Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menaikkan Traffic Blog Hingga 315% Dalam Waktu Singkat

Dalam dunia marketing, mendapatkan perhatian dari calon pembeli adalah sesuatu yang sangat penting. Hal yang sama juga terjadi dalam dunia SEO ataupun blog, yakni mendapatkan perhatian dari calon pembaca sehingga trafik blog bisa meningkat.

Jika Anda melihat judul artikel ini, lalu penasaran, maka selamat karena Anda sudah mendapatkan satu ilmu baru yang sebenarnya sangat klise, yaitu optimasi judul postingan untuk menaikkan jumlah pembaca blog.

PANDUAN LENGKAP MENINGKATKAN TRAFIK BLOG
MENINGKATKAN TRAFIK BLOG

Sekarang, mari kita langsung saja ke inti masalahnya dan berhenti membuang waktu Anda yang sangat berharga. Jadi, Anda ingin menaikkan trafik blog atau jumlah visitor situs Anda tetapi tidak tahu caranya, benar bukan? Jangan khawatir, karena permasalahan tersebut juga dialami oleh jutaan blogger di luar sana. Jadi jangan terlalu frustasi apalagi menganggap Anda istimewa. Tidak sama sekali. Anda sama dengan jutaan pemilik situs di berbagai belahan bumi. 

Sekarang mari kita pecahkan bersama permasalahan klasik ini. Oke, kami sungguh yakin sebelumnya Anda dan jutaan orang lainnya pasti sudah membaca banyak sekali tutorial yang menarik dari blog-blog ataupun nasihat yang mungkin saja terdengar indah dari mereka yang katanya suhu di bidang blogging. Yuk, kita rangkum bersama beberapa nasihat tersebut : 

  1. Pelajari SEO. Sayang sekali, nasihat ini juga tidak terlalu bermanfaat. Kenapa? SEO itu luas, dan tidak mudah untuk dipelajari. Terlebih, andai Anda mampu, bukankah kompetitor juga melakukannya? Menerapkan SEO, sesuatu yang juga Anda lakukan. 
  2. Backlink. Waspadalah kawan, tautan atau pranala bisa saja menguntungkan tetapi juga berpotensi menghancurkan blog Anda. Di tahun 2021 ini, melakukan teknik beli tautan tanpa strategi yang tepat selain bisa membuat situs hancur juga berpotensi membuat Anda miskin. 
  3. SMM alias Social Media Marketing. Ini juga terdengar bagus dan mungkin sekali ini bisa menjadi salah satu nasihat paling brilian dan bisa diterapkan. Namun, ingat kawan. Jaman sekarang, musuh Anda adalah pemodal besar yang bertransformasi jadi blog. Ngakunya media ekonomi tapi isinya tidak ada bedanya dengan blog personal. Namanya mentereng dan berbau olahraga tetapi juga bahas perselingkuhan artis. Nah, kenapa mereka melakukannya? Demi uang. Dan demi uang, mereka juga siap bakar uang, termasuk melakukan SMM juga
  4. Content is the king. Oke, sepakat. Tidak ada masalah dengan itu. Tetapi Anda tetap butuh tempat untuk memajang konten Anda. Bayangkan Anda punya kue yang sangat lezat hasil resep rahasia nenek moyang yang dijamin orang rela beli setelah mencicipinya. Benar, bukan? Tetapi Anda tidak punya etalase. Lalu darimana orang tahu, kalau ada kue lezat yang sudah Anda buat? Sama seperti konten. Jika tulisan Anda hanya ditampilkan di halaman kelima dalam hasil pencarian Google, lantas siapa yang akan mengunjungi? Semata-mata hanya mengandalkan konten itu strategi dua belas tahun yang lalu, saat blog masih benar-benar blog. Anda tidak bisa hanya melakukan ini. 
  5. Kecepatan Blog. Ini yang terbaru. Ada para blogger yang memuja kecepatan. Mereka merasa gatal-gatal kalau blognya dianggap lambat oleh situs penilai. Padahal apa guna punya blog loading supercepat jika kontennya buruk, tata letak berantakan dan tidak informatif sama sekali?

