Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Menjadi Agen Properti Handal

Catatan Adi - Seperti janji kami pada artikel mengenai 12 peluang usaha potensial anak milenial, kali ini kita akan bersama-sama membahas prospek dan tips menjadi agen properti. 

Agen properti adalah suatu profesi yang secara umum memiliki fungsi : 

  1. Membantu pemilik rumah menjualkan properti mereka.
  2. Membantu pembeli mendapatkan rumah idaman mereka.
  3. Menyiapkan segala hal terkait promosi, edukasi dan lainnya terkait proses jual-beli tersebut. 

Meski pada dasarnya suatu proses jual beli rumah bisa terlaksana tanpa adanya broker atau agen properti, namun menggunakan jasa seorang penjual rumah tetaplah pilihan jitu.

Memakai Jasa Agen Properti

Mengapa? Berikut adalah keuntungan atau kelebihan dalam menggunakan jasa agen properti : 

  • Lebih cepat terjual. Agen properti handal memiliki jaringan yang luas dan metode pemasaran tertentu yang tentu saja akan membuat rumah cepat terjual. 
  • Lebih mudah. Biasanya agen properti juga akan membantu proses pengurusan balik nama, pajak, dan materi promosi penjualan sehingga pemilik bisa lebih santuy dan tidak repot. 
  • Aman. Agen properti tentu akan membantu proses dari promosi hingga pembayaran selesai. Beberapa agen properti juga biasanya menawarkan proses pengurusan KPR dan administrasi sejenis sehingga penjual tinggal menerima uang hasil penjualan. 

Jika dilihat dari daftar kelebihan menggunakan jasa broker dalam menjual rumah yang begitu penting, mengapa pula banyak orang yang enggan melakukannya dan memilih menjualkan secara langsung tanpa perantara? Ternyata ada juga kekurangan menggunakan agen rumah, antara lain : 

  • Komisi. Penjual rumah nantinya harus memberikan fee atau komisi atas jasa yang sudah dilakukan agen dalam menjual rumahnya. Berapa fee dari broker properti. Cukup besar, yakni kisaran 2% hingga 6%.
  • Tidak kompeten. Ini yang sangat disayangkan. Karena suatu hal, seseorang malah bertemu agen properti yang tidak kompeten, akibatnya rumah lama terjual atau terjual dengan harga murah. 

Tentu jika Anda adalah seorang agen properti yang hebat dan jempolan, klien akan puas pada Anda. Alhasil jasa Anda dalam menjual rumah juga akan terus digunakan. Bisa tidak mungkin itu akan meningkatkan karir Anda di bidang ini. 

Agen Properti : Freelance Vs Non-freelance

Ada dua jalur yang bisa Anda pilih dalam memulai karir sebagai agen properti. Pertama yaitu sebagai freelance. Kedua, bergabung dengan perusahaan penjualan properti seperti Era, Ray White, dll. Keduanya memiliki benefit dan kekurangan masing-masing yang sekiranya sudah Anda ketahui. 

Cara Menjadi Agen Properti 

Sebenarnya alur menjadi agen properti sangat sederhana. Secara umum, alurnya adalah sebagai berikut ini : 

  1. Menemukan rumah atau properti yang akan dijual.
  2. Memperkenal diri kepada pemilik rumah.
  3. Menawarkan jasa penjualan.
  4. Promosi dan melakukan pemasaran.
  5. Mendapatkan calon pembeli.
  6. Bernegosiasi.
  7. Membantu hingga terjadinya dan selesainya transaksi. 

Tentu alur yang sederhana seperti itu pada praktiknya tidak mudah. Anda harus memiliki strategi jitu agar bisa berhasil dalam menawarkan dan menjualkan properti kepada para calon pembeli.

TIPS MENJADI AGEN PROPERTI SUKSES
TIPS SUKSES JADI AGEN PROPERTI


Tips Menjadi Agen Properti Sukses

Dalam rangka menjadi agen properti yang sukses, maka ada beberapa tips ataupun strategi yang bisa Anda lakukan. Beberapa diantaranya memang perlu effort lebih, namun mengingat keuntungan yang didapatkan, rasa-rasanya semua tidak terasa berat. 

  • Tingkatkan networking. Dengan rajin menambah jaringan, maka peluang untuk mendapatkan klien atau calon pembeli akan semakin besar. Untuk hal ini, maka Anda perlu rajin-rajin mengikuti even baik yang berkaitan dengan properti ataupun yang tidak ada kaitannya sama sekali. Intinya adalah datangi kerumunan dan jalin pertemanan sebanyak-banyaknya.
  • Personal Branding. Ini juga penting. Jagalah citra diri Anda sebagai seorang agen properti yang profesional, jujur, handal dan bertanggung jawab. Pilihlah rumah yang memang tidak bermasalah. Jujurlah pada klien. Utamakan kepentingan klien. Jangan suka menunda atau membatalkan janji. Urus semua tanggung jawab Anda dengan baik. Citra diri ini penting untuk bisa menjaga karir Anda dalam jangka panjang. 
  • Mudah dihubungi. Anda harus menyiapkan segala hal yang memungkinkan klien menghubungi Anda dengan berbagai jalan : email, whatsapp, sms, no telpon, Line, Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Jangan sampai kesempatan hilang percuma karena orang sulit menghubungi Anda. 
  • Database. Andaikan ada calon pembeli yang tidak jadi closing, jangan putuskan hubungan. Tetap catat namanya dan buatlah semacam database. Isi database tersebut dengan berbagai keterangan selengkap-lengkapnya. Database yang lengkap akan membantu Anda menemukan klien yang tepat. 
  • Pelajari skill marketing dan penjualan. Menjual itu adalah sebuah seni sekaligus pengetahuan. Meski terdengar susah tapi tetap bisa dipelajari. Tingkatkan keterampilan menjual Anda, termasuk khususnya dalam hal menawarkan rumah atau properti yang akan dijual. Manfaatkan media sosial dan website untuk bisa sebagai sarana marketing. Selain itu pelajari juga 10 skill wajib untuk anak milenial agar selalu sukses dan karir bersinar. 
*****

Itulah tips dan panduan untuk menjadi agen properti handal. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya seputar dunia anak milenial, seperti strategi investasi saham untuk pemula.

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Panduan Menjadi Agen Properti Handal"

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pilihan Hari Ini