Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Friends With Benefits, Keuntungan dan Kerugian Punya FWB

Dalam hubungan kita dengan sesama manusia, tentu tersirat keinginan untuk bisa mendapatkan sosok yang dapat dijadikan sahabat. Tapi bagaimana jika ternyata kedekatan kita dengan sang sahabat itu telah masuk dalam kategori Friends With Benefits atau FWB?

FWB adalah istilah anak jaman now yang menggambarkan hubungan pertemanan yang kelewat dekat tapi bukan pacar atau suami-istri. Isitilah benefits atau keuntungan di sini maksutnya bisa beraneka ragam, namun pada dasarnya mengarah ke hubungan seksual. Jadi bukan pasangan resmi namun bisa dipake diajak melakukan kegiatan mantab-mantab. 

Lantas apa saja keuntungan dan kerugian dari FWB ini? Semua hal pasti punya dua sisi, baik dan buruk. Tidak terkecuali dengan hubungan aneh semacam ini. 

Keuntungan FWB

Keuntungan FWB baru bisa didapatkan jika kamu memahami benar arti dan posisi dari dirimu dalam sebuah hubungan. Memang harusnya kedua insan sama-sama menyadari bahwa mereka sebenarnya berada dalam FWB zone. 

Punya Teman Curhat

Manusia adalah makhluk pen-curhat. Dengan kegiatan mencurahkan hati, seseorang bisa masuk ke kehidupan orang lain. FWB juga biasanya diawali dari curhat.

Dengan memiliki FWB, maka seseorang tidak perlu risau lagi harus curhat ke siapa. FWB memang harusnya sudah melewati serangkaian uji klinis urusan hati dan kepercayaan, sehingga layak untuk dicurhati.

Pelampiasan 

Banyak orang menggunakan pasanagn FWB-nya sebagai pelampiasan kebutuhan batiniah alias ng3we. Tentu ini adalah hal yang umum di kalangan teman tapi mesum mesra itu. Mungkin ada yang belum siap untuk memasuki jenjang pernikahan tetapi si UDIN tidak bisa ditahan. Akhirnya larilah dia ke temannya itu. 

Melampiaskan semangat untuk bermantab-mantab kepada sahabat FWB dinilai lebih kecil mengandung resiko. Tetapi ingat. hal ini bisa mengundang maut jika ternyata ada yang merasa dirugikan. 

Bersemangat

Kantor dan ranah pekerjaan menjadi tempat untuk munculnya benih-benih FWB. Baik para lajang atau mereka yang sudah menikah, bisa saja memiliki FWB karena kedekatan dan saling membutuhkan. 

Hal ini bisa menimbulkan semangat baru. Ingin tampil lebih baik dan selalu ada alasan untuk bekerja. Alhasil karir berpotensi meningkat. 

Friends With Benefits
Friends With Benefits


Kerugian FWB

Ada banyak kasus teman FWB naik pangkat jadi suami atau istri, setidaknya pacar. Namun bagaimana jika tidak? Apa saja kerugian dari hubungan arus pendek ini?

Korban Perasaan

Karena hubungan kalian semakin dekat, maka mulailah timbul rasa baper tingkat dewa dalam dirimu. Alhasil, ketika tahu ini hanyalah sebuah FWB maka mentalmu kena. 

Kalimat-kalimat di atas dialami oleh pelaku FWB yang tidak bisa memahami posisi dan hakikat dari hubungan yang mereka jalani. 

Terlebih jika sobat FWB yang dipilih ternyata player profesional yang punya gandengan sana-sini serta dengan mudahnya meninggalkanmu.

Rawan Ghosting

Ghosting atau kesurupan ditinggal pas sayang-sayangnya juga bisa terjadi kepada orang-orang yang menjalani FWB sepenuh hati tapi tidak sadar bahwa hubungan mereka memang rentan. 

Terkungkung

Orang yang masuk ke area abu-abu seperti, jika sudah nyaman pada akhirnya akan menjadi pelakor/pebinor dan susah untuk lepas mencari kehidupan baru.

Ini adalah salah satu kerugian terbesar FWB. Kesulitan dalam mendapatkan pasangan resmi untuk mengarungi bahtera rumah tangga terjadi karena sudah kadung asyik menjalani kisah asmara dengan sang teman tapi mesra. 

***

Itulah kerugian dan keuntungan dari FWB. Kamu yang memutuskan, kamu yang menjalani. Jangan dengarkan omongan orang. Tapi jangan sampai kamu menyalahkan orang lain atas keputusanmu. Salam olahraga! 


Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Friends With Benefits, Keuntungan dan Kerugian Punya FWB "

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label