Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal dan Memahami Apa Itu E-Sport

Pengertian E-Sport

E-sport adalah kependekan dari electronic sport atau olahraga elektronik. Secara singkat, definisi e-sport adalah games komputer yang menjadi sarana kompetisi oleh para pemain. Sebenarnya semua game komputer yang bersifat persaingan atau kompetitif bisa dijadikan e-sport, misal Valorant, PUBG atau Free Fire. Hanya saja hingga saat ini hanya 'segelintir' game PC maupun Android yang menjadi e-sport.

Atlet E-Sport

Kepopuleran e-sport semakin besar dan sudah menyentuh level global, khususnya sejak hadirnya smartphone gaming. Artinya tidak hanya didominasi Amerika Serikat dan Asia Timur saja. Bahkan di Indonesia, sudah bermunculan klub e-sport yang menaungi para atlet e-sport.

daftar game yang masuk esports
e-sport


Pendapatan Atlet E-Sport?

Darimana para atlet e-sport mendapatkan uang? Ada beberapa sumber dana yang diduga bisa menjadi pemasukan bagi para atlet e-sport, antara lain :

  • Hadiah kompetisi.
  • AdSense dari Youtube.
  • Endorsement 
  • Menjadi Brand Ambassador

Tentu bisa jadi ada kontrak-kontrak yang berisi nominal yang tertentu yang dibayarkan kepada para atlet, namun hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Pemain E-Sport Indonesia

Ada beberapa pemain e-sport asal Indonesia yang sudah cukup dikenal luas oleh publik. Mereka diantaranya adalah : 

Para pemain e-sport semakin naik daun usai Pemerintah Republik Indonesia juga menunjukkan dukungannya bagi perkembangan olahraga elektronik tanah air.

Game E-sport Populer

Dilansir dari Lineups, ada empat jenis games yang dimainkan di e-sport, yaitu : 

  1. Sports games
  2. Fighting games
  3. FPS (First Person Shooter)
  4. Strategy games

Satu jenis dari empat tipe game tersebut bisa terdiri dari ratusan judul game. 

Sports Games

Ini adalah game elektronik yang dimainkan di konsol, PC ataupun android. Games ini bisa dalam bentuk online ataupun offline. Beberapa sports games yang terkenal antara lain adalah Football Manager, FIFA, Winning Eleven, Gran Turismo Sport, Rocket League dan Pro Evolution Soccer.

Fighting Games

Ini adalah games yang memungkinkan para pemain untuk bertarung, baik duel maupun tawuran. Beberapa judul games fighting antara lain adalah Takken, Marvel vs Capcom, WWE, Street Fighter dan lainnya.

FPS 

Banyak judul games FPS yang terkenal, khususnya di Indonesia. Beberapa contohnya Counter Strike dan Call of Duty.

Strategy Games

Permainan yang tergolong Strategy Games juga termasuk RTS dan MOBA, misalnya Free Fire, Mobile Legends, AOV, Dota, Angry Birds dan Supermario Bross.

Kontroversi E-sport

Ada beberapa kontroversi e-sport, dan ini beberapa diantaranya:

  1. Apa benar e-sport termasuk olahraga yang bisa disejajarkan dengan aktivitas full body contact dan olah jasmani seperti sepakbola, gulat atau atletik?
  2. Apakah e-sport hanyalah kepanjangan dari para perusahaan pengembang games untuk mendapatkan keuntungan?
  3. Sudah ada bukti bahwa banyak generasi muda yang mengalami efek negatif dari kecanduan e-sport dan tidak mendapatkan apapun seperti yang didapatkan para pemain pro. 

Demikian bahasan kali ini tentang E-sport dan jenis-jenisnya. Tetap sehat dan semangat serta jadilah orang sukses. 

Adi
Adi Saya adalah seorang bloger yang sudah mulai mengelola blog sejak 2010. Sebagai seorang rider, saya tertarik dengan dunia otomotif, selain juga keuangan, investasi dan start-up. Selain itu saya juga pernah menulis untuk media, khususnya topik lifestyle, esai lepas, current issue dan lainnya. Blog ini terbuka untuk content placement, sewa banner atau kerja sama lain yang saling menguntungkan.

Posting Komentar untuk "Mengenal dan Memahami Apa Itu E-Sport"