Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menang Main Football Manager 2022

Football Manager atau yang biasa disebut FM adalah sebuah permainan digital dimana pemain berperan sebagai seorang manager. Jadi main FM beda dengan main Winning Eleven ataupun Pro Evolution Soccer yang mana kamu berfokus pada setiap pertandingan dan mengendalikan para pemain di lapangan dengan kontrol penuh.

Di FM, kamu adalah seorang manager yang justru harus fokus pada beberapa hal yang jauh lebih fundamental, seperti menyusun formasi, menaikkan performa tim, membentuk tim, mengelola keuangan dan bahkan menaikkan moral serta motivasi bermain setiap pemain yang kamu miliki dalam tim.

football manager 2022
FM 2022

Dalam artikel kali ini, Catatan Adi yang adalah sahabat para gamer, khususnya yang bergenre sport game, akan memberikan kamu arahan bagaimana cara menang terus main Football Manager. 

Sebelum kita membahas langkah-langkah dan tips main FM terbaru, kamu harus tahu bahwa game ini sangat spesial. Kenapa bisa dibilang demikian? Tentu ada alasannya, antara lain : 

  1. Game ini sangat terkenal di kalangan pesepakbola maupun pelatih sepakbola di dunia nyata.
  2. Performa seorang pemain selalu di-update dan bisa naik-turun seiring dengan berjalannya kompetisi. Inilah nikmatnya karena kamu sebagai seorang head coach atau team manager harus benar-benar mencari cara jitu agar budget tidak terbuang sia-sia.
  3. Banyak pencari bakat yang memantau game ini untuk kemudian mengangkat pamor pemain-pemain muda. 
  4. Game ini sudah banyak dipertandingkan dalam acara esport resmi, baik itu skala regional ataupun internasional.

Fondasi Utama Bermain Football Manager

Menjadi seorang FM player yang profesional juga terbuka lebar, khususnya bagi kamu yang memang mencintai dunia sepakbola dan paham taktik serta strategi dalam menyusun tim yang kuat. 

Ingat, sekali lagi ini berbeda dengan misalnya bermain PES di Playstation 3, karena kamu berperan seorang pengatur dari balik layar. Ada beberapa hal yang perlu kamu pahami. Poin-poin di bawah ini juga berkaitan dengan tips menang dan sukses main FM 2022.

  • Memilih tim.
  • Menyusun tim berdasarkan budget.
  • Memiliki taktik bermain dan fondasi permainan yang jitu.

Tiga poin di atas adalah yang paling basic bagi seorang manager. Kamu berhak membelanjakan dana yang ada untuk memilih pemain, bisa dengan membeli seorang pesepakbola terkenal yang sudah punya pengalaman di berbagai event besar atau justru sebaliknya : berburu wonderkid

Wonderkid adalah sebutan untuk seorang pesepakbola muda yang memiliki potensi besar karena kemampuannya. Di dunia nyata, soso Sir Alex Ferguson telah berhasil mengisi Manchester United dengan banyak sekali wonderkid, misalnya Beckham, Giggs dan Scholes di era 90an, serta Ronaldo dan Nani di tahun 2000an. 

Tips Menang Main FM 2022

Ada ratusan tips yang bisa kamu dapatkan di situs atau blog lainnya, namun di sini, kami akan bantu kamu jadi manager hebat hanya dengan tips-tips sederhana. Semua kembali ke kamu. Apakah kamu bisa menerapkan tips ini dengan baik? 

Semua orang bisa sukses main FM asal memang berhasil menguasai langkah-langkah jitu dalam mengatur tim. Dan semua itu butuh waktu. Untuk itu, kesabaran juga adalah hal yang penting. 

Lantas apa saja dan bagaimana cara menjadi manager hebat sekaligus menang terus di FM 2022 ini? Sudah tidak sabar? Ini dia jawabannya.

Memilih Tim

Langsung saja ya, jangan pilih tim kecil. Pilihlah tim yang memang sudah punya nama, berpengalaman, berdana besar serta punya tim yang berisi pemain hebat.

Mungkin di blog game atau situs bola lainnya kamu akan diberi nasehat sebaliknya, yakni memilih tim yang kecil dari liga antah berantah untuk kemudian membuat sebuah sejarah baru. 

Itu tidak perlu. Kamu akan kesulitan. Kamu justru butuh tim yang memang sudah punya fondasi yang kuat. Memang pada dasarnya kamu harus beli wonderkid dan itu adalah hal yang wajib dilakukan. Namun jika timmu sudah ada Neymar, Messi dan Mbappe, tentu kamu tidak perlu bersusah payah lagi bukan.