Kelima hal di atas dan mungkin masih banyak lagi lainnya akan sering Anda temui di artikel yang membahas tentang cara mendapatkan visitor banyak untuk blog. 

Ingat, mereka juga sedang berjuang mendapatkan visitor, antara lain dengan : 

  • Membidik niche atau keywords yang jelas ramai, yakni cara dapat visitor.
  • Membuat konten yang bikin pembaca terpukau dengan pembahasannya walau belum tentu mereka melakukan semua yang mereka tulis. 

Jadi, bagaimana? Apakah sekarang Anda sudah sadar ada yang tidak beres? Benar sekali, Anda sudah melakukan semua yang ditulis namun visitor Anda setiap harinya cuma segitu saja, paling 1000 views perhari. Apalagi motivasi Anda adalah kaya lewat Google AdSense, dijamin makin merana ente semuanya mengandalkan pemasukan dari blog yang kecil. 

Sadarlah, kawan. Di tahun 2021 ini sampai seterusnya, mendapatkan pengunjung dan cuan banyak dari Google AdSense itu makin susah. Jangan percaya dengan tutorial ndakik-ndakik yang belum tentu penulisnya juga sukses setelah melakukannya. Jaman sudah berubah, bisa jadi itu formula usang yang berhasil jika diterapkan 3 tahun yang lalu

Lantas apakah mendapatkan banyak pembaca dalam waktu singkat adalah sebuah hal yang mustahil, misal mendapatkan 10.000 pembaca setiap hari untuk blog? Bisa! Saya kasih tahu caranya : 

  1. Buat konten yang kontroversial. Contoh mengenai affair dari artis yang sedang naik daun, artis ini pindah agama, cara kaya tanpa kerja atau kisi-kisi lolos CPNS.
  2. Kasih gambar yang heboh dan bikin orang penasaran buat klik. 
  3. Bagikan di facebook, twitter dan WA grup ibu-ibu, bapak-bapak atau tante-tante.
  4. Daftar FB Ads. Ini wajib supaya postingan makin sering muncul.
  5. Tunggu tiga hari. Trafik Anda akan jebol 10.000 views atau bahkan visitor sehari.

Kelihatan mudah bukan, padahal enggak. Sampai kapan mau menipu pembaca seperti itu. Konten isinya 300 kata tapi dibagi jadi 5 halaman. Judul tulisan tidak ada kaitannya dengan isi berita. Malah isinya ngawur dan cenderung bukan hasil riset. Orang yang cerdas cuma bakal sekali ketipu. Kalau mengandalkan Google AdSense atau MGID sekalipun tetap saja Anda tidak akan untung. Rugi di FB Ads. 

Jadi jelas, cara di atas jangan ditiru, kecuali memang tujuannya bukan buat membangun blog, namun sebagai ajang cari sensasi. Silahkan saja. 

Baca artikel berjudul Long Tail Keyword dan cara pemanfaatannya yang akan memberikan Anda wawasan untuk mencari celah dari kerasnya persaingan SEO. 

2 Tahap Mendatangkan Trafik

Sebenarnya kunci dalam mendatangkan pembaca untuk mampir ke blog Anda cuma dua saja, tidak lebih. Bisa lebih tapi dua ini yang wajib, meskipun kalau dijalankan susahnya minta ampun. Apa saja tahap dalam mendapatkan visitor blog?

  1. Membuat konten bermutu.
  2. Mempromosikannya.

Benar, hanya ada dua tahapan utama saja, lainnya tidak terlalu penting untuk dilakukan. Bahkan tanpa melakukan yang lain, misal beli domain ataupun langganan plugin tertentu, Anda tetap bisa mendapatkan 10.000 pembaca setiap hari, asalkan dua langkah di atas dilakukan dengan tepat. 

