Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pasukan Terkuat Di Masa Lalu

Inilah daftar 10 pasukan terkuat di masa kuno, yakni ketika persenjataan masih menggunakan alat-alat tempur konvensional dan belum memakai senjata modern. 

Kesepuluh pasukan ini berasal dari seluruh dunia dan lintas masa. Meski sudah lama tiada, namun keperkasaannya tetap melegenda hingga sekarang. Mereka layak juga masuk sebagai bagian dari daftar pasukan terkuat sepanjang sejarah. 

Pasukan terhebat dalam sejarah
Pasukan Terkuat

Siapa saja mereka? Berikut daftar pasukan terhebat di masa lalu : 

Babilonia

Babelonia, Babilonia atau Babel adalah nama sebuah kerajaan kuno yang pernah eksis di daerah Irak dan Suriah. Kekuasaannya terbentang mulai dari Yudea hingga perbatasan Asia Tengah. Negeri ini menjadi salah satu imperium terbesar di masanya.

Kekuatan Babelonia tidak lain bertumpu pada para prajuritnya. Tentara Babelonia adalah pasukan kuno terhebat di dunia saat itu. Mereka mampu menghancurkan kerajaan kuat seperti Israel dan Persia. Mereka punya kebiasaan untuk menghancurkan wilayah dan kebudayaan yang telah mereka taklukan, termasuk membuang penduduknya ke kota-kota Babel. 

Dominasi Babel juga terlihat dari meluasnya agama Babel yang kemudian tersebar hingga ke seluruh penjuru Mesopotamia. Dewa mereka, Baal dan Ishtar akhirnya juga disembah oleh rakyat negeri taklukkan mereka. 

Bukti lain betapa kuatnya pasukan Babel adalah keperkasaan mereka dalam Perang Karkamis yang terjadi pada tahun 605 SM, dimana mereka bertempur melawan aliansi Mesir dan para sekutunya. Pada perang ini, Babelonia di bawah raja Nebukadnezzar II berhasil menang dan menghancurkan bangsa Mesir serta Asiria. 

Sparta

Pada masa Yunani kuno, rakyat mendirikan negara kota dimana diantara mereka saling bersaing. Dari semua polis atau negara kota tersebut, Polis Athena dan Sparta adalah dua yang terkuat.

Orang Sparta adalah masyarakat yang unik. Mereka memuja kekuatan dan keperkasaan. Sejak kecil anak-anak Sparta dididik menjadi calon pejuang yang tangguh, berwibawa dan berani. Itu sebabnya budaya Sparta sangat identik dengan budaya perang. Mereka juga menyembah Ares dan Zeus, dua dewa Yunani

Nama asli Sparta sendiri sebenarnya adalah Lacedaemon. Simbol mereka adalah Lambda yang merupakan huruf Yunani kuno untuk L. 

Ada banyak pertempuran yang melibatkan tentara Sparta, meski yang paling terkenal adalah Perang Thermopylae. Perang itu terjadi antara prajurit Sparta yang berusaha menghentikan invasi Persia dari Timur Tengah.  

Samurai 

Samurai adalah sebutan untuk kesatria Jepang kuno, sebelum era restorasi Meiji. Samurai ditakuti karena kekuatan dan keterampilan mereka dalam bertempur. 

Para samurai juga dikenal karena loyalitasnya kepada para master atau tuan mereka. Ini sangat erat kaitannya dengan filosofi Bushido yang dipegang erat masyarakat Jepang. 

Hun

Salah satu mimpi buruk orang Eropa adalah bangsa Hun. Sebuah komunitas nomaden yang brutal dan sering menjarah desa-desa di Eropa Tengah, Balkan hingga Italia. 

Bangsa Hun sendiri tergolong unik. Meski merupakan bangsa petualan tetapi mereka punya pasukan terkuat di era kuno yang juga menjadi salah satu lawan bagi orang Romawi. 

Pemimpin terhebat mereka disebut dengan nama Attila The Hun. Attila adalah seorang pemimpin sekaligus pejuang yang tangguh. Dia memimpin invasi ke Persia, menyerang Konstantinopel, menyerbu Perancis dan mengacak-acak kota-kota di sepanjang Sungau Rhine dan Danau Danube. 

Persia

Persia dan Media tumbuh menjadi sebuah imperium menakutkan berkat kekuatan militer mereka yang merupakan tentara terkuat di masa lalu. Pada waktu itu, Persia berhasil menguasai hampir seluruh Mediterania, sebagian besar Timur Tengah, tanah Israel hingga ke perbatasan India. 

