mengejutkan? Mari kita nikmati saja semuanya ini.
Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Fitur Terbaru Android ini Ternyata Mencontek dari IOS"

Berlangganan via Email