Masalahnya adalah tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana agar Anda membuat konten yang bermutu yang sesuai blog Anda lalu mempromosikannya dengan efektif. Kok bisa? Bisa saja karena tiap orang punya karakteristik berbeda. Apalagi blog Anda pasti beda sama blog Catatan Adi, baik dari segi niche, umur, gaya bahasa, target pembaca hingga upaya optimasi. Benar, khan?

Tips : Pahami cara membuat konten yang bermutu. Cari referensi yang kredibel dan lakukan teknik menulis ATM. Teknik ini sangat bermanfaat dan sudah diakui keunggulannya oleh para penulis dalam menghasilkan artikel berkualitas. 

Cara Meningkatkan Trafik 10.000 Visitor Blog

Nah sebenarnya artikel ini layak untuk berhenti sampai sini saja, karena sudah membeberkan cara untuk meningkatkan pembaca alias trafik blog, yakni membuat konten dan mempromosikannya. Cukup dua saja. 

Namun, kami akan ulas cara-cara lainnya yang bisa dilakukan agar blog Anda ramai pembaca, misalkan mendapatkan 10.000 pembaca dalam waktu satu hari secara konstan. Apa saja caranya?

Cara 1 : Modal Adalah Segalanya 

Ingat, semua terasa jauh lebih ringan jika Anda punya modal. Sama-sama sakit tapi kalau yang satu punya uang, tentu lebih baik daripada temannya yang juga sakit tapi tidak punya uang. Sama, blogging juga begitu. 

Jika Anda punya uang, atau modal, maka satu masalah selesai. Masalah berikutnya adalah cara membelanjakan uang tersebut dengan tepat agar sesuai dengan tujuan utama Anda, mendapatkan trafik berlimpah. 

Meski demikian, setidaknya selain punya duit, Anda juga harus paham beberapa hal seperti dasar-dasar ngeblog, menilai kualitas artikel, dasar-dasar SEO, hingga setidaknya tahu kayak apa sih selera netijen Indonesia ini. Anggap saja Anda punya itu semua plus uang, lalu apa yang harus dilakukan?

  1. Membuat blog yang baik. 
    • Menyewa seorang pembuat web.
    • Menyewa domain / hosting. 
    • Membeli tools pendukung, misal SEMrush atau Ubbersuggest.
  2. Menyewa dan membentuk tim pembuat konten yang setidaknya terdiri dari : 
    • 5-10 penulis berpengalaman. 
    • 2 orang SEO expert untuk memoles konten agar SEO.
    • Seorang editor yang cakap, bukan abal-abal. 
  3. Membuat strategi promosi
    • Promosi ke sosial media.
    • Bikin lomba blog.
    • Bikin even.
    • Melakukan content placement

Jika Anda punya modal untuk melakukan itu semua, rasa-rasanya tidak masalah. Trafik pasti naik. Sebesar apa kenaikannya akan berbanding lurus dengan besarnya modal dan ketepatan strategi yang Anda susun, khususnya dalam hal memilih personel. Maka dari itu di sini berlaku dua adegium : jer basuki mawa bea alias semua hal butuh biaya. Adegium kedua, carilah right men for the right places

Bagaimana kalau Anda mau keluar modal? Mustahil bisa sukses dalam waktu singkat. Anda akan kelelahan karena pada dasarnya dibutuhkan waktu lama untuk bisa menghasilkan konten bagus sekaligus bisa bersaing dengan kompetitor. 

Menjadi blogger bukanlah pekerjaan untuk orang yang tidak sabaran serta bermental lembek. Kalau tidak mau keluar modal maka harus mau bersabar, mungkin tiga tahun mungkin lima tahun atau lebih. 