Tidak puas hanya mencengkeram Asia, Persia juga berencana mengkolonisasi Eropa, khususnya Yunani. Persia memiliki angkatan darat sekaligus laut yang mumpuni. Salah satu kesatuan andalan mereka adalah Pasukan Abadi atau The Immortal

Makedonia

Makedonia bangkit dari sebuah kerajaan kecil bercorak Helenik menjadi salah satu imperium terbesar di dunia. Semua itu tidak lain karena kehebatan seorang Aleksander yang dijuluki Alexander The Great. 

Aleksander dan pasukannya berhasil menaklukan Yunani, Mesir, Persia, sebagian India, Asia Tengah, hingga Levant. Pasukan Alexander yakni tentara Makedonia adalah yang terkuat saat itu. Mereka mampu bertarung di hampir semua jenis medan. Mereka juga punya stamina yang prima sehingga dapat mendukung invasi ke negeri-negeri yang jauh. 

Templar

Pasukan Templar atau Knights Templar adalah satuan militer yang sangat ditakuti, khususnya pada masa Perang Salib awal. Mereka berhasil mengalahkan pasukan Muslim. Di awali dari peristiwa yang disebut Pengepungan Askalon, nama Templar melejit.

Pada waktu itu, sekitar tahun 1153, Templar dan satuan pasukan Salib lainnya berhasil mengepung Askalon yang merupakan basis pusat dari Kekalifahan Mesir Fatimiyah. Mereka berhasil ditaklukan. Tidak hanya itu, pasukan Templar juga berperang dalam berbagai perang, antara lain Perang Hattin, Pembebasan Jerusalem, Penaklukan Tripoli dan Perebutan Acre. 

Templar sebenarnya adalah sebuah ordo Kristen yang bernama Bala Pasukan Miskin Yesus dan Pelindung Bait Suci Salomo. Jumlah mereka membesar menjadi sekitar 20.000 personel. Pendiri mereka adalah Hugues De Payens. 

Akhir cerita Ksatria Templar sungguh mengejutkan. Mereka kemudian dimusuhi oleh pemerintah negara-negara Eropa dan bahkan Gereja sendiri. Banyak mitos yang belum bisa dipastikan kebenarannya yang berkembang terkait Ksatria Templar, semisal hubungan mereka dengan organisasi bernama Illuminati

Mongol

Inilah salah satu pasukan paling mengerikan dalam sejarah umat manusia. Mereka datang, menghancurkan dan menguasai negeri-negeri tetangga dan negeri-negeri yang jauh. Mereka adalah Pasukan Mongol.

Pasukan Mongol disebut punya imperium yang sangat besar, terbentang dari Cina, Rusia, Asia Tengah, India hingga Timur Tengah. Saking besarnya, wilayah-wilayah itu dibagi-bagi menjadi beberapa kekhanan atau kerajaan yang dipimpin para Khan

Pada masa Jengis Khan, Mongol bahkan mampu mencapai puncaknya, meski gagal menguasai Jepang dan Jawa. Namun karena negeri yang terlampau luas, Khan lalu memecah kerajaan menjadi empat, masing-masing berpusat di Cina, Rusia-Ukraina, Timur Tengah dan Asia Tengah-India. Hal cukup brilian namun juga menjadi titik awal kehancuran Mongol, karena masing-masing ternyata juga terlibat persaingan tidak sehat. 

Viking

Berasal dari Wilayah Skandinavia, Viking menyerbu seluruh Eropa, menenggelamkan benua itu dalam kengerian yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Orang Viking memang perompak sejati, meski awalnya mereka adalah petani dan pedagang. Kekuatan armada Viking diimbangi dengan pasukan yang tak kenal takut. Bagi mereka, mati di medan perang akan diberi ganjaran surga yang disebut Valhala

Orang Viking menyembah Odin, dewa utama agama Nordik. Meski begitu, pada akhirnya mereka menjadi pemeluk Kristen yang taat dan mulai meninggalkan jalan kekerasan. 

Romawi

Sudah tidak diragukan lagi, Romawi adalah imperium terbesar di dunia. Imperium ini hanya bisa dikalahkan oleh Imperium Britania dari Inggris.

Kenapa Romawi bisa begitu kuat? Karena mereka punya pasukan terkuat sepanjang sejarah, yakni Legiun Romawi

Legiun sangat tangguh. Mereka berperang menggunakan taktik yang cerdik. Selain itu militer Romawi juga sudah mengenal sistem prajurit profesional dan sistem pensiun. Orang non Romawi juga bisa menjadi anggota Legiun Romawi. 

Itulah sekilas 10 pasukan terhebat di dunia kuno. Mana yang merupakan pasukan terkuat favoritmu? Silahkan tulis di kolom komentar. 

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "10 Pasukan Terkuat Di Masa Lalu"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini