Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Artikel Menggunakan Teknik ATM

Jika Anda seorang blogger profesional atau sudah cukup lama menggeluti dunia web-master, blogging dan bahkan membuka jasa tulis, tentu artikel ini sangat remeh. Namun untuk para nubie, mungkin ini yang Anda cari, yaitu menulis menggunakan teknik ATM alias amati, tiru dan modifikasi.

Postingan kali ini terdiri kurang dari 1000 kata, jadi silahkan baca hingga selesai. Mungkin hanya butuh 1 menit untuk membacanya, tetapi praktiknya butuh waktu berbulan-bulan.

Dalam menulis artikel, ada banyak teknik yang bisa digunakan. Ada teknik listicle, narasi, argumentasi, riset mendalam, artikel-gambar hingga ATM. Sekarang mari kita bahas teknik yang terakhir.

teknik amati, tiru dan modifikasi
Teknik Menulis ATM

Cara Melakukan Teknik ATM

Mudah sekali untuk melakukan teknik ini secara teori, tetapi jika hasilnya visitor tetap nol atau blog masih sepi, berarti Anda masih gagal dalam mempraktikkannya.

Sama seperti namanya, maka hanya ada tiga langkah utama, yakni : 

  1. Amati
  2. Tiru
  3. Modifikasi

Terdengar cukup mudah bukan? Silahkan lakukan jika memang demikian, namun hasilnya bisa berbeda-beda untuk tiap orang. 

Amati - Mencari Topik dan Referensi

langkah pertama teknik ATM
Mengamati artikel 

Ini adalah langkah pertama, yaitu amati. Untuk langkah ini, sebenarnya tidak semudah yang kedengarannya. Anda harus menemukan topik lalu mendapatkan referensi artikelnya. Nah, kemampuan Anda menganalisa dan menseleksi referensi dari internet sangat diuji. 

Ini dia langkah-langkahnya : 

  1. Memilih Topik. Tentukan topik yang ingin Anda ulas dalam artikel. Ingat, ini sangat menentukan. Usahakan untuk mencari topik yang Anda tahu dibutuhkan oleh banyak orang sehingga tidak kecewa jika hanya mendapatkan sedikit visitor dan blog sepi. 
  2. Memecah Topik. Lakukan break-down. Buat kerangka dengan cara memecah topik menjadi sub-topik. Ini bisa membuat artikel menjadi lebih terstruktur dan bagus secara SEO
  3. Menganalisa kompetitor. Apakah sudah cukup banyak situs besar, khususnya dari market-place, wikipedia maupun blog milik para blogger senior yang sudah membahasnya? Jika sudah, ganti saja. Kecuali Anda punya gambaran bisa menyaingi mereka semua. 

Kita sudah melakukan tahap atau langkah awalnya. Sekarang kita akan beranjak ke langkah kedua yang sebenarnya tidak sulit jika sudah melalui tahap pertama. 

Tiru - Kembangkan Kemampuan Re-write

Menganalisa artikel viral, teknik ATM
Menganalisa artikel viral

Ingat, bukan copas atau melakukan tindakan tidak terpuji lainnya. Di sini Anda bukan hanya meniru, melainkan mengembangkan artikel yang sudah ada menjadi lebih lengkap, kredibel, enak dibaca dan bermanfaat. Akhirnya Anda jadi blogger yang layak dipuji. Bahkan Anda sebagai blogger adalah pahlawan literasi untuk masyarakat.  

Mendapatkan Referensi

Coba baca cara mencari sumber inspirasi untuk menulis, agar Anda tahu darimana ide untuk membuat artikel berada. Namun pada dasarnya, Anda bisa mendapatkannya dari internet. Jangan hanya satu, melainkan 10 hingga 20 artikel. Inilah panduan yang benar, jadi Anda benar-benar punya insight yang lengkap dan mumpuni untuk membuat konten. Beberapa sumber yang bisa Anda eksplorasi adalah : 

  • Wikipedia
  • Wikihow
  • Medium
  • Quora
  • Forum seperti Ads Indonesia, Reddit ataupun Kaskus
  • Artikel milik website lainnya. 

Pastikan semua saran, tutorial, panduan dan informasi yang Anda dapatkan dari sumber-sumber tersebut memang valid dan bisa dipercaya sebelum diolah menjadi konten yang baru dan ter-publish ke blog Anda. 

Baca Referensi

Sekarang saatnya Anda duduk dan membaca semua informasi ataupun poin penting dari artikel-artikel yang sudah masuk list Anda di langkah sebelumnya. 

Eliminasi. Singkirkan info dan hal-hal yang tidak valid ataupun tidak bisa Anda cantumkan ke konten Anda karena mungkin : 

  • Sudah kadaluarsa.
  • Tidak terbukti.
  • Kurang kuat.
  • Tidak layak ditampilkan.

Seleksi. Setelah Anda mengeliminasi beberapa poin tersebut, sekarang lakukan seleksi pada poin-poin yang tidak masuk golongan itu. Ada memang yang masih layak ditampilkan tetapi sudah terlalu umum. Namun ada yang perlu dijabarkan lebih lanjut karena ternyata belum ada yang melakukannya. Nah poin itu yang harus Anda eksplorasi. 

Struktur. Sekarang buat kerangka. Tidak perlu membuat yang baru. Pilihlah 3 atau 4 artikel lalu analisa struktur artikel mereka. Buat saja yang mirip. 

Elaborasi

Ini tahap yang krusial. Dari semua artikel yang Anda baca, cobalah untuk mencari kelemahannya. Jika memang serius, Anda butuh beberapa hal : 

  1. Analisa keyword.
    • menggunakan keyword density tools untuk mencari kelemahan di segi persebaran keywords.
    • cari LSI atau keyword-keyword lain yang belum tereksplorasi dan gunakan itu.
  2. Penjelas. Apakah artikel tersebut kurang dalam hal memperjelas argumen atau topik permasalahan? Mungkin kurang gambar atau video? Maka nanti tambahkan itu dalam konten baru yang Anda buat. 
  3. Validitas Informasi. Perkuat informasi yang ada dengan menggunakan teori, argumen atau kutipan dari sumber yang lebih kredibel. 
  4. Gaya Penuturan. Sudah cukup luweskah penuturannya? Mungkin Anda tahu infonya penting namun gaya penulisannya jelek. Nah jangan sampai terjadi pada konten Anda. 

Itulah tahap kedua dari teknik menulis artikel blog, yaitu menggunakan ATM - amati, tiru dan modifikasi. Sekarang kita ke tahap selanjutnya. 

Modifikasi - Buat Artikel yang Jauh Lebih Baik

Mengembangkan artikel menggunakan teknik ATM
Mengembangkan artikel

Anda sudah mendapatkan berbagai data penting dari semua sumber tadi. Sekarang saatnya membuat artikel Anda sendri. Kembangkan kerangka yang sudah ada. Tambahi dengan gambar yang relevan dan menarik. Gunakan gaya bahasa yang bisa dimengerti pembaca. Jangan lupa internal link dalam artikel agar secara keseluruhan blog Anda makin berkualitas. 

Bagaimana, apakah sudah punya gambaran? Semoga dengan ini kemampuan menulis Anda bertambah dan mampu menghasilkan artikel yang lebih berkualitas namun juga bisa mendatangkan banyak visitor dari mesin pencari

Untuk bisa makin mantap menjadi blogger, baca juga aneka tips menulis dari Catatan Adi. Atau jika ingin mendapatkan banyak visitor, lakukan juga promosi di Twitter. Baca panduannya di sini. Sedangkan jika ingin membangun blog personal, kami juga ada artikelnya untuk Anda. Eksplorasi saja di postingan panduan lengkap membangun blog personal

Catatan Adi
Catatan Adi Seorang penulis freelance dan pengamat fenomena sosial.

Posting Komentar untuk "Menulis Artikel Menggunakan Teknik ATM"

Artikel Pilihan Hari Ini

Artikel Teknologi

Recent Posts Label

Artikel Bisnis dan Peluang Usaha

Recent Posts Label

Kumpulan Cerpen

Recent Posts Label

Artikel Pendidikan

Recent Posts Label