Menjadi blogger juga jauh lebih sulit jika harus bermain secara single fighter. Karena Anda harus berperan menjadi 7 personal sekaligus alias mengemban setidaknya 7 tanggung jawab secara bersamaan, yakni : 

  1. Menjadi content creator. Anda sebagai blogger yang berjuang sendirian haruslah membuat konten. Bukan sembarang konten melainkan yang berkualitas dan disukai pembaca. Satu posisi ini saja bisa jadi sudah sangat melelahkan buat para newbie atau blogger pemula. Untuk blogger senior yang ahli menulis, tentu ini adalah makanan lezat alias pekerjaan idaman yang menantang namun tidak terlalu sulit. Meski demikian, ingat ini baru satu tugas. 
  2. Menjadi SEO expert. Tugas selanjutnya menjadi SEO expert atau orang yang khusus mengurusi SEO. Bisa jadi konten tadi enak dibaca tapi gagal memenuhi kaidah SEO. Nah, disilah seorang ahli SEO turun tangan. Sampai di sini, tugas Anda sudah cukup berat. 
  3. Menjadi investor. Di tambah lagi, Anda harus mengurusi pembayaran nama domain, membeli template blog, dll. Tentu Anda harus menjadi investor, sekecil apapun biaya yang Anda keluarkan. Tidak masalah jika memang ada biayanya. 
  4. Menjadi planner. Apa topik yang harus diulas seminggu ini, minggu depan, bulan depan dan tahun depan? Anda butuh seseorang untuk membuat rencana strategis dan jika tidak mau keluar biaya, maka lakukan sendiri. Di titik ini, semua makin nyata terlihat mustahil dilakukan dalam waktu singkat. 
  5. Menjadi web developer. Ternyata jiwa SEO Anda menangkap adanya perubahan di bidang algoritma Google, maka hal tersebut tentu berimplikasi pada perubahan tata letak blog termasuk juga mungkin perubahan struktur kode dari template yang dipakai. Anda harus paham minimal bahasa html ataupun CSS jika tidak mau menyewa web developer. Ini belum termasuk kasus serangan saiber yang cukup mengerikan. 
  6. Menjadi Social Media admin. Jika memang masih bisa bertahan dan melakukan segalanya, maka Anda luar biasa. Tapi sudah pasti hasilnya tidak maksimal. Jaman sekarang Anda harus memaksimalkan sosial media, misalnya Twitter, Pinterest dan Facebook. Tiga itu saja sudah sangat melelahkan. Anda harus membuat copywriting yang bagus agar orang mau mengklik postingan. Menjadwalkan unggah konten termasuk menjawab komentar yang ada. 
  7. Menjadi pencari dana. Sampai kapan menulis blog tanpa adanya keuntungan? Menulis secara profesional artinya mendapatkan bayaran dari kegiatan Anda. Kalau Anda melakukan banyak hal hebat tetapi secara sukarela, itu oke saja asal Anda kaya dari lahir. Semua hal di atas hanya bisa dilakukan blogger penuh waktu, bukan orang yang iseng-iseng ngeblog. Nah, untuk bisa nulis dan ngeblog, Anda butuh makan. Untuk bisa beli makan, Anda butuh duit. Mampukah blog Anda menghasilkan uang. Kalau dari AdSense saja mustahil. Terlampau kecil, kecuali Anda tahu cara meningkatkan pendapatan dari Google AdSense. Anda harus membuka kerja sama. Di sinilah peran Anda bertambah, yaitu memikirkan cara untuk menghasilkan uang dari blog, bisa menyebar iklan di facebook, menawarkan jasa di Upwork dan Sosiago hingga mendatangi langsung perusahaan yang sekiranya mau diajak kerjasama. 
Intinya Anda akan kelelahan. Semua rencana bisa saja berhasil tetapi tidak maksimal dan optimal. Untuk itu, Anda wajib punya modal agar bisa mendelegasikan tugas-tugas yang ada. Bisa saja nanti blog Anda berkembang menjadi misalnya Kumparan atau Mojok jika dana Anda besar dan sukses merangkul orang-orang hebat di tim. 

meningkatkan trafik blog dengan modal besar
Meningkatkan trafik blog, Cara 1


Cara 2 Membeli Blog 

Benar, Anda tidak salah membaca, cara selanjutnya adalah membeli blog. Bisa saja ada blog yang memenuhi kualifikasi atau kondisi berikut : 

  • Usia panjang, mungkin dibuat sejak tahun 2002.
  • Kaya konten berkualitas.
  • Banyak postingannya yang masuk page one Google, Bing maupun Yahoo!
  • Punya otoritas tinggi.
  • Punya Page Rank dan Domain Rank bagus.
  • Sudah dikenal luas oleh masyarakat.
  • Dan yang penting, sudah punya trafik stabil, mungkin di atas 5000 viewers setiap hari secara organik. 

Bisa saja pemilik blog lama sudah almarhum dan keluarganya tidak paham betapa bagusnya warisan beliau sehinga menjualnya kepada Anda. Maka tidak perlu susah payah, cukup melanjutkan saja dengan mengisi artikel rutin dan mengamankan nama domain, Anda sudah akan dapat banyak pengunjung. 

Apakah ada kasus demikian? Mungkin saja. Blog yang bagus itu salah satunya blog yang dibuat di kisaran 2010 ke bawah, dimana masih banyak orang suka memberi komentar dan yang diingat adalah nama blognya serta punya banyak subscriber. 

Jaman sekarang, mana ada orang mau memberi komentar, apalagi mendaftar menjadi subscriber blog. Tidak ada! Kalau ada sangat susah. Itulah maka bisa dikatakan blog tua itu seperti emas. Blog tua yang berkualitas loh! Biasanya sih blog tua milik blogger senior pasti berkualitas. 

Tugas Anda tinggal mempertahankan dan mendaftarkan blog itu ke AdSense atau Beaver Ads supaya trafiknya bisa dikonversi jadi duit. Minimal 10 juta per bulan. 

CARA ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN TRAFIK BLOG
MENDAPATKAN TRAFIK BLOG, CARA 2


Cara 3 Masuk ke Ekosistem yang Tepat

Nicolas Cole, salah satu penulis digital paling berpengaruh dan diakui kapabilitasnya saat ini, mengeluarkan pernyataan kontroversial. Baginya, membangun karir penulis dengan cara menulis di blog pribadi bukanlah sesuatu yang bagus. Untuk bisa mendapatkan pembaca yang banyak dalam waktu singkat, jangan menulis di blog pribadi, tetapi menulislah di tempat yang tepat. 

3.1 Mencari Platform

Lantas manakah tempat yang tepat itu? Tentu saja tempat yang sudah punya ekosistem bagus. Beberapa di antaranya adalah : 

  • Medium
  • Quora
  • Twitter
  • Media Massa besar, seperti Kumparan, Geo Times ataupun Kompasiana

Tempat-tempat yang di sebutkan di atas sudah punya users atau pengguna yang berjumlah ratusan ribu serta punya kemampuan untuk muncul di halaman pertama mesin pencari. 

Ini berbeda dengan blog pribadi. Anda harus bekerja ekstra keras menulis konten dan memasarkannya. Sedang di Quora misalnya, mereka sudah punya sistem yang membuat tulisan Anda bisa dibaca banyak orang, misal melalui Quora Daily Digest ataupun algoritma Quora lainnya. 

Kalau Anda tidak percaya, cobalah. Buatlah akun Medium. Menulisah secara rutin (dalam Bahasa Inggris tentunya) dan jangan kaget Anda bisa mendapatkan trafik besar bahkan dengan optimasi ala kadarnya (saling komentar dengan akun besar, men-tag akun besar alias pansos, mengutip tulisan akun yang sudah besar). Bandingkan dengan optimasi gila-gilaan yang Anda lakukan di blog, tentu tidak sebanding. 

Begitupula dengan Twitter. Asalkan lucu, momennya tepat dan diberi hashtag yang pas, maka tulisan Anda bisa viral. Jauh lebih viral dari blog. 

Kenapa bisa demikian? Karena sekali lagi : 

  • Mereka sudah punya user yang banyak.
  • Platform tersebut kuat secara SEO. 