FM memiliki database lengkap dari puluhan ribu pemain profesional yang ada di dunia nyata yang bermain untuk puluhan liga antah berantah. Inilah kenikmatan selanjutnya, yakni berburu new talent. tapi langkah awal adalah : pilih tim yang benar. 

Berikut adalah daftar 7 tim besar yang bisa dipertimbangkan untuk kamu manage sebagai seorang manager di FM. 

  1. PSG
  2. Bayern Munchen
  3. Newcaste United
  4. Barcelona
  5. Ajax
  6. Chivas Guadalajara 
  7. Liverpool 

Selanjutnya ada juga beberapa tim 'medioker' yang bisa kamu pilih untuk main di FM yang punya potensi besar untuk sukses : 

  1. Inter Miami
  2. Lyon
  3. St Pauli 
  4. Atlethic Bilbao
  5. Scalke 04
  6. Las Palmas 
  7. Palermo

Ingat ini hanyalah saran. Coba eksplorasi sendiri. Caranya adalah dengan bergabung di grup-grup para pecinta FM 2022 dan mengikuti perkembangan klub. Saran dari sesama manager tentu akan sangat berharga. 

Menyusun Tim 

Langsung saja ya. Dalam tips kedua ini, kamu harus fokus untuk membangun tim yang kuat dalam mengarungi kompetisi. Ini bukan lomba lari sprint, tetapi marathon yang cukup panjang. Kamu harus bijak. Beberapa tips ini pasti akan sangat berguna : 

  1. Belilah wonderkid yang bagus. Lihatlah dan amati pergerakan bursa pemain. Pilih pemain yang tidak akan menuntut gaji tinggi. Untuk itu, kamu perlu melihat saran di grup-grup tentang pemain-pemain yang memang layak dibeli.
  2. Jual pemain yang jadi beban klub.
  3. Jangan terlalu banyak pemain. Tetapi pastikan tiap posisi punya pelapis karena resiko cidera di tengah musim adalah hal yang perlu dipikirkan.
  4. Ada fitur pinjam pemain. Ini harus kamu manfaatkan karena bisa saja kamu menemukan hidden gems yang bagus untuk masa depan dengan budget murah. Jika tidak cocok, tinggal kembalikan.
  5. Jangan jual pemain bintang berlebihan demi mengejar keuntungan finansial.
  6. Susun staf yang tepat yang diisi orang-orang yang memang profesional. 

Mengatur Strategi

Oke, sekarang tentang strategi. Semuanya akan terasa mudah jika kamu memang bermain sebagai manager untuk tim yang sudah siap secara keseluruhan dalam mengarungi kompetisi. Jadi strategi hanyalah pelengkap saja sebenarnya. Ini dia tips sukses main FM dilihat dari segi pengaturan strategi. 

  1. Siapkan satu strategi permainan utama, misal tiki-taka ala Barcelona. Kemudian siapkan juga satu strategi pelapis, misal tika-taka vertikal ala Bayern Munchen atau Arsenal. Ini bisa dilakukan jika kamu memang paham posisi pemain dan kelebihan setiap pemain. Jangan kebanyakan ganti strategi. 
  2. Biasakan kamu punya 2 orang striker yang terus bermain untuk tim dalam waktu yang lama. Ini bertujuan agar mereka makin tajam. Tidak perlu banyak striker, tetapi tetap siapkan pelapis.
  3. Siapkan beberapa pemain untuk bermain di lebih dari dua posisi. Pemain seperti Virgil Van Dijk sebenarnya bisa bermain sebagai defender sekaligus central midfielder dan defending midfielder. Pemain seperti Neymar bisa jadi FW, ST ataupun penyerang lubang yang mematikan. 
  4. Pastikan kamu punya dua keeper yang sama baiknya, karena ini juga bagus untuk menjaga performa team dalam mengarungi musim yang panjang. 
Demikian tips menang dalam menjadi pemain Football Manager 2022. Nantikan berbagai tips games lainnya dari blog tercinta Anda, Catatan Adi. Kunjungi juga post lainnya, misal cara mengatur strategi di Winning Eleven

Adi
Adi Saya adalah seorang blogger yang sudah menulis di blog sejak 2010. Blog ini terbuka untuk berbagai kerjasama, seperti sewa banner, content placement ataupun review produk.

Posting Komentar untuk "Cara Menang Main Football Manager 2022"