Jadi apakah Anda sudah menemukan celah di sini? Sesuatu yang bisa Anda manfaatkan supaya bisa mendapatkan pembaca yang banyak? Tentu saja, yakni stop menulis di blog pribadi dan mulailah membuat konten di Quora, Twitter, Kompasiana, dll. Inilah shortcut atau cara tercepat mendapatkan banyak pembaca. 

Atau Anda bisa bereksperimen dengan hal ini.....

  • Tetap membuat konten berkualitas di blog.
  • Optimasi dengan internal link.
  • Usahakan tata letak blog menampilkan tulisan-tulisan populer Anda lainnya.
  • Buatlah akun di platform digital yang tepat.
  • Buat konten viral. 
  • Tautkan itu ke salah satu postingan blog Anda.
  • Lakukan dengan hati-hati agar tidak terindikasi spam. 

Ini adalah cara yang paling masuk akal. Memang melelahkan karena harus membuat konten untuk berbagai platform selain blog Anda, namun hasilnya tidak akan mengecewakan bila nanti berhasil. 

Untuk itu, Anda harus tahu konten seperti apa yang berpotensi viral di Twitter lalu mampu menggaet pembaca untuk juga pindah ke blog. Anda bukan hanya harus mampu mengenali jenis-jenis netizen tetapi juga harus bisa membuat kalimat call to action ataupun copywriting yang tepat sehingga pembaca mau menekan tautan Anda. Ini yang susah, namun bukan tidak mungkin. 

Lantas apakah kita bisa semena-mena menanam tautan di postingan tersebut? Tentu tidak, karena hal itu berpotensi membuat Anda di-banned karena melanggar panduan komunitas. Setiap platform biasanya punya peraturan atau panduan komunitas sendiri. 

Sebenarnya Catatan Adi sudah pernah membahas cara yang lebih lengkap (31 cara) untuk meningkatkan trafik. Anda bisa membacanya di Panduan Lengkap 31 Cara Meningkatkan Visitor Blog. Namun di artikel ini, kami memberikan insight baru agar bisa makin melengkapi cara pandang Anda. 

3.2 Memanfaatkan Platform Menulis untuk Mendapatkan Trafik

Sekarang kami akan berbagi tips praktis yang bisa langsung dipraktikkan untuk mampu mendapatkan trafik besar hingga 315% dari sebelumnya. Tetapi semua itu tergantung kualitas tulisan ngana-ngana semuanya. 

  • Sematkan Blog di Profil. Pada kasus Anda ingin membuat pembaca setia Anda di Kompasiana, LinkedIn ataupun Quora juga mampir di blog Anda, maka sematkan nama dan alamat blog di bagian profil Anda. Bumbui dengan kalimat tertentu, misal : 'ingin membaca tulisan saya yang lain, silahkan mampir di catatanadi.com'. 
  • Buatlah postingan yang sangat menarik dan jadikan postingan blog Anda sebagai referensi, bisa dalam bentuk eksternal link ataupun catatan kaki. Misal, saya membuat artikel tentang Perang Dunia II dan saya jadikan artikel Catatan Adi tentang Struktur dan Nama Kesatuan Militer Jerman di Masa Perang Dunia 2 sebagai salah satu referensi. Ingat, referensi akan membuat artikel menjadi lebih berkelas dan dapat dipercaya, namun pastikan referensi yang mengarah ke blog pribadi Anda memang punya informasi yang lengkap dan kredibel. 
  • Bagikan tulisan yang sesuai  di Fanspage atau Grup Facebook. Maksudnya sesuai? Tentu sesuai dengan topik. Misal, Catatan Adi punya artikel tentang 6 Jenis Investasi Terbaik Milenial, tentu tidak mungkin dibagikan di fanspage atau grup yang membahas sepak bola, resep masakan apalagi dakwah. 

Lakukan itu dengan konsisten dan selalu tingkatkan kualitas tulisan Anda. Berusahalah juga membangun basis pembaca antara lain dengan interaksi yang hangat, informasi yang up-to-date ataupun gaya bahasa yang unik. 

CARA TERBAIK MENINGKATKAN TRAFIK BLOG
CARA TERBAIK MENINGKATKAN TRAFIK BLOG

Tips : Hindari Bounce Rate. Apakah istilah itu baru untuk Anda? Jangan khawatir karena kami sudah menjelaskannya di artikel berjudul cara menurunkan Bounce Rate hingga 100% dan membuat CPC serta RKT aman. 

Kesimpulan 

Memang pada dasarnya mendapatkan trafik yang besar untuk blog adalah idaman semua blogger, namun harus disadari pula seiring berjalannya waktu, optimasi yang dilakukan harus juga berubah. Tidak melulu mengandalkan optimasi mesin pencari atau SEO, melainkan juga optimasi lainnya. 

Untuk para blogger yang berjuang secara independen atau sendiri tanpa tim, mendapatkan trafik besar secara konsisten akan jauh lebih sulit daripada mereka yang memiliki komunitas atau tim kerja yang solid. 

Meski begitu, ada satu cara yang bisa dilakukan, yakni mendapatkan pembaca dari platform yang sudah kuat secara SEO ataupun memiliki ekosistem yang besar seperti Kompasiana, Quora dan lainnya. Platform tersebut jauh lebih mudah untuk membantu Anda mendapatkan trafik. 

Anda bisa mengembangkan branding pribadi sebagai seorang penulis di platform tersebut lalu kemudian 'mengarahkan' pembaca untuk juga membaca blog pribadi Anda. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terindikasi melakukan spam. 

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan blog, Catatan Adi punya rubrik tentang tutorial dan panduan blogging yang bisa diakses secara gratis yang berisi puluhan artikel menarik seputar blogging dari tahun 2018-2021. Beberapa memang perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini namun banyak juga yang masih relevan. Silahkan baca di rubrik Panduan Ngeblog

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

6 komentar untuk "Menaikkan Traffic Blog Hingga 315% Dalam Waktu Singkat"

  1. Berarti mendingan nulis di platform yang sudah terkenal seperti Quora, Kumparan atau Kompasiana ya kang, udah pasti SEO dan juga banyak pembacanya.

    Beda dengan blog, sudah menulis dengan kaidah SEO, optimasi plus juga blog walking paling mentok 1000 doang visitor nya.😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, benar sekali. Saya dapat ilmu ini dari Nicolas Cole yang memang sudah menjadi penulis profesional yang kredibel. Saya renungkan benar juga, karena di tahun 2021 ini orang lebih suka melihat video atau mengunjungi situs yang besar. Terlebih banyak web raksasa yang ikut-ikutan ngereceh. Tapi kalo blog dengan fundamental bagus ya mungkin santuy aja ya, kaya punya Mas Agus mungkin, hehehehe.....

      Hapus
  2. Bagus ni mas saran2nya.
    Dulu jama masih kuliah saya sih kayak gini mas, mikir trafik melulu karena berhubungan juga dengan kerjaan sebagai blogger yang nyari duit lewat Blog hehehe.
    Soalnya kalo sepi pasti nggak bakalan dapat job review hehehe.
    Kalo sekarang bisa nulis rutin aja udah bersyukur sekali :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, karena AdSense mengecil, saya juga membidik job review dan content placement. Saya malah sebaliknya, karena pandemi dan sedang isolasi mandiri, jadi pingin nulis blog terus dan jalan-jalan ke blog keren milik teman-teman blogger Indonesia yang bagus-bagus, kaya punya mas Hans salah satunya.

      Hapus
  3. Saya tertarik menjadi 7 personal sekaligus...urutannya tidak usah saya ulangi ya....bisa gak ya...mampu gak ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas, kalau fundamental blognya bagus dan bisa berperan menjadi full-time blogger, bisa kok. Cuma memang mungkin akan lebih optimal jika berbagi peran lainnya.

      Hapus

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label